Jerawat jadi salah satu fenomena yang kadang tak terhindarkan. Karenanya, Sedulur perlu untuk selalu sedia obat jerawat. Berikut rekomendasi salep jerawat yang bisa jadi andalan!

Sedulur sekalian pasti pernah merasakan tidak enaknya memiliki jerawat di wajah. Biasanya, saat melalui masa pubertas, Sedulur akan dihadapkan pada masa-masa di mana jerawat hormonal bermunculan. Selain mengganggu penampilan dan tidak percaya diri, jerawat juga kerap terasa sakit. Apalagi jika Sedulur memiliki tipe jerawat kistik, maka kulit akan terasa panas dan sakit saat tersentuh.

Bagi Sedulur pejuang acne, ada baiknya untuk selalu sedia obat jerawat atau salep jerawat yang ampuh. Pasalnya, treatment jerawat dengan baik adalah kunci untuk menjaga kulit tetap mulus dan minim bekas jerawat. Seringkali ketika Sedulur sudah berhasil menyembuhkan jerawat, namun bekasnya tetap ada. Alhasil, Sedulur harus mencari salep bekas jerawat lagi yang manjur. Yuk simak daftar salep jerawat terbaik berikut ini!

Rekomendasi Salep Jerawat Terbaik, Ampuh Sembuhkan Jerawat Membandel!

Tipe-Tipe Jerawat dan Salep Jerawat

Tipe-Tipe Jerawat dan Salep Jerawat
Photo by Anna Nekrashevich from Pexels

Pertama, sebelum Sedulur mencari rekomendasi salep jerawat Sedulur wajib tahu apa jenis jerawat yang Sedulur miliki. Terdapat 4 jenis Jerawat yang lazim ditemui yakni papula, nodul, pustula, dan jerawat batu atau kistik. Keempatnya membutuhkan jenis salep yang berbeda. Sedulur perlu memahami jenis jerawat Sedulur untuk menemukan obat yang tepat.

-->
  • Jerawat Papula: Jenis jerawat berupa benjolan kecil berwarna merah atau merah muda. Biasanya tidak sakit dan sering muncul dalam jumlah banyak
  • Jerawat Pustula: Jenis jerawat satu ini ditandai dengan benjolan merah yang memiliki titik putih di atasnya. Titik putih ini merupakan kumpulan nanah yang jadi pertanda bahwa jerawat telah mengalami infeksi.
  • Jerawat Nodul: Hampir sama dengan jerawat papula, jerawat nodul juga merupakan benjolan merah. Perbedaannya, jerawat nodul memiliki ukuran yang lebih besar dan berada di lapisan kulit yang cukup dalam. Karena itu, jerawat jenis ini biasanya akan terasa sakit saat tersentuh.
  • Jerawat kistik/batu: Sama dengan jerawat nodul, jerawat kistik juga berada di lapisan kulit yang dalam. Akan tetapi jerawat kistik memiliki karakteristik yang lebih lembut dan tampak meradang karena berisi nanah.

Tips Memilih Salep Jerawat

Tips Memilih Salep Jerawat
Photo by Megan Bagshaw on Unsplash

Selain mengetahui jenis jerawat Sedulur, ada tips penting lainnya dalam memilih salep jerawat. Pertama, Sedulur perlu tahu konsistensi dari obat jerawat tersebut. Untuk penggunaan salep jerawat gel, bisa digunakan pada siang atau pagi hari. Sedangkan salep jerawat yang bersifat cair dan berwarna hanya dapat digunakan di malam hari.

Kedua, Sedulur perlu untuk mempelajari ingredient serta review dari masing-masing salep jerawat dan harganya. Pasalnya, tiap jenis jerawat berbeda membutuhkan zat aktif berbeda pula dalam penyembuhannya. Sedulur juga bisa membaca review di internet tentang produk terkait, sesuaikan dengan jenis kulit Sedulur. Salep jerawat untuk kulit sensitif dan berminyak akan berbeda dengan kulit kering.

Rekomendasi Salep Jerawat

Salep Jerawat Viral: Skin Game Acne Warrior

Femaledaily.com

Bagi Sedulur yang gemar akan dunia kecantikan dan skincare, pasti tahu obat jerawat yang satu ini. Skingame Acne Warrior merupakan salep jerawat yang viral dan banyak mendapat review positif dari penggunanya. Spot treatment ini berbahan dasar kaolin dan bentonite, hal ini menjadikan tekstur skingame layaknya clay mask sehingga cocok menjadi spot treatment di malam hari.

Skingame adalah salep jerawat untuk kulit sensitif dan berminyak. Meski terbuat dari kaolin dan bentonite, salep ini dilengkapi dengan gliserin dan calamine yang membuat kulit tidak kering meski sedang melakukan treatment jerawat. Harga Skingame Acne Warrior dibanderol di angka Rp125.000.

Larissa Obat Totol Jerawat

Larissa.co.id

Larissa Obat Totol Jerawat memiliki bahan utama sulfur atau belerang yang bagus untuk menyembuhkan jerawat. Terdapat juga triclosan di dalamnya yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah. Obat satu ini cocok untuk digunakan di malam hari saja karena belerangnya memiliki bau yang kuat dan berwarna.

Acnol Lotion for Acne

Ngobrolcantik.com

Acnol terkenal sebagai obat jerawat bagi kulit yang berminyak. Obat jerawat buatan lokal satu ini mengandung ekstrak sophora angustifolia root extract yang bermanfaat untuk merawat kulit berjerawat. Sedangkan untuk membasmi jerawat, Acnol Lotion memanfaatkan kandungan triclosan dan sulfur yang efektif dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Harga produk anti jerawat satu ini pun terbilang murah, yakni Rp12.000 – Rp22.500 saja.

Baca Juga: Sedulur Super, Ternyata 11 Bahan Dapur Ini Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat Lho! Mau Mencoba?

Vitacid

harga.web.id

Salah satu jenis bahan aktif yang paling direkomendasikan untuk menangani jerawat kistik atau jerawat batu adalah retinol. Vitacid merupakan produk dengan bahan aktif tretinoin dan retinoic acid yang merupakan salah satu jenis turunan retinol.

Vitacid memiliki beberapa pilihan kadar tretinoin yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan tingkat toleransi kulit. Bagi Sedulur yang belum pernah menggunakan retinol sebelumnya, disarankan untuk mencoba salep vitacid dari persentase paling rendah dulu.

Acnes Sealing Jelly

Soco.id

Sedulur pasti kerap menemukan obat jerawat satu ini di toko maupun supermarket. Acnes merupakan produk keluaran Rohto yang terkenal dengan berbagai produk skincare berkualitas dari Jepang. Acnes Sealing Jelly mengandung kombinasi tiga bahan yang efektif melawan jerawat, yakni isopropyl methylphenol, salicylic acid, dan sulfur.

Namun bukan hanya efektif dalam melawan jerawat, obat totol ini juga dilengkapi dengan Vitamin E dan Vitamin B6. Kedua kandungan ini berperan dalam merawat kulit yang sedang inflamasi. Antioksidan dalam kedua kandungan ini dapat meredakan peradangan pada jerawat sekaligus mendorong perbaikan kulit.

Nourish Skin Acne Gel

review.soco.id

Nourish Skin telah lama dipercaya oleh perempuan Indonesia sebagai produk perawatan wajah yang dapat diandalkan. Termasuk pula obat jerawat keluaran Nourish ini. Spot treatment lokal ini mengandalkan kombinasi silanediol salicylate dan humulus lupulus extract dalam membasmi jerawat.

Selain menyembuhkan jerawat, Nourish Skin Acne Gel juga dapat mempercepat proses regenerasi kulit sehingga mencegah noda bekas jerawat.

Erha Acne Spot Gel

Missnidy.com

Siapa yang tak kenal dengan brand dari klinik kecantikan kenamaan Indonesia ini? Erha Acne Spot Gel merupakan salep untuk jerawat dan bekasnya yang dapat digunakan di siang maupun malam hari. Teksturnya yang berupa gel bening membuatnya cocok untuk digunakan di siang hari.

Zat aktif dalam Erha Acne Spot Gel adalah sulfur dan salicylic acid. Sulfur bertugas membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan salicylic acid membantu eksfoliasi kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain kedua zat di atas, terdapat juga niacinamide yang dapat mengontrol produksi sebum sekaligus memudarkan noda bekas jerawat.

Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel

Beautynesia.com

Emina merupakan lini brand skincare dan makeup yang ditujukan untuk remaja. Acne spot gel dari Emina ini pun juga diklaim cocok bagi kulit remaja. Teksturnya yang ringan dan mudah menyerap pada kulit pun membuatnya cocok untuk digunakan oleh remaja dan dapat dipakai saat beraktivitas di siang hari sekalipun.

Baca Juga: Wajah Berjerawat? 7 Produk Some By Mi Ini Bisa Kamu Coba

Derma Angel Acne Care Intensive Gel

Journal.sociolla.com

Jika Sedulur menginginkan produk anti jerawat yang lebih ampuh dan menyeluruh dalam menghalau jerawat, Derma Angel Acne Care Intensive Gel bisa menjadi pilihan. Salep jerawat satu ini memiliki kandungan 2% salicylic acid, 2% sulfur, serta ceramide. Kandungan ceramide ini menjadi pemain penting karena berperan dalam memperkuat skin barrier sehingga mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Sulfur dan salicylic acid di dalamnya berperan untuk mengeringkan jerawat dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit Sedulur. Untuk penjagaan ekstra bagi kulit, Sedulur juga perlu mengonsumsi makanan sehat seperti yang dapat Sedulur temukan di Aplikasi Super.

Verile Acne Gel

Beautynesia.com

Verile Acne Gel memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dari kebanyakan salep jerawat. Selain membasmi jerawat dengan salicylic acid, Verile Acne Gel juga membentuk jaringan kulit baru sehingga mencegah noda bekas jerawat.

Selain itu, terdapat kandungan niacinamide yang berperan penting dalam mengurangi produksi sebum wajah. Allantoin di dalamnya berperan dalam meredakan inflamasi serta memudarkan noda bekas jerawat yang membandel

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Spot Treatment

journal.sociolla.com

Sedulur pecinta produk perawatan tubuh alami mungkin sudah kerap mendengar merk produk skincare Sensatia Botanicals. Brand lokal ini berasal dari Bali dan hingga kini sudah menjadi favorit bagi banyak beauty enthusiast Indonesia. Produk ini menggunakan bahan-bahan alami di dalamnya yang membuatnya aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui sekalipun.

Dua kandungan utama yang membuat produk ini efektif melawan jerawat adalah tea tree dan lemon. Kedua zat ini diketahui dapat membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat, sekaligus menenangkan inflamasi.

Jerawat memang merupakan hal yang sangat dihindari. Selain bersiap dengan obat salep jerawat, Sedulur juga perlu melakukan upaya pencegahan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjaga konsumsi Sedulur tetap sehat. Makanan memang merupakan salah satu faktor risiko jerawat yang perlu diperhatikan.

Lengkapi berbagai kebutuhan makanan sehat Sedulur lewat Aplikasi Super. Terdapat ragam bahan kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super. Mulai dari makanan, bumbu, hingga skincare dan obat jerawat sekalipun. Yuk, install Aplikasi Super sekarang juga!