minyak zaitun untuk rambut

Untuk membuat rambut tampak sehat dan indah, tentu saja diperlukan perawatan yang baik dan benar. Dari berbagai bahan alami dan kimia yang bisa ditemukan, salah satu yang paling efektif adalah minyak zaitun. Bahkan manfaat minyak zaitun untuk rambut ini cukup banyak, lho.

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya seperti vitamin K dan vitamin E akan membuat rambut menjadi jauh lebih sehat. Berkaitan dengan kesehatan rambut, mungkin Sedulur cukup sering melakukan berbagai aktivitas yang menyebabkan kerusakan rambut, ‘kan? Jika itu sudah terjadi, tidak usah khawatir. Sedulur bisa memperbaikinya dengan minyak zaitun. Berikut ini beberapa kegunaan minyak zaitun untuk rambut lainnya yang perlu diketahui.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah dan Kecantikan Kulit

1. Menenangkan kulit kepala

minyak zaitun untuk rambut
pexels

Manfaat yang pertama dari minyak zaitun untuk rambut adalah menenangkan kulit kepala. Hal ini karena minyak tersebut mengandung sifat antijamur dan antibakteri. Kedua kandungan tersebut akan membantu berbagai masalah pada kulit kepala. Beberapa di antaranya seperti melawan rasa gatal, mengatasi ketombe, mengatasi kulit kepala kering, dan juga melancarkan folikel rambut yang tersumbat.

2. Memelihara rambut

minyak zaitun untuk rambut
pexels

Minyak zaitun ternyata juga dipercaya mampu melembapkan rambut sekaligus mencegah kekeringan pada rambut. Terlebih lagi pada saat rambut terpapar sinar matahari, maka kandungan yang ada di dalam minyak zaitun ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

3. Mengatasi rambut kusut

minyak zaitun untuk rambut
pexels

Dengan adanya nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya membuat minyak zaitun ini mampu mengatasi rambut kusut. Ini bisa terjadi karena tekstur dari minyak tersebut yang licin. Tidak hanya itu, kandungan asam lemak Omega 6 juga bisa menjadi pelumas yang ideal untuk rambut.

Oleh sebab itu, minyak ini mampu mencegah kekusutan pada rambut dan mampu menutrisi rambut secara mendalam sehingga rambut menjadi nampak lembut dan berkilau.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut yang kusut juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu menghangatkan satu mangkuk kecil minyak dalam microware atau kompor selama beberapa dekti saja. Setelah itu, langsung saja oleskan pada bagian rambut yang kusut.

4. Mengatasi rambut rontok

minyak zaitun untuk rambut
pexels

Berikutnya ada manfaat dari minyak zaitun untuk rambut rontok. Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa penyebab utama dari rambut rontok itu adalah hormon dihidrotestosteron yang menyerang dan melemahkan folikel rambut.

Minyak zaitun ini mampu berperan untuk menghambat produksi hormon tersebut sehingga rambut rontok bisa dikurangi. Selain itu, minyak yang satu ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat secara alami.

5. Mempercepat pertumbuhan rambut

minyak zaitun untuk rambut
pixabay

Salah satu efek minyak zaitun untuk rambut adalah pertumbuhan rambut yang menjadi lebih cepat. Ya, hal ini karena minyak zaitun mengandung protein, antimikorba, dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak zaitun secara rutin bisa membuat folikel rambut menjadi lebih kuat, dan juga mempercepat pertumbuhan rambut. Tentu saja rambut baru yang tumbuh adalah rambut yang kuat dan sehat.

6. Mencegah kerusakan rambut

minyak zaitun untuk rambut
pexels

Apakah minyak zaitun bisa untuk rambut itu bisa mencegah kerusakannya? Tentu saja bisa. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya karena minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan tersebut ternyata juga bisa mencegah kerusakan pada rambut yang terjadi karena radikal bebas seperti polusi udara dan juga sinar matahari secara langsung.

7. Mengatasi rambut bercabang

minyak zaitun untuk rambut
pixabay

Minyak zaitun juga dipercaya mampu membantu membuat ujung rambut yang bercabang, rusak, atau terbakar menjadi halus lagi. Minyak tersebut mengandung vitamin dan asam lemak omega 6 yang sangat dibutuhkan dalam perbaikan rambut, terutama bagian ujungnya.

Untuk mengatasi masalah rambut bercabang, Sedulur hanya perlu mengoleskan sedikit minyak zaitun pada ukuran 5 cm di ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

BACA JUGA: 12 Manfaat Jantung Pisang & Kandungan Nutrisi yang Luar Biasa

8. Menebalkan rambut

pexels

Manfaat berikut yang bisa didapatkan dari minyak zaitun, yang membuat rambut Sedulur menjadi tebal. Adanya kandungan asam lemak Omega 6 pada minyak zaitun memiliki fungsi untuk menebalkan tiap helai rambut. Selain itu, asam lemak Omega 6 ini juga bisa memperbaiki tekstur rambut sehingga rambut menjadi lebih mudah diatur dan teksturnya juga tidak kasar.

9. Menghilangkan ketombe

pexels

Ketombe muncul karena kulit kepala yang kering dan tidak ternutrisi dengan baik. Tidak usah bingung mencari obat untuk mengatasi masalah ketombe tersebut karena kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun.

Manfaat dari minyak zaitun dalam mengatasi masalah rambut seperti ketombe ini, erat kaitannya dengan manfaat yang tadi disebutkan pada poin pertama. Dengan menutrisi dan membuat kulit kepala menjadi lebih tenang, tentu saja masalah ketombe akan hilang.

10. Mempertahankan warna alami

pexels

Penggunaan semprotan rambut atau gel rambut secara rutin, biasanya akan membuat warna asli pada rambut menghilang secara perlahan. Jika warna asli rambutmu adalah hitam, biasanya akan berubah menjadi kecokelatan.

Untuk membantu melawan masalah yang mengubah warna alami rambut tersebut, Sedulur bisa menggunakan minyak rambut secara rutin. Cukup oleskan minyak zaitun semalaman, kemudian bilas sampai bersih di pagi harinya.

11. Menjadi minyak alami untuk bayi

pixabay

Kulit kepala bayi dan balita itu masih sensitif. Jadi Sedulur tidak memberikan sembarang produk untuk rambutnya dan kulit kepalanya. Oleh karena itu, Sedulur bisa menggunakan minyak zaitun sebagai alternatif minyak rambut alami si kecil.

12. Meluruskan rambut

pixabay

Ternyata banyak yang percaya bahwa minyak zaitun bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami. Sedulur hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan 2 butir telur. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut sebagai masker untuk rambut. Diamkan selama 2 jam dan bilas rambut dengan air bersih.

13. Mengatasi rambut beruban

pexels

Berikutnya ada manfaat minyak zaitun untuk rambut beruban. Minyak ini mampu membantu menghidrasi kulit kepala dan juga menjaga supaya tetap lembap. Selain membuat kulit kepala tidak kering, hal ini juga akan mencegah munculnya uban pada rambut.

14. Menyeimbangkan kulit kepala berminyak

pexels

Mungkin ini adalah salah satu keunikan dari minyak zaitun. Minyak alami ini mempunyai kemampuan anti-bakteri, yang dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Terkadang, rambut berminyak itu dikarenakan kondisi kulit kepala yang terlalu kering.

Jadilah, tubuh mengirim sinyal agar kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Nah, salah satu karena fungsinya yang melembabkan, minyak zaitun ini juga bisa Sedulur manfaatkan untuk menyeimbangkan kulit kepala yang berminyak.

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan dari minyak rambut untuk rambut yang perlu Sedulur ketahui. Banyaknya manfaat yang dimilikinya membuat kita tidak heran lagi jika minyak tersebut sering dikaitkan dengan produk kesehatan dan kecantikan, khususnya untuk rambut.

Bagi Sedulur yang memiliki beberapa masalah rambut, bisa menggunakan minyak ini sebagai alternatif alami. Harga minyak zaitun untuk rambut ini juga cukup terjangkau, kok. Sedulur bisa mendapatkannya baik itu di toko online maupun offline dengan harga mulai dari Rp20 ribuan saja.