Mungkin beberapa dari kamu ada yang masih asing dengan istilah metaverse atau apa itu metaverse NFT. Metaverse adalah sebuah teknologi Augmented Reality (AR) yang membantu seorang individu untuk berinteraksi dengan individu lain secara virtual. Sedangkan metaverse NFT dalam dunia digital sudah sangat dikenal, NFT merupakan suatu akronim dari non-fungible token atau token yang tidak dapat ditukarkan.

Selain itu, teknologi ini sering dianggap sebagai simulasi dunia nyata yang diimplementasikan ke dunia maya atau internet. Kini dunia metaverse pun semakin menjadi perbincangan setelah Mark Zuckerberg, CEO Facebook, mengubah nama perusahaannya itu menjadi Meta, yang tentunya diambil dari kata “Metaverse”.

Saat ini aplikasi metaverse juga sangat menjamur di internet. Banyak banget masyarakat yang telah memanfaat platform metaverse. Beberapa yang populer seperti Decentraland, Somnium Space, The Sandbox, Worldwide Asset Exchange hingga IoTeX (IOTX).

Dalam teknologi ini, pengguna juga bisa membuat avatar sesuai dengan keinginannya. Avatar 3D menjadi gambaran atau replika penggunanya dalam bentuk animasi 3D. Nah, bagi Sedulur yang penasaran tentang dunia metaverse, berikut pembahasannya secara lengkap.

BACA JUGA: 6 Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Kerja Mudah dan Cepat

1. Mengenal istilah metaverse

kompas.com

Orang pertama yang mengenalkan istilah metaverse adalah Neal Stephenson. Dia menyebut istilah ini dalam novelnya berjudul Snow Crash tahun 1992. Istilah sendiri merujuk kepada dunia virtual 3D yang di dalamnya ada avatar orang sungguhan. Sedangkan Mark Zuckerberg, menjelaskan bahwa metaverse seperti lingkungan versi vitual yang bisa kamu masuki, alih-alih melihatnya melalui sebuah layar.

Jadi jika ingin diambil kesimpulan, bisa dikatakan metaverse adalah sebuah komunitas virtual tanpa akhir yang saling terhubung. Di dalamnya terdapat orang-orang yang bisa bekerja, bertemu, bermain menggunakan headset virtual, kacamata augmented reality, aplikasi smartphone, atau perangkat lainnya.

Sedangkan menurut Facebook, metaverse adalah ruang virtual yang memungkinkan seseorang untuk membuat dan menjelajah bersama pengguna lainnya tapi secara fisik tidak berada di ruangan yang sama.

BACA JUGA: Cara Membuat Undangan Digital Sendiri Beserta Contohnya

2. Cara kerja dan contoh

geotimes.id

Agar kamu semakin tahu, pasti contoh metaverse dan cara kerjanya akan memudahkan kamu memahami istilah ini. Kamu pasti juga ingin tahu seperti apa kegiatan yang bisa dilakukan di dalam dunia metaverse. Berikut ini cara kerja, kegiatan, dan berbagai contoh yang bisa dilakukan oleh pengguna.

  • Horizon: Dunia virtual yang bisa memilih atau membuat tanah sendiri, contohnya seperti taman, tempat bermain, pantai, dan lainnya.
  • Avatar: Pengguna bisa menciptakan avatarnya sendiri seperti avatar manusia, laki-laki atau perempuan, robot, hewan atau karakter lain.
  • Kegiatan virtual: Pengguna bisa melakukan aktivitas atau kegiatan yang sama seperti olahraga, menonton film, nonton konser, dan lain-lain.
  • Kumpul bersama: Pengguna bisa bertemu dengan pengguna lain untuk melakukan sebuah kegiatan bersama, bisa seperti nongkrong, meeting, pesta, atau lainnya.
  • Belanja: Pengguna bisa berbelanja dan bertransaksi layaknya belanja langsung di sebuah toko atau mal.
  • Masuk ke dalam game: Pengguna juga bisa masuk ke dalam sebuah game layaknya film Ready Player One atau film Free Guy.
  • Alat hardware: Pengguna perlu memakai headset virtual dan kacamata AR atau VR.

BACA JUGA: Pengertian Literasi Digital: Tantangan, Manfaat, Prinsip & Contoh

3. Cara masuk ke platform ini

diginews.id

Cara menggunakan teknologi ini sebenarnya sangat mudah dan simpel. Kamu hanya perlu akses ke dalamnya. Untuk platform-nya sendiri juga banyak pilihannya dan bisa kamu sesuaikan dengan kesukaan kamu. Nah, daripada penasaran berikut ini cara akses metaverse.

  1. Pertama pilih platform untuk masuk.
  2. Pastikan dulu kamu sudah menyiapkan headphone/headset dan kacamata AR atau VR, ya.
  3. Lalu daftarkan diri kamu untuk masuk ke salah satu platform.
  4. Jika sudah terdaftar, kamu sudah bisa masuk ke dunia metaverse.

Setelah berhasil masuk, kamu akan merasakan dunia virtual terasa begitu nyata di depan mata kamu.

4. Metaverse pengganti internet?

selular.id

Sejak kemunculan istilah ini, gak sedikit publik yang bertanya apakah nantinya metaverse akan menggantikan internet? Lalu apakah perusahaan besar seperti Microsoft, Facebook, dan Disney akan mengambil alih dunia internet menggunakan metaverse? Pasti beberapa pertanyaan itu sempat terbesit di pikiran Sedulur. Lalu sebenarnya bagaimana sih soal ini?

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Zuckerberg menjelaskan dan memberikan gambaran tentang metaverse sebagai bentuk ‘internet yang akan diwujudkan’. Sebab, pada dasarnya teknologi ini merupakan versi internet namun telah ditingkatkan. Alhasil, pengguna bisa mendapatkan dan memiliki pengalaman yang berbeda serta tidak bisa didapatkan di aplikasi atau halaman web 2D.

BACA JUGA: 20 Aplikasi Screen Recorder PC Terbaik yang Ringan & Gratis

5. Metaverse di Indonesia

detik.com

Gak cuma di luar negeri saja metaverse Indonesia juga berkembang cukup pesat dari tahun ke tahun. Seperti yang sudah diketahui, pengembangan teknologi ini di Indonesia diprediksi akan menjadi peluang yang besar. Namun tentu saja, pembangunan ini membutuhkan waktu dan proses yang tidak instan serta lakukan secara bertahap.

Kemudian untuk mewujudkannya, pemerintah akan berkolaborasi dengan perusahaan perangkat lunak asal Indonesia yaitu, WIR Group. Dilansir dari Kominfo, pemerintah akan mendorong kolaborasi multipihak dalam merintis dan mewujudkan multiverse versi Indonesia. Dengan ini diharapkan dunia metaverse bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di era digital seperti sekarang ini.

Itulah tadi penjelasan mengenai metaverse mulai dari pengertian, cara kerja, hingga cara menggunakannya. Bagi Sedulur yang memiliki perangkat seperti headset, AR atau VR, boleh banget untuk mencoba dunia metaverse ini. Kamu tinggal memilih aplikasi atau platform yang sesuai dengan kesukaan kamu. Lalu kamu coba mendaftar untuk bisa mengaksesnya. Setelah itu rasakan sensasi dunia virtual yang seakan begitu nyata di depan mata kamu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!