Perekam layar PC atau screen recorder PC biasanya dimanfaatkan untuk membuat video berisi tutorial ataupun live streaming dan presentasi. Selain itu, umumnya software atau aplikasi ini juga membuat penggunanya bisa menggabungkan rekaman layar dengan suara, sehingga bisa seperti multitasking

Saat ini, terdapat berbagai aplikasi rekaman layar yang bisa Sedulur pilih dan temukan di internet. Tentu saja, masing-masing aplikasi memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jika Sedulur masih bingung apa saja aplikasi screen recorder PC yang ringan serta gratis, yuk simak rekomendasinya berikut ini.

BACA JUGA: 10 Cara Screenshot di Laptop & Komputer Tanpa Aplikasi

1. Camtasia

screen recorder pc
Downloadcrew

Rekomendasi screen recorder PC gratis yang pertama adalah Camtasia. Apabila Sedulur merupakan pengguna Mac, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini. Dalam penggunaannya, Camtasia lebih dikhususkan untuk kebutuhan yang formal, seperti presentasi atau rapat online dalam bisnis.

-->

Adanya fitur Subtitle dari aplikasi ini akan sangat membantu Sedulur dalam mempresentasikan suatu topik yang ada dalam video. Fitur User Interface dari Camtasia pun juga terbilang cukup user friendly karena fitur drag and drop yang membuat pengguna awam mudah untuk mengoperasikannya.

Camtasia sendiri merupakan salah satu perekam layar yang cukup ringan serta bisa digunakan secara gratis pada versi free trial. Jika tertarik untuk menggunakan dan mengunduhnya, Sedulur bisa mengunjungi situs techsmith.com untuk Windows dan Mac.

2. Open Broadcaster Software

screen recorder pc
Teach Advisor

Open Broadcaster Software adalah aplikasi screen recorder untuk PC gratis karena memiliki sifat yang open source dan bisa dimodifikasi untuk siapa saja seperti Linux dan OS komputer. Tak hanya itu saja, penggunanya juga akan diberikan sebuah akses untuk bisa custom tampilan darinya dengan berbagai macam tema yang telah disediakan.

Selain merekam layar, penggunanya juga bisa menambahkan berbagai filter dan efek menarik dalam video yang dipilih. Apabila Sedulur merupakan seorang streamer video online, maka tidak perlu khawatir lagi. Alasannya, Open Broadcaster Software juga sudah menyediakan fitur Live Broadcast yang bisa melakukan proses dengan mudah dan cepat.

3. Hitpaw

screen recorder pc
Softpedia

Hitpaw merupakan aplikasi download screen recorder PC yang cocok untuk digunakan para pemula sekalipun. Alasannya adalah software ini mempunyai navigasi yang tidak membingungkan dan memiliki tampilan user interface yang sederhana. Perangkat ini juga cocok untuk berbagai keperluan dalam perekaman layar. 

Tak hanya cocok digunakan untuk konten kreator, Hitpaw juga bisa digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, dan guru sekalipun. Sebab, perekam layar ini memiliki salah satu fitur secara keseluruhan dan pada bagian tertentu saja. Selain itu, software ini sudah support untuk picture in picture dan melakukan tangkapan layar ketika proses perekaman sedang berlangsung.

Hitpaw juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, misalnya webinar, presentasi online, dan live meeting. Apabila sudah selesai melakukan perekaman layar, Sedulur juga bisa menyuntingnya terlebih dahulu dengan cara menambahkan berbagai efek agar hasil rekaman semakin cantik.

BACA JUGA: 8 Cara Screenshot Laptop Termudah dan Tercepat, Harus Tau

4. Windows 10 Game Bar

screen recorder pc
Neowin

Windows 10 Game Bar adalah screen recorder Windows 10 gratis yang menjadi solusi tepat untuk penggunanya merekam layar komputer dengan mudah. Windows 10 Game Bar adalah perangkat lunak bawaan dari Windows 10 yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Untuk bisa mengakses aplikasi ini, Sedulur cukup menekan tombol Windows + G secara bersamaan. Maka, akan secara otomatis jendela akan terbuka dan perekam layar pun siap untuk digunakan. Akan tetapi, jangan berharap terlalu tinggi pada aplikasi yang satu ini.

Seperti software dasar yang lainnya, Windows 10 Game Bar hanya bisa digunakan untuk merekam layar video dengan kualitas yang standar, bahkan cenderung rendah. Namun, hal itu justru menjadikan Sedulur lebih menghemat penyimpanan memori pada laptop.

5. Ice Cream Screen Recorder for PC

screen recorder pc
Icecream Apps

Berikutnya adalah Ice Cream Screen Recorder for PC yang merupakan software perekam layar yang multi platform sudah banyak tersedia pada Android, Mac, iOS, Windows XP, Windows 7, dan Windows 10.

Software ini juga termasuk perekam layar yang dapat digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya untuk beberapa waktu saja. Selebihnya, Sedulur harus membeli versi lengkapnya untuk bisa merekam video dengan durasi yang lebih dari 10 menit.

6. OBS Studio

screen recorder pc
Esportnesia

OBS merupakan singkatan dari Open Broadcaster Software dan memiliki sifat open source dan multiplatform. Dengan memiliki sifat tersebut, maka OBS menjadi salah satu perangkat lunak yang bebas untuk digunakan pada sistem operasi manapun.

Selain itu, OBS bisa dimiliki oleh siapapun tanpa membayar, alias gratis. Tampilannya cukup sederhana, jadi banyak digemari oleh para YouTuber. Sedulur harus mencoba software yang satu ini untuk digunakan sebagai perekam layar. Alasannya, OBS Studio mempunyai beberapa kelebihan. Diantaranya adalah memiliki banyak pilihan filter video, open source, mendukung streaming dan live broadcast, dan menu temanya bisa diganti. 

Seperti yang lainnya, OBS Studio juga mempunyai beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut diantaranya adalah kurang lengkapnya panduan untuk melakukannya. Jadi, Sedulur harus mempelajari sendiri bagaimana cara untuk menggunakannya secara maksimal.

BACA JUGA: Cara Mudah Split Screen untuk Multitasking di Laptop/PC

7. Screenpresso

screen recorder pc
Google Chrome

Aplikasi screen recorder PC selanjutnya adalah Screenpresso yang memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Kedua versi ini jelas mempunyai perbedaan. Kemudian, Screenpresso juga sangat berguna untuk Sedulur yang ingin merekam layar PC dengan cara yang standar. Ada berbagai kelebihan yang dimilikinya, yaitu bisa digunakan untuk penggunaan komersial, bisa merekam webcam dan audio secara bersamaan dengan layar, memiliki fitur share ke beberapa media sosial, hasil outputnya tidak berat, serta memiliki fitur quick access untuk bisa meninjau rekaman sebelumnya.

Sementara itu, kekurangan yang dimiliki Screenpresso adalah memiliki durasi rekaman yang hanya bisa tiga menit saja untuk versi gratisnya, tidak bisa menghapus watermark dalam video gratis, dan tidak ada panduan dan dukungan untuk Android pada versi gratisnya.

8. Action!

screen recorder pc
Action Recorder

Action! merupakan salah satu aplikasi screen recorder PC yang mempunyai performa yang cukup baik seperti namanya. Para penggunannya bisa melakukan real time perekaman layar serta mengekspor video dalam berbagai format, yaitu AVI, MP4, dan 3GP dan lain sebagainya. Kualitas suara yang diberikan pun juga sudah cukup bagus.

Tak hanya itu saja, Sedulur juga tidak akan menemui suara berisik pada saat melakukan perekaman suara karena terdapat fitur Anti Noise yang ada di dalamnya. Apabila tertarik untuk mengunduhnya, Sedulur bisa mendapatkannya dengan cara mengunjungi situs Actionrecorder.com.

9. ShareX for Windows

screen recorder pc
Gramfiles

ShareX for Windows adalah salah satu screen recorder for windows gratis yang bisa merekam layar tanpa adanya durasi tertentu dalam satu kali klik saja. ShareX juga memiliki sifat terbuka dan bisa dijalankan di berbagai Windows, seperti 10, 8, 7, dan Vista. Tak hanya bisa digunakan sebagai perekam layar, ShareX juga mempunyai fitur penangkap layar di setiap sudut tampilannya menjadi sebuah gambar. Satu lagi yang membuatnya tambah istimewa, yaitu adanya fitur No Ads yang bisa memblokir banyak iklan yang biasanya muncul. Sehingga, tampilannya menjadi semakin bersih.

BACA JUGA: 10 Cara dan Aplikasi Screen Recorder Laptop Terbaik

10. Tiny Take

screen recorder pc
TinyTike

Tiny Take merupakan screen recorder PC yang menjadi andalan untuk melakukan perekaman layar. Tiny Take cocok untuk Sedulur yang mempunyai kesibukan, rutinitas, dan hobi untuk membuat video rekaman dengan layar komputer atau laptop.

Dengan menggunakannya, Sedulur bisa mencurahkan semua kreativitas agar bisa menghasilkan sebuah video yang menarik dan kemudian bisa diunggah ke platform YouTube ataupun media sosial yang lainnya. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Tiny Take adalah kemampuannya yang bisa merekam webcam dan layar secara bersamaan.

Namun, kekurangan dari Tiny Take adalah merupakan software yang berbayar. Jadi, jika menggunakannya dengan mode gratis, maka hanya bisa dilakukan selama lima menit saja. Walaupun demikian, untuk perekaman yang dilakukan dengan mode gratis tersebut tidak memiliki watermark.

Hal ini membuat kualitas yang dihasilkan akan sangat memuaskan karena resolusi gambarnya tinggi. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Tiny Take adalah kemampuannya yang bisa merekam dengan satu kali klik saja.

11. ShadowPlay

How To Geek

Aplikasi screen recorder PC ini sudah menggunakan hardware dari GPU GeForce dari NvIDIA yang digunakan untuk membantu melakukan perekaman layar. Keunggulan dari ShadowPlay adalah bisa merekam layar secara mundur sampai 20 menit ke belakang. 

Dengan adanya fitur tersebut, Sedulur bisa merekam berbagai momen yang telah terlewatkan. Caranya adalah cukup menekan jalan pintas untuk menandakan akhir dari video. Secara otomatis, ShadowPlay akan merekam mundur ke belakang sampai 20 menit. Jadi, berbagai momen berharga yang dilewatkan dapat terekam.

12. WM Capture

Softpedia

WM Capture adalah aplikasi screen recorder PC yang bisa digunakan untuk merekam layar tanpa takut terkena watermark pada videonya. Keunggulan dan keunikan dari WM Capture adalah bisa menentukan kapan mulai merekam, dengan adanya fitur schedule recording. Tentu saja, Sedulur bisa merekamnya pada bagian tertentu.

Sebagai salah satu yang terbaik, WM Capture mempunyai keunggulan lainnya yaitu adanya output yang beragam. Format output terhadap video yang dihasilkan terdiri dari beberapa macam, seperti MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO. Tentu saja, hal ini sangat membantu Sedulur untuk menentukan format rekaman.

BACA JUGA: 8 Cara Membuat Portofolio Menarik & Profesional

13. Flashback Express by BlueBerry Software

Tech Radar

Flashback Express dari BlueBerry adalah aplikasi screen recorder PC yang berbayar tapi terdapat pula versi gratisnya yang cukup memenuhi kebutuhan. Flashback Express dapat digunakan oleh pemula dengan sangat mudah. 

Sedulur bisa melakukan kegiatan perekaman desktop dan gaming dalam sekejap saja, memilih area mana yang ingin direkam, menghilangkan ikon desktop yang berantakan serta menentukan fps berapa yang diinginkan dengan mudah dan praktis. Namun, merekam video dan mengeditnya melalui software yang lainnya bisa lebih lengkap karena ditujukan untuk editing video.

14. Ezvid Screen Recorder

Banana Soft

Ezvid adalah solusi jika Sedulur sedang mencari screen recorder pc no watermark dengan spesifikasi yang rendah. Selain itu, ini bisa digunakan sebagai edit video yang multifungsi. Alasannya adalah Ezvid bisa berjalan dengan lancar pada komputer dengan spesifikasi Windows XP yang kurang modern sekalipun. Tampilan antarmuka nya juga terbilang cukup sederhana. Jadi, Sedulur bisa memilih ikon Game untuk memulai perekaman dari permainan yang dimainkan, atau memilih fitur Capture Screen supaya bisa merekam layar secara keseluruhan.

15. Ace Thinker Video Maker

Giveaway of the Day

Salah satu screen recorder pc online yang bisa dipilih selanjutnya adalah Ace Thinker Video Maker. Software ini hadir untuk menghasilkan sebuah video dengan kualitas perekaman yang cepat, sederhana, dan premium. Terdapat dukungan tombol berbagi tertentu yang bisa memudahkan penggunanya supaya bisa membagikannya langsung di berbagai media sosial. 

Selain itu, Ace Thinker juga mempunyai fitur converter yang bisa mengubah video ke berbagai macam format, seperti MP4, MPEG, MOV, dan AVI. ketika membuka Ace Thinker, Sedulur tidak akan menemukan tampilan menu yang muluk, karena cuma akan muncul tombol perekaman untuk melakukan prosesnya.

BACA JUGA: 8 Cara Membuat Twibbon Menarik, Mudah & Cepat

16. Filmora Scrn for PC

Nesebamedia

Bagi para pecinta dunia editing, pasti sudah tidak asing lagi dengan screen recorder Windows 7, 8, dan 10 ini. Filmora Scrn sudah sejak dulu menjadi bagian penting dari berbagai macam software editing video pada laptop dan ponsel.

Filmora Scrn bisa membuat para penggunanya mampu melakukan perekaman layar dengan berbagai fitur yang cukup bagus. Filmora telah dilengkapi berbagai fitur yang berguna untuk menampilkan kursor mouse dengan tampilan yang bisa diubah. Fitur terjemahan pun juga hadir untuk melengkapinya. Ada pula berbagai tema dan efek yang dimilikinya untuk menambahkan kesan tertentu pada video yang dihasilkan.

17. Movavi

screen recorder pc
DigitalRev

Movavi Screen Recorder adalah sebuah solusi yang tepat untuk Sedulur yang menginginkan sebuah aplikasi dengan banyak fungsi lengkap serta bisa menggabungkan antara screen recorder dan fitur editing video. 

Adapun beberapa fitur editing sederhana yang dimiliki oleh Movavi selain bisa merekam layar adalah crop dan trim. Keduanya bisa Sedulur manfaatkan untuk langsung menyunting video dari Movavi ini. Tak hanya itu saja, Sedulur juga dapat menambahkan mikrofon dan webcam yang berguna untuk merekam audio serta video dengan cara bersamaan.

18. NVIDIA GeForce Experience Shadowplay

screen recorder pc
How To Geek

Satu dari berbagai best screen recorder untuk pc adalah NVIDIA GeForce Experience Shadowplay. Aplikasi ini merupakan software perekam layar gratis bawaan dari driver GPU NVIDIA yang cuma bisa dimanfaatkan dan digunakan bagi Sedulur yang memiliki seri GTX 650 ke atas untuk desktop PC. Sedangkan untuk laptop, serinya adalah GTX 660M ke atas.

Selain memiliki kemampuan untuk merekam layar, GeForce juga bisa melakukan rekam replay 20 menit, gameplay, livestream dengan resolusi maksimal 4K 60fps sesuai pengaturan yang didukung, serta streaming di NVIDIA SHIELD smart TV. kemudian, ia juga mempunyai mode foto dan filter untuk beberapa permainan yang mendukung. Walaupun memerlukan registrasi, tapu ada berbagai fitur yang telah tersedia sudah terasa cukup lengkap untuk Sedulur.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kamera WA Ngezoom Sendiri, Mudah & Praktis

19. iMyFone Filme Video Editor

iMy Fone Filme

Berikutnya adalah aplikasi iMyFone Filme Video Editor yang memberikan penawaran dan kemudahan dalam pengoperasian setiap fitur-fitur yang ada di dalamnya. Keunggulan itu bisa didapatkan karena adanya mode Fast Video Mode, yang mana ada proses editing dan dapat dilakukan cuma melalui satu kali klik saja. Ada berbagai tema tambahan yang bisa Sedulur gunakan untuk mempercantiknya. Selain itu, iMyFone juga bisa digunakan untuk merekam layar dan menentukan bagian apa dan mana yang akan disimpan dalam bentuk video. 

Software ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu adanya mode advanced features yang memungkinkan kita bisa menggunakan fungsi multi-layar ketika ingin menggabungkan video, foto, sampai audio menjadi satu. Selain itu, kelebihan lainnya adalah adanya tiga mode yang bisa dipilih supaya menyunting video menjadi lebih mudah. Sementara itu, iMyFone juga memiliki kekurangan, yaitu memiliki fitur yang cukup terbatas jika menggunakannya dalam versi gratis.

20. Bandicam Screen Recorder

Bandicam

Terakhir adalah Bandicam Screen Recorder atau Bandicam yang bisa merekam layar PC dengan frame rate dan bitrate yang cukup tinggi. Aplikasi populer ini juga bisa digunakan untuk merekam video sampai kualitas 4k UltraHD.

Walaupun memiliki kualitas yang tinggi, Bandicam tidak memiliki kualitas hasil rekaman yang cukup besar. Sehingga, ukuran file hasil rekaman akan menjadi lebih kecil apabila dibandingkan dengan yang lainnya. Akan tetapi, dalam versi gratisnya Sedulur akan mendapatkan watermark yang akan menempel pada hasil rekamannya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Bandicam memiliki kelebihan yaitu memiliki fitur compression untuk hasil rekaman video dengan ukuran lebih kecil dan bisa merekam sampai kualitas 4K UltraHD dengan frame rate dan bitrate yang cukup tinggi.

Sementara itu, kekurangan dari Bandicam adalah belum menyediakan fitur live streaming dan terdapat watermark yang cuma bisa hilang ketika berlangganan premium atau berbayar.

Nah, demikian berbagai rekomendasi screen recorder PC yang bisa Sedulur pilih berdasarkan kebutuhan dan spesifikasi. Tentunya, setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, berbagai rekomendasi di atas tetap bisa Sedulur gunakan secara gratis walaupun ada beberapa yang memiliki limit pemakaian. Semoga membantu, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.