Sambal kacang

Kali ini akan kita bahas bersama resep sambal kacang untuk gorengan atau untuk makanan lainnya. Sambal satu ini bisa jadi menu pendamping untuk menikmati berbagai makanan, contohnya adalah gorengan. Terutama di tengah bulan Ramadan saat ini, gorengan merupakan menu yang menarik untuk takjil.

Seperti apa resep dan cara membuat sambal kacang nasi uduk atau untuk menu penamping lainnya? Sedulur bisa menyimak artikel di bawah ini. Karena kita akan bahas bersama bagaimana membuat resep sambal, agar Sedulur bisa lebih mudah membuatnya sendiri di rumah.

BACA JUGA: 12 Resep Ayam Suwir Sederhana yang Enak & Mudah Dibuat

Bahan yang dibutuhkan

sambal kacang
Alodokter

Langkah pertama dalam resep sambal kacang bakwan, yaitu menyiapkan bahan-bahannya. Bahan yang Sedulur siapkan yaitu sebagai berikut:

  • 500 gr kacang tanah
  • 5 lembar daun jeruk
  • 11 Cabai rawit (bisa dikurangi kalau tidak suka pedas)
  • 3 butir bawang putih
  • 1 sendok teh asam jawa yang telah dihilangkan bijinya
  • 100 gr gula merah
  • Kencur ukuran 5 cm

BACA JUGA: Resep Sambal Kecap yang Enak untuk Berbagai Masakan

Goreng kacang terlebih dahulu

Cookpad

Langkah selanjutnya dalam resep sambal kacang cilok yaitu menggoreng kacang terlebih dahulu. Berikut tahapannya:

  • Panaskan wajan yang telah berisi minyak goreng
  • Setelah minyak goreng panas masukkan kacang tanah ke dalam wajan
  • Goreng kacang tanah dengan api sedang, bolak balik kacang tanah agar tidak gosong
  • Setelah berubah warna kecokelatan angkat kacang tanah dari penggorengan kemudian tiriskan.

Langkah membuatnya

sambal kacang
Resepedia

Selanjutnya adalah cara membuat resep sambal kacang sate, berikut langkah-langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  1. Haluskan kacang tanah yang telah digoreng (bisa diulek ataupun diblender)
  2. Setelah kacang tanah halus, haluskan bumbu lain seperti 5 lembar daun jeruk, 11 cabai rawit, 3 butir bawang putih, 1 sendok teh asam jawa yang telah dihilangkan bijinya, 100 gr gula merah, Kencur ukuran 5 cm.
  3. Setelah semua bumbu halus, campurkan kacang tanah yang telah dihaluskan, kemudian haluskan kembali hingga semua bumbu dan kacang tercampur rata.
  4. Sambel kacang pun selesai dibuat dan siap dinikmati.

BACA JUGA: 12 Resep Ayam Suwir Sederhana yang Enak & Mudah Dibuat

Cara menyimpan sambal kacang agar awet

Kompas

Setelah menyimak cara membuat dan resep sambal kacang pecel di atas, Sedulur juga harus tahu bagaimana cara menyimpan sambal agar awet dan tahan lama, berikut tips dan caranya:

  • Masukkan sambel pecel yang telah dibuat ke dalam wadah
  • Kemudian tutup rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk
  • Jika ingin menggunakan sambel pecel tinggal ambil secukupnya dengan sendok dan jangan lupa menutupnya kembali.

BACA JUGA: Resep Bomboloni Empuk & Manis, untuk Takjil Buka Puasa

Tips membuat sambal

sambal kacang
Wiratech

Agar membuat sambal dari kacang tanah tidak gagal, ada beberapa tips yang harus Sedulur perhatikan. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Daripada digoreng, kacang tanah lebih baik disangrai. Sangrai sendiri merupakan proses menggoreng tanpa mengeluarkan minyak.
  • Tujuan menggoreng atau sangrai kacang tanah sebelum dihaluskan adalah agar kandungan airnya berkurang, jadi pada saat proses penggorengan, kacang menjadi lebih kental.
  • Sedulur juga harus memastikan bahan-bahan yang lainnya benar-benar halus. Seperti cabai rawit, bawang putih juga kencur. Karena hal ini bertujuan agar ketika dicampurkan, semua bahan benar-benar tercampur.
  • Pastikan kandungan air pada kacang telah benar-benar berkurang, ketika proses penggorengan sambal pun Sedulur harus pastikan bahwa kandungan airnya telah menguap dan kacang mengeluarkan minyaknya. Semakin tidak ada kandungan air, semakin tahan lama sambal itu sendiri.

Tips di atas bisa jadi panduan Sedulur saat hendak membuat sambal dari kacang tanah. Tujuannya tentu saja agar sambal bisa dibuat dengan sempurna.

Itulah tadi resep dan cara membuat sambal kacang kecap yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Semoga penjelasan di atas bisa menambah menu sambal bagi Sedulur di rumah. Terutama di tengah bulan ramadan saat ini, sangat dibutuhkan menu sambal untuk menemani berbagai camilan dan takjil berbuka.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!