Masjid merupakan bangunan yang penting bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah. Beberapa diantaranya bahkan dibangun sebagai suatu simbol kejayaan umat muslim yang bisa dilihat dari rancangan arsitekturnya. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai masjid terindah di dunia yang memiliki keunikan tersendiri bergantung pada lokasinya.

Tersebar di berbagai wilayah di penjuru dunia, berbagai bangunan suci nan indah ini juga menawarkan pengalaman untuk beribadah yang tentunya berbeda dari yang lainnya. Ini dia 20 masjid terindah di dunia yang bisa mengobati rasa kangen Sedulur akan Baitullah. Disimak, ya!

BACA JUGA: Tata Cara Niat Sholat Jamak & Qasar Serta Syaratnya

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

masjid terindah di dunia
bareksa

Masjidil haram yang terletak di Arab Saudi merupakan salah satu masjid terindah di dunia yang populer di kalangan umat muslim. Bangunan ini berdiri dengan megah dengan mengelilingi Ka’bah. Tentunya, banyak masyarakat muslim di seluruh penjuru dunia yang memimpikan bisa menunaikan shalat 5 waktu di Masjidil Haram dengan memanjatkan doa kepada sang kuasa.

-->

Bangunan yang digunakan untuk ibadah umat muslim ini tidak pernah sepi, apalagi ketika bulan haji tiba. Seluruh umat yang ada di belahan dunia akan berkumpul dan menunaikan ibadah di Masjidil Haram. Luas dari bangunan ini memiliki ukuran 366.800 meter persegi dengan menara yang berjumlah sembilan. 

Pada tahun 2020 sebelum pandemi, Masjidil Haram diperkirakan bisa menampung jamaah hingga 2 juta sekaligus. Tak hanya luas, bangunan ini juga memiliki arsitektur yang indah dan luar biasa menakjubkan. Bangunan ini menjadi saksi perjalanan sejarah Islam yang panjang.

2. Masjid Imam Reza, Iran

masjid terindah di dunia
aambastaman

Berikutnya adalah Masjid Imam Reza yang terletak di Iran. Apabila Sedulur sedang berkunjung di Iran, jangan lupa untuk berkunjung juga ke bangunan megah nan mewah ini. Bangunan yang memiliki luas 598.000 meter persegi ini cukup untuk menampung lebih dari 700 ribu jamaah dalam satu waktu.

Tak heran, bangunan untuk melakukan ibadah ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Iran. Selain luas, bangunan ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang terletak pada kubahnya yang berwarna emas dan tosca. 

Tak hanya digunakan untuk beribadah saja, bangunan yang diprakarsai oleh Imam Reza pada abad ke 8 ini juga digunakan untuk menyebarkan dan belajar ilmu yang berkaitan dengan islam. Hal ini terlihat dari fasilitas yang dimilikinya antara lain perpustakaan, taman, tempat seminar, museum, makam, bahkan sebuah Universitas bernama Islam Razavi Ilmu. 

3. Masjid Kubah Emas, Yerusalem

masjid terindah di dunia
republika

Masjid terindah di dunia selanjutnya adalah Masjid Kubah Emas yang berdiri di wilayah Yerusalem. Bangunan ini memiliki detail dan arsitektur yang cukup menakjubkan. Adanya ubin mosaik pirus serta kubah emas besar menjadi daya tarik bangunan ini dan pembeda dari yang lainnya. 

Dari kejauhan, masjid ini tampak terlihat mewah dan berkilauan karena terletak di tempat yang cukup tinggi. Bahkan, bangunan ini juga didaulat menjadi simbol dari wilayah Palestina dan Al-Quds secara umum. Tak hanya menjadi kebanggaan bagi umat muslim di wilayahnya, tapi juga bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Banyak jamaah yang mendambakan mengunjungi tempat ini dan beribadah dengan khusyuk pada suatu waktu.

BACA JUGA: Niat & Tata Cara Sholat Fardhu 5 Waktu yang Sesuai Syariat

4. Masjid Nur Astana, Kazakhstan

masjid terindah di dunia
umma

Di tepian sungai kota Astana, Kazakhstan, terdapat salah satu masjid terindah di dunia bernama Nur Astana. Tak hanya menjadi kebanggaan Kazakhstan, bangunan ini juga menjadi kebanggaan wilayah Asia Tengah karena memiliki ukuran yang sangat luas dengan bangunan yang megah. Keseluruhan luas dari bangunan ini mencapai 4000 meter persegi, serta bisa menampung jamaah sebanyak 5000.

Bangunan ini tampak begitu kokoh dan megah, karena dibangun dengan bahan beton serta batuan granit. Seperti sebelumnya, masjid ini pun dilapisi dengan emas sehingga nampak berkilau ketika sedang tersorot sinar matahari. Bangunan tampak begitu rindang serta teduh karena disekitarnya berdiri berbagai pohon serta terdapat pula gedung-gedung super modern.

5. Masjid Agung Xi’an, Tiongkok

masjid terindah di dunia
cnnindonesia

Di negeri Tiongkok, terdapat pula sebuah masjid terindah di dunia yang tampak menakjubkan ketika dipandang. Nama dari bangunan tersebut adalah Masjid Agung Xi’an. Karena terletak di wilayah Tiongkok, maka gaya arsitektur yang membalut bangunan ini adalah tradisional Tiongkok yang tentunya dipadukan dengan gaya Islam. Hal itulah yang membuat tempat ibadah yang satu ini terlihat begitu unik dan menarik.

Meskipun memiliki gaya arsitektur tradisional Tiongkok, namun justru pemrakarsanya terinspirasi dari gaya khas Timur Tengah dan Persia. Meskipun begitu, bentuknya tetap mempertahankan tradisional khas Tiongkok yang lama, yaitu ketika masa Dinasti Ming dan Qing.

6. Masjid Hassan II, Maroko

masjid terindah di dunia
iqna

Masjid Hassan II menjadi salah satu interior masjid terindah di dunia yang terletak di Casablanca, Maroko. Selain memiliki arsitektur yang indah dan istimewa, tempat ibadah ini juga mampu menampung jamaah muslim sebanyak 100 ribu dan dijuluki sebagai Singgasana Tuhan di Atas Air atau masjid terapung terbesar karena letaknya ada di atas air atau mengapung.

Pembangunan tempat ibadah umat muslim ini atas keinginan Raja Hassan II yang di kala itu berdiri kokoh di atas tanah reklamasi. Dulunya, bangunan ini letaknya dekat dengan kawasan kumuh dekat dengan laut. Setengah dari luas bangunan ini berdiri di atas Samudera Atlantik. Sisanya, dibangun di atas tanjung reklamasi. 

Dengan adanya pembangunan ini, lokasi yang awalnya dijuluki kawasan kumuh kemudian berubah menjadi kawasan yang berkelas dan indah. Pembangunannya menggunakan jasa arsitek asal Perancis bernama Michael Pinseau. Konon, bangunan ini memakan biaya yang tidak sedikit, yaitu sekitar USD 800 juta atau jika dirupiahkan mencapai lebih dari 11 triliun. Dahulu, bangunan ini bahkan sempat menyandang predikat sebagai tempat ibadah muslim termahal.

BACA JUGA: Ketentuan Waktu Sholat Tahajud dengan Tata Cara & Doanya

7. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

masjid terindah di dunia
republika

Berpindah ke wilayah Asia Tenggara, terdapat salah satu masjid terindah di dunia bernama Sultan Omar Ali Saifuddin yang terletak di Brunei Darussalam. Bangunan ini merupakan salah satu objek wisata utama di negeri Brunei dan menjadi salah satu objek yang bersejarah disana.

Nama dari bangunan ini diambil dari seseorang yang meminta untuk membangunnya. Pada saat itu, Sultan Omar Ali Saifuddin merupakan pemimpin Brunei Darussalam yang ke 28. Pembangunannya lalu berakhir pada tahun 1958. Bangunan ini memiliki keunikan tersendiri, karena dibangun di atas laguna buatan, yaitu tepi sungai Brunei di Kampung Ayer.

Arsitektur dari bangunan ini memiliki kesan megah, karena terdapat sebuah menara yang dibuat dari marmer serta adanya kubah dari emas murni. Selain itu, ada pula halaman besar yang memiliki air mancur, sehingga kesan yang terdapat dari bangunannya sejuk. Ditambah dengan pepohonan dan bunga yang menghiasinya, bangunan ini menambahkan kesan rindang.

Pengunjung bisa menaiki menara dengan menggunakan lift yang tersedia. Jika sudah sampai di puncak menara, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah dari kota Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

8. Masjid Sultan Ahmed, Turki

masjid terindah di dunia
ayoindonesia

Masjid terindah di dunia lainnya yang harus dikunjungi umat islam adalah Masjid Sultan Ahmed yang terletak di Turki. Bangunan ini disebut juga sebagai The Blue Mosque dan dibangun ketika pemerintahan Ottoman Ahmed I berkuasa, antara tahun 1609 dan 1616.

Kemewahan dan keindahan dari bangunan ini dapat terlihat dari kilau langit-langitnya yang terbuat dari ubin Iznik (Nicaea kuno) berwarna biru sebanyak 20.000. Ubin buatan tangan ini memiliki aneka motif seperti pohon, bunga, serta pola abstrak yang jumlahnya ada lebih dari lima puluh desain yang berbeda. Selain itu, kubah pusatnya juga memiliki arsitektur yang tak kalah megah dan indah.

9. Masjid Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah, Malaysia

masjid terindah di dunia
republika

Berlokasi di Malaysia, salah satu masjid terindah di dunia ini menjadi simbol keagungan Islam serta kedaulatan umatnya di negeri jiran ini. Kemegahan dari bangunan ini bisa dilihat dari warna menaranya yang biru dan akan terus tampak meskipun sudah temaram. Apabila dilihat dari jarak yang pas, keindahan akan semakin terasa.

Tempat ibadah umat muslim ini memiliki luas kawasan 14,6 hektar dan letaknya di pusat Bandar Shah Alam. Karena itu, bangunan ini mampu menampung jamaah sebanyak 24 ribu yang datang untuk beribadah, membaca kitab, beristirahat, atau sekadar berwisata saja.

BACA JUGA: 4 Cara Menentuhkan Arah Kiblat Menggunakan Kompas, Praktis!

10. Masjid Badshahi, Pakistan

masjid terindah di dunia
hidayatullah

Pakistan memiliki salah satu masjid terindah di dunia bernama Badshahi, yang juga merupakan terbesar kedua di Asia Selatan, dan terbesar ketujuh di dunia. Tempat ibadah umat muslim ini bisa menampung jamaah lebih dari 10 ribu di ruangan shalat utama, serta 100 ribu jamaah lagi yang berada di halaman dan juga serambinya. Umat islam yang tinggal di Pakistan tentunya bangga dengan bangunan ini, karena telah tercatat di dalam UNESCO sebagai World Heritage Site.

Bangunan megah ini dibangun oleh raja keenam dinasti Mughal bernama Aurangzeb Alamgir pada tahun 1673. Raja itu juga merupakan putra dari Shah Jahan yang juga membangun Taj Mahal di India. Sekarang, bangunan ini sudah menjadi simbol dari kota Lahore dan salah satu objek wisata bagi turis lokal maupun mancanegara yang ingin berkunjung dan penasaran dengan bangunan peninggalan kerajaan Mughal.

11. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

kompasiana

Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu masjid tercantik di Indonesia yang terletak di Aceh. Tak hanya itu saja, Masjid Raya Baiturrahman ini juga menjadi tempat ibadah umat muslim tertua dan masih berdiri sampai saat ini. Lokasinya ada di pusat kota Banda Aceh dan dibangun pada era Kesultanan Aceh tahun 1612 yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam.

Dulunya, bangunan tertua ini pernah dibakar oleh pihak Sekutu, yaitu Belanda. Namun, mereka membangun kembali bangunan ini pada tahun 1879 sampai tahun 1881. Kepala arsitek dari bangunan ini adalah De Bruchi yang menyuguhkan gaya arsitektur Mughal dari India. Sampai saat ini, bangunan ini masih berdiri dengan indah dan kokoh.

12. Masjid Putra, Malaysia

republika

Diantara 100 masjid terindah di dunia, satu diantaranya adalah Masjid Putra yang terletak di Malaysia. Tepatnya, bangunan megah ini berlokasi di daerah Putrajaya, Malaysia. Dinamakan Putra karena merupakan nama dari perdana menteri pertama di Malaysia, yaitu Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj. 

Bangunan cantik nan megah ini terlihat seperti mengapung di atas danau. Dengan proses pengerjaan yang memakan waktu hingga dua tahun, bangunan ini dimulai pada tahun 1997. Letak dari bangunan ini berhadapan dengan danau Putrajaya.

Dominasi dari bangunan ini cukup berbeda dengan yang lainnya, yaitu berwarna merah muda. Konsepnya merupakan perpaduan antara budaya tradisional dan modern dan mengambil seni dari arsitektur Persia pada zaman kerajaan Safawi. Tak hanya itu saja, bangunan ini juga memiliki elemen yang berasal dari budaya umat muslim.

BACA JUGA: 15 Tempat Bersejarah di Indonesia Terpopuler, Wajib Dikunjungi!

13. Masjid Siddiqah Fatimah Az-Zahra (As), Kuwait

umma

Kuwait merupakan negara di dunia yang juga memiliki masjid terindah di dunia, dan diberi nama Masjid Siddiqah Fatimah Az-Zahra. Lokasinya ada di dekat Bandara Internasional Kuwait. Pembangunannya dimulai pada tahun 2008 dan selesai pada tahun 2011. Sehingga, butuh waktu yang cukup lama untuk membangunnya.

Total luas dari bangunan ini adalah 3200 meter persegi, sehingga bisa menampung pengunjung atau jamaah laki-laki sebanyak 3500 orang. Sedangkan, untuk jamaah perempuan bisa ditampung sebanyak 500 orang. Letak antara jamaah perempuan dan laki-laki juga terpisah. Untuk area parkirnya, bangunan indah nan mewah ini bisa menampung sebanyak 1000 mobil jamaah atau pengunjung.

14. Masjid Biru Mazar-i-Sharif, Afghanistan

mycity

Berikutnya adalah Masjid Biru Mazar-i-Sharif yang terletak di Afghanistan. Salah satu masjid terindah di dunia ini terletak di kota Mazar-i-Sharif, sesuai dengan namanya. Bangunan ini didirikan saat masa penguasa Dinasti Seljuk, yaitu Sultan Ahmad Sangar. Meskipun sudah berkali-kali mengalami kerusakan dan renovasi, bangunan yang terletak di jantung kota ini tetap kokoh berdiri tegak.

Dalam bangunan ini, terdapat banyak sejarah yang tersimpan dan tertata dengan rapi. Misalnya, pada tahun 1220 Genghis Khan mencoba untuk meruntuhkan bangunan ini. Hal itu bisa terjadi karena saat itu terjadi pertempuran besar disana. Lalu, Sultan Husayn Mirza Bayqara yang merupakan seorang raja Timurid memutuskan untuk merenovasi bangunan ini kembali pada abad ke 15. Pada saat renovasi, arsitektur yang menjadi konsep dari bangunan ini memiliki dominasi warna biru.

15. Masjid Aqsunqur, Mesir

brnews

Dari berbagai gambar masjid terindah di dunia yang bisa dilihat melalui buku ataupun internet, salah satunya adalah Masjid Aqsunqur yang terletak di Mesir. Bangunan yang dijuluki Ibrahim Agha ini merupakan salah satu dari banyak “masjid biru” di berbagai penjuru dunia. Pembangunannya diprakarsai oleh menantu Bahari Mamluk Sultan El-Nasser Mohammed bernama Syams El-Din Aqsunqur di tahun 1346.

Bangunan ini terletak tepatnya di Tabbana Quarter Islamic Cairo, antara Benteng Kairo atau Saladin dan Bab Zuweila. Konsep dari bangunan ini cukup unik karena mengusung gaya arsitektur khas Ottoman yang lengkap dengan ubin khas Iznik dalam bentuk tulip dalam vas dan pohon cemara.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat ibadah umat muslim, bangunan megah ini juga berfungsi untuk kompleks pemakaman, yang berisi makam Shams ad-Din Aqsunqun dan putra-putranya yang merupakan slah satu pendirinya.

BACA JUGA: 4 Cara Menentuhkan Arah Kiblat Menggunakan Kompas, Praktis!

16. Masjid Agung, Roma, Italy

whasattiyah

Selanjutnya, masjid terindah di dunia terletak di Roma, Italy dengan nama Masjid Agung atau The Great Mosque. Bangunan ini merupakan satu-satunya tempat ibadah umat muslim resmi yang berada di Italia. Walaupun begitu, masih banyak tempat ibadah untuk umat muslim lainya yang tersebar di berbagai penjuru kota, walaupun sifatnya darurat. Pada pembangunannya, para imigran muslim sempat mengalami perlawanan dari penduduk setempat. Meskipun begitu, mereka tetap bersemangat untuk membangun tempat ibadah ini.

17. Masjid Jamia, Nairobi, Kenya

republika

Bangunan indah tempat ibadah umat muslim selanjutnya adalah Masjid Jamia yang terletak di Nairobi, Kenya. Salah satu masjid terindah di dunia ini memiliki gaya khas muslim Arab karena mempunyai banyak kubah dengan berbahan dasar marmer. Selain itu, ada pula prasasti Al-Quran yang selalu diharapkan berada pada sebuah situs Islam yang penting. Pada bangunan ini, non muslim tidak diizinkan untuk masuk. Namun, tetap dibolehkan untuk sekadar berfoto atau melihat-lihat area eksterior dari bangunan ini.

18. Masjid Maraval, Trinidad, Trinidad dan Tobago

change

Jika dilihat dari foto masjid terindah di dunia, salah satu yang menarik perhatian adalah Masjid Maraval yang berlokasi di Trinidad, Trinidad dan Tobago. Bangunan megah ini terletak di kaki bukit dan Laventille di sudut jalan. Ketika melaksanakan shalat Jumat, khotbah yang disampaikan oleh imam dalam bahasa Inggris. Bangunan ini terkenal karena kebersihan lingkungannya yang terjaga serta memiliki pintu masuk yang berbeda antara perempuan dan lelaki.

BACA JUGA: 12 Gambar & Foto Masjid Terindah dan Megah, Bagai Istana!

19. Masjid Kul Sharif, Rusia

fathulghofur

Berdasarkan gambar masjid terindah di dunia yang beragam, salah satu yang paling megah adalah Masjid Kul Sharif yang berlokasi di Rusia, tepatnya di kota Kazan. Bangunan ini juga merupakan gerbang islam di Rusia. Setengah dari penduduk kota ini adalah muslim. 

Dalam bangunan ini, tampak berbagai kaligrafi ayat Al Quran dengan warna emas dan mimbar yang menjulang. Kesan mewahnya tambah terasa dengan adanya kiswah Ka’bah dan juga lantai yang berlapis karpet lembut. 

20. Masjid Wazir Khan, Pakistan

kbaone

Masjid terindah di dunia yang terakhir berada di kota Lahore, Provinsi Punjab, Republik Islam Pakistan. Bangunan ini diberi nama Wazir Khan yang memiliki arsitektur bangunan yang cukup menakjubkan. Didirikan sejak masa kekuasaan dinasti Mughal, bangunan ini membutuhkan waktu sekitar tujuh tahun untuk menyelesaikannya.

Nah, itu dia masjid terindah di dunia yang bisa menjadi objek wisata sekaligus tempat ibadah umat muslim yang bisa Sedulur jadikan referensi untuk berkunjung. Tak hanya memiliki arsitektur dan pemandangan yang menyejukkan mata, Sedulur juga bisa sekalian belajar sejarah dari tempat-tempat tersebut.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.