Mengetahui arah kiblat pakai kompas

Menentukan arah kiblat menggunakan kompas adalah satu hal yang sering dilakukan seorang muslim ketika berada dalam perjalanan di luar kota atau luar negeri. Hal ini penting karena mengetahui arah kiblat menjadi salah satu yang menentukan sahnya sholat.

Di era yang sudah cukup modern seperti sekarang, teknologi kompas dalam ponsel pun sering dijadikan acuan untuk menentukan arah kiblat. Namun, terkadang ada beberapa hal yang membuat kompas di ponsel tak seakurat kompas tradisional.

Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam menentukan arah kiblat menggunakan kompas biasa dan kompas elektronik.

Baca Juga: Ketentuan Waktu Sholat Tahajud dengan Tata Cara & Doanya

-->

Kenapa sholat menghadap kiblat itu penting?

Sholat menghadap Kiblat
Pikiran Rakyat

Sebelum masuk dalam pembahasan cara menggunakan kompas untuk menentukan arah kiblat, mari kita pahami dahulu aturan yang ada dalam Al Quran.

Pada QS Al-Baqarah ayat 150, Allah SWT telah menentukan syarat sahnya sholat adalah menghadap ke Kiblat.

Berikut ini kutipan suratnya:

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ اَلْمَسْجِدِ اَلْحَرَامِ } اَلْبَقَرَةِ

Artinya: “Di antara syarat sholat lainnya adalah menghadap kiblat. Allah Ta’ala berfirman,’Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram’.”

Jadi bisa dipastikan kalau sholat menghadap kiblat merupakan hal yang wajib dan utama. Karena kiblat merupakan tempat dimana Allah SWT memberikan karunianya dan jadi tujuan semua umat Muslim dunia.

Dari ayat tersebut juga diketahui bahwa titik kiblat sudah bisa dipastikan berada di Masjidil Haram yang berada di Kota Makkah,  Arab Saudi. Dengan demikian kita paham bahwa arah kiblat Indonesia sama semua dengan arah kiblat di dunia.

Ketahui nilai azimuth kompas dahulu

Menentukan Arah Kiblat
Pixabay

Untuk menentukan arah kiblat menggunakan kompas, kita perlu mengatur nilai azimuth kompas agar menjadikan Masjidil Haram sebagai pusat perhitungan kompas. Dan sebagai berikut ini angkanya:

  • Utara: 0/360 derajat
  • Timur Laut: 45 derajat
  • Timur: 90 derajat
  • Tenggara: 135 derajat
  • Selatan: 180 derajat
  • Barat Daya: 225 derajat
  • Barat: 270 derajat
  • Barat Laut: 315 derajat

Menentukan nilai azimuth ini sangat penting karena menjadi dasar agar kompas kita selalu bisa menentukan arah kiblat dengan benar meskipun kita sering berpindah tempat.

Baca Juga: Niat & Tata Cara Sholat Fardhu 5 Waktu yang Sesuai Syariat

Cara menentukan arah kiblat di kompas manual

Cara melihat kiblat lewat kompas
Pixabay

Setelah mengetahui nilai azimuth, yang perlu Sedulur lakukan sekarang adalah membaca kompas secara tepat.

Hal ini sendiri sebenarnya cukup rumit, tapi kamu bisa memahami dengan mudah apabila mengikutip 3 tips ini.

  1. Putar dial derajat pada kompas sehingga menunjukkan nilai azimuth yang dimaksud
  2. Putar posisi kompas sehingga azimuth magnetic searah dengan pandangan lurus. Pastikan posisi memegang kompas sudah benar (datar dan sejajar)
  3. Posisikan diri dengan memutar badan hingga ujung jarum kompas menunjukkan arah utara berimpit dengan utara skala kompas.

Meskipun sedikit rumit, kamu bisa mencoba mencari kompas khusus untuk arah kiblat yang sudah dijual bebas di beberapa toko lho. Kebanyakan para pedagang menjual alat ini dengan nama Kompas Arah Kiblat.

Dalam paket kompas arah kiblat juga sudah terdapat buku panduan yang akan memudahkan seorang muslim mengetahui letak Ka’bah secara tepat dan akurat.

Menentukan kiblat lewat kompas elektronik

Kompas Elektronik
Pixabay

Selain dengan kompas manual, menentukan arah kiblat juga sekarang lebih mudah dengan majunya teknologi.

Arah kiblat bisa dilihat  dengan menggunakan ponsel baik itu yang menggunakan sistem Android maupun iPhone.

Aplikasi melihat kiblat sendiri menggunakan sistem satelit sehingga tingkat akurasinya cukup tinggi. Namun, kamu harus memiliki cukup sinyal agar arah kiblat bisa benar-benar tepat.

Namun, dua device ini memiliki perbedaan dalam penentuan kompasnya.

  • Menentukan arah kiblat menggunakan iPhone

Menentukan arah kiblat menggunakan kompas online dengan kompas iphone sebenarnya cukup mudah. Hal ini karena dalam iPhone sudah terdapat fitur kompas yang ketepatannya mencapai 100 persen. Kamu cukup mencari aplikasi kompas di iPhone dengan nama “compass”. Lalu kamu bisa melihat arah kiblat dengan jelas di situ.

  • Arah kiblat lewat Android

Sementara handphone android ada yang sudah memiliki fitur kompas dan belum. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa aplikasi seperi Qibla Finder yang bisa diunduh di Google Play. Ketepatan aplikasi ini pun cukup oke lho.

Baca Juga: Tata Cara Niat Sholat Jamak & Qasar Serta Syaratnya

Cara mengetahui arah kiblat di rumah

Kompas di rumah
Detik

Terkadang ada orang yang bingung arah kiblat barat atau timur. Padahal jawabannya cukup mudah, kamu tinggal menentukan dimana tempat tinggalmu berada. Bila kamu berada di belahan dunia bagian timur seperti Indonesia, Singapura, Thailand, sampai Jepang. Maka arah kiblatmu adalah ke barat

Sedangkan jika kamu ada di Eropa atau Afrika bagian utara, arah kiblatmu bisa berada di timur. Hal ini sendiri merujuk posisi Masjidil Haram yang berada di Arab Saudi.

Selain itu, kita juga bisa memastikan arah kiblat dengan melihat arah terbit matahari dan juga rasi bintang di langit. Tentu hal ini cukup konvensional, tapi sangat efektif apabila kamu tidak memiliki kompas atau smartphone dengan aplikasi penunjuk kiblat.

Demikian beberapa cara untuk mengetahui arah kiblat dengan kompas. Hal ini memang sangat penting bagi kaum Muslim agar bisa menjalankan ibadah dan semua amalannya diterima.

Jadi bagaimana  mudah bukan? Semoga beberapa tips di atas bisa membantumu agar selalu bisa tepat menjalankan syarat sah sholat ya Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.