Waktu sholat tahajud

Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang bisa dilakukan seorang muslim minimal dua rakaat dalam sehari. Sholat ini diyakini punya banyak keutamaan dalam memudahkan urusan di dunia seperti karier, kerumitan masalah hidup yang bisa teratasi  dan mendapatkan pahala yang lebih berlipat. Namun, kapan sih waktu sholat tahajud yang tepat agar keberkahan bisa didapatkan?

Menurut para ulama, waktu yang dianjurkan untuk sholat tahajud adalah di sepertiga malam. Tepatnya antara pukul dua hingga batas waktu sholat tahajud waktu menjelang adzan subuh.

Sholat tahajud dapat dikerjakan minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas oleh waktu. Namun langkah yang paling baik atau waktu terbaik sholat tahajud adalah saat memasuki sepertiga malam.

Seperti dikutip dari laman artikel NU Online yang menjelaskan bahwa waktu sholat tahajud yang paling mustajab ada di sepertiga malam.  Hal ini juga telah dicatat di Surat Al-Isra ayat 79 yang berbunyi, “Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji,”

Nah, untuk kamu yang penasaran dengaan penjelasan waktu yang baik untuk sholat tahajud bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Tahajud yang Selalu Dibaca Rasulullah

1. Penjelasan tahajud

waktu sholat tahajud
saintif

Sholat tahajud hukumnya sunnah dilaksanakan oleh seorang muslim. Sholat ini dianggap lebih baik dari sholat pada umumnya. Sebab, sholat ini punya keistimewaan untuk mereka  yang mengerjakan. Di antaranya, akan dinaikan drajatnya, dimudahkan urusannya hingga dimudahkan dalam urusan karier.

Perihal tentang waktu sholat tahajud, sholat malam ini dilakukan pada sepertiga malam. Di mana pada waktu ini, dianggap mustajab dalam memohon keinginan kepada Allah SWT. Tentunya keinginan atau harapan yang baik.

Nah, setelah memahami definisi sholat tahajud, maka selanjutnya yaitu waktu terbaik sholat tahajud dan batas waktu sholat tahajud. Untuk itu, mari simak ulasan di bawah ini.

2. Waktu sholat tahajud

waktu sholat tahajud
kaba12

Waktu sholat tahajud jam berapa sih? Sholat tahajud bisa dikerjakan setelah menjalankan sholat Isya’ hingga waktu Subuh. Meski demikian, akan lebih baik jika kamu menjalankan sholat tahajud pada waktu sepertiga malam. Sebab ini merupakan waktu yang tepat untuk sholat tahajud.

Artinya dengan kata lain sholat tahajud akan lebih baik dikerjakan lepas tengah malam hingga waktu menjelang pagi. Lalu batas waktu sholat tahajud berapa menit sebelum subuh? Bila dihitung secara ringkas maka jawabannya adalah 10 menit dari adzan Subuh.

3. Tata cara menjalankanya

ibadah sunnah
tongkronganislami

Sebelum menjalankan tahajud, maka pastikan terlebih dahulu membaca niat. Niat  adalah pembuka dalam menjalankan rangkaian sholat tahajud. Adapun bacaan niat sholat tahajud adalah sebagai berikut.

Baca niat sholat tahajud

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillahi ta‘ala.

 Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

  • Takbiratul ihram (Allahu akbar)
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surah al-Fatihah
  • Membaca surah pendek
  • Ruku dengan tumaninah
  • Itidal dengan tumaninah
  • Sujud dengan tumaninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah
  • Sujud kedua dengan tumaninah
  • Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua
  • Membaca surah al-Fatihah
  • Membaca surah pendek
  • Ruku dengan tumaninah
  • Itidal dengan tumaninah
  • Sujud dengan tumaninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah
  • Sujud kedua dengan tumaninah
  • Tasyahud akhir dengan tumaninah
  • Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri, hingga wajah samping nampak di belakang.

Setelah menjalankan rangkaian sholat tahajud dari mulai membaca niat hingga salam, maka selanjutnya adalah doa setelah sholat tahajud.  Doa ini dibacakan setelah selesai melakukan sholat tahajud. Lalu bagaimana doa sholat tahajud yang baik dan benar, yuk simak ulasan di bawah ini

BACA JUGA: Doa Sholat Tahajud dan Dzikir, Lengkap dengan Waktu Amalnya

4. Doa setelah sholat

waktu ibadah sunnah
liputan6

Setiap usai menjalankan sholat tahajud, maka seorang muslim diwajibkan dalam membaca beberapa surat dalam Al.Quran. Lantas seperti apa doanya berikut ini adalan bacaan dan artinya.

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ
 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihina. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihina. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qaula haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru hoqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun.”

“Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminni. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya : “Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

“Ya Allah. Hanya kepadaMu lah aku berserah diri, hanya kepadaMu lah aku beriman, hanya kepadaMu lah aku bertawakal hanya kepadaMu lah aku kembali, hanya kepadaMU lah kuhadapi musuhku dan hanya kepadaMulah aku berhukum. Oleh sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan Selain Engkau dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Demikian bacaan doa selepas sholat tahajud. Selanjutnya adalah keutamaan dari menjalankan sholat ini. Ya, sholat tahajud merupakan sholat dengan beberapa keistimewaan. Salah satunya adalah drajat seseorang akan dinaikan. Namun untuk lebih lengkapnya mengenai keutamaan sholat ini, bisa disimak ulasannya  di bawah ini.

 BACA JUGA : Bacaan Doa Sahur dan Niat Puasa Ramadhan yang Benar!

5. Keutamaan tahajud

ibadah sunnah terbaik
viva

Tahajud dapat membawa keberkahan untuk mereka yang menjalankan. Syaratnya tahajud yang dijalankan harus di waktu yang tepat. Ya, waktu sholat tahajud yang paling mustajab adalah di sepertiga malam. Lantas, apa saja keberkahan yang bisa didapat setelah seorang muslim menjalankan sholat ini, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

  • Menghapus dosa dan mencegah berbuat dosa
  • Menenangkan hati
  • Mengangkat drajat
  • Doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Jembatan masuk surga

Demikian ulasan tentang waktu sholat tahajud, keutamaan, doa, dan batas waktu sholat tahajud. Semoga penjelasan ini membuat kita lebih khusyuk dalam beribadah kepada Allah SWT. Aamiin.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.