Simak daftar gambar masjid di bawah ini. Kemewahannya menunjukan keagungan agama Islam!

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim. Keindahan dan kemegahan sebuah masjid akan memberikan kebanggaan bagi umat muslim itu sendiri. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan daftar masjid terindah yang ada di dunia. Mulai dari gambar masjid terindah dan termegah, hingga lukisan masjid terindah.

Banyak masjid indah di dunia yang bisa Sedulur jadikan hiasan dinding rumah atau wallpaper masjid indah. Beberapa gambar masjid yang bisa dijadikan rujukan mulai dari gambar masjid cantik, gambar masjid mewah, gambar dalam masjid, gambar masjid tercantik di dunia, hingga gambar masjid megah.

Apa saja gambar masjid paling indah dan masjid megah di dunia? Sedulur bisa simak ulasan kumpulan gambar masjid yang disajikan oleh Supeapp.id dalam kesempatan di bawah ini.

Baca Juga: Tata Cara Berkurban Saat Idul Adha

Daftar Gambar Masjid Terindah dan Termegah Bagaikan Sebuah Istana!

1. Masjid Sheikh Lotfollah – Iran

1. Masjid Sheikh Lotfollah – Iran
researchgate.net

Gambar masjid unik nan megah yang pertama berasal dari masjid di Iran, yaitu masjid Sheikh Lotfollah. Masjid ini terletak di kota Isfahan dan menjadi salah satu kota di Timur Tengah yang sangat indah karena memiliki masjid dengan arsitektur khas masa lalu. Bahkan ada yang menyampaikan bahwa keindahan Isfahan tidak kalah dengan Roma dan Athena.

Masjid Sheikh Lotfollah dibangun pada 1602-1619, pada masa pemerintahan Sultan Shah Abbas I, ketika kekhalifahan Islam masih tegak berdiri. Masjid ini terlihat seperti istana tempat pemerintahan, hal tersebut wajar saja. Karena sebelum difungsikan menjadi masjid, bangunannya sempat difungsikan sebagai tempat pertemuan untuk membahas kebijakan kekhalifahan.

2. Masjid Aqsunqur – Mesir

2. Masjid Aqsunqur – Mesir
see.news

Mesir merupakan negara yang kaya dengan peninggalan sejarah. Seperti yang Sedulur ketahui, peradaban Mesir merupakan salah satu peradaban yang tinggi dan masih meninggalkan banyak teka teki. Salah satunya adalah bangunan piramida dan spinx. Tanda tanya orang di masa kini adalah bagaimana orang di masa lalu bisa membangun dua bangunan megah tersebut.

Masjid Aqsunqur merupakan salah satu bagunan peninggalan abad ke-14. Yang menunjukan gaya arsitektur Ottoman, lengkap dengan ubin Iznik yang berbentuk pohon cemara. Di dalam lingkungan masjid juga terdapat makam pendiri Masjid Aqsunqur yaitu Syams El-Din Aqsunqur.

3. Masjidil Haram – Arab Saudi

3. Masjidil Haram – Arab Saudi
detik.com

Salah satu masjid yang sering dijadikan gambar wallpaper masjid adalah Masjidil Haram yang ada di Mekah. Tempat kiblat seluruh umat Islam yang ada di penjuru dunia mana pun. Di tengah Masjidil Haram terdapat Ka’bah yang menjadi pusat tujuan umat Islam melakukan solat.

Sejarah Masjidil Haram sangat panjang, berkaitan dengan sejarah agama samawi yang berasal di Timur Tengah. Salah satu masjid kebanggaan umat Islam yang tersebar di seluruh pelosok dunia. Saking bangganya, setiap ornamen untuk ibadah, seperti sajadah, dan lain sebagainya, menggunakan gambar masjid satu ini.

Baca Juga: Tradisi Unik Perayaan Lebaran Idul Adha

4. Masjid Nabawi – Arab Saudi

4. Masjid Nabawi – Arab Saudi
kompas.com

Berbeda dengan Masjidil Haram yang ada di Kota Mekkah, Masjid Nabawi berada di Kota Madinah, kota dimana Rasululloh hijrah dan lari dari serbuan umat kafir quraish. Masjid Nabawi merupakan masjid pertama yang dibangun Rasululloh ketika berhijrah dan menandai awalnya perkembangan Madinah itu sendiri.

Oleh karena itu gambar masjid Nabawi, sama seperti masjidil haram yang banyak digunakan dalam setiap ornamen untuk beribadah. Salah satu masjid terindah dan termegah yang dimiliki oleh umat islam.

5. Masjid Hassan II – Maroko

5. Masjid Hassan II – Maroko
tribunnews.com

Gambar masjid termegah dan pemandangan indah selanjutnya adalah Masjid Hassan II dari Maroko. Masjid ini merupakan Masjid termewah dan termegah yang ada di Maroko, dan juga merupakan  masjid ketujuh terbesar yang ada di dunia. Masjid ini miliki menara paling tinggi, yaitu setinggi 210 meter yang juga dilengkapi dengan sinar laser yang mampu menerangi pemandangan sekitar masjid. 

Masjid Hassan II memiliki arsitektur yang menakjubkan dengan dinding yang terbuat dari marmer yang berkualitas tinggi dan sangat halus. Di beberapa bagian masjid juga telah menggunakan kaca sebagai lantai yang memungkinkan setiap jamaah untuk dapat melihat air lautan Atlantik.

6. Aya Sofya – Turki

6. Aya Sofya – Turki
idntimes.com

Sebelum menjadi masjid, Aya Sofya merupakan sebuah Gereja yang bernama Hagia Sophia. Ketika Kekhalifahan Ottoman berhasil merebut Turki, yang saat itu bernama Konstantinopel, merupakan pusat Kerajaan Kristen di Timur Tengah, yaitu Byzantium. Seketika, ketika Konstantinopel direbut, namanya kemudian diganti menjadi Istanbul.

Hagia Sophia yang merupakan Gereja diubah langsung menjadi Masjid dengan nama Aya Sofya. Salah satu masjid termegah dan terindah yang ada di dunia dengan sejarah yang cukup panjang dan cukup sengit. Karena perebutan antara wilayah yang dikuasai oleh Islam dan juga Kristen.

7. Masjid Ubudiah – Malaysia

7. Masjid Ubudiah – Malaysia
wallpaperflare.com

Masjid selanjutnya yang megah dan mewah terletak di Malaysia, negara tetangga Indonesia. Melihat gambar masjid satu ini terlintas dibenak dan pikiran seperti melihat sebuah istana yang ada pada film kartun Aladdin dalam kisah 1001 Malam yang sangat legendaris.

Masjid ini terletak di Kota Kerajaan Kuala Kangsar, Malaysia. Dirancang oleh arsitektur Inggris, yaitu Arthur Benison Huback, atas perintah Sultan Idris Mushidul Azam Shah. Sulta Idris berikrar akan membangun masjid yang paling indah jika ia sembuh dari penyakit yang dideritanya.

8. Masjid Wazir Khan – Pakistan

8. Masjid Wazir Khan – Pakistan
nation.com.pk

Salah satu negara Islam yang ada di Asia Selatan adalah Pakistan, dengan masjid Wazir Khan yang terletak di kota Lahore, kota yang paling sibuk di Pakistan. Masjid Wazir Khan berdiri pada abad ke-17, dan menjadi identitas Pakistan dan juga kota Lahore itu sendiri.

Masjid ini dihiasi dengan lukisan dan ubin fresco, baik di bagian dalam maupun luarnya. Tak hanya itu, dari lantai atas masjid Wazir Khan, Sedulur bisa melihat titik pandang paling menakjubkan dari jantung kota Lahore. Sedulur bisa melihat kesibukan kota Lahore, yang merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Pakistan.

9. Masjid Nasir Al-Mulk – Iran

9. Masjid Nasir Al-Mulk – Iran
phinemo.com

Iran kembali menyumbangkan salah satu gambar masjid termewah, yaitu Masjid Nasir Al-Mulk. Masjid ini merupakan Masjid tertua yang indah yang ada di Iran. Memiliki langit-langit yang melengkung yang memiliki gaya seperti khas Arab. Selain itu, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Merah Muda, karena kesan warna merah muda yang keluar dari masjid ini ketika terkena sorotan sinar matahari.

10. Masjid Sheikh Zayed – Uni Emirat Arab 

10. Masjid Sheikh Zayed – Uni Emirat Arab
detik.com

Di Uni Emirat Arab, tepatnya di kota Abu Dhabi, terdapat salah satu masjid yang megah yaitu, Masjid Sheikh Zayed. Masjid ini memiliki 82 kubah marmer putih yang bertahtakan permata semi mulia. Selain itu, di dalam masjid juga terdapat tujuh lampu gantung yang terbuat dari kristal Swarovski dan berlapis emas 24 karat.

Selain itu, di masjid ini juga terdapat karpet terbesar di dunia dengan kain yang super lembut. Dinding dan langit-langit di dalam masjid juga terdapat pola bunga yang cukup rumit yang berasal dari seniman asal Inggir, yaitu Kevin Dean.

11. Masjid Kubah Emas – Palestina

11.  Masjid Kubah Emas – Palestina

Masjid termegah selanjutnya adalah Masjid Kubah Emas yang terdapat di Yerusalem. Keindahan terlihat jelas dari arsitektur luar masjid ini. Terdapat ubin-ubin mozaik pirus dan juga kubah emas raksasa. Masjid ini teletak di wilayah suci Al-Qudus, yaitu kota suci bagi tiga agama, Yahudi, Nasrani dan Islam. Salah satu wilayah yang sangat rawan akan konflik.

12. Masjid Raya Baiturrahman – Aceh, Indonesia

12. Masjid Raya Baiturrahman – Aceh, Indonesia
kumparan.com

Masjid terakhir yang memiliki pemandangan indah dan megah terdapat di Indonesia, tepatnya terletak di Aceh. Masjid ini sempat mengalami keajaiban dan ramai diperbincangkan dunia. Pada tahun 2004, ketika bencana Tsunami menimpa Aceh, seluruh bangunan rata oleh kerasnya hantaman tsunami, hanya masjid Baiturrahman yang berdiri tegak. Salah satu petunjuk betapa ajaibnya sebuah tempat ibadah.

Sekian penjelasan mengenai gambar masjid termegah yang ada di dunia. Semoga bisa menambah pengetahuan Sedulur dan juga semoga Sedulur bisa mengunjungi salah satu masjid yang ada di atas. Sebelum mengakhiri artikel ini, satu informasi penting yang harus Sedulur ketahui yaitu tentang Aplikasi Super yang bisa memenuhi setiap kebutuhan barang sehari-hari Sedulur. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat mencoba!