7 keajaiban dunia

Beberapa waktu belakangan ini netizen heboh di media sosial yang membicarakan perihal candi Borobudur yang tidak masuk ke dalam daftar 7 keajaiban Dunia versi New Open World Corporation (NOWC). Hal ini bermula ketika seorang Youtuber bernama YouTuber Leonardo Edwin yang membuat pernyataan dalam akun instagram pribadinya.

Leonardo mengatakan bahwa Candi Borobudur tidak pernah masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia. Hal ini karena Candi Borobubudor tidak masuk ke dalam 7 peringkat 77 teratas dari 176 nominasi. Meski begitu, hasil dari survei ini tetap dipublikasi oleh NOWC dengan tujuh bangunan yang termasuk dalam New 7 Wonders of The World atau 7 Keajaiban Dunia adalah sebagai berikut. Untuk lebih jelasnya, Berikut 7 keajaiban dunia dan penjelasannya. 

BACA JUGA : Pengertian Slow Living Beserta Cara Penerapan dan Manfaatnya

1. Tembok Besar Cina, Tiongkok

7 keajaiban dunia
Kompas

Tembok besar Cina merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia Asia. Bangunan terbesar di dunia ini memiki Panjang 8.850 km atau sekitar 5.500 mil dan menjadi bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Tembok besar Cina pertama kali masuk dalam daftar keajaiban dunia pada tahun 1987.

Fakta menarik lainnya dari tembok Cina adalah mempunyai panjang yang melebihi sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Karena begitu panjang, pembangunannya pun mengabiskan waktu yang sangat lama. Tak tanggung-tanggung, waktu pembuatan bangunan ini mencapai 1.800 tahun. 

Tembok besar Cina mempunyai peranan penting untuk membatasi wilayah perkotaan. Tak hanya itu, bangunan ini juga digunakan untuk benteng pertahanan, jalur komunikasi dan juga sebagai penanda wilayah perbatasan. 

2. Petra, Jordan

iStock

Petra merupakan bangunan situs bersejarah yang terletak di Ma’an, Yordania. Bangunan ini diketahui sudah ada sejak abad ke-4 sebelum masehi dan dijuluki sebagai kota Mawar karena bebatuannya berwarna merah. 

 Petra disebut sebagai situs yang berharga oleh para arkeolog dan juga sejarawan. Mengingat bebatuannya yang begitu indah dan juga sistem perairan yang modern serta inovatif. Bangunan ini semakin menarik karena terdapat beberapa tempat wisata di sana, antara lain yaitu Kuil Singa Bersayap, The Treasury dan juga Siq. 

BACA JUGA : Apa itu Arti Mletre? Bahasa Jawa yang Jadi Viral di TikTok

3. Patung Yesus Kristus, Brazil

7 keajaiban dunia
Pixabay

Patung Yesus Kristus atau Christ the Redmeer, Brazil ini masuk ke daftar 7 keajaiban dunia UNESCO. Patung berukuran besar ini menggambarkan Yesus sedang menebus dosa. Meski patung ini merupakan buatan manusia yang selesai pada tahun 1922, Christ the Redmeer berhasil masuk dalam keajaiban dunia lho Sedulur. 

4. Machu Picchu, Peru

7 keajaiban dunia
Pixabay

Machu Pichu merupakan situs bersejarah di Cuzco, Peru dan menjadi sumber pendapatan pariwisata yang cukup besar di negara tersebut. Namun, karena banyaknya wisatawan yang berkunjung, membuat kota ini menjadi rusak. Diketahui, bangunan ini merupakan peninggalan peradaban Inca yang didirikan pada sekitar tahun 1460 sampai 1460-an. Kemudian pada tahun 1983 Machu Pichu masuk dalam daftar situs warisan budaya dunia UNESCO. 

Situs ini masih menjadi pertanyaan tentang apa kegunaannya oleh suku Inca pada masa lalu. Bangunan dengan bentuk garis patahan yang diakibatkan oleh adanya gempa bumi, serta benteng yang dibangun dari bebatuan tanpa lapisan semen menjadikan Machu Picchu salah satu bangunan dengan gaya rancangan yang sangat rumit. 

5. Chichen Itza, Meksiko

Pixabay

Chichen Itza merupakan bangunan kuno yang terletak di Meksiko., tepatnya di wilayah Semenanjung Yucatab. Bangunan berbentuk piramida ini didirikan oleh suku Maya pada abad 9 dan 10 Masehi. Chichen Itza dipercaya sebagai pusat budaya dan ekonomi suku Maya. 

Bangunan berbentuk piramida yang disebut dengan piramida Kukulcan sangat mirip dengan piramida yang berada di Mesir. Itulah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi bangunan bersejarah ini. Diketahui bahwa Chicken Itza terpilih menjadi 7 keajaiban dunia pada Juli 2007.

BACA JUGA : 12 Penyebab Gatal Pada Kulit Beserta Cara Mengatasinya

6. Koloseum, Italia

iStock

Koloseum, Italia merupakan satu-satunya situs yang masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia terbaru. BAngunan ini dikenal sebagai tempat bertarungnya gladiator serta tempat bertempurnya hewan di Roma kuno. Bangunan ini didirikan pada ruang bawah tanah yang bagian dalamnya dapat digenangi air yang bertujuan untuk pertarungan laut. 

Tak heran jika sampai saat ini Koloseum menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi turis dari berbagai penjuru dunia. Diketahui bahwa Koloseum dapat menampung 50 ribu sampai 80 orang, serta digunakan untuk berbagai macam acara, seperti pertunjukan hingga pentas drama. 

7. Taj Mahal, India

7 keajaiban dunia
Pixabay

Siapa yang tak kenal dengan bangunan yang megah nan indah bernama Taj Mahal di India ini. Bangunan ini sudah dianggap sebagai mahakarya yang luar biasa dengan arsitektur yang begitu elegan. Di dalamnya terdapat makam yang terbuat dari marmer putih yang menarik pengunjung hingga 9 juta setiap tahunnya. 

Taj Mahal dibangun sebagai makam Mumtaz Mahal yang membutuhkan puluhan ribu tentara dalam proses pengerjaannya. Selain itu, bangunan ini didesain oleh para seniman, pemahat batu dan arsitektur tenama kala itu. 

Itulah keajaiban dunia terbaru. Lantas mengapa Candi Borobudor tidak termasuk? Berikut penjelasannya. 

Candi Borobudor hanya masuk nominasi

7 keajaiban dunia
Head Topics

Candi Borobudor tidak masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia 2022, hal tersebut dikarenakan Candi Borobudor gagal terpilih dalam 7 peringkat 77 teratas dari 176 nominasi. Sehingga Candi Borobudor tidak lanjut menuju tahap selanjutnya. Tak hanya Borobudor, nominasi keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia juga ada sawah teraasering Tegalalang dari Bali.

 Meski tidak terdaftar dalam 7 keajaiban dunia Indonesia, Borobudor sudah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak 1991 lalu. Berikut sejumlah kriteria yang menjadikan Candi Borobudr sebagai situs warisan dunia : 

  • Candi Borobudor adalah hasil mahakarya arsitektur Buddhis, ditandai dengan adanya stupa, candi dan gunung yang berada di dalamnya.
  • Sudah berdiri sejak abad ke-8 dan akhir abad ke-9 Masehi
  • Candi Borobudor menggambarkan konsep Buddhis yang telah mencapai  irwana, dengan ditunjukan adanya legat bangunan candi. 

Kendati tidak masuk sebagai keajaiban dunia, sebagai masyarakat Indonesia tentu kita bangga dengan adanya Borobudur. Pasalnya, melalui Borobudur kita bisa mengenal sejarah nenek moyang kita, serta kita bisa tahu bahwa kita merupakan bangsa yang besar sejak dari dulu. Hal tersebut dapat terlihat dari bagaimana nenek moyang kita membangun Candi Borobudur.

Demikianlah penjelasan mengapa Candi Borobudor tidak masuk dalam 7 keajaiban dunia. Keputusan dari NOWC yang menghasilkan bahwa Candi Borobudor tidak dapat lanjut ke tahap selanjutnya menuai banyak kritik dari. Pasalnya NOWC hanya memperkenalkan tempat-tempat yang sudah dikenal banyak orang saja. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.