manfaat sagu

Tak hanya menambah energi, manfaat sagu juga ada banyak. Makanan pengganti nasi ini bisa membuat tubuh jadi lebi sehat lho, Sedulur.

Selain beras, sagu menjadi salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Lebih tepatnya di Indonesia bagian timur. Sagu berasal dari inti batang pohon palem yang dikeringkan. Setelah itu, bisa baru bisa diolah menjadi tepung, beras, lalu dibuat beragam camilan dan kue.

Selain memiliki rasa enak, manfaat sagu Ambon juga punya banyak kebaikan untuk tubuh. Bagi yang sedang menjalani program diet, kamu akan semakin tertarik untuk menjadikan olahan sagu ini sebagai kudapan harian. Tak hanya untuk orang dewasa, manfaat baik dari sagu ini juga bisa dirasakan oleh bayi, remaja, ibu hamil, hingga lansia.

1. Gluten free

manfaat sagu Gluten free
image source: Unsplash

Dilansir dari Food and Agriculture Organization, kandungan per 100 gram membuat manfaat sagu untuk diet semakin terasa. Selain rendah kalori, zinc, dan mineral, sagu juga tidak mengandung biji-bijian dan bebas gluten. 

-->

Maka dari itu, tepung sagu bisa dijadikan tepung alternatif bagi yang sedang menjalani program diet. Kamu bisa menyantap beras sagu maupun olahan tepung sagu dan menjadikannya sebagai snack tambahan di menu santapan harianmu. Sagu bisa menjadi santapan sehat yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau, lho.

2. Menjaga kepadatan tulang

manfaat sagu Menjaga kepadatan tulang
image source: Unsplash

Meskipun rendah mineral, ada subsidi silang yang bisa diberikan oleh sagu ke dalam tubuh. Ada tembaga, besi, dan kalsium. Nutrisi tersebut terbukti mampu membantu memperkuat kepadatan tulang. Kamu bisa mulai beralih untuk mengonsumsi sagu untuk asupan karbohidrat harian untuk mendapatkan manfaat lebih bagi tulang. Bila tulang dan jaringannya terjaga, osteoporosis dan peradangan di dalam tubuh bisa dicegah dengan baik. Usia tulangmu bakal terasa lebih muda dan tidak mudah lelah.

3. Sebagai penangkal radikal bebas

manfaat sagu Sebagai penangkal radikal bebas
image source: Unsplash

Setelah tahu definisi apa itu sagu, proses pembuatan, serta kandungan yang dimiliki di setiap 100 gramnya, kamu perlu tahu manfaat lainnya agar semakin rutin mengonsumsinya setiap hari. Sagu mampu menjadi salah satu penangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidan.

Senyawa nabati yang didapat tanin dan flavonoid bisa memasok  polifenol untuk menghalau radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Bila proses penangkalan radikan bebas ini berhasil, manfaat yang bisa dirasakan tubuh adalah adanya peningkatan kekebalan tubuh, mengurangi intensitas peradangan, dan menurunkan risiko serangan jantung. Tulang, organ dalam, dan kekebalan tubuh bakal ikut merasakan manfaatnya.

Baca juga: Manfaat Gula Batu Bagi Kesehatan dan Cara Konsumsinya

4. Meminimalisir risiko penyakit jantung

manfaat sagu Meminimalisir risiko penyakit jantung
image source: Unsplash

Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung. Beberapa penelitian sudah dilakukan terhadap manusia dan hewan dengan membandingkan antara konsumsi sagu dan tepung tapioka. Hasilnya, yang memakan sagu memiliki kadar kolesterol lebih rendah. 

Dengan mengonsumsi sagu dalam olahan tepung maupun beras, kamu bisa mengurangi risiko penyakit jantung secara perlahan. Asalkan menjaga pola makan dan gaya hidup, tubuhmu tetap bugar dan minim terserang penyakit kronis. Jangan menunggu usia bertambah tua dulu baru gencar mengonsumsi olahan sagu. Akan lebih baik dan bisa dicegah apabila dimulai di usia yang lebih dini.

5. Memasok pati resisten

manfaat sagu Memasok pati resisten
image source: Unsplash

Manfaat sagu lain yang tak kalah penting adalah sebagai pemasok pati resisten di dalam tubuh. Sagu sendiri mengandung 7,5% pati resisten. Jenis pati ini mampu menjangkau saluran pencernaan hingga usus besar. Eksistensi dan fungsi pati ini adalah memberi makanan kepada bakteri usus sehat.

Bakteri ini mampu menghasilkan senyawa asam lemak rantai pendek atau Short-Chain Fatty Acid (SCFA). Menurut penelitian yang dilakukan Alimentary Pharmacology and Therapeutics, kolaborasi antara pati resisten dan SCFA bisa membuat organ tubuh jadi lebih sehat. Sebut saja seperti mampu membantu menurunkan kadar gula darah, mengurangi nafsu makan berlebih, hingga meningkatkan produksi pencernaan.

6. Mengencangkan otot

manfaat sagu Mengencangkan otot
image source: Unsplash

Kandungan pati di setiap asupannya bisa membuat manfaat sagu semakin terasa dan manjur bagi badan. Selain bagus untuk saluran pencernaan, senyawa pati ini bisa membantu menjaga kesehatan otot.

 Seperti membantu menyembuhkan kram otot dan masalah otot lainnya. Bila dikonsumsi secara teratur, sagu bisa mempercepat proses penyembuhan dan perbaikan otot yang bermasalah. Konsumsi sagu segera supay kamu bisa terhindar dari penyakit sepele tapi mengganggu kegiatan harian ini.

7. Mendongkrak energi

manfaat sagu Mendongkrak energi
image source: Unsplash

Sebagai informasi tambahan, kalori yang dikandung pada sagu ternyata punya dosis yang lebih padat daripada sumber karbohidrat sejenisnya. Karena nutrisinya yang lebih mudah dicerna, penyebaran gizi di dalam tubuh bisa dengan mudah disebarkan do dalam darah. Tubuh pun bisa tetap bertenaga dan berenergi dengan mengonsumsi olahan sagu secara rutin. Kamu tidak perlu lagi mengonsumsi minuman berenergi untuk mendapat asupan tenaga ekstra.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai & Kandungan Gizi yang Baik Bagi Kesehatan

8. Meningkatkan performa tubuh ketika aktif bergerak 

manfaat sagu Meningkatkan performa tubuh ketika aktif bergerak
image source: Unsplash

Ingin meningkatkan performa tubuh ketika bergerak aktif dan berolahraga? Konsumsi sagu saja. Berdasarkan jurnal internasional dari Sport Nutrition and Exercise Metabolism, pesepeda yang mengonsumsi minuman mengandung sagu dan protein kedelai merasa tidak mudah lelah. 

Dari hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nutrisi yang dikandung di dalam sagu memang lebih mudah dicerna dan memberi aksi lebih cepat di dalam tubuh dibandingkan dengan karbohidrat lainnya. Memberi energi tanpa membuat jadi mengantuk ketika kenyang.

9. Penambah berat badan alami

manfaat sagu Penambah berat badan alami
image source: Unsplash

Merasa tubuh terlalu kurus dan memiliki berat badan yang jauh di bawah standar ideal? Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba cara yang aman dan relatif cepat untuk menambah berat badan. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi sagu.

Kamu bisa mengolah tepung sagu untuk dijadikan bahan tambahan di resep protein shake. Setelah itu, bisa diminum sebagai pengganti camilan yang kurang sehat. Pasalnya, ada kandungan sebesar 350 kalori di setiap 100 gram sagu yang disajikan. Selain sebagai bahan tambahan di protein shake, kamu juga bisa menjadilkan snack berbahan dasar sagu sebagai camilan di jam tanggung. Misalnya di sore maupun malam hari. 

10. Menstabilkan tekanan darah

manfaat sagu Menstabilkan tekanan darah
image source: Unsplash

Selain manfaat sagu untuk diet yang segudang, kamu juga bisa membuat badan jadi lebih sehat apabila rajin mengonsumsi karbohirat ini. Perubahan tekanan darah dalam tubuh adalah salah satu kebaikan yang bakal kamu rasakan. 

Kandungan kaliumnya mampu membantu menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh. Tekanan darah yang terlalu rendah, akan dibantu di angka normal. Sedangkan yang tekanan darahnya terlalu tinggi, dibuat lebih turun mendekati normal. Selain kalium, potasium yang terkandung bisa membuat pembuluh darah di sistem kardiovaskular mengendur ketika tegang. 

Baca juga: Manfaat Air Beras untuk Wajah & Cara Pakainya

11. Memperbaiki sistem pencernaan

manfaat sagu Memperbaiki sistem pencernaan
image source: Unsplash

Stres dan pola makan tidak teratur bisa menjadi faktor utama yang mengganggu sistem pencernaan. Salah satunya adalah asam lambung yang menyerang tiba-tiba. Tak perlu khawatir, kondisi ini bisa diminalisir dengan mengonsumsi makanan dari olahan sagu.

Nutrisinya yang mudah dicerna dan minim serat bisa mempercepat proses pencernaan. Selain itu, bakter baik di dalam usus juga bisa diseimbangkan kembali. Asam lambung lebih terkontrol dan perut bisa tetap kenyang.

Ingin mencoba mencicipi makanan berbahan dasar sagu? Kamu bisa membeli puding sagu mutiara yang banyak dijual di toko kue. Tak perlu repot-repot mencoba cara membuat tepung sagu untuk asam lambung dari awal. Tinggal dimakan dan kamu bisa mendapatkan tubuh yang lebih terjaga performanya.

12. Manfaat sagu untuk bayi

manfaat sagu Manfaat sagu untuk bayi
image source: Unsplash

Selain untuk orang dewasa, manfaat sagu Ambon juga bisa dirasakan oleh jabang bayi. Memiliki kadar asam folat sedang, sagu yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa mencegah kemungkinan cacat tabung saraf bayinya.

Mengonsumsi makanan bergizi memang punya faedah tersendiri. Meski tidak bisa langsung dirasakan, manfaat sagu adalah investasi jangka panjang yang bakal terasa saat usia tidak muda lagi.

Penuhi asupan sehat harian dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Apabila ingin mencari kebutuhan sembako dengan harga terjangkau, Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super. Semudah dengan instal Aplikasi Super di Android-mu, daftar, pesan, bayar, dan tunggu barang sampai di rumah. Sekarang ini, hidup sehat bisa didapatkan dengan cara praktis, ‘kan.