Mungkin belum banyak yang tahu soal manfaat susu kedelai. Susu dari ekstrak biji-bijian bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang tak menyukai atau memiliki alergi terhadap susu sapi. Seperti namanya, susu ini terbuat dari kedelai yang disaring. Susu jenis ini juga biasanya ditambah pengental agar meningkatkan konsistensi dan masa simpannya.

Dilansir dari Healthline, satu cangkir susu kedelai tanpa gula mengandung sekitar 80-100 kalori, 4 gram karbohidrat, 4 gram lemak, dan 7 gram protein. Susu ini juga cocok bagi Sedulur memiliki alergi laktosa yang biasanya terkandung dalam susu sapi. Lalu kira-kira apa saja sih manfaat susu kedelai?

BACA JUGA: Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik Untuk Memutihkan Gigi Kuning

1. Membantu menghindarkan dari penyakit kardiovaskuler

manfaat susu kedelai
Mae Mu from Unsplash

Susu ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Protein sendiri memiliki kandungan yang cukup penting yakni asam amino yang bertugas untuk membantu mencegah berbagai macam penyakit. Asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu ini memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

-->

Oleh karena itu jika Sedulur ingin menghindari penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya, maka harus sering mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol.

2. Mengontrol gula darah

Foolproof Living

Dilansir dari Hello Sehat, mengkonsumsi biji-bijian dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung indeks glikemik yang rendah. Sehingga manfaat susu kedelai memberikan efek yang baik bagi tekanan darah dan gula darah.

3. Manfaat susu kedelai untuk menurunkan risiko kanker

CSIRO Research

BACA JUGA: Apa Itu MSG? Berikut Fakta dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Dalam kandungan susu kedelai ada sebuah antioksidan berupa zat genistein. Diduga kandungan zat antioksidan ini yang pertumbuhan sel kanker bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Sementara dilansir dari Jovee.id, konsumsi sebanyak 10 mg kedelai per hari dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara hingga 25 persen. Manfaat susu kedelai satu ini tidak boleh dihiraukan begitu saja.

4. Menjaga kesehatan tulang

Healthy Food Guide

Vitamin D adalah zat yang paling dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Dan susu kedelai juga memiliki kandungan vitamin D di dalamnya. Sehingga mengkonsumsinya bisa membantu Sedulur dalam menjaga kesehatan tulang dan menghindari osteoporosis.

Penyakit ini paling berisiko tinggi bagi Sedulur yang sudah berusia 50 tahun ke atas, dan penyebabnya biasanya adalah karena kekurangan asupan kalsium.

5. Melancarkan pencernaan

The Jakarta Post

Isoflavon yang terkandung ternyata tak hanya bisa membantu menjaga kesehatan jantung, tetapi juga menjaga kesehatan usus. Kandungan ini dapat meningkatkan penyerapan makanan oleh usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Tak hanya itu, isoflavon juga dipercaya bisa menawarkan zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh yang biasanya didapat dari polusi.

6. Nutrisi bagi ibu hamil

Freepik

Bagi Sedulur yang sedang hamil dan tak ingin mengonsumsi susu sapi, maka susu ini bisa menjadi alternatif. Manfaatnya pun tak kalah dengan susu sapi. Susu ini mengandung folat atau Vitamin B9, kedua zat ini berperan penting sebagai nutrisi untuk ibu hamil. Selain itu, ibu hamil juga dipercaya akan memiliki plasenta yang baik dan berat janin yang cukup.

BACA JUGA: 10 Manfaat Temulawak Obat Herbal yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

7. Mendukung masa pertumbuhan anak

Freepik

Protein yang terkandung di dalamnya ternyata memiliki manfaat yang cukup besar untuk mendukung pertumbuhan anak-anak. Sebab protein memberikan nutrisi yang cukup untuk mendukung proses ini. Tak hanya itu, kedelai adalah salah satu sumber protein terbaik yang mudah dicerna tubuh.

8. Mencegah anemia

CHOOCHOO-CA-CHEW

Jika Sedulur memiliki kecenderungan gejala anemia, maka harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Vitamin ini biasanya terkandung dalam susu dan telur. Namun ternyata kedelai juga memiliki kandungan vitamin ini.

Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah sehingga mengurangi risiko anemia.

9. Menambah daya tahan tubuh

Cooking Therapy

Dilansir dari Jovee, susu kedelai memiliki kandungan mineral zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

10. Membantu menurunkan berat badan

Seperti dijelaskan di atas, bahwa susu ini memiliki kandungan lemak yang rendah namun tinggi protein. Suplai energi dari protein sangat dibutuhkan ketika Sedulur sedang melakukan program diet. Hal ini bertujuan agar Sedulur tak merasakan lemas.

11. Mengurangi gejala post-menopause

Setelah masuk pada masa post-menopause, sistem imun dalam tubuh bisa tertekan karena berkurangnya zat estrogen dalam tubuh. Kandungan isoflavon dalam susu ini ternyata mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh pada wanita di periode ini.

12. Membantu penyembuhan luka lebih cepat

Vitamin K yang terkandung dalam susu ini menghasilkan protrombin, yaitu protein khusus yang berfungsi untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang. Proses pembekuan darah yang cepat sangat dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Semakin cepat proses pembekuan darah, maka semakin cepat pula luka bisa sembuh.

Itu dia sejumlah manfaat yang terkandung dalam susu kedelai. Sering dipandang sebelah mata, susu kedelai ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Namun, Sedulur juga mesti waspada jika setelah mengkonsumsi susu ini menunjukkan tanda-tanda alergi. Antara lain sakit perut, diare, mual, muntah, pilek, dan sebagainya. Jika muncul gejala-gejala tersebut, sebaiknya Sedulur menghentikan konsumsinya sesegera mungkin.

Tak hanya itu, mengkonsumsi susu ini secara berlebihan juga akan memunculkan risiko gangguan fungsi tiroid. Tapi di balik itu semua, susu kedelai bisa menjadi alternatif yang baik bagi Sedulur yang tak bisa mengkonsumsi susu sapi. Dan bagi Sedulur yang ingin berbelanja kebutuhan seperti susu, jangan lupa berbelanja di Aplikasi Super ya!