manfaat air beras untuk wajah

Setelah mencuci beras, jangan buru-buru membuang airnya, Sedulur. Kamu bisa mendapatkan manfaat air beras untuk wajah juga, lho.

Banyak orang yang belum tahu tentang manfaat air beras untuk wajah. Air endapan yang sering dibuang setelah mencuci beras ini bisa membawa kebaikan tersendiri. 

Kaya akan gamma-oryzanol, kandungan ini diklaim mampu melindungi kulit dari efek paparan sinar UV. Kelebihan ini yang membuat air beras dijadikan sebagai salah satu varian di produk perawatan wajah. Setelah menyimak informasi di bawah ini, kamu tidak akan menyia-nyiakan manfaat air beras untuk kulit.

Kompilasi Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Kulit

1. Mencerahkan kulit

manfaat air beras untuk wajah berjerawat Mencerahkan kulit
Image source: Unsplash

Selain menjadi agen antioksidan, gamma-oryzanol bisa membantu menmbuat wajah jadi lebih cerah. Tanpa ada tambahan bahan aktif yang memicu alergi dan breakout, manfaat air beras untuk wajah ini memang lebih ramah untuk pemilik kulit sensitif.

2. Menghilangkan bintik hitam

manfaat air beras untuk wajah berjerawat Menghilangkan bintik hitam
Image source: Unsplash

Bintik hitam menjadi salah satu momok yang ditakuti oleh wanita yang usianya menjelang 30-an. Bila masih maju-mundur untuk mencoba produk skincare yang mengandung antiaging, sebagai tahap awal kamu bisa menjajal membasuh wajah dengan air beras terlebih dulu.

Kandungan vitamin E yang didapat dari endapan beras diklaim mampu mempercepat proses memudarkan pigmentasi kulit. Meskipun efektivitasnya masih harus dilakukan lebih lanjut, ini bisa jadi langkah terjangkau sebagai alternatif.

3. Mencegah penuaan dini

manfaat air beras untuk wajah Mencegah penuaan dini
Image source: Unsplash

Kebaikan dari vitamin E yang ada di air endapan beras digadang-gadang bisa membantu mencegah penuaan dini. selain noda hitam, kerutan dan elastisitas kulit misa berkurang dan bisa ditunda. 

Bila produk perawatan antiaging-mu sedang habis, sembari menunggu kamu bisa memaksimalkan air rendaman beras di urutan skincare malam hari. Sebuah langkah penghematan yang baik, bukan?

Baca juga: Mengulik Fakta Tentang Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan

4. Mengatasi jerawat

manfaat air beras untuk wajah berjerawat
Image source: Unsplash

Selain untuk kulit normal dan sensitif, manfaat air beras untuk wajah berjerawat juga bisa didapatkan. Selain jerawat, ruam dan kemerahan juga bisa dieradakan dengan air beras. Kandungan pati dari endapan alaminya bisa membantu untuk meredakan eksim atopik yang bisa kambuh sewaktu-waktu. 

5. Mild exfoliator

manfaat air beras untuk wajah Mild exfoliator
Image source: Unsplash

Untuk memaksimalkan manfaat air beras untuk kulit berjerawat, kamu perlu melakukan eksfoliasi rutin. Kamu bisa menjadikan air beras sebagai toner dan meratakan air beras di wajah dengan kapas. Dengan melakukan proses ini 2-3 kali seminggu, kamu bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah.

Sel kulit mati kotor yang menumpuk bisa dihempas tanpa sisa. Selain itu, kemunculan jerawat di area tertentu bisa berkurang dan diminimalisir. Kamu tinggal bersabar dengan kemunculan jerawat hormonal yang munculnya mendekati waktu menstruasi wanita.

6. Memudarkan bekas luka

manfaat air beras untuk wajah berjerawat Memudarkan bekas luka
Image source: Unsplash

Selain dikenal punya manfaat air beras untuk rambut, endapan ini juga bisa memudarkan bekas luka yang ada di wajah dan permukaan kulit lainnya. Bekas luka ini bisa jadi bekas jerawat maupun luka kecil akibat goresan lainnya.

Bekas jerawat sendiri dibagi menjadi dua, yakni PIH dan PIE. PIH atau post inflammatory hyperpigmentation adalah yang meninggalkan bekas menghitam. Sedangkan PIE atau post inflammatory erythema adalah bekas berwarna merah yang diakibatkan oleh jerawat.

Oryzanol dan pitera yang menjadi kandungan andalannya bisa mempercepat proses mengembalikan warna kulit menjadi seperti sedia kala. Tentu saja harus dibarengi dengan pemakaian skincare dan produk pemudar bekas luka lainnya.

7. Memperbaiki tekstur kulit

manfaat air beras untuk wajah Memperbaiki tekstur kulit
Image source: Unsplash

Bila kulit sudah dalam kondisi lebih bersih dan terawat, tekstur juga akan ikut membaik. Tidak ada lagi bruntusan dan jerawat kecil-kecil yang memenuhi wajah. Manfaat ini adalah hasil yang bisa didapat bila rutin melakukan eksfoliasi seminggu 3 kali.

Baca juga: Makanan yang Dilarang untuk Disantap oleh Ibu Hamil

8. Mengenyalkan kulit

manfaat air beras untuk wajah berjerawat Mengenyalkan kulit
Image source: Unsplash

Kulit dengan tekstur dan skin barrier yang lebih sehat bisa membuat permukaannya jadi lebih kenyal. Fermentasi air beras dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen alami dari kulit. Efek samping air beras untuk wajah yang baik bisa membuat wajah jadi lebih sehat dan awet muda.

9. Memperlancar peredaran darah

manfaat air beras untuk wajah Memperlancar peredaran darah
Image source: Unsplash

Proses meratakan dan mengusap air beras ke wajah secara tidak langsung bisa memperlancar aliran peredaran darah. Kandungan inositol yang ada di air beras juga bisa mempercepat proses tersebut. Bila peredaran darah lancar, nutrisi yang terkandung serta oksigen yang ada di dalam tubuh bisa terdistribusi dengan baik.

Baca juga: Manfaat Jagung Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh & Kecantikan

10. Sebagai agen oil control alami

manfaat air beras untuk wajah berjerawat Sebagai agen oil control alami
Image source: Unsplash

Memiliki kulit dengan tipe oily acne prone memang memerlukan perawatan lebih telaten. Bila tinggal di tempat dengan cuaca gerah, kamu perlu mencari skincare yang punya oil control ekstra. Sembari mencari produk yang cocok, kamu bisa mendapatkan manfaat ini dari air beras.

Berbeda dengan teknik sebelumnya yang menjadikannya toner, kamu bisa menambahkan air rendaman beras di proses mencuci wajah. Setelah bersih, produksi minyak dan sebum akan jauh lebih terkontrol.

Cara Pakai Air Beras untuk Wajah

Cara Pakai Air Beras untuk Wajah
Image source: Unsplash

Memakai rendaman air beras ada bermacam-macam caranya. Supaya lebih maksimal dan mendapat manfaat yang tepat sasaran, kamu bisa mempraktikkan langkah ini sebelum mulai memakainya, Sedulur.

1. Direndam

  1. Siapkan ½ cangkir beras dan cuci hingga bersih
  2. Masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air mentah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Saring air beras ke dalam wadah bersih
  5. Air beras siap untuk digunakan pada wajah

2. Difermentasi

  1. Siapkan ½ cangkir beras dan cuci hingga bersih
  2. Masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air mentah
  3. Diamkan selama 2 hari dan simpan di tempat yang sejuk
  4. Saring dan simpan air beras di wadah bersih
  5. Air beras bisa langsung dipakai

3. Dimasak terlebih dulu

  1. Masukkan ½ cangkir beras ke dalam wadah megic com
  2. Tambah air dengan perbandingan 2x lebih banyak dari biasanya saat memasak nasi
  3. Masak nasi
  4. Saat nasi dan air mendidih, ambil dan saring air beras ke dalam wadah bersih
  5. Dinginkan saringan air beras  
  6. Setelah itu, air beras bisa dipakai di wajah

Sebelum memulai proses memakai air beras di wajah, Sedulur harus menyiapkan berasnya terlebih dulu. Kamu bisa mendapatkan beras berkualitas baik dengan harga terjangkau di Aplikasi Super yang bisa diunduh di gawai Android-mu.

Setelah itu, kamu bisa mencoba teknik perendaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisimu. Untuk meminimalisir alergi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit profesional. Bila sudah diizinkan, jangan lupa untuk melakukan patch test.

Kamu bisa mencoba memakainya di bagian kecil pada wajah terlebih dulu di malam hari. Apabila tidak ada rasa gatal dan ruam di pagi harinya, baru kamu bisa memakainya di seluruh permukaan wajah. Semoga tips kecantikan di atas bisa memberi faedah dan kamu bisa ikut merasakan manfaat air beras untuk wajah yang memuaskan!