Pepaya adalah salah satu buah yang hanya tumbuh subur di kawasan tropis. Jumlahnya melimpah di Indonesia dan harganya pun sangat terjangkau, cenderung murah. Ia bisa tumbuh di mana saja, mirip dengan pohon pisang. 

Selain dikonsumsi langsung, pepaya juga diolah jadi produk kecantikan. Salah satunya sabun yang banyak dijual di pasaran. Tak hanya untuk badan, sabun pepaya diklaim aman untuk membersihkan muka. Apa saja sih keunggulan dan manfaat sabun pepaya? Yuk, cari tahu di sini. 

BACA JUGA: Cara Membuat Sabun Organik Sendiri di Rumah dengan Mudah

1. Apa itu sabun pepaya?

Manfaat Sabun Pepaya
Unsplash

Sabun pepaya adalah sabun yang mengandung ekstrak buah pepaya dan bahan-bahan lainnya. Biasanya ia dikemas dalam bentuk batangan atau balok. Tentunya sama seperti sabun biasanya, ada sabun pepaya yang bersifat natural dan sabun yang didominasi bahan-bahan kimia sintetik. 

-->

Sabun natural biasanya dibuat tangan oleh pengrajin rumahan. Bahan yang mereka gunakan pun lebih terjamin kealamiannya karena bahan dasarnya adalah minyak nabati asli seperti minyak kelapa dan/atau zaitun. Sabun-sabun buatan rumah pun umumnya tidak menggunakan sodium laureth sulphate (SLS) dan minyak kelapa sawit. Keduanya adalah bahan yang murah, tetapi kurang baik untuk kulit terutama untuk wajah. Tak heran kalau jenis sabun natural apalagi yang handmade akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal. Kalau sabun pepaya pabrikan hanya Rp 10-15 ribuan, sabun yang organik bisa mencapai harga Rp 30-50 ribuan per buahnya. 

Apa saja manfaat sabun pepaya? Berikut sembilan khasiat yang harus Sedulur tahu. 

2. Kandungan nutrisi pepaya 

manfaat sabun pepaya
pexels

Sebelum ke manfaat sabun pepaya, mari simak kandungan nutrisinya berikut ini. 150 gram pepaya mengandung nutrisi sebagai berikut. 

  • 62 kalori 
  • 16 gr karbohidrat 
  • 3 gr serat 
  • 0,7 gr protein 
  • 0,4 gr lemak 
  • 11,6 mg natrium 
  • 68,2 mcg vitamin A 
  • 88,3 mcg vitamin C 

Cukup lengkap dan rendah kalori, tak heran kalau pepaya disarankan untuk yang sedang dalam fase menurunkan berat badan. 

3. Kandungan antioksidannya kaya

manfaat sabun pepaya
pexels

 Antioksidan dalam pepaya dipengaruhi oleh kandungan karotenoid dan phenolic, yaitu salah satu turunan vitamin A. Karotenoid dalam buah atau sayur memunculkan warna jingga, merah, atau kuning. Keduanya mampu mencegah radikal bebas, mempercepat rejuvenasi sel, dan mendorong produksi kolagen sehingga bisa menyamarkan tekstur wajah. Manfaat sabun pepaya ini akan makin kentara bila dipadu dengan dan air mawar.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Wajah Terbaik Murah & Bagus!

4. Mengandung vitamin C yang mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam

manfaat sabun pepaya
Instagram @arabelsnaturals

Pepaya juga kaya vitamin C yang fungsinya mirip dengan antioksidan, yaitu mendorong produksi kolagen agar wajah tampak mulus dan teremajakan. Khasiat lain dari vitamin C adalah melawan hiperpigmentasi alias mencerahkan wajah yang warnanya tidak rata atau muncul flek-flek gelap karena paparan UV atau sinar matahari. Tidak ada jaminan bahwa dengan cara menggunakan sabun pepaya agar cepat putih akan berhasil, tetapi ia bisa dimasukan dalam rezim perawatan kulit harianmu. 

5. Bisa meredakan inflamasi karena gigitan serangga dan bekas luka 

Instagram @cliviascreations

Kandungan lain yang penting dalam pepaya adalah enzim papain. Enzim tersebut banyak ditemukan pada pepaya yang belum matang. Papain punya banyak fungsi, termasuk meredakan inflamasi, mempercepat penyembuhan luka serta menghilangkan bekasnya lebih cepat. 

Bahkan beberapa percaya sabun ini juga bisa dipakai untuk meredakan rasa gatal pada pengidap cacar air maupun cacar api, serta ruam kulit ringan. Namun, cacar tetap harus diobati dengan obat oral yang diresepkan dokter. Sabun pepaya hanya dipakai untuk meredakan inflamasi di kulitnya saja. Itupun disarankan sabun yang organik, tidak mengandung bahan kimia yang keras. 

6. Mengatasi milia dengan membuang keratin yang rusak 

manfaat sabun pepaya
Instagram @naturesmist.naturalbarsoap

Papain juga  mampu menjadi katalisator untuk penghancuran keratin menjadi asam amino yang lebih kecil. Fungsi inilah yang menjadikannya primadona dalam produk perawatan kulit. Ia bisa mengatasi milia yang merupakan penumpukan keratin sehingga bisa menghasilkan tekstur wajah yang lebih lembut dan halus. 

BACA JUGA: 10 Sabun Cuci Muka Untuk Kulit Berjerawat Terbaik yang Ampuh

7. Bisa dipakai untuk eksfoliasi karena mengandung papain 

Instagram @_the_bellebeauty

Manfaat sabun pepaya untuk badan dan wajah adalah eksfoliasi. Sesuai dengan cara kerja papain di atas, ia akan membantu proses pengikisan sel kulit mati. Beda dengan asam AHA, BHA, dan PHA yang melakukan eksfoliasi dengan melarutkan protein atau keratin, papain akan menghancurkannya dan membuatnya lebih mudah dicerna tubuh. Mereka akan bekerja sampai sisa protein atau keratin yang sudah tidak dibutuhkan dikeluarkan dari tubuh. 

8. Bagus untuk menyembuhkan jerawat karena kandungan chymopapain 

manfaat sabun pepaya
Instagram @vama_luxuryskincare

Manfaat sabun pepaya untuk wajah berjerawat disebabkan kandungan chymopapain di dalamnya. Enzim ini sering disuntikkan pada pengidap hernia untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Untuk kulit, ia bisa pula meredakan jerawat yang sedang meradang dan bahkan yang sedang matang. Ia juga mampu sekaligus menyamarkan bekas jerawat yang umumnya menimbulkan bekas merah atau bahkan keunguan di muka. Detox dengan sabun pepaya disarankan untuk pemilik kulit acne-prone. Namun, silakan pilih sabun pepaya yang organik agar tidak memicu iritasi atau masalah kulit lainnya akibat bahan kimia yang terlalu keras. 

9. Membersihkan noda di baju 

pexels

Guna lainnya adalah membersihkan noda bandel di baju. Misalnya bekas rumput atau noda makanan yang tampak jelas. Kamu bisa pakai sabun pepaya ketimbang menggunakan pengelantang yang berpotensi merusak kain dan warna pakaian. Ia bekerja baik pada noda yang mengandung protein seperti makanan karena bisa memecahnya sehingga akan pudar bila disiram air. Efektif. 

10. Tidak cocok untuk pemilik alergi lateks 

pexels

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan sabun pepaya untuk muka dan badan. Untuk beberapa orang yang memiliki alergi pada lateks, efek sabun pepaya bisa cukup parah. Reaksi ruam merah dan gatal bisa muncul di bagian yang berkontak langsung dengan sabun. Ini disebut dengan kondisi klinis contact dermatitis. Untuk tahu, apakah Sedulur memiliki alergi pada lateks dalam pepaya, silakan lakukan patch trial atau percobaan di satu spot pada kulit tangan. Jika langsung menunjukan reaksi alergi, segera hentikan pemakaian. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sabun Bayi yang Aman Untuk Kulit Sensitif

11. Perhatikan bahan lain selain ekstrak pepaya dalam sabun 

pexels

Dalam produk sabun pepaya, produsen bisa saja menambahkan atau mencampurkan bahan lain. Beberapa yang sering ditemukan adalah kojic acid, parfum, SLS. Mari kita bahas satu per satu apa saja efeknya. 

Kojic acid adalah salah satu bahan aktif yang sering dipakai produsen skincare. Ia terkenal karena memiliki fungsi mencerahkan, jadi dianggap bisa melengkapi khasiat ekstrak pepaya. Kojic acid sendiri terbuat dari beberapa tipe jamur dan cara kerjanya memblokade pembentukan tirosin. Tirosin adalah asam amino yang berfungsi memproduksi melanin. Masalahnya, ia memiliki efek iritasi pada sebagian pengguna, terutama pemillik kulit sensitif.

Cosmetic Ingredient Review Expert Panel, sebuah NGO yang bergerak dalam mengulas dan mempublikasikan penelitian dan pandangan ahli tentang bahan dalam produk kecantikan sepakat bahwa kandungan kojic acid dalam skincare yang aman hanya boleh sebesar 1 persen saja. Lebih dari itu, ia bisa memicu iritasi. Sayangnya tak semua produsen yang transparan dengan presentase kandungan bahan aktif di dalam produk mereka. 

Parfum juga mulai dihindari konsumen karena bisa memicu reaksi alergi pada sebagian orang, terutama yang memiliki riwayat kelainan pada kulit seperti psoriasis, eczema, dan lain sebagainya. 

SLS adalah bahan yang sering tercantum pada kemasan sabun dan sampo. SLS dipercaya dapat mengikis minyak alami pada kulit yang bisa memicu penyumbatan pori, kulit yang terlalu kering, iritasi, dan berbagai reaksi alergi bila terlalu sering diekspos pada kulit. 

Untuk itu manfaat sabun pepaya RDL bisa saja berkurang bila ia mengandung bahan-bahan tambahan yang efeknya kurang baik untuk kulit, utamanya wajah. 

Beragam manfaat sabun pepaya untuk wajah sudah Sedulur ketahui sekarang. Bila bisa dirangkum, sabun pepaya punya banyak khasiat terutama bila ia diolah sealami mungkin dengan minim tambahan bahan kimia keras lain. Selamat belanja dengan bijak.

Selain itu, jika Sedulur ingin membeli kebutuhan pokok yang lain seperti sampo, sabun mandi, dan lain-lain bisa beli di Aplikasi Super lho. Cukup unduh aplikasinya di sini, lalu pilih yang dibutuhkan Sedulur, lakukan proses pemesanan, dan tinggal tunggu barangnya sampai di rumah. Mudah bukan?