Sedulur kekurangan darah dalam tubuh? Sedulur bisa konsumsi makanan penambah darah di bawah ini. Yuk, langsung kita cek!

Terdapat beberapa makanan bergizi yang bisa dijadikan sebagai makanan penambah darah. Biasanya, obat penambah darah mengandung beberapa makanan penambah darah alami. Seperti juga vitamin penambah darah. Beberapa makanan untuk anemia juga terdiri dari sayuran penambah darah dan buah penambah darah.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa makanan penambah darah rendah, serta cara menambah darah secara alami. Baik daging, sayur dan buah penambah darah bisa Sedulur nikmati untuk mendapatkan pasokan darah yang cukup. Apa saja makanan penambah darah tersebut? Yuk, mari langsung kita cek di sini!

Baca Juga: 10 Makanan Tinggi Serat Ini Wajib Ada di Daftar Menu Kamu!

-->

Daftar Makanan Bergizi yang Bisa Menambah Darah!

1. Kurma

1. Kurma
islampos.com

Makan pertama yang bisa menambah darah di tubuh Sedulur adalah kurma. Kurma merupakan buah-buahan yang berasal dari Timur Tengah yang biasa digunakan sebagai makanan untuk buka puasa. Karena, kurma mengandung mineral yang sangat kaya yang baik untuk kesehatan.

Salah satu pengobatan islami, selalu menggunakan kurma untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah anemia. Kurma juga mengandung serat, protein, tembaga, zat besi, vitamin B6. Sedulur bisa mengkonsumsi kurma sebanyak 2 sendok kurma setiap hari untuk mendapatkan pasokan darah yang cukup.

2. Daging Merah

2. Daging Merah
idntimes.com

Makanan penambah darah selanjutnya yang bisa Sedulur konsumsi untuk menambah darah adalah daging merah. Biasanya, para penderita anemia atau yang kekurangan darah disarankan untuk mengkonsumsi daging merah. Hal tersebut disebabkan karena daging merah mengandung vitamin B12.

Vitamin B12 dapat meningkatkan fungsi sumsum tulang belakang sehingga dapat memproduksi sel darah merah yang normal. Baik itu daging sapi, daging kambing hingga, daging domba juga memiliki mineral yang tinggal, seperti zat besi dan zinc. Selain itu, darah merah juga bisa membuat fungsi tubuh yang rusak menjadi normal kembali.

3. Kacang Hijau

3. Kacang Hijau
detik.com

Kacang hijau merupakan makanan yang mengandung asam folat yang tinggi, dan juga vitamin B9 yang bisa membantu meningkatkan jumlah hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika kita masih kecil, seringkali disuapi makan kacang hijau karena manfaatnya yang baik.

Selain kacang hijau, jenis kacang-kacangan lainnya yang mengandung manfaat adalah kacang polong dan kacang merah. Hal ini disebabkan kacang-kacangan memiliki nutrisi yang memiliki manfaat yang bagus. Sedulur tinggal mengkonsumsi secara rutin kacang hijau dan kacang-kacangan lainnya agar bisa menambah darah.

Baca Juga: 10 Usaha Makanan Yang Terbukti Menguntungkan Untuk Tambah Penghasilan

4. Gandum

4. Gandum
tempo.co

Makanan selanjutnya yang bisa menambah kandungan darah di tubuh Sedulur adalah gandum. Gandum mengandung zat besi, anemia bisa diatasi dengan zat besi. Bagi Sedulur yang sering sarapan dengan mengkonsumsi gandum seperti roti dan sereal bisa menyumbang zat besi dalam tubuh dan membuat Sedulur tidak kekurangan darah.

Selain itu, gandum juga mengandung mineral tembaga yang tinggi. Hal ini bagus untuk mengatasi anemia. Bagi Sedulur yang seringkali mengalami gejala darah rendah atau juga kekurangan darah, Sedulur bisa mengkonsumsi gandum secara rutin.

5. Ayam

5. Ayam
tribunnews.com

Selain daging merah, Sedulur juga bisa mengkonsumsi daging ayam untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh. Daging ayam dan daging unggas mengandung vitamin B6 dan vitamin B12. Daging ayam dan daging unggas juga menjadi sumber protein bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Mengatasi anemia atau kekurangan darah yang paling tepat adalah dengan mengkonsumsi daging, ketimbang sayur dan buah-buahan. Sedulur bisa secara rutin mengkonsumsi daging ayam mulai dari saat ini.

6. Tomat dan Wortel

6. Tomat dan Wortel
popmama.com

Walaupun daging lebih disarankan, tomat dan wortel juga bisa menjadi sumber untuk menambah darah. Karena tomat dan wortel mengandung sumber vitamin A nabati yang baik untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. Jika tubuh sudah mengandung zat besi yang cukup, namun jika tidak bisa menyerapnya, hal tersebut akan sia-sia.

Sedulur bisa mengatasi kekurangan darah dengan zat besi, dan juga bisa mengatasi penyerapannya dengan mengkonsumsi tomat dan wortel. Mulai kenali makanan dengan manfaatnya, agar bisa seimbang untuk mendapatkan kadar darah yang cukup di dalam tubuh.

7. Kacang Lentil

7. Kacang Lentil
popmama.com

Jenis makanan penambah darah selanjutnya yang bisa Sedulur pilih untuk dikonsumsi untuk mendapatkan asupan darah yang cukup adalah kacang lentil. Dalam 100 gram kacang kentil mengandung 0 kolesterol, 369 mg kalium, 2 mg natrium, 8 gram serat, 20 gram karbohidrat dan 9 gram protein.

Selain itu, kacang lentil juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan magnesium. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam kacang lentil bisa membantu sumsum tulang memproduksi lebih banyak sel darah merah, menambah kandungan hemoglobin dalam tubuh.

8. Minyak Zaitun

8. Minyak Zaitun
alodokter.com

Minyak zaitun merupakan makanan penambah darah yang bisa Sedulur konsumsi. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun mengandung vitamin E yang berfungsi untuk melindungi membran sel darah merah dari kerusakan oksidatif sehingga sangat efektif untuk mencegah kekurangan darah. Bagi seseorang yang kekurangan vitamin E akan sangat mudah terkena anemia hemolitik, Sedulur bisa mencegah hal tersebut dengan mengkonsumsi minyak zaitun.

9. Strawberry

9. Strawberry
detik.com

Sedulur bisa mengkonsumsi buah strawberry untuk menambah asupan darah dalam tubuh. Strawberry merupakan salah satu makanan penambah darah yang mengandung vitamin C yang sangat membantu untuk melancarkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh yang akan sangat efektif untuk meningkatkan asupan darah dalam tubuh.

Semoga asupan darah dalam tubuh Sedulur bisa stabil dan membuat tubuh Sedulur tetap sehat dan seimbang. Sedulur bisa mengkonsumsi makanan penambah darah agar tetap sehat. Sedulur juga bisa mendapatkan makanan penambah darah dengan membelinya di Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang yang tersedia. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar bisa melakukan transaksi melalui smartphone.