Buah Bit

Simak berbagai manfaat buah bit di bawah ini, Agar Sedulur bisa tetap sehat menjaga aktivitas setiap hari!

Buah bit merupakan tumbuhan yang merupakan bagian famili dari Amaranthaceae-Chenopodiaceae, yang merupakan salah satu keluarga dari sayuran lobak dan sayuran lainnya yang memiliki akar. Biasanya, buah ini digunakan hanya akarnya, karena rasanya yang manis dan biasa digunakan sebagai obat.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas berbagai manfaat buah bit yang bisa berguna untuk senantiasa menjaga kesehatan Sedulur agar bisa tetap beraktivitas. Terutama bagi Super Agen, yang tetap setia menjalankan tugas sebagai pahlawan ekonomi keluarga, harus senantiasa menjaga kesehatan. Yuk, mending kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan dan Imun Tubuh

-->

Daftar Manfaat Buah Bit yang Baik untuk Kesehatan Sedulur Super!

1. Buah Bit untuk Mengontrol Tekanan Darah

Buah Bit Mengontrol Tekanan Darah
idntimes.com

Mengontrol tekanan darah merupakan khasiat dari buah bit manfaat pertama. Tekanan darah yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit serius yang diderita oleh tubuh. Seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya. Penting bagi Sedulur untuk senantiasa menjaga tekanan darah tetap terjaga.

Sedulur bisa mendapatkannya dengan konsumsi buah ini secara rutin, bisa dengan cara memakannya secara langsung atau diolah menjadi minuman jus. Namun, konsumsi juga harus diatur agar tidak berlebihan, agar terhindari dari bahaya buah bit jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tekanan darah bisa terkontrol diakibatkan kandung nitrat yang terdapat dalam buah ini. Nitrat tersebut akan dikonversi menjadi oksida nitrat dalam tubuh yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa terjaga stabil.

2. Meningkatkan Stamina dengan Buah Bit

Buah Bit Meningkatkan Stamina
tribunnews.com

Rasa bit yang manis, membuat buah ini bisa dikonsumsi kapan saja, namun tentu saja dikonsumsi secara teratur merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Bagi Sedulur yang memiliki aktivitas dengan mobilitas tinggi, menjaga asupan makanan agar stamina tetap terjaga.

Konsumsi buah ini bisa meningkatkan stamina. Karena nitrat yang terdapat dalam buah ini bisa berkhasiat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Buah ini juga dapat meningkatkan kemampuan mitokondria yang dapat memproduksi energi yang berasal dari sel-sel dalam tubuh.

Berdasarkan hal di atas, konsumsi bit untuk ibu hamil juga sangat penting. Stamina terjaga sangat penting bagi ibu hamil. Bagi Ibu yang sedang hamil, bisa mengonsumsi buah ini secara teratur dengan dibarengi buah atau sayuran lainnya.

3. Mengatasi Peradangan

Mengatasi Peradangan
rm.id

Khasiat penting lainnya dari bit adalah dapat mengatasi peradangan atau inflamasi. Bagi Sedulur yang sering mengalami peradangan, Sedulur bisa cek kesehatan secara berkala, dikhawatirkan Sedulur menderita penyakit serius. Karena, peradangan seringkali dikaitkan dengan penyakit serius seperti obesitas, sakit jantung, gangguan liver hingga kanker.

Hal tersebut juga bisa diatasi dengan mengonsumsi jus buah bit, atau Sedulur bisa makan secara langsung tergantung mood Sedulur. Karena, buah ini mengandung betalain yang merupakan pigmen yang memiliki sifat antiinflamasi. Hal tersebut dapat mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh Sedulur. Kandungan tersebut sangat efektif mengatasi utamanya peradangan ginjal.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Buah Bit Menjaga Sistem Pencernaan
harapanrakyat.com

Sudah umum diketahui, bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi. Salah satunya, bit. Dalam setiap buahnya, terkandung serat sekitar 3.4 gram. Angka tersebut termasuk tinggi dan dapat membantu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh.

Efeknya akan terasa cepat, terutama jika dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang normal. Sedulur akan buang air besar secara teratur, dan terhindar dari masalah sistem pencernaan lainnya. Masalah sistem pencernaan seperti GERD, asam lambung, kanker usus, dan lainnya juga bisa dicegah dan diatasi dengan konsumsi buah ini secara teratur.

Baca Juga: 12 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan & Kecantikan Alami

5. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
anlene.com

Bagi Sedulur Super yang tengah menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, bit bisa Sedulur konsumsi sebagai salah satu makanan diet. Pasalnya, bit mengandung kalori yang rendah yang dapat secara efektif menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat dan protein yang tinggi dapat membuat Sedulur senantiasa menjaga berat badan yang ideal.

Berat badan yang ideal sangat mempengaruhi berbagai kegiatan yang kita lakukan. Terutama bagi Super Agen yang memiliki mobilitas tinggi mendistribusikan sembako, berat badan yang ideal harus senantiasa dijaga agar tetap sehat. Selain mengonsumsi buah ini, Super Agen juga bisa mengkonsumsi berbagai makanan lainnya yang berkhasiat untuk tubuh.

6. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker
alodokter.com

Salah satu makanan dengan kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu tubuh untuk mencegah kanker adalah bit. Kanker sebagaimana Sedulur ketahui, merupakan salah satu penyakit mengerikan yang bisa menyebabkan kematian, tanda umum yang muncul adalah pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dan terjadi secara abnormal.

Ekstrak dari buah ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel tumor, hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari bit yang mengandung pigmen betalain yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah Bit Meningkatkan Kesehatan Otak
kompas.com

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak akan mengalami penurunan. Banyak sebab yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya adalah kekurangan aliran darah dan oksigen menuju otak. Hal tersebut juga sekaligus merupakan penyebab sakit demensia yang sering diderita di masa tua.

Kandungan nitrat yang terdapat dalam buah ini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mental dengan cara melebarkan pembuluh darah agar aliran darah dan oksigen mengalir ke otak. Dengan begitu fungsi otak bisa kembali meningkat.

8. Mengatasi Diabetes

Mengatasi Diabetes
kesatu.co

Manfaat terakhir dari buah bit yang bisa Sedulur rasakan adalah mengatasi diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Bagi para penderita diabetes, sakit diabetes bisa diatasi dengan mengonsumsi buah ini. Hal tersebut dikarenakan bit mengandung antioksidan yang kaya yang efektif menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, bit juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Maka dari itu, bit dipercaya mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Selain itu, buah ini juga mengandung asam alfa lipoat yang dapat mengatasi gejala neuropati diabetes.

Semoga penjelasan mengenai manfaat buah bit di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur. Berbekal pengetahuan ini, Sedulur dapat lebih cermat dalam menjaga kesehatan. Terlebih bagi Super Agen yang banyak aktivitas dan kesibukan. Jangan lupa untuk mengonsumsi bit dan bahan-bahan makanan berkualitas lainnya.

Sedulur bisa mendapatkan bahan makanan berkualitas dengan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh di Aplikasi Super. Mulai dari sayur-sayuran, daging beku hingga bumbu dan kebutuhan dapur lainnya bisa Sedulur temukan di sini. Yuk, install terlebih dahulu Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memilikinya.