detox facial wajah

Pembersihan wajah secara mendalam, atau yang dikenal sebagai facial detox, adalah cara untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel di kulit, termasuk paparan polusi udara dan berbagai bentuk polutan lainnya. Manfaat facial detox wajah sangat beragam dan memiliki dampak positif terhadap kecantikan kulit wajah, sehingga menjadikannya sebagai prosedur yang diminati oleh banyak orang.

Saat menjalani facial detox, biasanya ada perubahan yang akan Sedulur rasakan pada kulit wajahmu. Contohnya, prosedur ini dapat menyebabkan kulit terlihat memerah atau bahkan munculnya jerawat. Namun, perubahan ini sebenarnya adalah respons alami tubuh terhadap perubahan yang terjadi akibat prosedur ini.

BACA JUGA: 10 Urutan Skincare Wardah Lightening di Pagi dan Malam Hari

Apa itu Facial Detox?

detox facial wajah
Better Me

Dikutip dari sumber di Healthline, secara sederhana, proses detoksifikasi mengacu pada upaya mengeluarkan racun dari tubuh. Racun ini dapat berasal dari lingkungan sekitar, pola makan, dan gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok.

Sementara itu, facial detox merupakan salah satu bentuk perawatan kulit yang membantu mengatasi masalah tidak hanya seputar kelebihan minyak, tetapi juga racun yang ada pada kulit Sedulur. Kulit yang mengalami produksi minyak berlebih seringkali dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan yang merusak, seperti polusi, tekanan mental, dan stres, serta dampak dari penggunaan produk kosmetik, baik bagi pria maupun wanita.

BACA JUGA: 25 Merk Skincare Terbaik dan Aman untuk Kulit di Tahun 2023!

Cara Facial Detox Sendiri

detox facial wajah
inStyle

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Comfort Zone Skin, berikut adalah serangkaian manfaat facial detox wajah yang dapat Sedulur coba lakukan di rumah.

1. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit adalah tindakan mengangkat lapisan sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. Jika kulit tidak mendapatkan eksfoliasi secara teratur, sel kulit mati dapat menumpuk dan berpotensi menyebabkan masalah seperti komedo dan jerawat. Sedulur dapat melakukan eksfoliasi ini sekitar 1 atau 2 kali dalam seminggu, tergantung pada kondisi kulit Sedulur.

Menurut informasi dari Insider, beberapa kandungan produk perawatan kulit yang sering digunakan untuk eksfoliasi antara lain alpha-hydroxy acid (AHA) seperti asam laktat dan asam glikolat, serta beta-hydroxy acid (BHA) seperti asam salisilat.

2. Makan makanan sehat

Prinsip “eat clean” atau mengonsumsi makanan sehat juga memiliki dampak pada perawatan kulit Sedulur. Kualitas makanan yang Sedulur konsumsi dapat mempengaruhi kondisi kulit Sedulur secara keseluruhan. Hindari makanan olahan berbasis susu, makanan digoreng, dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi, karena jenis makanan ini dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit tampak kusam.

Sebagai alternatifnya, pilihlah buah-buahan dan sayuran yang kaya dengan zat alkali, seperti pir, brokoli, kale, semangka, dan pisang. Kandungan mineral alkali seperti kalsium, magnesium, dan kalium dapat menjaga kulit tetap kuat, sementara lemak sehat yang terdapat pada makanan seperti alpukat dan kacang-kacangan dapat memberikan kilau alami pada kulit Sedulur.

3. Hidrasi kulit

Dalam rangkaian perawatan facial detox yang Sedulur jalani, menjaga kelembapan kulit tidak boleh diabaikan. Manfaat facial detox wajah Sedulur secara menyeluruh, menjaga tingkat kelembapan kulit merupakan faktor kunci untuk mencapai hasil yang optimal. Pilihan serum atau pelembap yang tepat dapat berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit. Salah satu kandungan yang perlu Sedulur perhatikan adalah asam hialuronat.

Asam hialuronat merupakan bahan yang dirancang khusus untuk membantu menjaga kelembapan kulit dengan mengunci air di dalamnya. Ini berarti kulit akan tetap terhidrasi dengan baik, sehingga membantu mencapai tingkat kelembapan yang optimal. Penting untuk memilih produk perawatan kulit yang mengandung asam hialuronat dengan konsentrasi yang sesuai dengan jenis kulit Sedulur.

Jika Sedulur memiliki kulit kering, penggunaan pelembap dengan kandungan asam hialuronat dapat membantu mengatasi masalah kekeringan dan menjaga kulit tetap lembut serta terhidrasi. Sementara itu, bagi mereka dengan jenis kulit normal atau berminyak, serum dengan kandungan asam hialuronat dapat memberikan kelembapan tanpa membuat kulit terasa berat atau berminyak.

BACA JUGA: Terbongkar! 10 Mitos Dunia Skincare yang Tak Perlu Dipercaya!

Manfaat Facial Detox

Dalam dunia perawatan kulit, terdapat berbagai metode detoksifikasi yang dapat Sedulur pilih. Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh, hingga menjaga kebersihan wajah secara rutin.

Meskipun beragam pilihan ini ada, namun sebenarnya manfaat dari facial detox tetaplah sama, dan berfokus pada tujuan utama yang akan memberikan dampak positif pada kulit.

1. Menghilangkan minyak berlebih

detox facial wajah
Unsplash

Kulit berminyak seringkali menjadi tantangan besar bagi banyak wanita. Menurut informasi yang diberikan oleh Harvard Health Medicine, kondisi ini bahkan dapat menjadi penyebab munculnya jerawat akibat penyumbatan minyak pada pori-pori kulit.

Namun, manfaat utama yang diberikan oleh facial detox adalah kemampuannya dalam mendetoksifikasi kulit dengan cara menghilangkan minyak berlebih dan racun yang menumpuk. Kulit akan menerima perlakuan khusus yang membantu membebaskan diri dari beban minyak berlebih. Dengan demikian, kulit wajah menjadi lebih segar dan sehat, serta memberikan sensasi kenyamanan yang luar biasa.

2. Menghilangkan komedo

Meskipun fokus utama dari facial detox adalah detoksifikasi atau membersihkan kulit dari racun, namun metode ini juga memiliki efek yang signifikan dalam mengendalikan produksi minyak alami berlebihan.

Manfaat facial detox wajah ini tidak hanya membantu mengurangi munculnya komedo yang sering kali mengganggu, tetapi juga membantu mengatasi flek dan noda pada kulit. Dalam perjalanan menuju kulit wajah yang lebih sehat dan berseri, facial detox wajah ini membawa banyak keajaiban. Dengan kemampuannya dalam mengatasi masalah minyak berlebih dan komedo, facial detox menjadi solusi yang efektif untuk mempertahankan keindahan dan kesehatan kulit wajah.

3. Menyamarkan pori-pori

Manfaat facial detox wajah juga dapat dinikmati oleh mereka yang memiliki masalah pori-pori besar pada kulitnya. Setelah proses detoksifikasi selesai, Sedulur akan mengalami perubahan signifikan di area pori-pori kulit.

Pori-pori yang mungkin terlihat lebih besar atau mencolok akan tampak jauh lebih kecil dan kurang mencolok. Meskipun perubahan ini bersifat sementara dan tidak akan bertahan lama, namun dampak positifnya tetaplah terasa.

Menurut pandangan dr. Harold Lancer, seorang dermatolog yang telah memberikan konsultasi kecantikan untuk tokoh-tokoh terkenal seperti Victoria Beckham dan Oprah. Dia melihat bahwa ukuran pori-pori wajah tidak mungkin berubah secara permanen karena hal ini sebagian besar ditentukan oleh faktor genetik. Namun, seiring dengan facial detox, Sedulur akan merasakan sensasi kulit yang lebih kencang dan terasa lebih segar, memberikan peningkatan nyata pada penampilan kulit Sedulur.

4. Memberikan suplai oksigen

Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit juga sangat membutuhkan pasokan oksigen untuk membantu proses pemulihan luka dan untuk merangsang produksi kolagen yang esensial bagi kesehatan kulit. Hasil penelitian dari Skin Research & Technology mencatat bahwa kolagen memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Melalui prosedur facial detox wajah, kulit Sedulur akan diberikan pasokan oksigen melalui penggunaan gel alami yang diterapkan selama perawatan. Gel ini dihasilkan dengan tujuan khusus untuk meningkatkan suhu tubuh dan merangsang sirkulasi darah. Keseluruhan proses ini juga berkontribusi pada peningkatan oksigenasi pada kulit, menjadi metode yang optimal untuk meraih kulit yang tampak lebih bercahaya dan sehat.

5. Wajah terasa lebih awet muda

Penampilan kulit yang tampak kusam dan menua sering kali disebabkan oleh akumulasi sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Kondisi ini dapat membuat kulit kehilangan kilau alami dan kelembapannya, sehingga terlihat kurang segar dan bercahaya.

Oleh karena itu, salah satu langkah yang bisa Sedulur ambil adalah melibatkan facial detox dalam rutinitas perawatan kulit. Dalam prosedur facial detox, penggunaan masker wajah dengan bahan dasar charcoal bisa menjadi solusi efektif. Charcoal memiliki sifat menyerap dan mengangkat kotoran serta racun dari kulit dengan baik. Ketika masker ini diterapkan, charcoal bekerja secara mendalam membersihkan pori-pori dan menghilangkan lapisan sel kulit mati yang tidak diperlukan.

Dengan demikian, kulit mendapatkan kesempatan untuk bernapas dan meregenerasi diri, sehingga hasilnya adalah kulit yang terasa lebih halus, bercahaya, dan tampak lebih muda.

BACA JUGA: 14 Tips Glow Up, Jadi Cantik Berkilau agar Tampil Percaya Diri!

6. Memperbaiki struktur kulit

detox facial wajah
IPSY

Pilihan-pilihan yang kita ambil dalam pola makan dan konsumsi makanan manis dapat memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan kulit kita. Manfaat facial detox wajah adalah kemampuannya dalam mendetoksifikasi kulit dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan makan yang kurang sehat.

Dikutip dari ABC Health & Wellbeing, konsumsi makanan junk food telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat. Jenis makanan ini memicu lonjakan cepat dalam kadar gula darah dan peningkatan kadar insulin. Oleh karena itu, perawatan wajah ini berfungsi sebagai sarana untuk mempromosikan kulit yang lebih sehat dan melindungi individu dari risiko pola makan yang tidak sehat.

7. Suplai nutrisi pada kulit

Upaya detoks wajah juga dapat melibatkan penambahan suplemen vitamin C bagi tubuh. Vitamin khusus ini sangat diapresiasi atas beragam manfaatnya bagi kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai contoh, sifat antioksidan dalam vitamin C sangat penting dalam memperkuat perkembangan, pertumbuhan, dan regenerasi berbagai jaringan tubuh, termasuk kulit.

Lebih lanjut, vitamin C berfungsi sebagai perisai pelindung bagi kulit dari efek buruk radiasi UV, meredakan peradangan dan pigmentasi, sambil secara bersamaan merangsang produksi kolagen dalam kulit. Mengingat tubuh kita tidak secara alami menghasilkan vitamin C, mendapatkan nutrisi ini dari sumber makanan seperti buah-buahan atau, dalam kasus ini, melalui detoks wajah, menjadi penting.

8. Kontrol produksi sebum

Kulit memiliki mekanisme bawaan yang menghasilkan substansi alami yang dikenal sebagai sebum. Sebum memainkan peran penting dalam menjaga kulit tetap terhidrasi. Namun, terkadang produksi sebum bisa berlebihan, menyebabkan penumpukan berlebihan.

Kelebihan sebum ini dapat menyumbat pori-pori, menghasilkan timbulnya komedo dan noda kulit yang kurang sedap dipandang. Walaupun tujuan utama dari facial detox berkaitan dengan detoksifikasi kulit, metode ini memberikan keuntungan tambahan mengatur produksi sebum. Lebih dari sekadar mengurangi munculnya bintik-bintik tidak diinginkan, manfaat facial detox wajah juga bermanfaat dalam mengatasi tampilan cacat pada kulit wajah.

Secara keseluruhan, perjalanan facial detox tidak hanya menangani masalah permukaan kulit, tetapi juga menyelami kedalaman dalam memperbaiki, meregenerasi, dan merawat kesehatan kulit secara holistik. Dari memulihkan kekuatan kulit hingga memberikannya nutrisi penting, serta mengatur produksi sebum yang berlebihan, facial detox menawarkan pendekatan menyeluruh untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

9. Meratakan warna kulit

Selain menyamarkan pori-pori kulit dan menghilangkan komedo, facial detox juga memiliki manfaat dalam memperbaiki perbedaan warna kulit, mewujudkan kulit yang lebih bersih dan cerah. Kondisi kulit yang terlihat belang sering kali disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari yang merubah pigmen kulit menjadi lebih gelap.

Meskipun warna kulit yang lebih gelap dapat kembali ke keadaan semula seiring dengan kemampuan kulit untuk meregenerasi sel-selnya, namun facial detox dapat mempercepat proses ini. Dengan menerapkan perawatan detoksifikasi, Sedulur dapat membantu kulit untuk meratakan warnanya dengan lebih cepat dan efisien.

10. Wajah terasa lebih awet muda

Tentu saja, menginginkan kulit wajah yang awet muda adalah impian bagi setiap wanita. Namun, yang menarik adalah bahwa facial detox memiliki kemampuan untuk memberikan kesan kulit yang lebih muda dan segar. Adanya lapisan sel kulit mati pada permukaan kulit dapat menyebabkan wajah terlihat lebih tua dari seharusnya.

Proses facial detox memiliki peranan penting dalam membersihkan permukaan kulit dari tumpukan sel kulit mati ini, sehingga membantu Sedulur mendapatkan kulit yang tampak lebih muda dan bercahaya.

Salah satu metode mudah untuk melakukan detoksifikasi kulit adalah dengan rutin menggunakan masker berbahan charcoal sebagai bagian dari ritual perawatan kulit di waktu malam. Dengan begitu, Sedulur dapat merasakan manfaat facial detox yang mengagumkan untuk menjaga kulit tetap muda dan bersemangat.

11. Melembapkan dan menghidrasi kulit

Salah satu langkah paling sederhana untuk mencapai kulit yang bercahaya dan terhidrasi adalah dengan memastikan asupan air putih yang cukup. Ini merupakan bagian dari rangkaian detoks wajah yang sangat alami dan mudah untuk dilakukan. Penting untuk selalu menjaga konsumsi air sekitar 1,5 – 2 liter atau bahkan lebih setiap harinya.

Selain air putih, kita juga dapat memperoleh cairan dari buah-buahan, teh, sayuran, dan jus segar lainnya. Kebiasaan minum cairan dalam jumlah cukup juga berkontribusi pada kerja ginjal dalam mengeliminasi racun dari tubuh.

12. Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat pada wajah sering kali muncul akibat ketidakbersihan kita dalam menghapus sisa-sisa makeup atau partikel polusi yang menempel pada kulit. Melalui facial detox, kita dapat mengamati manfaat signifikan dalam hal ini. Detoksifikasi wajah membantu mengangkat kotoran yang menempel pada kulit kita, dan seiring berjalannya waktu, jerawat dapat tereduksi.

Selain itu, manfaat facial detox wajah juga mampu menghindari munculnya jerawat akibat penyumbatan pori-pori kulit. Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit melalui perawatan ini, kita dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

Dalam perjalanan untuk mencapai kulit yang lebih sehat dan bercahaya, mengetahui tentang manfaat facial detox mungkin bisa sangat penting. Apalagi jika Sedulur memang ingin melakukan perawatan secara alami yang aman dan sehat.

Proses detoksifikasi kulit ini bukan hanya sekadar rutinitas perawatan, tetapi juga merupakan langkah penting dalam merawat kesehatan kulit kita. Dari menghilangkan minyak berlebih hingga menjaga keseimbangan kelembapan kulit, dari meratakan warna kulit hingga mencegah timbulnya jerawat, facial detox telah terbukti menjadi sekutu yang luar biasa dalam perjalanan menuju kulit yang lebih sehat dan bercahaya!