Minyak esensial sedang menjadi perbincangan yang cukup populer di kalangan masyarakat belakangan ini. Hal ini dikarenakan manfaat dari pemakaiannya yang beragam. Misalnya adalah untuk kesehatan, kebugaran, membuat rilek, serta kepentingan kecantikan. 

Cara untuk menggunakannya juga cukup mudah dan bisa disesuaikan dengan penggunanya, yaitu dioles atau dihirup. Selain itu, ada berbagai pilihan dan variasi yang bisa dicoba serta disesuaikan dengan selera, seperti lavender, mawar, atau peppermint.

Berikut adalah sejumlah manfaat minyak esensial yang bisa membuat Sedulur menjadi lebih sehat, berdasarkan dari komposisinya. 

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bikin Sehat!

1. Lavender: mengatasi masalah tidur dan meredakan gatal

minyak esensial
unsplash

Manfaat yang pertama adalah untuk mengatasi masalah tidur serta meredakan gatal, tepatnya yang terkandung pada aroma lavender. Lavender bisa memberikan efek rileks dan menenangkan, serta mengurangi kadar hormon stres kortisol yang ada pada darah. Maka dari itu, untuk Sedulur yang sedang mengalami insomnia, cocok untuk mencoba aroma yang satu ini.

Aroma lavender diketahui bisa meningkatkan gelombang alfa yang ada di dalam otak. Gelombang tersebut berkaitan dengan relaksasi. Sehingga, tidur akan menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Selain untuk mengatasi masalah tidur, lavender juga merupakan minyak esensial untuk bayi yang cocok dan aman digunakan. 

Kegunaan dari aroma lavender untuk bayi ini adalah untuk meredakan gatal yang diakibatkan dari gigitan serangga atau nyamuk. Cara menggunakannya adalah dengan dioleskan ke kulit bayi yang gatal. Jangan lupa untuk memijat kulit bayi secara perlahan menggunakan essential oil ini, agar bayi bisa tidur lebih nyenyak dan nyaman. 

2. Chamomile: meningkatkan fokus

minyak esensial
unsplash

Manfaat kedua dari minyak esensial adalah meningkatkan fokus, yang terdapat pada aroma chamomile. Umumnya, chamomile merupakan bunga yang digunakan untuk seduhan teh. Ternyata, chamomile juga bisa digunakan sebagai essential oil, lho. 

Dengan menggunakan essential oil beraroma chamomile, maka tubuh akan menjadi lebih rileks dan fokus dapat meningkat. Apabila Sedulur sudah terbiasa untuk minum teh ekstrak chamomile sebelum tidur, maka coba juga meneteskan beberapa essential oil beraroma chamomile pada bantal supaya tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman. 

3. Lemon: memperbaiki suasana hati

minyak esensial
unsplash

Selain meningkatkan fokus, essential oil juga bisa digunakan untuk memperbaiki suasana hati. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli asal Jepang yang menyebutkan bahwa essential oil beraroma lemon bisa membantu untuk mengendalikan gejala depresi. 

Tak hanya itu saja, produk ini juga bisa digunakan untuk mengurangi pemakaian obat antidepresan secara berlebihan pada penderita gejala depresi. Racun juga bisa dikeluarkan dengan mudah oleh tubuh jika rutin meneteskannya di air diffuser. Sedulur juga bisa menemukan dengan mudah minyak esensial di apotek terdekat. Sehingga, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa mencobanya. 

BACA JUGA: 19 Fakta dan Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Kayu manis: menekan nafsu makan

minyak esensial
unsplash

Selanjutnya adalah aroma kayu manis yang kegunaanya adalah untuk menekan nafsu makan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang akan merasa kenyang karena adanya sebuah mekanisme yang terdapat di otak. Apabila pikiran seseorang dalam keadaan yang tenang dan rileks, maka otak akan memerintahkan untuk berhenti makan dengan mudah. 

Selain sugesti, emosi juga bisa mempengaruhi keinginan seseorang untuk makan. Nafsu makan akan dengan mudah dikontrol dengan adanya aroma tertentu. Maka dari itu, penggunaan minyak esensial kayu manis dinilai cukup efektif untuk membantu program diet yang sedang dijalani. 

Kayu manis diklaim memiliki kemampuan untuk meningkatkan rasa kenyang setelah selesai makan. Aromanya bisa membantu tubuh untuk memecah gula untuk penerapan ke dalam tubuh sebagai energi. Sehingga, asam lemak yang disimpan oleh tubuh akan menjadi lebih sedikit.

5. Peppermint: mengatasi masalah pencernaan

minyak esensial
unsplash

Setelah mengetahui apa itu minyak esensial, selanjutnya adalah memahami apa saja manfaat yang terkandung dari essential oil tersebut. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, yang dimiliki oleh aroma peppermint. Beberapa masalah pencernaan yang bisa diobati oleh aroma peppermint ini adalah kram perut, mual, sampai diare. 

Cara kerjanya dengan membantu otot pencernaan menjadi lebih rileks lagi meskipun sedang sakit. Sehingga, gas dari dalam perut akan keluar dengan mudah. Agar manfaat bisa didapatkan, Sedulur cukup mengoleskannya ke bagian perut yang sedang sakit. 

6. Jasmine: mampu atasi stres

unsplash

Apabila Sedulur sedang mengalami stres yang diakibatkan dari berbagai macam masalah, maka salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan menggunakan minyak esensial beraroma jasmine atau melati. Gabungkan beberapa tetes aroma jasmine dan lavender dengan satu sendok teh gel mandi tanpa wewangian. Kemudian, gabungkan campuran tersebut ke dalam air mandi yang hangat. 

Tak hanya memunculkan aroma yang wangi saja, perpaduan antara jasmine dan lavender juga bisa meningkatkan rasa rileks ke dalam otak. Aroma jasmine juga mampu untuk menenangkan sistem saraf tanpa menimbulkan rasa kantuk. Selain dicampurkan ke sabun mandi, penggunaannya juga bisa dilakukan dengan menghirup langsung dari botol atau melalui air diffuser yang diletakkan pada kamar. 

BACA JUGA: Cara Membuat Sabun Organik Sendiri di Rumah dengan Mudah

7. Tea tree: menumbuhkan rambut

unsplash

Disamping bermanfaat untuk masalah kesehatan, ada pula manfaat yang terkandung dalam minyak esensial untuk rambut, khususnya aroma tea tree. Hal ini dikarenakan adanya senyawa antimikroba dan antibakteri yang terkandung di dalamnya. Ketika dioleskan secara langsung di permukaan kulit kepala, maka folikel rambut yang tersumbat dapat terbuka. Sehingga, pertumbuhan rambut bisa dipercepat. 

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 10 tetes tea tree oil dengan shampo atau kondisioner yang biasa dipakai oleh Sedulur. Setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas rambut hingga bersih menggunakan air. Lakukan secara rutin selama kurang lebih tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

8. Lemongrass dan Frankincense: meredakan jerawat

pixabay

Apabila Sedulur memiliki permasalahan jerawat yang mengganggu pada wajah, maka jangan hanya menggunakan produk skincare saja. Cobalah menggunakan essential oil aroma lemongrass atau frankincense agar jerawat bisa berkurang. Kulit wajah akan menjadi tenang karena adanya kandungan dalam frankincense. Tak hanya itu, wajah yang sedang teriritasi karena jerawat juga bisa diatasi. 

Sementara, lemongrass memiliki sifat antikuman dan antibakteri. Sehingga, jerawat dipulihkan dengan mudah. Cara membuat minyak esensial untuk meredakan jerawat adalah dengan mencampurkan essential oil lemongrass dengan olive oil atau jojoba oil. Setelah itu, bisa langsung mengoleskannya pada area yang berjerawat. Jika bisa mengoleskannya secara rutin, maka jerawat akan cepat kering. 

9. Cara kerja minyak essential

pixabay

Setelah mengetahui berbagai manfaat minyak esensial rambut maupun untuk kesehatan, selanjutnya adalah memahami cara kerjanya. Biasanya, produk ini penggunaannya adalah cukup dihirup melalui hidung atau mulut. Selain itu, bisa juga dengan digosokkan ke area kulit yang bermasalah, seperti gatal ataupun berjerawat. Ada beberapa yang bisa ditelan, namun penggunaan tersebut tidak dianjurkan dan tidak selalu aman. 

Dengan menghirup aromanya, maka area sistem limbik yang merupakan bagian otak yang berperan dalam perilaku, emosi, dan indera penciuman serta ingatan jangka panjang dapat terangsang. Beberapa aroma tertentu juga bisa memicu ingatan atau emosi. 

Demikian 5+ manfaat serta cara kerja minyak esensial bagi kesehatan kulit maupun pertumbuhan rambut. Setelah mengetahuinya, maka Sedulur tentunya memahami bahwa essential oil tidak hanya berfungsi untuk pajangan atau aromaterapi saja. Ada pula berbagai manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?