manfaat baby oil

Seperti yang telah kita ketahui, manfaat baby oil yang utama adalah menjaga kelembapan kulit bayi. Namun di samping itu, ada banyak manfaat lain yang mampu dihadirkan oleh jenis minyak yang satu ini, bahkan untuk orang dewasa sekalipun.

Ya, banyak yang percaya akan manfaat baby oil untuk wajah. Namun tidak hanya itu, ternyata minyak ini juga memiliki manfaat untuk bagian-bagian tubuh yang lain, seperti badan, ketiak, hingga bagian alat vital. Lalu apakah hal itu memang benar?

Walaupun belum ada penelitian yang benar-benar menunjukkan manfaat-manfaat tersebut, berikut ini beberapa manfaat baby oil yang dipercaya oleh banyak orang.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak Terbaik 2022

-->

1. Melembapkan kulit

manfaat baby oil
pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan, bahwa baby oil itu mampu menjaga kelembapan kulit bayi. Tapi ternyata tidak hanya pada kulit bayi saja, manfaat tersebut juga berlaku untuk kulit orang dewasa. Baby oil sendiri mempunyai sifat noncomedogenic, yang berarti tidak menyumbat pori-pori.

Bagi Sedulur yang memiliki jenis kulit kering dan normal, baby oil sangat cocok digunakan sebagai pelembap wajah. Sebuah studi menunjukkan bahwa baby oil memiliki efek pelembap terbesar dibandingkan dengan etanol dan gliserin.

Mereka menilai baby oil mampu membantu mengencangkan kulit dan juga membuat kulit tampak lebih lembap dari sebelumnya.

2. Mencegah penuaan dini

manfaat baby oil
pexels

Manfaat baby oil untuk dewasa yang berikutnya adalah mencegah penuaan dini. Ya, sebenarnya belum ada penelitian secara lebih lanjut yang mampu membuktikan bahwa baby oil bisa mencegah penuaan dini.

Akan tetapi, menurut National Institutes of Health menyatakan jika penuaan kulit itu berkaitan erat dengan kelembapan kulit yang hilang. Nah, penggunaan baby oil yang mampu melembapkan kulit, dapat dikaitkan dengan pencegahan terjadinya berbagai masalah kulit yang menjadi pemicu penuaan dini.

Beberapa di antaranya seperti keriput, garis-garis halus, bintik hitam, pori-pori wajah membesar, kerutan di sudut luar mata, hingga kulit yang terlihat kusam dan terasa kering.

3. Mengatasi bibir kering

manfaat baby oil
pexels

Banyak yang percaya jika baby oil menjadi salah satu cairan yang mampu mengatasi masalah bibir kering. Bibir kering sendiri menjadi salah satu masalah yang terjadi akibat kondisi bibir yang tidak terhidrasi dengan baik.

Nah, kandungan mineral oil yang ada di dalam baby oil mampu membuat bibir menjadi lebih lembap kembali. Jika dibiarkan, bibir yang kering biasanya akan jadi pecah-pecah. Tentu saja, hal ini cukup mengganggu penampilan, terutama ketika mengoleskan produk pewarna bibir.

Untuk itu, coba gunakan baby oil secara rutin ketika bibir sedang pecah-pecah. Jangan lupa pula untuk minum air putih yang banyak agar bibir tetap terhidrasi.

4. Menyamarkan bekas luka pada wajah

manfaat baby oil
pexels

Baby oil dipercaya mampu menyamarkan bekas luka pada wajah. Walaupun belum ada penelitian langsung yang menunjukkan manfaat satu ini, akan tetapi baby oil memang cukup efektif digunakan sebagai pelembap.

Dengan mengoleskan baby oil, maka bisa mengurangi tampilan stretch mark dan juga bekas luka secara keseluruhan. Sebuah studi dari Eugene R. Jolly dan Charles A Sloughfly, mengungkapkan jika efek baby oil akan hilang dalam waktu 48 jam usai diaplikasikan ke kulit.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengulangi pemakaian babyi oil secara berkala untuk menjaga kulit supaya tetap lembap.

5. Menyamarkan kantung mata

manfaat baby oil
pexels

Bayangan hitam pada kantung mata, ternyata juga sangat mengganggu penampilan dan menjadi penyebab wanita merasa kurang percaya diri. Nah, baby oil ini dipercaya mampu mengurangi bahkan menghilangkan masalah lingkaran hitam di mata tersebut.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu mencampurkan beberapa tetes baby oil dengan air, lalu celupkan pada kapas, kemudian tempelkan pada bagian kantung mata yang menghitam selama beberapa menit saja.

Sedulur bisa melakukan metode kompresi ini beberapa kali ketika menjelang tidur secara rutin.

6. Merapikan alis

manfaat baby oil
pexels

Bagi Sedulur yang merasa memiliki bulu alias kurang rapi, maka bisa memanfaatkan baby oil. Minyak yang satu ini dipercaya bisa digunakan untuk merapikan bulu alis sekaligus menebalkannya.

Jadi, tekstur baby oil yang licin itu mampu membantu membentuk alis sesuai yang dengan keinginan dan membuatnya terlihat lebih rapi. Tidak hanya itu, penggunaan baby oil secara teratur juga mampu membuat alias menjadi tampak lebih tebal.

Untuk merapikan alis dengan baby oil itu cara juga tidak susah. Sedulur bisa membasahi alis sedikit dengan baby oil, setelah itu sisir menggunakan spoolie secara perlahan untuk merapikannya.

7. Membersihkan makeup

manfaat baby oil
pexels

Baby oil memang sering digunakan sebagai alternatif untuk menghapus makeup, lho. Secara tidak langsung, hal ini juga menjadi manfaat baby oil untuk wajah berjerawat. Seperti yang kita tahu, penggunaan makeup terlalu lama atau hingga tertidur dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, terutama jerawat.

Ya, penggunaan baby oil sebagai penghapus makeup ini juga sangat dianjurkan bagi wanita yang memiliki kulit sensitif, karena sifat hipoalergeniknya bisa mencegah iritasi pada kulit. Selain itu, mineral oil yang dikandungnya juga memiliki molekul besar sehingga mampu menembus kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Walaupun begitu, mineral oil juga berpotensi menjebak kotoran dan sel kulit mati yang ada di pori-pori. Jadi setelah menggunakan baby oil, disarankan untuk segera membasuh muka dengan air dan sabun wajah.

8. Membuat wajah tampak glowing

manfaat baby oil
pexels

Berikutnya ada manfaat baby oil untuk wajah glowing. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai wajah yang tampak berkilau sehat atau glowing? Untuk mendapatkan hasil kulit berkilau sehat, Sedulur bisa memanfaatkan baby oil, lho.

Jadi, Sedulur bisa menggunakan baby oil sebagai pelembap sebelum mengaplikasikan makeup. Dengan begitu, maka wajah Sedulur akan terlihat berkilau alias glowing. Tetapi, jangan terlalu banyak mengaplikasikan baby oil ke wajah ya.

Alih-alih ingin membuat wajah tampak glowing, terlalu banyak penggunaan baby oil justru akan membuat wajah terlihat sangat berminyak dan makeup menjadi “cakey”.

9. Menghilangkan komedo

manfaat baby oil
pexels

Baby oil terkenal akan kandungan noncomedogenic di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya mampu mencegah munculnya komedo. Tidak hanya itu saja, noncomedogenic juga dinilai mampu menghilangkan komedo.

Ya, baby oil sendiri mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan minyak yang tertimbun di dalam pori-pori, serta mengangkat sel-sel kulit mati di kulit wajah. Selain itu, kandungan Vitamin E dalam baby oil juga akan menjaga pH di level normal, sehingga kesehatan kulit lebih terjaga dan mengurangi iritasi.

10. Digunakan sebagai masker

manfaat baby oil
pexels

Karena salah satu manfaatnya yakni mampu melembapkan kulit, tidak heran jika baby oil sering digunakan sebagai masker wajah. Walau saat ini ada banyak masker yang dijual di pasaran, tapi tidak semuanya cocok dengan kulit. Akibatnya, bahan-bahan tertentu justru memicu alergi di wajah.

Nah, penggunaan baby oil sebagai masker bisa menjadi alternatif yang dapat dicoba. Selain mengoleskannya ke wajah secara langsung, Sedulur juga dapat mencampurkan baby oil dengan masker favorit, lho.

Tidak hanya mampu melembapkan wajah, ternyata baby oil juga berfungsi untuk menjaga elastisitas dan menenangkan kulit wajah yang meradang karena jerawat.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Kering Terbaik di 2022

11. Menjadi krim pencukur bulu ketiak

pexels

Ada juga manfaat baby oil untuk ketiak, yakni sebagai pengganti krim pencukur. Sebagian besar wanita menganggap, bahwa mencukur bulu ketiak adalah salah satu kegiatan yang rutin untuk menjaga tampilan agar tetap bersih.

Namun mencukur tanpa menggunakan krim pencukur itu bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Bagi Sedulur yang tidak mempunyai krim pencukur di rumah atau kebetulan sedang habis, maka baby oil dapat menjadi salah satu alternatif terbaik.

Pada dasarnya, produk pencukur itu mengandung mineral oil yang juga ditemukan di dalam baby oil. Untuk itu, Sedulur bisa mengaplikasikan baby oil sebelum dan sesudah mencukur agar terhindar dari iritasi kulit.

12. Merawat kutikula kuku

pexels

Baby oil juga bisa dimanfaatkan untuk membantu merawat kutikula kuku. Ya, berbagai pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel mencuci baju, dan pekerjaan lain yang menggunakan tangan, terkadang bisa membuat kutikula terasa sakit bahkan sampai timbul sensasi seperti terbakar.

Dalam hal ini, baby oil dipercaya mampu memberikan nutrisi untuk kutikula. Sehingga membuat kutikula menjadi lebih lembab dan menghilangkan rasa sakit. Menariknya lagi, baby oil juga bisa menambahkan kilau yang tampak alami pada kuku.

13. Mengatasi tumit pecah-pecah

pexels

Manfaat dari baby oil yang berikutnya adalah membantu mengatasi kulit tumit yang pecah-pecah dan kering. Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa baby oil mengandung vitamin E yang menjadi formula terbaik untuk kulit.

Tentu saja, kandungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah, seperti yang sering terjadi pada bagian tumit kaki. Untuk merasakan manfaat tersebut, Sedulur bisa mengoleskan baby oil pada tumit secara teratur, sehingga kelembapan kaki bisa tetap terjaga.

14. Mengatasi eksim ringan

pexels

Dengan kandungan mineral oil yang kaya, baby oil juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah eczema atau eksim ringan. Seperti yang sudah diketahui, eksim merupakan salah satu kondisi kulit paling sering yang ditemukan.

Dengan mengaplikasikan baby oil pada permukaan kulit secara rutin, maka gejala eksim bisa dikurangi. Ya, penggunaan baby oil ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghindari penggunaan kortikosteroid.

Perlu Sedulur ketahui, penggunaan kortikosteroid dalam jangka waktu lama ternyata juga akan memberikan efek samping, misalnya saja seperti kulit kering dan terlihat pecah-pecah.

15. Meredakan ketidaknyamanan pada kulit

pexels

Bagi Sedulur yang sering merasa kulit tidak nyaman, maka bisa memanfaatkan baby oil meredakan rasa tidak nyaman tersebut. Ketidaknyamanan pada kulit ini, biasanya disebabkan oleh kulit kering dan akan menimbulkan rasa gatal.

Ya, manfaat baby oil untuk gatal ini sudah berhasil dibuktikan oleh beberapa peneliti. Mereka telah menemukan beberapa bukti jika baby oil mampu membantu meredakan rasa tidak nyaman di kulit.

Dalam sebuah studi di mana para pasien yang menjalani cuci darah (hemodialisis), baby oil terbukti dapat membantu mengurangi rasa gatal secara signifikan. Efek tersebut terjadi setelah baby oil dipijat ke bagian tubuh yang gatal setidaknya selama 15 menit per hari, rutin hingga 3 minggu.

16. Menghilangkan kutu rambut

pexels

Adanya kutu di rambut kepala memang membuat kita merasa tidak nyaman. Rasa gatal disertai dengan sensasi terbakar, terkadang membuat berbagai aktivitas harian kita menjadi terganggu. Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu tersebut, salah satunya dengan menggunakan baby oil.

Baby oil telah terbukti mampu membantu mengobati kutu kepala pada orang dewasa dan juga anak-anak. Cara untuk mengaplikasikannya juga cukup mudah. Sedulur bisa mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut dari akar sampai ujung. Kemudian biarkan selama kurang lebih 8 jam atau semalaman.

Kemudian cuci rambut dan kulit kepala dengan shampo hingga benar-benar bersih, ya. Baby oil ini akan membantu menyingkirkan kutu sekaligus dengan telurnya. Agar lebih efektif, Sedulur bisa mencampurkan baby oil dengan obat khusus pembasmi kutu rambut.

17. Mengatasi ketombe

pexels

Selain invasi kutu, ketombe juga menjadi masalah rambut yang terasa sangat mengganggu aktivitas. Tidak hanya rasa gatalnya saja, namun terkadang ketombe yang jatuh di baju membuat tingkat kepercayaan diri kita menurun.

Ketombe sendiri umumnya disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Dengan menggunakan baby oil sebagai pelembap kulit rambut, maka kulit kepala kering penyebab ketombe tersebut bisa diatasi.

Sedulur dapat bisa memijat kulit kepala dengan baby oil secara perlahan. Nantinya berangsur-angsur ketombe akan terangkat serta kulit kering dan bersisik juga akan hilang. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur bisa melakukannya secara rutin.

18. Menguatkan rambut

pexels

Untuk menjaga kekuatan rambut, Sedulur bisa menggunakan baby oil sebagai pretreatment. Dengan ini, maka rambut akan terhindar dari kerapuhan, kekeringan, dan juga kerontokan. Rambut yang rapuh, tentu akan membuatnya menyerap lebih banyak air.

Jika hal ini terjadi, setiap helai rambut akan membengkak dan membuat rambut menjadi rusak. Penggunaan baby oil pada rambut, akan melindungi rambut dari hawa panas serta bahan kimia, seperti klorin yang ada di dalam air.

19. Mengencangkan payudara

pexels

Kemudian ada manfaat baby oil untuk payudara, yaitu untuk mengencangkannya. Mungkin Sedulur masing merasa asing dengan konsep breast massage. Padahal, breast massage sendiri mempunyai berbagai manfaat yang sangat baik.

Beberapa di antaranya seperti meningkatkan kesehatan payudara, mengencangkan payudara, bahkan meningkatkan produksi ASI pada saat menyusui.

Breast massage ini dinilai mampu membantu melancarkan sirkulasi cairan limfa di area payudara, sehingga sistem detoksifikasi tubuh bisa menjadi lebih lancar. Dikarenakan teksturnya yang licin, baby oil bisa mempermudah proses breast massage dan juga mengurangi resiko friction pada saat memijat.

20. Menjadi pelumas saat bercinta

pexels

Mungkin Sedulur sering mendengar jika baby oil sangat ampuh digunakan sebagai pelumas saat bercinta, dengan cara mengoleskannya ke area vagina. Namun sampai saat ini, manfaat baby oil untuk miss v tersebut masih diperdebatkan.

Hal ini karena umumnya pelumas dibuat dengan cairan water-based. Sedangkan baby oil sendiri merupakan cairan yang bersifat oil-based. Ya, baby oil memang aman digunakan pada kulit, namun itu bukan berarti minyak tersebut aman dioleskan pada vagina, lho.

Bahkan beberapa merek baby oil juga mengandung bahan petroleum. Adanya kandungan tersebut, membuat penggunaan baby oil sebagai pelumas saat bercinta beresiko menyebabkan infeksi.

BACA JUGA: 15 Manfaat Sarang Burung Walet, Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

Ya, itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh baby oil. Banyaknya manfaat yang mampu diberikan, membuat baby oil menjadi salah satu minyak serbaguna yang dibutuhkan oleh banyak orang, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa sekalipun.

Dari daftar di atas, mungkin Sedulur bingung karena tidak ada manfaat baby oil untuk alat vital. Ya, beberapa orang percaya jika baby oil bermanfaat bagi alat vital, seperti membesarkan ukuran penis. Namun belum ada penelitian yang relevan akan hal tersebut. Jadi sebaiknya Sedulur tidak mencobanya, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.