makanan tupai

Tupai merupakan salah satu hewan mungil yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah. Memiliki cara makan yang terlihat unik, hewan ini ternyata menjadi favorit anak-anak. Jika Sedulur memiliki tupai di rumah, jangan lupa untuk memberikan makanan tupai yang sesuai dengan kebutuhannya.

Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi tupai. Hewan ini merupakan omnivora, namun memiliki kecenderungan sebagai herbivora. Dengan begitu, tupai akan lebih banyak terlihat memakan kacang, buah, dan sayur, daripada serangga atau makanan lainnya. Nah, kira-kira apa saja jenis makanan tupai yang bisa Sedulur berikan dan bagaimana cara memberikannya?

Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Metamorfosis Tidak Sempurna, Ciri Ciri & Contoh Hewannya

-->

Fakta menarik seputar tupai 

makanan tupai
Instagram @plmagdalena

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa makanan tupai, ada baiknya untuk kenalan dulu dengan hewan mamalia mungil ini. Apa saja sih fakta menarik yang ternyata ia simpan? Berikut rangkumannya berdasar National Wildlife Federation.  

  • Tupai pandai menemukan makanan bahkan di bawah salju tebal pun bakal ia gali.
  • Ia juga suka mengubur makanannya untuk persediaan, tetapi ia juga sering kehilangan makanan karena dicuri binatang lain. Untuk mengurangi risiko ini, kadang tupai akan menggali lubang jebakan yang akan dikira pencuri sebagai lubang makanan padahal isinya kosong.
  • Gigi depan tupai selalu bertumbuh, makanya mereka harus terus mengerat agar panjang giginya pas dengan kebutuhan mereka. Itulah mengapa ia dimasukkan dalam golongan rodent atau binatang pengerat, sama seperti tikus
  • Mereka berjalan zig zag untuk menghindari predator. Cara ini terbukti ampuh membuat elang dan burung pemangsa lain kesulitan menyergapnya. Ia juga sering bersembunyi di lubang-lubang pohon agar tak bisa diraih pemangsa yang mengejarnya. 
  • Tupai adalah binatang yang lincah, mudah beradaptasi, dan cerdas. Ia bisa melompat dengan cepat serta mencari makanan di manapun.
  • Keberadaan tupai di taman-taman kota adalah bentuk kesengajaan. Menurut artikel Science Daily, adalah Etienne Benson seorang asisten profesor di University of Pennsylvania yang memprakarsai konservasi tupai di kawasan urban. Dulunya tupai dianggap sebagai hama yang diburu dan dibunuh, tetapi lewat usahanya tupai kini jadi bagian dari ekosistem taman-taman kota di Amerika Serikat dan manusia pun bisa memberi mereka makanan. 

Spesies tupai yang ada di dunia

makanan tupai
Instagram @squirrel.245

Berdasarkan liputan National Geographic, setidaknya ada sekitar 200 spesies tupai yang tersebar di dunia. Paling umum ditemukan adalah tupai tanah yang hidup di gua-gua dan terowongan bawah tanah serta tupai kelapa yang pandai melompat dari satu dahan ke dahan lain.

Selain itu, ada pula tupai merah, tupai fox, tupai abu-abu, tupai douglas dan tupai terbang selatan. Secara garis besar, makanan tupai sama, hanya berbeda pada cara mereka mencari dan menyimpannya. Seperti contoh di alam liar, tupai terbang selatan akan memakan berbagai macam makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan serangga.

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

Makanan tupai yang cocok

makanan tupai
Pexels

Secara umum, makanan tupai adalah tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, buah, sayur, dan biji-bijian. Namun, ada saat dimana tupai juga bisa memakan telur burung karena keterbatasan ketersediaan makanan plant-based. Namun, hal ini sangat jarang terjadi. Jika tidak ada makanan sama sekali, tupai juga bisa memakan serangga dan ulat. 

Berikut adalah makanan tupai yang cocok diberikan kepada hewan lucu ini.

1. Kacang-kacangan

makanan tupai
Pexels

Tupai sangat menyukai kacang-kacangan, seperti pecan, macadamia, almond, hazelnut, pinus, biji pohon ek, dan lain sebagainya. Cara makannya pun sangat unik, ia bisa memakan kacang bersama atau tanpa kulitnya. Kulit kacang justru membantu mereka mengasah gigi depan yang terus tumbuh dan terpakai untuk memakan maknana yang keras. 

Namun, mereka sebaiknya tidak diberi kacang tanah karena gizinya minim untuk tupai. Apalagi kacang yang sudah dibumbui seperti kacang tanah kemasan yang biasa kita beli juga sebaiknya tidak diberikan sebagai makanan tupai kelapa maupun spesies lainnya. 

2. Biji-bijian dan jenis sereal  

makanan tupai
Pexels

Untuk jenis tupai terbang, makanan yang bisa Sedulur berikan juga termasuk biji-bijian, seperti biji bunga matahari, jagung, kedelai, oat, beras dan kenari. Mereka mengandung kalsium yang dibutuhkan tupai agar organ-organnya bisa bekerja dengan baik. Sedulur pasti pernah melihat tupai yang makan bersama makanan yang diberikan manusia untuk burung di taman. Ini karena mereka juga menikmatinya dan tak segan mendekati area burung.

Namun, jangan hanya beri biji-bijian. Imbangi dengan kacang karena fosfor dan kalsiumnya jauh lebih kaya. Meskipun kacang dan sereal adalah sumber energi, tetapi hindari memberi tupai makanan sereal yang sudah ditambahi dengan perisa ataupun pemanis. 

3. Buah-buahan 

 makanan tupai
Pexels

Selain kacang dan biji yang keras, tupai adalah penggemar berat buah-buahan. Ia akan makan buah dengan antusias. Jika Sedulur punya pohon buah dan ada tupai yang tinggal di sekitarnya, biasanya mereka akan mampir untuk mencomot beberapa buah. Jadi, tak heran jika tupai sering terlihat di kebun buah.

Buah makanan tupai termasuk keluarga beri-berian, jeruk, anggur, apel, kiwi, persik, alpukat, dan lain sebagainya. Mereka juga oke dengan buah besar macam pisang, semangka, dan melon. Buah tersebut mereka perlukan sebagai sumber gula yang akan diubah jadi energi untuk mereka beraktivitas dan berburu makanan lain. 

BACA JUGA: Jangan Dipotong! Ternyata Ini Fungsi Kumis Pada Kucing

4. Sayuran 

makanan tupai
Pexels

 

Selain buah, makanan tupai kelapa juga termasuk sayur-sayuran hijau. Mereka bisa Sedulur berikan sayur selada, kale, dan bayam, tomat, lobak, jagung, labu, dan legum. Tupai juga boleh diberi kubis, terong, kecambah wortel, bunga kol, dan brokoli. Sayuran akan menambah nutrisi sehingga tupai bisa tumbuh dengan baik.

5. Keju

makanan tupai
Pexels

Keju memang bukan makanan tupai liar, tetapi jika Sedulur memiliki tupai di rumah dan ingin memberikan makanan jenis ini, tupai tetap akan memakannya. Hewan ini tak pilih-pilih masalah keju, mulai dari keju cheddar, mozzarella, dan lainnya akan ia santap tanpa ragu. Keju adalah sumber lemak bagi mereka dan akan disimpan sebagai cadangan saat waktunya paceklik tiba. 

6. Serangga 

makanan tupai
Pexels

Jika sudah tidak ada lagi makanan yang bisa mereka makan, serangga akan menjadi santapan berikutnya. Hewan ini tidak segan mengonsumsi berbagai jenis serangga, seperti ulat, larva, capung, belalang, kupu-kupu, dan jangkrik sebagai sumber protein. Jadi, Sedulur juga bisa memberi mereka pakan berupa serangga. 

7. Jamur 

makanan tupai
Pexels

Untuk makanan tupai kelapa, jamur yang tumbuh di pepohonan juga termasuk favorit. Ia akan memetik jamur dan mengeringkannya, baru kemudian dimakan saat mereka membutuhkannya. Tentunya dengan insting yang kuat, hewan ini bisa membedakan mana jamur yang aman dimakan dan mana yang beracun. Kalau di rumah, Sedulur bisa memberinya jamur tiram yang jelas aman.

8. Telur 

makanan tupai
Pexels

Makanan tupai yang terkahir adalah telur dari binatang lain, terutama telur ayam dan burung yang ukurannya sanggup mereka bawah. Mereka bahkan bisa pula menyantap daging anak burung yang jatuh dari sarangnya dan tidak tertolong oleh induknya. Namun, kejadian ini cukup jarang terjadi kecuali simpanan makanan mereka benar-benar habis. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Susu Kucing untuk Anak Kucing Terbaik 2022

Cara memberi makan tupai 

makanan tupai
Pexels

Bila menemukan tupai di alam liar, sebenarnya Sedulur tidak perlu memberi mereka pakan karena mereka bisa berburu makanan sesuai kebutuhan. Mereka juga bisa makan kulit kayu di kondisi tertentu. Namun, bila tupai ada di dekat permukiman warga atau Sedulur memilih memeliharanya, ada pabrikan yang memproduksi makanan tupai instan dalam kemasan. Biasanya mereka sudah mencampurkan biji, kacang, dan buah dalam bentuk kering yang siap disantap.

Cara memberinya makan juga mudah, Sedulur bisa memotong buah dan sayuran menjadi ukuran yang lebih kecil, lalu mencampurkannya dengan kacang-kacangan dalam satu wadah di kandang. Namun, di keadaan mendesak, mereka juga bisa diberi pakan anjing dan kucing karena sebenarnya tupai adalah hewan omnivora. 

Tupai juga tampak bisa makan dari sisa makanan manusia yang tertinggal di taman. Mereka bisa menyantap sisa roti atau bahkan kue. Namun, sebaiknya mereka diberi buah-buahan dan sayur ketimbang makanan yang mengandung gula dan bahan kimia tambahan. 

Makanan yang tidak disukai tupai

makanan tupai
Pexels

Tupai juga punya makanan yang tidak mereka sukai, antara lain keluarga bawang-bawangan. Baik bawang putih, merah, bombay, dan daun bawang biasanya mereka hindari. Mereka juga tak pernah tampak makan paprika dan cabai karena cita rasanya yang pedas. Bawang dan sayuran pedas justru banyak dipakai petani untuk membasmi tupai dari pekarangan mereka. 

Mereka juga sebaiknya tidak diberi makanan olahan susu dan highly processed food. Namun, di saat mendesak binatang pengerat ini sebenarnya bisa makan apa saja dan seakan tak pernah berhenti mengunyah dan berburu makanan. 

Kalau Sedulur tertarik memelihara tupai, silakan perhatikan komitmen untuk memberi mereka pakan terbaik. Mereka adalah hewan yang butuh makanan mentah dan utuh, bukan seperti sejumlah hewan yang bisa diberi makanan sisa. Bila memang belum ada budget khusus, jangan memaksakan diri untuk memelihara. Biarkan mereka hidup di habitat asli mereka. Dengan begitu, tupai akan berburu sesuai dengan insting hewani dan kebutuhannya sendiri. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.