Menjaga kesehatan tulang adalah salah satu prioritas yang digembar-gemborkan secara massal di berbagai media. Tanpa tulang yang sehat dan kuat, aktivitas Sedulur sebagai manusia juga bakal terhambat. Namun, tahukah kamu kalau menjaga kondisi banyak macam macam sendi di dalam tubuh juga tak kalah pentingnya untuk kelangsungan ini?

Sendi sendiri adalah bagian yang menjadi penghubung antar tulang yang membuat tubuh bisa bergerak dengan lentur. “Pelumas” yang membuat tulang bisa bergerak adalah sinoval. Apabila di beberapa sendi mengalami gangguan, akan membuat tubuh mengalami kesulitan bergerak dan nyeri. Untuk itu, pahami tentang fungsi, jenis, hingga apa saja penyakit yang bisa menyerang sendimu kapan saja.

1. Fungsi sendi

Fungsi sendi
Unsplash

Sebagai penghubung tulang yang ada di dalam tubuh, secara garus besar fungsi sendi adalah untuk membuat badan bisa bergerak bebas secara lentur. Setiap manusia sendiri memiliki sendi dengan jumlah yang cukup banyak, yakni mulai dari 250 hingga 300. 

Dari sekian banyak jumlah tersebut, macam-macam sendi dan contohnya juga terbagi berdasarkan jangkauan geraknya. Supaya bisa lebih memahami konsep ini, simak penjelasan di bawah ini dengan cermat.

2. Sendi mati

Sendi mati
Unsplash

Sendi di bagian ini tidak memiliki rongga sambungan namun tetap menyatu dengan jaringan fibrosa. Tak menempel dengan tulang lainnya, kehadirannya juga tidak bergerak. Misalnya saja adalah tengkorak bayi serta tulang gigi dan rahang.

3. Sendi kaku

Sendi kaku
Unsplash

Sendi kaku adalah bagian yang bisa bergerak namun terbatas yang berupa tulang rawan untuk menyatukan beberapa bagian tulang tanpa rongga sendi. Salah satu contoh sendi ini adalah di bagian tulang simfisis publis di area panggul.

4. Sendi gerak

Sendi gerak
Unsplash

Memiliki sebutan lain sebagai sendi sinovial, sendi ini memiliki apa yang tidak dipunya oleh sendi mati dan kaku. Sendi gerak memiliki rongga dan bisa bergerak lebih leluasa. Cairan sinovial yang lebih banyak mampu membuat pergerakan tubuh jadi lebih luwes. 

Di sendi gerak sendiri, terdapat beberapa bagian yang dinamai sesuai dengan bentuk dan gerakan yang dihasilkan. Berikut ini adalah penjelasannya yang lebih detail.

  • Sendi putar

Sendi putar adalah yang memiliki kemampuan untuk menggerakkan tulang secara berputar atau melakukan rotasi dengan tulang lain. Salah satu contoh dari bagian ini adalah sendi yang ada di bagian leher. Kamu pun bisa membuat kepala melalukan gerakan rotasi melingkar dengan memutar kepala dari atas, samping, dan bawah.

  • Sendi geser

Geser adalah gerakan perpindahan secara mendatar dari kanan maupun ke kiri. Inilah yang membuat sendi bagian ini disebut dengan sendi geser. Contoh yang mudah untuk diperhatikan adalah yang ada di pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

  • Sendi pelana

Seperti pelana yang ada di kuda, sendi ini juga memiliki kemampuan untuk bergerak ke arah depan, belakang, samping kanan, dan kiri. Bisa bergerak ke banyak arah, bagian ini tidak bisa melakukan gerakan rotasi. Salah satu contohnya adalah bagian pangkal ibu jari.

  • Sendi engsel

Seperti namanya, fungsi sendi engsel adalah membantu tulang bergerak seperti pintu yang dibuka dan ditutup. Salah dua contohnya adalah sendi yang ada di bagian lutut serta siku yang bisa membengkok.

  • Sendi gulung

Hal yang bisa membedakan sendi gulung dengan bagian lainnya adalah adanya rongga dan bagian ujung tulangnya yang bulat. Pergerakan fleksibel dua arahnya ternyata memiliki kelemahan, yakni tak bisa melakukan gerakan memutar. Contoh bagian sendi gulung yang ada di tubuh adalah yang ada di antara rahang serta tulang telapak tangan dan jari tangan.

  • Sendi peluru

Sendi ini adalah yang bisa bergerak ke segala arah, termasuk memutar. Terdapat rongga serta tulang yang bentuknya bulat menyerupai bola. Sendi peluru contohnya adalah sendi di bagian panggul yang menjadu penyatu antara tulang panggul dengan tulang paha. Selain itu, yang masuk dalam kategori sendi ini adalah di bahu yang menghubungkan antara tulang belikat dan tulang lengan.

5. Penyakit yang sering menyerang sendi

Penyakit yang sering menyerang sendi
Unsplash

Setelah mengetahui posisi serta macam-macam sendi dan gambarnya, kamu juga perlu tahu tentang penyakit yang menyerang sendi. Terkesan sepele, ternyata gangguan ini bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Ini dia list penyakit yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Degeneratif

Kondisi ini adalah bentuk dari keseleo dan dislokasi. Hal ini bisa terjadi ketika tengah beraktivitas dengan membawa barang berat dan tumpuan badan sedang tidak pas. Selain itu, kamu bisa mengalami hal ini ketika berolahraga.

Proses penyembuhannya bisa dilakukan dengan beristirahat. Selain itu, kamu bisa mengompresnya dengan es batu untuk mengempeskan pembengkakan serta mempercepat proses penyembuhannya.

Inflamasi

Persendian juga sangat rawan mengalami inflamasi. Faktor penyebabnya bisa diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat, luka, maupun infeksi. Gejalanya diawali dengan pembengkakan dan nyeri yang bisa terjadi sewaktu-waktu serta kambuh kapan saja.

Lupus

Penyakit autoimun ini bisa memberikan dampak yang cukup signifikan kepada banyak organ tubuh. Salah satunya adalah peradangan sendi. bahu, siku, tangan, lutut, dan kaki adalah bagian tubuh yang cukup rawan mengalami peradangan.

Rheumatoid Arthritis

Selain lupus, rheumatoid arthritis juga menjadi salah satu kondisi autoimun yang mempengaruhi lapisan sendi. Ini adalah keadaan di mana sistem kekebalan dalam jumlah besar yang sebelumnya tak ada justru menumpuk di sendi. Saat bergerak dan mengenai sel sendi lokal, akan membuat kerusakan pada tulang rawan dan tulang.

Osteoartritis

Osteoartritis merupakan sebuah kelainan yang cukup umum diderita oleh orang dewasa yang memasuki usia 50 ke atas. Seiring bertambahnya usia, tulang rawan yang melapisi bagian ujung tulang menjadi semakin “aus” dan menyebabkan sendi jadi terasa nyeri dan kaku.

Osteoporosis

Selain penyakit pada persendian, ada juga kelainan pada tulang yang perlu diwaspadai dan dicegah mulai dari sekarang. Salah satunya adalah osteoporosis yang merupakan pengeroposan tulang dan membuat kondisi tubuh jadi lemah dan rentan patah.

Informasi mengenai macam macam sendi mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga penyakit yang bisa menyerang persendian sudah dibahas dengan cukup jelas dan singkat. Sedulur sangat diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan, mempertahankan pola hidup sehat, serta meminum suplemen tambahan apabila diperlukan. Dengan kondisi sendi yang sehat, tulangmu bisa tetap kuat dan bisa menunjang aktivitas sehari-harimu.

BACA JUGA: Fungsi Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil serta Fakta Menariknya

BACA JUGA: 8 Fungsi Tulang Paha Untuk Tubuh, Sangat Penting!

BACA JUGA: Susu untuk Tulang Berkalsium Tinggi untuk Atasi Osteoporosis

BACA JUGA: 8 Fungsi Rangka Manusia Serta Penjelasan & Cara Merawatnya

BACA JUGA: Kayang: Pengertian, Teknik Dasar, Sikap, Cara & Manfaatnya

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!