Lip Gloss

Lip gloss adalah salah satu varian kosmetik yang sering dilirik kaum hawa. Fungsinya melembabkan sekaligus mempercantik bibir. Tahu sendiri, dengan bibir yang merona wajah pun bakal tampak lebih segar. Bebas dari kesan pucat dan lesu. 

Kabar baiknya, Sedulur kini punya banyak pilihan dari jenama-jenama lokal. Tak perlu susah-susah cari yang impor, silakan pertimbangkan belasan lip gloss lokal berikut. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lip Serum untuk Menyehatkan Bibir

Lip gloss dan bedanya dengan lipstik 

bedanya dengan lipstik
Pexels

​​Sebelum membahas lip gloss fungsi rekomendasi, ada baiknya Sedulur paham dulu nih apa bedanya dia dengan lipstik biasa yang kita kenal. Secara bentuk mungkin mirip, tetapi produk ini sesuai dengan namanya akan memiliki efek berkilau setelah dipakai. Intensitas kilaunya berbeda-beda tiap produk. Tidak semua lipstik memiliki efek ini, beberapa dibuat dengan efek matte. 

-->

Perbedaan kedua terletak pada pigmen atau warnanya. Pigmennya tidak sekencang lipstik sehingga saat dipulas ke bibir ia terlihat lebih transparan dan akan berbaur dengan warna asli bibir. Karakter lain di samping ketajaman warna adalah ketahanannya di bibir. Lipgloss cenderung lebih mudah pudar dan harus diaplikasikan ulang secara berkala. 

Bedanya dengan lip balm 

Bedanya dengan lip balm
Pexels

Lipgloss juga beda dengan lip balm dari segi fungsi. Meski sama-sama memberikan efek lembab, lip balm lebih ditujukan untuk merawat bibir agar tetap lembut dan ternutrisi sehingga produk pewarna macam lip gloss dan lipstik akan menempel dengan baik di permukaan bibir.

Lip balm tidak memiliki warna, walaupun beberapa berupa tinted lip balm yang diberi sedikit pigmen. Balm bisa dipakai saat tidur sebagai masker bibir, sementara lipgloss lebih mirip lipstik yang dipakai sebagai kosmetik. Lip balm sering pula dipakai untuk primer atau pelapis sebelum kita mengaplikasikan produk kosmetik bibir. 

Kapan pakai lip gloss?

waktu yang tepat memakai lip gloss
Pexels

Lipgloss ideal dipakai orang yang ingin menciptakan tampilan bibir segar dan sehat alami. Ini karena warna asli bibir masih akan terlihat, tetapi tampak lebih merona tergantung dengan warna pigmen yang dipilih. Ia juga akan memberikan kesan lembab berkilau sehingga menghilangkan kesan bibir kering dan pucat. 

Beda dengan kesan preppy yang dibawa lipstik, lipgloss bisa menciptakan impresi casual dan cocok dipakai di siang hari karena bisa memantulkan cahaya. Ia pas untuk orang yang ingin tampil cantik, tetapi butuh sesuatu yang mudah dan praktis diaplikasikan. Kalau kamu tipe orang yang suka gaya sederhana dan buru-buru, lipgloss bisa jadi teman sejatimu. 

Meski begitu, gloss juga sempurna untuk memberikan kesan plump pada bibir sehingga ia tampak lebih tebal dan penuh. Manfaat ini bisa terwujud saat seseorang memadukan penggunaan lipgloss dengan lip liner. Coba sendiri, deh. 

BACA JUGA: 10+ Produk Lip Balm Untuk Bibir Hitam yang Ampuh Mencerahkan

Lip gloss fungsi

Lip gloss fungsi
Instagram @glossier

Ada tiga fungsi lip gloss yang bisa kita rangkum. Mereka antara lain. 

  • Memberikan kesan lembab dan lembut alami. Hal ini bisa terwujud dengan memilih tipe lipgloss yang bening alias tidak berwarna. Namun, karena sifatnya ini, ia mungkin kurang cocok untuk pemilik warna bibir gelap atau menghitam. 
  • Menyamarkan hiperpigmentasi dan memberikan kesan bibir bervolume. Lain halnya dengan lipgloss yang berpigmen atau memiliki warna. Maka, ia akan otomatis menyamarkan warna bibir yang gelap atau tidak rata. Ia juga bisa memberikan kesan bibir lebih penuh dan tebal karena mampu menciptakan dimensi lewat efek kilaunya. 
  • Berikan kesan glamor dan preppy. Fungsi ini berlaku untuk produk yang mengandung glitter atau shimmer di dalamnya sehingga bisa memberikan kesan mewah dan glamor. Namun, karena cukup transparan, ia tidak menciptakan kesan menor. Produk tipe ini bisa dipakai sebagai top coat untuk lipstik bila ia berjenis bening. Triknya pilih yang butiran glitter-nya halus agar mudah diaplikasikan dan nyaman selama menempel di bibir. 

Sudah tahu beda lipgloss dengan lipstik dan lipbalm serta fungsi masing-masing. Kini saatnya mengecek deretan produk perawatan bibir dari merek lokal terbaik. Harganya murah, nggak bikin kantong meronta-ronta. Langsung cek! 

1. Focallure Plumpmax Lip Gloss

lip gloss fungsi rekomendasi
Instagram @focallurebeauty

Dengan harga di bawah Rp100 ribuan, lipgloss ini didesain dengan warna sheer dan efek shimmer yang lembut. Sedulur bisa mengaplikasikannya sesuai kebutuhan, bisa satu atau dua lapis untuk mengontrol intensitas pigmen produk ini di bibir. Ia bisa pula dipakai sebagai primer untuk melindungi bibirmu dari sapuan lipstik yang lebih intens. 

2. Sorcha Lip Glow

Sorcha Lip Glow
Instagram @sorchacosmetic

Dengan tekstur yang creamy dan lembut, Sorcha Lip Glow ditawarkan dalam beberapa varian warna yang pas dengan kulit orang Indonesia. Pigmennya sheer dengan coverage sedang. Produk ini pas bila kamu ingin mencoba tema riasan nude atau no makeup look. Untuk harga, Sedulur wajib siapkan dana Rp139 ribu untuk membuktikan keindahannya di bibir. 

3. ESQA Lip Gloss 

lip gloss fungsi tahan lama
Instagram @flo_hps

Jenama lokal ini punya beberapa varian lip gloss fungsi tahan lama yang bisa dipilih. Ada yang reguler sampai varian khusus kolaborasi dengan BCL. Pilihan warnanya lebih ke arah nude pink dan coral yang tampak alami saat dipoleskan ke bibir. Ia diklaim akan melembabkan permukaan bibir dalam waktu lama dan sudah bersertifikat vegan. Harganya pun nggak bikin mata terbelalak, mulai dari Rp50-90 ribuan saja, kok. 

4. Rollover Reaction Slicked! Lip Glass 

lip gloss adalah
Instagram @radnaradno

Dengan harga bersaing, Sedulur bisa menjatuhkan pilihan pada produk lip glass Rollover Reaction. Ia juga salah satu brand kosmetik lokal yang layak diperhitungkan. Kualitas seri lipgloss mereka dikenal baik. Lengkap dengan efek kilau dan kesan sheer yang membahana. Sedulur bisa pilih enam warna yang ditawarkan, baik yang kemerahan atau cenderung coral dan cokelat.   

BACA JUGA: 7 Tips Contouring Wajah Untuk Pemula yang Harus Dipahami

5. Makeover Powerstay Glossy Lip Top Coat 

Makeover Powerstay Glossy Lip Top Coat
Make Over

Ia adalah sejenis lipgloss tanpa warna yang bisa dijadikan coat untuk lipstik atau dipakai langsung di bibir. Kedua metode aplikasi tersebut sama-sama akan menunjukkan efek kilau yang brilian sehingga berikan kesan sehat dan segar di wajah.

Sebagai coat, ia sudah mengandung SPF yang bisa melindungi bibir dari sinar UV. Lengkap dan punya banyak fungsi menarik untuk merawat bibirmu, Sedulur. Harganya di angka Rp100 ribuan, kok. Masih masuk akal. 

6. SADA by Cathy Sharon Dolla Gloss

lip gloss lokal
Instagram @sadabycathysharon

SADA adalah jenama lokal yang digawangi aktris Cathy Sharon. Selain produk lipstiknya yang beragam, mereka menghadirkan pula empat varian warna lipgloss transparan. Efeknya yang subtle di bibir setelah diaplikasikan memungkinkan produk ini dipakai remaja atau makeup enthusiasts pemula. Teksturnya pas, tidak lengket, dan sudah mengandung agen anti penuaan serta pelembap. Harganya Rp100 ribuan. 

7. Joylab Disco Lip Gloss

Joylab Disco Lip Gloss
Instagram @joylabbeauty

Lipgloss lokal lainnya yang bisa dilirik adalah produk dari Joylab. Mereka hadir dalam dua varian warna yang sudah diberi glitter ekstra halus. Efek yang dihasilkan tentu berkilau, tetapi tidak menor. Sebagai produk perawatan bibir, mereka sudah dilengkapi dengan vitamin E, pelembab, dan UV filter.

Kabar baiknya, produk ini diklaim bebas sulfate dan paraben, serta telah memiliki sertifikat anti animal cruelty. Silakan masukkan dalam daftar buruanmu, ya. Mumpung harganya masih Rp 90 ribuan. 

8. Saint by Sandra Miracle Gloss

Saint by Sandra Miracle Gloss
Instagram @saintbysandraofficial

Jangan lewatkan pula produk gloss dari Saint by Sandra. Dengan harga Rp 130 ribuan, Sedulur akan merasakan manfaat vitamin E, beeswax, dan lipovol O yang baik untuk menutrisi dan melembutkan bibir.

Produk ini vegan dan bebas alkohol, jadi cukup aman untuk pemilik kulit sensitif. Pigmennya cukup transparan, tetapi akan menciptakan sentuhan warna rosy yang samar. Sedulur akan menemukan warna pigmennya yang transparan berbaur dengan warna alami bibir masing-masing. 

9. Rose All Day Sunday Gloss Glow Pill

Rose All Day
Instagram @roseallday.co

Dinamai pil karena kemasannya yang memang mirip kapsul berukuran seibu jari manusia. Ada beberapa warna yang bisa dipilih, kebanyakan di palet warna coral, rose, dan kecoklatan menyesuaikan dengan warna kulit dan bibir orang Indonesia. Sedulur wajib menyiapkan dana sebesar Rp140 ribuan untuk membuktikan keampuhan perona bibir dari Rose All Day ini. Kalau mau lebih murah, bisa beli kemasan bundle. 

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Eye Cream untuk Remaja Atasi Mata Panda

10. SASC 18k Lip Shine

SASC
Instagram @sascofficial

Seri lipgloss ini terdiri dari empat warna nude yang bakal menyegarkan tampilan bibirmu tanpa memberikan kesan menor dan berlebihan. Ia diklaim awet menempel di bibir bahkan setelah pemakaian berjam-jam. Teksturnya krim yang kental, tetapi tidak lengket, kok. Jadi nyaman dan terasa ringan dipakai seharian. Ia bisa jadi pengganti lipstik yang handal buat kaum mager. 

11. Secondate Gel Lip Gloss

Secondate Gel
Instagram @secondatebeauty

Sama dengan jenama sebelumnya, ia ditawarkan dalam empat varian warna. Mau yang natural nude atau lebih pigmented ada semua untuk dipilih sesuai kebutuhan dan selera. Efeknya tetap sheer dan shiny saat dipakai. Untuk versi bening atau nude, Sedulur bisa memakainya sebagai top coat untuk lipstik sehingga memberikan ketahanan lebih dan efek kilau yang lebih jelas. Kandungannya sudah lengkap, ada pelembab dari hyaluronic acid serta shea butter ditambah vitamin E. 

12. SOMETHINC x SABRINA Multitask Water Gloss

SOMETHINC x SABRINA Multitask Water Gloss
Somethinc

Pilihan lip gloss bening bisa kamu dapatkan dari Somethinc yang berkolaborasi dengan Sabrina Chairunnisa. Formulanya nggak lengket dan bisa merefleksikan cahaya sehingga bisa dipakai sebagai highlighter di tulang pipi, dahi dan hidung. Bahkan bisa pula dioles di kelopak mata sebagai eyeshadow. Produk ini didesain untuk memberikan kesan lembab dan berkilau di bibir, tetapi ternyata multifungsi. Untuk harga, Sedulur siapkan saja dana Rp79 ribu. 

BACA JUGA: 10+ Pilihan Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Ampuh!

Tips memilih lipgloss yang tepat 

tips memilih
Pexels

Hampir semua lipgloss mengandung pelembab dan vitamin E. Namun, cermati beberapa hal berikut saat memilih salah satu. 

  • Kandungan parfum memang tak berdampak langsung pada tampilan lipgloss usai dipulas ke bibir. Namun, buat beberapa orang aroma yang kuat mungkin mengganggu. Silakan pilih yang aromanya netral atau segar seperti mint. Bagi pemilik kulit sensitif, disarankan untuk tidak memilih lip gloss dengan parfum. Bila membeli daring, silakan tanya pada pihak seller guna memastikan. 
  • Keberadaan SPF bisa jadi nilai plus sebab kita membutuhkannya untuk melindungi bibir dari sinar UV. Tak hanya kulit wajah dan tangan, bibir juga bisa teriritasi dan berubah warna bila terlalu sering terpapar sinar matahari langsung tanpa perlindungan yang memadai. 
  • Cari warna yang sesuai dengan undertone kulitmu. Undertone pada manusia adalah kuning dan pink. Cara mengeceknya dengan melihat urat di tangan. Bila pembuluh darah dan urat berwarna kebiruan, berarti Sedulur memiliki undertone pink. Sebaliknya pemilik undertone kuning akan melihat pembuluh darahnya bernuansa kehijauan di bawah permukaan kulit. Ada pula yang undertone-nya netral terlihat dari warna pembuluh darah yang ambigu antara biru dan hijau. Sesuai dengan pedoman tersebut, kamu yang memiliki undertone kuning lebih cocok menggunakan lipgloss dan produk kosmetik dengan warna-warna coral ketimbang merah jambu yang dingin. Sementara, yang memiliki undertone netral bisa pilih warna apa saja. 
  • Pertimbangkan warna alami bibirmu. Gloss memiliki coverage sedang, jadi penting pula untuk melihat kecocokannya dengan warna alami bibirmu. Bila warna bibirmu cenderung gelap, silakan pilih warna yang agak gelap pula untuk menyamarkannya. Misalnya warna kecoklatan dan burgundy. 
  • Desain kemasan juga penting. Beberapa dikemas dalam tube, ada pula dalam bentuk tabung dengan aplikator berupa brush, ada juga yang berbentuk stik. Ini sih terserah selera dan preferensi Sedulur saja. 
  • Pastikan mengenakannya di momen yang pas. Gloss cocok untuk momen-momen kasual seperti ke sekolah atau kampus. Namun, untuk acara formal mungkin ia tidak disarankan karena kurang preppy dan kesannya terlalu santai. 
  • Beberapa bisa membuat bibir terasa lebih kering. Untuk masalah ini tiap individu memiliki pengalaman yang berbeda-beda dan tidak bisa dikontrol. Namun, sekali merasa bahwa produk membuat bibirmu lebih kering, Sedulur berhak menghentikan pemakaian. 
  • Harga yang masuk akal. Kebanyakan produk lipgloss lokal yang bagus ada di kisaran harga Rp50-100 ribuan. Beberapa bisa mencapai Rp 150 ribuan. Harga ini bisa berkurang drastis saat ada promo rutin di marketplace, jadi Sedulur bisa rutin mengecek laman resmi mereka untuk tahu ketersediaan promo tertentu. Lumayan, harga bisa turun sampai 50%, lho. Bukankah menggiurkan? Hati-hati dengan lipgloss yang harganya kelewat murah, misal hanya Rp5-10 ribuan. Kebanyakan mudah pudar alias tak tahan lama.
  • Kepastian bebas animal cruelty dan kandungan bahan kimia berisiko. Sebenarnya hanya masalah prinsip, tetapi akan lebih baik menggunakan produk dari brand yang produksinya mementingkan etika. Bahan kimia keras seperti paraben dan sulfate juga tak bagus buat kulit jika dipakai dalam jangka panjang, jadi ada baiknya kita hindari sedini mungkin. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Lip Serum untuk Menyehatkan Bibir

Gaya riasan yang cocok buat pemakai gloss 

lip gloss
Pexels
  • Cocok untuk nude makeup look, yaitu riasan yang terkesan alami dan sederhana. Namun, bertujuan untuk tetap menampilkan efek segar dan cantik di wajah. 
  • Dipadu dengan riasan mata yang dramatis. Bisa dari warna eyeshadow yang nggak biasa macam ungu dan teal, atau emas. Serta bulu mata lentik dan eyeliner yang menawan. Ini akan mengimbangi bagian bibir yang sheer, tetapi shimmering. 
  • Dipadu dengan eyeshadow dan blush  bertekstur krim yang glossy pula untuk melengkapi tampilan dewy di wajahmu. Ini cocok buat menciptakan kesan sunkissed yang imut dan menawan, apalagi saat dipakai di siang dan sore hari. 

Itu beberapa hal tentang lip gloss yang bisa jadi referensi Sedulur saat akan membeli produk baru. Tak masalah kalau kamu butuh waktu lama buat memutuskan yang terbaik. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.