pot bunga

Sebelum menanam bunga, Sedulur tentu harus menyiapkan wadahnya. Wadah untuk menanam tanaman dikenal juga sebagai pot. Pot bunga memiliki bentuk sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pemiliknya.

Selain warna polos, Sedulur juga dapat mewarnai pot bunga dengan cat warna. Kombinasi warna cat untuk pot bunga dapat disesuaikan dengan bunga yang akan ditanam maupun tema taman yang akan dibuat. Dengan kombinasi warna sesuai, Sedulur akan memiliki pot bunga yang bagus dan nyaman dipandang mata.

Apakah Sedulur sedang mencari pot bunga? Jika iya, artikel berikut akan memberikan rekomendasi macam-macam pot bunga dan harganya. Mulai dari merk pot plastik yang bagus hingga merk pot lainnya. Simak, ya!

BACA JUGA: 22 Desain Lampu Taman Minimalis untuk Percantik Hunian

-->

Pengertian pot bunga

pot bunga
iStock

Pot bunga merupakan sebuah kontainer di mana bunga atau tanaman lain ditanam dan dibesarkan. Pot bunga dahulu terbuat dari bahan terakota, namun saat ini sudah banyak pot yang terbuat dari bahan lain seperti plastik, sabut kelapa, hingga besi. Penggunaan pot bunga dapat mempermudah bunga dalam mendapatkan media tanam. Selain itu, penataan dapat diatur atau dirapikan serta bunga dapat dipindah dengan cepat dan mudah.

Bahan pembuat pot bunga

pot bunga
iStock

Berikut adalah penjelasan mengenai bahan pembuat pot bunga yang mana setiap bahan tersebut memiliki kelebihan dan daya tarik tersendiri.

1. Plastik

Pot bunga dari bahan plastik menjadi pilihan bagi sebagian orang karena mudah didapat dan memiliki harga yang terjangkau. Meskipun terbuat dari plastik, Sedulur dapat memilih pot dengan kualitas tebal dan kokoh untuk digunakan dalam jangka panjang.

Akan tetapi, pot plastik masih memiliki beberapa kekurangan seperti tidak adanya pori-pori pada dindingnya yang menyebabkan sirkulasi suhu media tanam menjadi kurang baik. Hal ini akan meningkatkan suhu saat musim kemarau dan menahan air saat musim hujan yang sering membuat akar tanaman menjadi busuk.

2. Sabut kelapa

Bahan pembuat pot lainnya adalah sabut kelapa atau cocofiber. Pot dari bahan ini biasa digunakan pada tanaman yang tidak banyak membutuhkan air karena pot dari sabut mudah rusak atau tidak tahan lama. Meskipun begitu, pot ini memiliki harga murah dan bentuk yang cantik serta sangat natural. Pot dari sabut kelapa dapat dijadikan sebagai pot gantung.

3. Kayu

Selanjutnya adalah pot dari bahan kayu. Pot ini memiliki sifat kuat dan kokoh serta memberikan kesan natural. Namun yang perlu diperhatikan, pot kayu dapat lapuk seiring dengan lama waktu pemakaian. Tidak hanya itu, pot kayu juga memiliki harga yang lebih tinggi dibanding pot dari bahan lain.

4. Keramik

Pot dari bahan keramik memiliki harga yang bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan pembuatannya yang bervariasi dari harga yang murah hingga jutaan rupiah. Pot keramik memberikan kesan mewah dan elegan. Namun, pot ini rawan pecah dan memiliki bobot yang cukup berat.

Macam-macam pot bunga

pot bunga
iStock

Berikut adalah macam nama-nama pot bunga berdasarkan ukuran dan bentuknya.

  • Pot kecil, memiliki diameter 10–15 cm dan biasa digunakan untuk menyemai bibit.
  • Pot sedang, memiliki diameter 18–24 cm dan biasa untuk menyimpan tanaman berukuran kecil hingga sedang. 
  • Pot besar, memiliki diameternya di atas 24 cm dan digunakan untuk tanaman yang berakar kuat dan berbatang kokoh.
  • Pot tawon, memiliki bentuk mirip sarang tawon. Memiliki harga relatif murah karena terbuat dari plastik dan menjadi pot yang paling banyak ditemukan. 
  • Pot silinder, memiliki bentuk silinder tabung dan dapat terbuat dari kayu, keramik, atau plastik. Pot ini biasa untuk tanaman yang lebih condong ke atas daripada ke samping. 
  • Pot keramik, memiliki bentuk sesuai pengrajinnya dan biasanya memiliki ukuran kecil untuk tanaman sukulen atau kaktus mini.

BACA JUGA: 12 Desain Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Interior Hunian

Tips memilih pot bunga

pot bunga
iStock

Berikut adalah beberapa tips memilih pot bunga yang dapat Sedulur perhatikan sebelum membelinya.

1. Pilih berdasarkan ukurannya

Tips yang pertama adalah memilih pot sesuai dengan ukuran bunga yang akan ditanam. Jika Sedulur, akan menanam bunga yang berukuran kecil, maka pilih pot kecil, begitu pula seterusnya. Ukuran pot akan memengaruhi pertumbuhan bunga terutama pada bagian akar. Ukuran pot yang terlalu kecil akan membuat pertumbuhan terhambat, sementara pot terlalu besar akan mengurangi kemampuan akar menjangkau unsur hara.

2. Perhatikan bahannya

Selanjutnya adalah memperhatikan bahan pembuat pot. Sesuaikan pot dengan sifat bunga yang akan Sedulur tanam. Sebagai contoh, jika Sedulur akan menanam anggrek, maka pilihlah pot dari bahan sabut kelapa atau cocofiber. Contoh lain pada kaktus mini atau sukulen yang dapat bertahan di media kering, maka pilihlah pot berbahan tanah liat.

3. Pilih dari bentuknya

Bentuk pot bunga harus diperhatikan karena beda tanaman akan beda arah pertumbuhannya. Jika Sedulur ingin menanam bunga yang cenderung tumbuh ke atas daripada ke samping, maka sedulur dapat memilih pot berbentuk silinder. Sementara jika Sedulur ingin menanam bunga yang merambat, maka dapat menggunakan pot gantung.

4. Pilih sesuai tema

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan pot bunga dengan tema ruangan atau taman yang akan dibentuk. Hal ini dilakukan untuk memadupadankan suasana dan tidak merusak tema yang sudah disusun. Penyesuaian ini dapat dilakukan dengan memperhatikan warna pot. Jika di dalam ruangan maka pilih pot yang berwarna sesuai cat ruangan. Namun jika di luar ruangan, pilih pot yang memiliki warna tanah atau sesuai dengan warna bunganya.

Selain tips di atas, ada beberapa lain yang dapat Sedulur simak sebelum memutuskan membeli pot bunga.

  • Jika rumah berhalaman luas, pilih pot plastik atau pot tanah liat untuk menghemat biaya jika akan menanam banyak bunga.
  • Jika rumah berhalaman minimalis, pilih pot dari sabut kelapa atau plastik yang ringan maupun rak besi sehingga lebih tertata.
  • Jika Sedulur adalah kolektor kultivar premium, maka pilih pot dari bahan keramik dengan desain yang unik. 

Adapun 12 rekomendasi pot bunga yang dapat Sedulur pilih adalah sebagai berikut.

1. Indokurnia pot bunga motif tawon  

pot
Indokurnia

Rekomendasi pertama adalah pot bunga motif tawon. Pot ini terbuat dari bahan plastik yang lentur dan ringan. Mulai dari Rp3.599, Sedulur sudah bisa mendapatkan pot ini. Terdapat pot dengan diameter mulai dari 15 cm, 19 cm, 24 cm, hingga 30 cm. Pot jenis ini cocok digunakan untuk semua jenis tanaman.

2. BB Seed pot sabut kelapa

pot
BB Seed

Selanjutnya adalah pot dari sabut kelapa dari BB Seed yang dijual dengan harga mulai dari Rp15.000. Pot ini sangat cocok digunakan untuk para pecinta bunga anggrek karena akan membuatnya lebih natural.

Pot ini dapat digantung atau diletakkan saja di halaman rumah. Terdapat dua jenis pot yaitu pot sabut kelapa kotak dan pot sabut kelapa bulat yang pada bagian luarnya dibatasi dengan kawat. Ukuran pot kotak memiliki diameter dalam 12 cm, diameter luar 17 cm, dan tinggi 16 cm. Sedangkan ukuran pot bulat memiliki diameter dalam 14 cm, diameter luar 19 cm, dan tinggi 16,5 cm.

3. Crystallpot pot tempel Agro

po
Mybest

Rekomendasi selanjutnya adalah pot tempel Agro. Pot berbahan plastik dengan panjang sekitar 24 cm ini cocok digunakan untuk metode taman vertikal. Dijual dengan harga mulai dari Rp7.000, pot ini dapat digunakan untuk menanam dalam jumlah banyak pada lahan sempit. Sedulur cukup meletakkannya pada rangka besi.

Terdapat empat pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, antara lain hitam, cokelat, putih, dan hijau. Pot ini memiliki panjang bawah 16 cm, panjang atas 22 cm, lebar sisi atas 11 cm, lebar sisi bawah 4 cm, dan tinggi 12 cm.

BACA JUGA: 25 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Menawan

4. Pot bonsai gerabah ukir segitiga

pot
BigGo

Rekomendasi selanjutnya adalah pot dari bahan tanah liat atau pot gerabah. Pot ini memiliki bentuk membulat dan biasa digunakan untuk menanam bonsai mini. Adanya motif segitiga pada bagian luarnya juga membuat pot ini tampak lebih berseni. Pot tanah liat ini dijual dengan harga mulai dari Rp75.500 dengan ukuran diameter luar 33 cm, diameter dalam 29 cm, dan tinggi 12 cm. Keunggulan lain dari pot ini adalah memiliki lubang di bagian tengah sehingga sirkulasi air tidak terhambat dan suhu tetap stabil.

5. Agung Keramik pot bunga segi delapan

pot
Agung Keramik

Rekomendasi selanjutnya adalah pot dari bahan keramik berbentuk segi delapan. Pot ini dijual dengan harga mulai dari Rp90.000 dengan finishing glossy yang memberikan kesan mahal. Pot ini biasa digunakan untuk tanaman di dalam ruangan dengan pilihan warna dari hijau, putih, dan cokelat. Pot ini memiliki ukuran diameter dalam 13,5 cm dan tinggi 10 cm.

6. Kotak kayu hiasan pot vas bunga

pot
TodayLine

Rekomendasi keenam adalah kotak kayu dengan desain vintage yang sangat multifungsi. Pot ini dapat diletakkan di dalam atau di luar ruangan sebagai keranjang pot untuk memperindah dekorasi. Terbuat dari bahan kayu dengan dua ukuran yaitu besar dan kecil. Pot besar memiliki ukuran panjang 16 cm, lebar 16 cm, dan tinggi 13,2 cm. Sementara pot kecil memiliki ukuran panjang 12,3 cm, lebar 12,3 cm, dan tinggi 12 cm. Pot ini dijual dengan harga mulai dari Rp150.000.

7. Pot bunga triangle

pot segitiga
Aliexpress

Selanjutnya adalah pot bunga berbentuk segitiga atau triangle. Pot ini memiliki bentuk yang unik dan memberikan kesan modern. Sedulur dapat menggantung pot ini pada dinding ruangan atau di halaman teras.

Pot segitiga ini memiliki ukuran panjang 26 cm, lebar 21 cm, tinggi 14 cm, dan diameter 15 cm. Terdapat dua pilihan warna yaitu hitam dan putih dengan gantungan berwarna emas. Pot dari bahan plastik ini dijual dengan harga mulai dari Rp95.000.

8. IKEA Socker

pot
IKEA

Rekomendasi selanjutnya adalah produk dari IKEA yaitu socker. Pot ini terbuat dari bahan galvanis sehingga membuatnya kuat, tahan lama, dan bebas korosi. Pot socker ini juga dapat diletakkan di luar maupun di dalam ruangan karena memiliki warna silver yang sangat elegan. Pot ini memiliki ukuran diameter dalam 26 cm, diameter luar 27 cm, panjang 26 cm, dan tinggi 24 cm. Pot socker ini dijual dengan harga mulai dari Rp39.900.

9. Pot bunga Ogenmelon

POT
IKEA

Rekomendasi selanjutnya adalah pot bunga Ogenmelon dari IKEA yang dijual dengan harga mulai dari Rp299.000. Produk ini terbuat dari bahan kayu akasia padat sehingga dijamin kuat dan tahan lama. Pot ini juga dapat digunakan di luar maupun di dalam ruangan.

Desain pot ini dilengkapi dengan hiasan baja dan bahan galvanis untuk menambah kesan klasik. Pot Ogenmelon memiliki dua ukuran yakni pot kecil dengan diameter dalam 24 cm, diameter luar 26 cm, dan tinggi 23 cm, serta pot besar dengan diameter dalam 30 cm, diameter luar 32 cm, dan tinggi 27 cm.

BACA JUGA: 25 Desain Ruang Tamu Minimalis, Wujudkan Rumah Idaman

10. Pot bunga Galiamelon

POT
IKEA

Rekomendasi selanjutnya adalah pot Galiamelon untuk Sedulur yang memiliki ruangan minimalis. Pot ini dapat digantung maupun digunakan untuk menanam dengan metode vertikal. Pot ini terbuat dari 100% polipropilena untuk bagian tali dan plastik PET pada bagian dalamnya. Sementara itu, bagian dalam bingkai berbahan baja dan powder coating.

Pot ini berwarna putih dengan ukuran diameter luar 29 cm, diameter dalam 27 cm, tinggi 16 cm, dan tinggi beserta gantungan 86 cm. Dengan harga mulai dari Rp199.000 Sedulur sudah dapat memiliki pot dari IKEA ini.

11. Pot bunga berkaki Gojibar

POT
IKEA

Selanjutnya adalah pot berkaki Gojibar yang dapat digunakan sebagai aksesori pada ruang tamu atau ruangan kantor. Pot ini terbuat dari bahan baja dengan lapisan serbuk poliester sedangkan bagian kakinya terbuat dari baja. Pot ini memiliki warna hitam dengan diameter 19 cm dan tinggi 30 cm. Pot dari IKEA ini dapat Sedulur miliki mulai dari harga Rp99.000.

12. Pot bunga karakter

POT
Lazada

Selanjutnya adalah pot bunga karakter yang dapat Sedulur pilih sesuai dengan selera masing-masing. Terdapat berbagai desain, mulai dari kartun animasi, patung, hewan, hingga bentuk-bentuk karakter lainnya.

Secara umum, pot karakter terbuat dari bahan keramik yang dilengkapi dengan lubang sirkulasi pada bagian bawahnya. Ukuran pot ini juga bervariasi dari tinggi 5 cm hingga 30 cm. Seperti pot karakter di atas, Sedulur dapat memilikinya dengan harga mulai dari Rp123.000.

Sekian informasi mengenai rekomendasi pot bunga terbaik beserta tips memilihnya. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur yang sedang atau akan memulai menanam bunga hingga membuat taman bunga di rumah. Happy gardening!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!