lapangan badminton surabaya

Bagi Sedulur yang tinggal di wilayah Surabaya dan hobi bermain badminton, apakah sudah menemukan lapangan badminton Surabaya yang paling sesuai? Jika belum tidak usah khawatir, di bawah ini akan diberi rekomendasi lapangan badminton yang bisa disewa dan digunakan.

Bulutangkis atau yang sering kita sebut sebagai badminton, merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Baik itu anak-anak hingga orang dewasa, pemain amatir maupun pemain profesional. Umumnya, olahraga ini dilakukan di halaman dengan jaring net seadanya.

Akan tetapi, bagi Sedulur yang hobi badminton dan ingin merasakan sensasi bermain di lapangan badminton asli, tentu wajib tahu tempat-tempat persewaan lapangan badminton.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Olahraga di Surabaya

Rekomendasi Lapangan Badminton Surabaya

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi lapangan badminton Surabaya yang bisa Sedulur sewa dan gunakan bersama dengan teman-teman!

1. Graha Santoso

lapangan badminton surabaya
Unsplash/Allison Saeng

Graha Santoso berada di dalam komplek perumahan, yang membuat lapangan ini mendapat pengawasan yang baik dari petugas keamanan setempat. Fasilitas yang tersedia di GOR badminton ini cukup lengkap, mencakup musholla, toilet, dan juga area parkir yang luas.

Kondisi lapangannya pun juga sangat bersih dengan permukaan yang tidak licin, sehingga memudahkan para pemain badminton untuk bergerak dengan lebih lincah.

  • Lokasi: Jalan Wonorejo Timur, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 07.00 – 23.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp50.000

2. Lapangan Bulutangkis SIER

Lapangan badminton yang satu ini benar-benar mengedepankan kebersihan arenanya. Hal ini bisa dilihat dari kinerja para petugas yang sigap membersihkan lapangan setiap ada pergantian pelanggan yang ingin memakai lapangan untuk bermain.

Selain itu, tempatnya juga luas dengan area parkir yang terbilang lebar. Tentu saja hal ini membuatnya ramai oleh pengunjung, terlebih harga sewanya yang cukup terjangkau.

  • Lokasi: Jalan Rungkut Industri Raya nomor 10, Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 06.00 – 23.30 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp130.000

3. SS Arena Badminton Hall

SS Arena Badminton Hall hadir dengan fasilitas berupa kamar mandi, parkir yang luas, serta area tribun. Fasilitas tersebut, tentunya didukung oleh dua lapangan dengan karpet vinil anti licin, membuat player badminton tidak perlu khawatir akan tergelincir ketika bertanding.

  • Lokasi: Jalan Prapen Indah Tim. 2, Blok B nomor 1, Prapen, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 08.00 – 22.30 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp60.000

4. Graha Sakura

Rekomendasi lapangan badminton Surabaya yang berikutnya adalah Graha Sakura. Lapangan badminton ini menyediakan aneka minuman dan makanan ringan di dalamnya, dijamin Sedulur tidak akan kehausan dan kelaparan setelah bertanding.

Selain itu, tempatnya juga strategis, luas, dan memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas, kamar mandi, serta 3 lapangan dengan lantai ubin kayu.

  • Lokasi: Jalan Sakura Regency, Blok G nomor 13, Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 16.00 – 22.30 WIB (Minggu tutup)
  • Harga : Mulai dari Rp40.000

5. GSG MERR Semampir

Jika belum menemukan yang pas, mungkin GSG MERR Semampir bisa menjadi opsi yang menarik. Gedung serba guna ini, menawarkan beberapa fasilitas seperti kamar mandi, kantin, area parkir, dan juga 3 set lapangan yang dirawat dengan baik.

Selain itu, harga sewanya juga terbilang murah, sehingga Sedulur dan teman-teman bisa badminton di sini tanpa menguras kantong.

  • Lokasi: Jalan Semampir Tengah VII nomor 4-8, Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 08.00 – 22.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp50.000

BACA JUGA: 7 Lapangan Basket Surabaya yang Paling Favorit

6. GOR Bulutangkis Sudirman

Unsplash/Muktasim Azlan

Gor Bulutangkis Sudirman sangat cocok disewa oleh Sedulur yang ingin merasakan sensasi bermain badminton ala turnamen sungguhan. GOR yang satu ini telah mengantongi standar internasional, dimana hal ini cukup sulit untuk ditemukan.

Fasilitas yang ada di dalamnya, mencakup 6 lapangan dengan karpet vinyl, kantin, kamar mandi, tribun dengan AC, serta area parkir yang luas.

  • Lokasi: Jalan Dr. Ir. H. Soekarno nomor 8, Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 06.00 – 23.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp80.000

7. SHS Badminton Court

SHS Badminton Court memiliki tempat yang bersih dan luas. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa SHS Badminton Court menjadi langganan oleh para pecinta olahraga bulutangkis. Fasilitas yang tersedia yakni kamar mandi dan toilet, kantin, serta area parkir yang dilengkapi CCTV.

Kemudian untuk lapangannya, tersedia 3 set lapangan badminton dengan bahan karpet vinyl, yang akan terasa sangat nyaman untuk badminton.

  • Lokasi: Jalan Raya Nginden nomor 55, Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Pukul 08.00 – 23.00 WIB
  • Harga : Mulai dari Rp50.000

8. Sony Dwi Kuncoro Badminton Hall

Rekomendasi yang berikutnya ada Sony Dwi Kuncoro Badminton Hall. Fasilitas yang dapat Sedulur nikmati pada saat menyewa lapangan ini, diantaranya seperti kantin, kamar mandi, area parkir, serta toko yang menjual perlengkapan olahraga, khususnya badminton.

Lapangan yang ada di sini terdiri dari 6 set. Ya, bisa dibilang jika lapangan ini cukup terkenal di wilayah Rungkut. 

  • Lokasi: Jalan Medokan Asri Tengah VI, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 – 22.00 WIB (Sabtu-Minggu), 06.00 – 23.00 WIB (Senin-Jumat)
  • Harga : Mulai dari Rp70.000

9. GOR Hi-Qua Wijaya

GOR HI-Qua Wijaya menghadirkan fasilitas yang sangat lengkap. Diantaranya seperti lapangan yang berjumlah 17 set dilengkapi karpet (couts), WiFi, kamar untuk penginapan atlet, halaman parkir yang luas, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Ukuran lapangan badminton di GOR Hi-Qua Wijaya ini juga sudah sesuai standar PBSI, cocok untuk ajang pertandingan bulu tangkis secara resmi, entah itu tingkat nasional maupun internasional.

  • Lokasi: Jalan Puri Lidah Kulon Indah, Surabaya
  • Jam buka: 09.00 – 23.00 WIB

10. GOR Warren

Rekomendasi lapangan badminton Surabaya yang terakhir adalah GOR Warren. GOR ini menjadi salah satu lapangan badminton favorit di Surabaya, karena memiliki beberapa fasilitas yang sangat memadai, seperti 4 lapangan badminton beralaskan kayu sesuai Standart PBSI.

Keunggulan lain dari GOR Warren, yakni tempatnya sangat bagus, dan lampu tidak terlalu gelap. Sehingga akan terasa sangat nyaman digunakan untuk latihan atau pertandingan.

  • Lokasi: Jl. Kupang Baru III No, 2 Sonokwijenan, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00 – 23.00 WIB

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kolam Renang di Surabaya yang Terbaik

Tips Memilih Lapangan Badminton

lapangan badminton malang
Unsplash/Jackie Hutchinson

Percaya atau tidak, memilih lapangan badminton yang tepat dapat mempengaruhi pengalaman bermain Sedulur, lho! Nah, untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih lapangan badminton yang baik dan benar!

1. Lokasi

Pilihlah lapangan yang berlokasi strategis dan mudah diakses, terutama jika Sedulur akan mengunjunginya secara rutin. Pastikan juga lapangan tersebut memiliki fasilitas parkir yang memadai.

2. Kondisi lapangan

Periksa kondisi lapangan, termasuk permukaan lapangan, garis-garis lapangan yang jelas, dan kelengkapan fasilitas seperti pencahayaan yang cukup dan pendingin udara atau kipas angin.

3. Kebersihan

Pastikan lapangan dalam keadaan bersih dan terawat dengan baik. Lapangan yang kotor atau berdebu dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan Sedulur saat bermain.

4. Ukuran lapangan

Pastikan lapangan memiliki ukuran standar yang sesuai dengan peraturan resmi badminton. Lapangan yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat mengganggu permainan dan kenyamanan.

5. Ketersediaan waktu

Pastikan lapangan tersedia pada waktu yang sesuai dengan jadwal Sedulur. Beberapa lapangan mungkin memiliki jam operasional yang berbeda atau memiliki waktu pemesanan yang padat.

Nah, itulah informasi mengenai rekomendasi lapangan badminton Surabaya, serta beberapa tips untuk memilih lapangan badminton yang tepat. Pastikan Sedulur mengikuti tips di atas, untuk bisa menentukan lapangan mana yang paling cocok digunakan.