burung kolibri

Burung kolibri adalah istilah yang digunakan oleh para penggemar burung kicauan untuk jenis  burung-madu. Burung ini sangat identik dengan bentuk paruhnya yang melengkung dan juga warna cerah dengan bulu warna-warni.

Makanan burung kolibri ini adalah nektar/madu-maduan. Berbeda dari berbagai jenis burung kecil yang lain, ada banyak sekali jenis kolibri yang bisa ditemui. Jika ditotal, terdapat 145 sub-spesies dengan 16 genus yang tersebar luas di berbagai belahan dunia.

Namun pada kesempatan ini kita tidak akan membahas semua spesies burung dari famili Nectariniidae ini. Jadi yang akan kita bahas adalah spesies-spesies yang tersebar di Indonesia saja. Untuk itu, langsung saja simak informasi berikut ini.

BACA JUGA: 8 Cara Merawat Burung Kenari Agar Sehat & Tidak Stres

1. Kolibri ninja

burungkolibri
jalaksuren

Jenis ninja ini adalah yang paling populer dari sekian banyak jenis dari kolibri yang ada di Indonesia. Suara burung kolibri ninja yang benar-benar istimewa, membuatnya sering dijadikan sebagai andalan dalam kontes kicau burung.

Selain itu, burung kolbiri ninja ini mempunyai penampilan yang sangat cantik dan juga terkesan sedikit lebih sangar dari jenis lain. Tampilan tersebut dihasilkan dari bulu-bulunya yang dihiasi beberapa campuran warna yang cukup extrim. Terlebih lagi, kilauan minyak di bagian leher membuatnya tampak lebih memukau.

2. Kolibri sepah raja

burung kolibri
cherewed

Salah satu jenis kolibri yang banyak berkembang di Indonesia adalah sepah raja. Jenis kolibri ini terlihat memang tidak begitu jauh berbeda dengan jenis kolibri pada umumnya. Yakni dengan ciri-ciri umum seperti ukuran paruhnya yang kecil dan panjang.

Tidak hanya itu, jenis ini juga mempunyai beberapa ciri umum seperti lainnya, yakni gemar meminum madu dan juga nectar dari bungan sebagai asupan makanan yang utama.

3. Kolibri Wulung

burung kolibri
jalaksuren

Kolibri wulung ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari jenis kolibri pada umumnya. Ukurannya yakni berkisaran antara 14 cm hingga 15 cm. Selain itu, sifat burung kolobri wulung ini juga lebih agresif dibandingkan dengan jenis yang lain.

Jika Sedulur ingin menguji sifat agresif dari kolibri wulung ini, maka bisa dilakukan dengan cara menangkapnya dengan menggunakan tangan. Nantinya, burung tersebut akan langsung menggigit tangan Sedulur. Semakin cepat burung itu menggigit, maka semakin agresif burung tersebut.

4. Kolibri king ninja

burung kolibri
infobudaya

Jenis kolibri yang berikutnya adalah king konin. Ini adalah salah satu jenis kolibri yang mempunyai tampilan berupa warna bulu yang sangat cantik dan juga sangat bervariasi.  Ya, warna dari jenis kolibri ini yakni hitam agak mengkilap di bagian leher hingga kepalanya.

Kemudian di bagian atas bahu, ada bulu-bulu berwarna ungu kehijauan yang juga mengkilap. Sedangkan bulu pada bagian perut berwarna kecoklatan.

5. Kolibri king konin

burung kolibri
kacer

Jenis kolibri king konin ini juga sering disebut sebagai kolibri bakau. King konin memiliki nanma latin Leptocoma Calcostetha. Ya, jenis burung kolibri king konin ini juga sama seperti jenis yang lainnya, yakni memakan nektar ataupun sari dari bunga pepohonan.

Jenis kolibri ninja ini banyak ditemukan di kawasan hutan mangrove yang ada di ketinggian kurang lebih 250 di atas permukaan laut.

6. Kolibri manggar

burung kolibri
jenis

Jenis burung kolibri manggar ini juga dikenal sebagai kolibri kelap, dan memiliki nama latin Anthreptes malacensis. Jenis kolibri ini termasuk salah satu burung pemakan madu atau nektar dengan tampilan yang cukup cantik dan menawan.

Jika dilihat dari ukurannya, jenis kolibri manggar ini tergolong dalam kolibri yang berukuran sedang yakni sekitar 13 cm dari kepala hingga ekornya.

BACA JUGA: Cara Usaha Ternak Kroto Di Rumah dengan Bahan Sederhana

7. Kolibri kelapa

jalaksuren

Bisa dibilang jika tampilan dari kolibiri kelapa ini tidak kalah menawan dari berbagai jenis kolibri pada umumnya. Namun tidak hanya itu saja, burung yang satu ini juga memiliki suara kicauan yang terdengar sangat merdu dan bervariasi.

Itulah keistimewaan burung kolibri kelapa, yang mungkin tidak akan Sedulur temukan di jenis-jenis kolibri yang lain.

8. Kolibri black sunbird

cherewed

Black sunbird termasuk kedalam jenis kolibri yang sangat pandai kicau. Selain itu, ukuran dari burung yang satu ini juga kecil, yakni hanya berukuran sekitar 11 cm saja.

Ya, kolibri black sunbird menjadi salah satu burung yang paling dicari oleh para penggemar burung kicau di Indonesia. Selain suaranya yang merdu dan bentuknya yang cantik, jenis ini termasuk kolibri yang langka. Oleh sebab itu, harga burung kolibri sunbird cukup mahal.

9. Kolibri jawa

pleci

Sesuai dengan namanya, asal burung kolibri yang satu ini dari pulau Jawa. Meskipun begitu, burung ini juga memiliki nama latin aethopyga mystacalis. Jenis ini banyak Sedulur temui di berbagai daerah di indonesia.

Cciri-ciri dari kolibri jawa juga tidak jauh berbeda dengan jenis kolibri pada umumnya, yakni memakan nektar dari sari bunga. Selain itu, bentuk paruhnya juga kecil dan memanjang. Kolibri jawa termasuk dalam jajaran jenis kolobri berukuran kecil, karena ukuran tubuh hanya sekitar 11 cm saja.

Jenis kolobri ini dapat Sedulur temukan di kawasan pegunungan tropis dengan ketinggian sekitar 100 meter diatas permukaan laut. Tidak hanya memakan nektar bunga, burung ini juga sering memakan serangga-serangga kecil.

10. Kolibri matari

jalaksuren

Kolibri matari memiliki nama latin Cinnirys Solaris. Jenis kolibri ini termasuk salah satu burung kolibri yang banyak hidup dan berkembang di berbagai wilayah di indonesia. Ukuran tubuh dari kolibri matari ini, sama persis seperti ukuran tubuh dari kolibri jawa yakni hanya sekitar 11 cm saja.

Jika Sedulur mencari kolibri matari, maka bisa menemukannya di pegunungan-pegunungan di Sumatra dan Kalimantan. Untuk kolibri matari kelamin jantan, mempunyai ciri-ciri bulu berwarna merah. Lalu pada bagian sayapnya berwarna kuning, dan ekornya mempunyai warna merah.

11. Kolibri merak

hewan

jenis kolibri merak juga biasa disebut dengan kolibri gunung. Nama panggilan tersebut diambil dari habitat aslinya yang dapat Sedulur temukan di daerah pegunungan dan juga dataran tinggi. Kolibri merak ini adalah burung endemik dari pulau jawa yang hanya bisa ditemukan di tanah jawa.

Jadi Sedulur tidak akan bisa menemukan jenis kolibri ini di daerah-daerah lain. Itulah yang membuat adanya filosofi burung kolibri merak ini. Jika dilihat dari segi  ukuran tubuhnya, burung yang satu ini mempunyai ukuran yang sedang yaitu sekitar 13 cm.

Kemudian untuk makanannya, sama seperti jenis kolibri yang lain. Burung ini menjadikan nektar dan serangga kecil seperti sebagai asupan utamanya.

12. Kolibri sangihe

jalaksuren

Burung kolibri sangihe adalah jenis kolibri yang hanya bisa Sedulur temukan di daerah Sulawesi Utara saja, tepatnya di pulau Sangihe. Burung ini mempunyai ukuran tubuh yang terbilang kecil. Ukuran burung ini hanya sekitar 12 cm saja.

Sedangkan untuk makananya sendiri, tidak jauh berbeda dari berbagai jenis kolibri yang lainnya. Burung ini juga memakan nektar dari sari bunga serta serangga-serangga kecil seperti halnya laba-laba dan ulat kecil.

BACA JUGA: 8 Cara Merawat Burung Kenari Agar Sehat & Tidak Stres

13. Kolibri rimba

shanghaibirding

Yang terakhir ada jenis kolibri rimba, jenis kolibri yang tubuhnya bisa tumbang hingga panjangnya antara 12,7 hingga 15 cm. Akan tetapi, jenis kolibri ini cukup langka dan yang jarang ditemui di pasaran.

Kolibri rimba ini juga bisa Sedulur temui di beberapa negara di kawasan Semenanjung Malaysia, Cina barat-daya, dan juga Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sedangkan di Indonesia, kolibri ini bisa Sedulur temukan di daerah Kalimantan dan Sumatra, tepatnya di hutan dataran rendah hingga ketinggian 1000 dari permukaan laut.

Itulah beberapa jenis burung kolibri yang perlu untuk Sedulur ketahui. Ya, banyaknya orang mencari burung ini karena mampu menghadirkan suara kicauan yang unik dan memukau. Jadi tidak heran jika burung ini sering diikutkan kontes atau lomba perkicauan.

Namun selain itu, tampilan dari burung tersebut juga cantik. Bahkan setiap jenis burung kolibri memiliki tampilan dengan ciri khas masing-masing.