monster laut

Lautan menyimpan berbagai macam hewan laut yang belum semuanya tereksplorasi oleh manusia. Bahkan, laut bisa menjadi hal yang lebih seru untuk diulik daripada luar angkasa. Salah satu hewan laut yang menakutkan sekaligus menakjubkan yang bisa diketahui adalah monster laut.

Contoh nyatanya adalah paus biru, kepiting laba-laba jepang, bahkan cumi-cumi raksasa. Pastinya, makhluk tersebut terdengar cukup seram dan menakjubkan. Sejumlah makhluk di dalam samudera yang luas bisa saja berukuran besar dan juga berbahaya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah kumpulan monster laut terseram yang pernah ada ataupun masih eksis di samudera. 

BACA JUGA: 14 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Termasuk Buaya!

1. Hiu paus

monster laut
liputan6

Hiu paus merupakan salah satu monster laut Indonesia yang munculnya bersifat musiman. Berbeda dengan kawasan Kwatisore, Teluk Cendrawasih, Papua. Kawasan tersebut merupakan Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang memiliki hiu paus.

-->

Hiu paus diketahui sebagai hewan yang mempunyai umur panjang. Usianya bisa sampai 80 sampai 130 tahun dengan 61 kaki yang dapat tumbuh. Jangan takut, hiu paus hanya memakan makhluk kecil saja di samudera. Maka dari itu, manusia tidak perlu khawatir lagi ketika bertemu dengan hewan ini di samudera lepas.

Mamalia ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, dan bisa memangsa hewan kecil dengan begitu ganas. Ia cukup membuka lebar-lebar mulutnya dan menelan apapun yang ada di depannya. Mulutnya memiliki daya hisap air yang mirip seperti angin topan.

Jadi, sulit untuk hewan kecil seperti ikan yang terhindar dari hiu paus. Selain memiliki mulut seperti angin topan, hiu paus juga memiliki gigi yang tajam. Namun, gigi itu bukan diperuntukkan untuk mengoyak dan memakan mangsanya, ya.

2. Megalodon

monster laut
inakoran

Siapa sih yang tak kenal dengan makhluk besar yang satu ini? Yups, Megalodon terkenal dan populer karena ada film monster laut berjudul The Meg yang bercerita tentang keganasan hiu raksasa prasejarah yang tinggal di lautan pasifik. Kemudian, ia menampakkan diri ketika ada sebuah kapal selam yang sedang berlayar di bawah lautan.

Ukuran Megalodon sendiri diperkirakan lebih dari 15 meter. Ukuran tersebut sudah cukup untuk menelan mentah-mentah manusia dewasa. Namun, Megalodon sudah diperkirakan punah sejak 2,6 juta tahun yang lalu. Kepunahan Megalodon sendiri memiliki waktu yang sama dengan pertama kali manusia menginjak bumi. 

Megalodon dipercaya sebagai hewan samudra yang sangat ganas ketika sedang memakan mangsanya. Ia akan dengan mudah merobek ekor serta sirip mangsanya, yaitu paus. Dengan adanya kepunahan dari Megalodon, dipercaya bahwa itulah yang membuat paus bisa mencapai ukuran yang cukup besar sekarang.

BACA JUGA: 8 Binatang Buas yang Paling Mematikan di Dunia

3. Helicoprion

monster laut
belajarsampaimati

Sepanjang sejarah, Helicoprion merupakan salah satu hiu yang paling unik. Hal tersebut terbukti dari fosil monster laut legenda ini yang ditemukan oleh peneliti. Fosil tersebut ternyata mengungkapkan bahwa Helicoprion hanya memiliki satu set gigi spiral. Kemungkinan, hiu yang sudah ada pada 300 juta tahun lalu ini harus mengganti giginya secara teratur dan rutin.

Bentuk mulutnya pun terlihat seperti gergaji. Bisa jadi, gigi spiral yang dimiliki oleh Helicoprion ada pada tenggorokan bagian dalamnya. Namun, hal tersebut masih menjadi perdebatan.

4. Gurita raksasa

tribun

Gurita raksasa memiliki berat yang cukup besar seperti namanya, yaitu 600 pon. Ukurannya pun tidak kalah besar, yaitu mencapai 30 kaki orang dewasa. Makhluk ini juga mempunyai kepala berwarna coklat kemerahan yang besar, serta ada warna khusus pada sel pigmen kulitnya.

Hal ini diketahui untuk membantu Gurita Raksasa dalam mengubah tekstur serta warnanya. Mereka juga bisa berbaur pada berbagai landscape samudera dari yang paling mudah hingga sulit. Kemampuan tersebut karena adanya sel pigmen kulit dengan warna khusus yang dimilikinya.

Salah satu monster laut yang masih hidup ini merupakan pemburu nokturnal dan memakan kerang, ikan kecil, udang, serta lobster. Dalam peristiwa tertentu, mereka juga kadang memakan hiu dan burung secara menakutkan. Gurita raksasa juga memiliki paruh yang cukup tajam dan berfungsi untuk mencabik serta menusuk daging mangsanya dengan ganas. Gurita raksasa juga terkenal sebagai hewan yang pintar.

BACA JUGA: 10+ Fakta Palung Mariana, Dasar Laut Terdalam di Bumi!

5. Dakosaurus

dkfindout

Fosil dari Dakosaurus ditemukan pada area Jerman, Rusia, Argentina, dan Inggris. Para ilmuwan menyebutkan bahwa reptil amfibi ini merupakan salah satu predator yang cukup menyeramkan dalam periode Jurassic. Ia memiliki anatomi tubuh yang mirip dengan buaya di masa modern. 

Yang membedakan adalah monster laut purba ini hanya memiliki panjang maksimal lima meter. Namun, Dakosaurus memiliki struktur gigi yang lebih tajam dan mumpuni dan berfungsi untuk mencabik mangsanya. Hal tersebut membuat ilmuwan yakin bahwa ia merupakan predator dengan puncak rantai makanan teratas pada masanya.

6. Nothosaurus

DeviantArt

Terakhir adalah Nothosaurus yang merupakan hewan dengan ukuran 4 meter saja. Meskipun ia bukan merupakan monster laut terbesar, namun Nothosaurus merupakan predator yang cukup agresif dalam memakan mangsanya. Ia memiliki bentuk gigi yang panjang dan tajam, yang berfungsi untuk mencabik dengan brutal hewan lain yang akan dimangsa olehnya.

Hewan yang memiliki bentuk seperti reptil ini akan menyerang musuhnya secara hati-hati dan diam-diam. Ia juga merupakan spesies yang dekat dengan Pliosaurus yang merupakan dino yang hidup pada 200 juta tahun lalu di era Triassic.

Demikian beberapa monster laut raksasa dan terbesar yang diperkirakan pernah ada pada dunia yang kita tinggali. Namun, masih banyak lagi makhluk yang belum terungkap dan masih menjadi misteri sampai detik ini. Maka dari itu, bukan menjadi hal yang mengherankan lagi apabila di masa yang akan datang terdapat penemuan lain tentang makhluk yang hidup di dalam samudera yang luas.