Kusen alumunium

Membangun sebuah hunian yang nyaman dan aman membutuhkan kerangka bangunan kokoh. Mulai dari tiang penyangga bangunan, keberadaan ventilasi udara serta pemilihan kusen untuk pembuatan pintu rumah. Kusen bisa menggunakan bahan dari kayu atau kusen kayu dan kusen alumunium. Kedua jenis kusen tersebut punya manfaat sama. Membuat rumah terlihat kokoh dan tampilan desain rumah menjadi mewah.

Namun karena kayu mungkin harganya mahal dan sulit didapat, maka banyak orang kemudian beralih ke kusen alumunium. Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan kusen pintu kayu serta seperti apa cara memilih kusen alumunium terbaik, simak ulasannya di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: 16 Model Atap Rumah Minimalis Agar Hunian Semakin Cantik

1. Mudah dirawat

Harga Kusen Aluminium Per Meter / Batang Maret 2022

-->

Jika Sedulur memilih kusen alumunium untuk keperluan rumah, maka sangat tepat. Sebab, penggunaan kusen dari bahan alumunium terbilang sangat praktis dibandingkan dari bahan kayu. Kusen jenis ini terbilang mempunyai harga bervariasi di pasaran ataupun toko bangunan. Kusen alumunium harga nya dibanderol berkisar antara Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu.

Meski sedikit mahal, namun kusen jenis ini terbilang sangat mudah dirawat. Karena kusen dengan bahan ini anti rayap dan keunggulan lainnya adalah anti karat. Jika kusen terlihat kotor, maka Sedulur hanya perlu melakukan tindakan mencampur air dengan sabun. Kemudian semprotkan pada area kusen dan selanjutnya usap menggunakan kain halus, supaya warna dan tampilannya tetap indah dilihat.

Sedangkan untuk alumunium dari bahan kayu tergolong sulit dirawat. Sebab, kayu sangat mudah keropos akibat dari pergantian cuaca, perubahaan suhu hingga faktor umur. Tak hanya itu, penggunaan kusen dari jenis alumunium sangat mudah dirawat. Sehingga merupakan langkah cerdas jika Sedulur memilih kusen dari jenis ini untuk membuat pintu rumah, jendela, pintu kamar mandi sampai dengan jendela teras rumah.

Meski tergolong mudah dirawat, semuanya tetap tergantung dari budget yang dimiliki Sedulur. Pilihlah kusen alumunium terbaik namun dengan harga sesuai dengan kantong. Dengan begitu Sedulur mendapatkan manfaat dari kusen dari jenis ini.

BACA JUGA: 20+ Model Teralis Jendela Minimalis yang Keren & Populer

2. Tahan segala cuaca

kusen aluminium
Kaca Ruma

Penggunaan kusen alumunium untuk keperluan pembuatan rumah di masa kini semakin banyak dipakai. Selain praktis dan mudah dipasang, kusen jenis ini ternyata sangat tahan akan segala cuaca di Indonesia. Baik saat memasuki musim hujan sampai dengan musim panas. Karena punya keunggulan dalam hal cuaca dan tahan akan angin kencang, maka sangat direkomendasikan untuk memiliki kusen jenis ini.

Sedulur bisa memilih kusen alumunium minimalis jika memang sedang membangun rumah minimalis dan tidak memiliki rungan besar. Alexindo merupakan merk terkemuka dalam hal kusen jenis alumunium bisa Sedulur pilih. Sebab merk ini menawarkan ukuran dan variasi bermacam-macam tentunya disesuaikan dengan pembangunan rumah Sedulur. Apalagi jika rumah Sedulur sangat minimalis dan ingin menampilkan kesan mewah

Penggunaan kusen alumunium minimalis seperti ini bisa Sedulur pakai pada area pintu masuk rumah, jendela dapur, kamar mandi dan kamar tidur. Mengingat area ini sangat rentan terkena dampak perubahan cuaca, sehingga jika Sedulur menggunakan kusen dengan bahan kayu, bisa menimbulkan cepat rusak akibat dari terpaan hujan, panas hingga terkena cuaca dingi ataupun terkena dampak angin kencang.  

3. Menstabilkan ruangan rumah Sedulur

toko sembako
Harga Depo

Pemilihan kusen alumunium untuk keperluan membuat pintu, jendel ataupun kamar mandi ternyata sangat baik. Diketahui kusen jenis alumunium bisa mengurangi kehangatan di area ruangan kamar tidur, kamar mandi ataupun kamar kerja. Sebaliknya, kusen alumunium terbaik mampu meningkatkan hawa dingin dari luar rumah, sehingga ruangan rumah Sedulur mempunyai udara dengan tekanan stabil. Tidak terlalu panas sehingga Sedulur akan merasa nyaman menetap di dalam rumah.

Punya keunggulan dalam menstabilkan udara di ruangan, membuat kusen jenis ini layak Sedulur pakai dalam membangun rumah. Apalagi saat membangun rumah di perkotaan, maka diperlukan kusen dari jenis ini, dibandingkan kayu. Selain mudah didapatkan dan lebih praktis, juga sangat awet serta tahan lama.

Dengan demikian maka Sedulur sudah tidak harus menghidupkan semacam penghat ruangan demi menjaga kestabilan di area dalam rumah. Sebab, kusen alumunium bisa menstabilkan udara di ruangan dan Sedulur sudah bisa nyaman tinggal di dalam rumah. Tak hanya itu, Sedulur akan mendapat keuntungan dalam hal tagihan listrik. Karena Sedulur tidak menghidupkan penghangat, maka listrik di rumah bisa lebih hemat dan pasti Sedulur tak akan banyak mengeluarkan biaya besar  

BACA JUGA: Arsitek: Pengertian, Tanggung Jawab & Skill yang Dibutuhkan

4. Rentan bocor

kusen aluminium
Premium UPVC Bandung

Jangan hanya melihat dari kelebihan, namun Sedulur perlu melihat kekurangannya juga sebelum memilih kusen jenis ini. Diketahui kusen dari bahan alumunium punya kekurangan yaitu rawan akan kebocoran. Meski Sedulur telah meminta tukang  berpengalaman untuk memasang kusen alumunium pintu kayu, namun persoalan kebocoran mungkin saja tak bisa terhindarkan. Umumnya selalu akan ada celah di antara kusen ini dengan dinding rumah.

Keberadaan celah pada kusen jenis alumunium bisa membuka peluang air hujan masuk ke ruangan dalam rumah. Sehingga air banyak membanjiri ruangan rumah dan Sedulur harus siap-siap membersihkan ruangan dengan ember, lap hingga pel untuk mengeluarkan air ke luar rumah. Solusi agar air hujan tak masuk melalui celah di kusen jenis alumunium, maka bisa menggunakan sealant .

Penggunaan Sealant diharapkan dapat menghindari masalah kebocoran pada kusen ini Sedulur. Namun saat memasang Sealant, pastikan menunjuk tukang bangunan profesional. Sebab, pemasangannya, harus teliti dan rapat. Sebab, jika tidak rapat dalam pemasangannya, maka air mudah menyusup ke area dalam rumah atau bangunan.

Akibatnya bisa merusak cat ruangan rumah, tembok cepat terkena jamur dan ruangan menjadi dingin. Jadi pastikan Sedulur menujuk tukang berpengalaman dalam hal mencegah kebocoran di area kusen tembok rumah Sedulur.

5. Biaya lebih mahal

toko kelontong
Rumah

Penggunaan bahan-bahan alumunium pada kusen membuat kusen jenis ini bisa menguras banyak biaya. Kusen alumunium per meter dibanderol dengan harga Rp 90 ribu tentunya menggunakan merk Hp Metel. Sementara Kusen dari merk Alexindo berwarna Silver dengan ukuran ketebalan 3 inci dibanderol dengan harga Rp 120 ribu, warna hitam Rp 130 ribu dan seterusnya. Harga bahan serta ongkosnya seorang kerja tukang pastinya mahal.

Tentunya akan menjadikan harga beli dan pemasangan kusen ini akan relatif lebih mahal dibandingkan dengan kusen kayu. Jadi sebelum membuat pintu rumah, pintu kamar mandi, ruangan tempat tidur hingga pintu ruang tamu, maka Sedulur perlu memikirkan beberapa hal soal penggunaan alumunium jenis ini.

Mengingat alumnium merupakan bahan yang bisa menguras biaya banyak, diibandingkan Sedulur menggunakan kusen dengan bahan kayu. Namun soal keawetan dari alumunium jenis ini, maka sudah tak perlu diragukan kembali.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan kusen alumunium. Semoga penjelasan di atas membuat Sedulur menjadi yakin memilik kusen jeni ini untuk keperluan membangun rumah impian.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!