keramik dinding teras

Memiliki desain rumah yang baik dan sesuai dengan selera dapat menambah kenyamanan kita untuk betah berlama-lama di rumah. Keramik dinding teras tentunya juga mempengaruhi estetika rumah yang artinya Sedulur tidak boleh sembarangan dalam memilih keramik tersebut. 

Bagian depan rumah merupakan bagian penting yang mempengaruhi kenyamanan rumah. Nah, agar Sedulur tidak salah dalam memilih keramik dinding teras, berikut rekomendasi keramik dinding teras depan rumah yang bisa Sedulur pilih dan diterapkan di rumah Sedulur. Seperti apa desainnya? Yuk, langsung saja kita cek di bawah ini.

BACA JUGA : Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

Rekomendasi Model Keramik Dinding Teras Terbaru dan Trendy

Cukup banyak inspirasi model keramik dinding yang bisa Sedulur coba terapkan untuk di rumah. Namun, ada beberapa motif dan mozaik terbaru yang bisa Sedulur coba seperti berikut ini.

-->

1. Dinding Teras ala Bohemian

1. Dinding Teras ala Bohemian
dekoruma.com

Model ini merupakan keramik dinding teras depan rumah terbaru. Bagi Sedulur yang sedang dengan kemeriahan, motif ini cocok untuk Sedulur gunakan. Panuan warnanya akan mampu membuat Sedulur nyaman.

2. Motif Ketupat

2. Motif Ketupat
insinyurbangunan.com

Selanjutnya adalah motif ketupat. Motifi diding teras rumah ini merupakan motif yang umum digunakan. Terutama bagi Sedulur yang tinggal di perumahan atau kompleks, motif ini merupakan motif andalan. Desain keramiknya pun tersedia banyak pilihan.

3. Motif Elegan

3. Motif Elegan
designcorral.com

Motif rumah satu ini sangat sederhana namun terlihat elegen. Walaupun klasik, model keramik dinding teras terbaru ini juga sangat modern dan dapat membuat kita nyaman duduk berlama-lama di teras depan rumah.

4. Dinding Batu Alam

4. Dinding Batu Alam
ahlikuli.com

Batu alam juga merupakan salah satu hiasanya yang sering digunakan di depan rumah. Banyak rumah-rumah bergaya minimalis menggunakan batu alam sebagai dekorasi depan rumah. Namun menggunakan batu alam mengharuskan Sedulur untuk sering membersihkan lumut yang menempel.

5. Teras Kotak Besar

5. Teras Kotak Besar
artikel.rumah123.com

Saat ini, tersedia keramik dengan kotak yang sangat besar yang sering digunakan sebagai desain dinding depan rumah. Terutama rumah-rumah mewah sering menggunakan desain teras rumah seperti ini. Hal tersebut wajar belaka, karena harga keramik dengan kotak berukuran besar lumayan mahal.

6. Motif Timbul

6. Motif Timbul
artikel.rumah123.com

Rekomendasi selanjutnya adalah teras depan rumah dengan menggunakan keramik timbul. Sedulur juga bisa menggunakan keramik dinding teras motif bunga sebagai dekorasi dan hiasannya. Desain ini sangat cocok untuk ditanamin beberapa tanaman dan pepohonan kecil.

7. Motif Tidak Beraturan

7. Motif Tidak Beraturan
dekoruma.com

Rekomendasi selanjutnya adalah desain rumah dengan motif tidak beraturan. Sedulur bisa menggunakan ukuran keramik dinding teras depan dengan berbagai macam ukuran, dan disusun dengan cara tidak beraturan. Motif dapat menimbulkan kenyamanan saat menatapnya.

8. Motif Batu Besar

8. Motif Batu Besar
hargamaterialmurah.com

Motif batu besar juga bisa Sedulur perhitungkan untuk digunakan sebagai desain depan rumah. Tidak perlu disusun secara beraturan, Sedulur bisa susun dengan acak, karena motif batu besar bisa menghasilkan pola yang unik.

9. Motif Panjang

9. Motif Panjang
youtube.com

Rekomendasi selanjutnya adalah motif keramik dinding teras yang sangat sederhana. Yaitu motif garis panjang. Walaupun terlihat tidak hidup, desain rumah ini dapat memberikan Sedulur kenyamanan saat sedang bersantai.

10. Motif Dinding Polos

10. Motif Dinding Polos
akulaku.com

Selanjutnya adalah motif keramik dinding teras polos. Bahkan tidak menggunakan keramik sekalipun. Desain ini terlihat sangat kuno dan seperti rumah pada tipe-tipe jadul. Namun, motif dinding polos juga bisa memberikan ketenangan saat kita bersantai di teras depan rumah.

BACA JUGA : 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

11. Motif Kayu Imitasi

11. Motif Kayu Imitasi
dekoruma.com

Rekomendasi selanjutnya adalah keramik dinding teras motif kayu. Jika tidak ada kayu asli karena ketersediaan bahan, Sedulur bisa menggunakan motif kayu imitasi. Motif ini memberikan kesan nyaman, terutama jika Sedulur tinggal di daerah rumah yang gersang.

12. Motif Kayu Garis-Garis

12. Motif Kayu Garis-Garis
dekoruma.com

Selanjutnya adalah motif garis-garis menggunakan kayu. Motif ini juga sangat unik dan bisa divariasikan. Motif yang tidak umum digunakan orang banyak. Namun satu hal yang harus Sedulur ingat, harga kayu aseli sangat mahal dan Sedulur perlu mengeluarkan uang yang cukup mahal.

13. Motif Beragam

13. Motif Beragam
beritalima.com

Motif keramik dinding teras ini sangat cocok bagi Sedulur yang menyukai kreativitas dan menyukai warna-warna yang berbeda. Sedulur bisa bertahan lama di teras depan rumah dengan desain seperti ini.

14. Dinding Teras Marmer

14. Dinding Teras Marmer
surabayamarmergranit

Batu marmer juga bisa Sedulur gunakan sebagai bahan untuk desain rumah. Namun, harga marmer cukup mahal, Sedulur perlu mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk dapat merenovasi rumah dengan desain ini.

15. Motif Garis dengan Marmer

15. Motif Garis dengan Marmer
blibli.com

Menimbulkan garis dengan menggunakan marmer merupakan salah satu ide desain keramik dinding teras depan. Susun marmer sehingga menghasilkan garis, agar menimbulkan pola yang menarik dan nyaman untuk bersantai.

16. Dinding Teras dengan Kaca

16. Dinding Teras dengan Kaca
artikel.rumah123.com

Selain menggunakan keramik, Sedulur bisa menggunakan kaca sebagai hiasan teras depan rumah. Keuntungannya menggunakan kaca sebagai desain rumah, memberikan kesan luas  di bagian depan teras rumah. Namun kekurangannya menggunakan kaca, Sedulur harus sering-sering membersihkannya.

17. Dinding Batu Bata

17. Dinding Batu Bata
architectaria.com

Rekomendasi keramik dinding teras selanjutnya yaitu menggunakan batu bata. Bahan ini memang sangat sederhana, dan bisa disusun secara unik dan menarik. Warna merah bata yang ditimbulkan akan memberikan kesan kuno.

18. Dinding Depan Teras dengan Tanaman

18. Dinding Depan Teras dengan Tanaman
dekoruma.com

Desain ini sangat cocok bagi Sedulur yang menyukai banyak tanaman di rumah. Karena desain rumah ini memungkinkan Sedulur menanam tanaman yang banyak di depan rumah Sedulur.

19. Motif Seling untuk Tanaman

19. Motif Seling untuk Tanaman
helloshabby.com

Desain satu ini cocok bagi Sedulur yang ingin menanam tanaman di teras depan. Menggunakan desain keramik dinding teras disi dengan kayu selang seling agar bisa ditanam tumbuhan merambat. Dengan desain interior seperti ini, Sedulur akan lebih nyaman untuk berlama-lama di teras depan rumah.

20. Teras Rumah dengan Tiang

20. Teras Rumah dengan Tiang
renovrumah.my.id

Tiang-tiang juga bisa menjadi dekorasi menarik untuk teras rumah. Keberadaan teras rumah dengan tiang dapat memberikan kesan megah dan nyaman untuk duduk santai sambil menikmati waktu luang. Bagi Sedulur yang sering menikmati waktu luang di teras rumah, dekorasi satu ini wajib Sedulur coba.

21. Teras Rumah dengan Kayu Papan

21. Teras Rumah dengan Kayu Papan
tatarumah.com

Sedulur familiar dengan bentuk teras rumah di Amerika, yang sering kita lihat di film-film Hollywood? Jika familiar, desain tersebut merupakan desain teras rumah dengan menggunakan kayu papan. Alih-alih menggunakan keramik dinding teras, desain ini menggunakan kayu papan sebagai fasad utama.

22. Motif Floral

countryfloors.com

Motif floral yaitu motif yang menggunakan jenis-jenis bungga sebagai desain utama. Motif floral bisa Sedulur jadikan sebagai desain untuk teras rumah Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang menyukai bunga, dengan desain seperti ini juga cocok dihiasi dengan beberapa tanaman hias di bagian teras rumah. Dapat memberikan kesan nyaman dan memberikan ketenangan.

23. Motif Lingkar

23. Motif Lingkar
pinhome.id

Motif atau desain keramik dinding teras satu ini cocok untuk diaplikasikan di bagian pinggir atau samping teras rumah. Walaupun rumah sederhana yang berukuran kecil, Sedulur bisa mendapatkan teras rumah yang nyaman dan tetap bisa memberikan ketenangan bagi kita yang menghuni rumah.

24. Motif Vintage

vintageindustries.co.nz

Motif desain rumah satu ini cocok bagi Sedulur yang menyukai hal-hal yang kuno dan antik, yaitu motif vintage. Kesan unik dengan barang-barang antik berumur puluhan tahun bisa memberikan kesan yang berbeda dari teras bagian depan rumah lainnya. Desain seperti ini juga dapat memberikan ketenangan kepada kita sebagai penghuni rumah.

25. Motif Batu Ukiran

25. Motif Batu Ukiran
jualbatualam.com

Desain keramik dinding teras yang terakhir adalah motif batu ukiran. Bukan berarti motif ini menggunakan batu dan diukir. Namun, motif dan ukirannya sepura dengan candi, dengan menggunakan batu dan muncul ukiran. Ukiran bisa bebas Sedulur pilih, menggunakan motif hewan, tanaman atau mahluk hidup lainnya.

BACA JUGA : 15 Motif Cat Kamar Unik Simpel Bikin Hunianmu Makin Menarik!

Tips memilh keramik dinding teras

99.co

Berikut tips memilih keramik dinding rumah yang perlu Sedulur perhatikan. 

1. Mulai dari warna dan corak

Tips memilih keramik dinding teras yang pertama adalah dimulai dari warna dan corak. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keramik memiliki banyak sekali corak dan warna. Sedulur dapat memilih kombinasi keramik dinding yang sesuai dengan konsep eksterior rumah ya! Contohnya apabila rumah mengusung tema modern minimalis dengan palet warna netral, pilihlah keramik polos cokelat, putih, atau abu. Sementara itu, jika ingin menambahkan aksen yang lebih elegan dan unik, Sedulur dapat memilih keramik bermotif dengan warna dan pola yang menarik.

2. Pilih tekstur yang tepat

Untuk dinding teras, Sedulur dianjurkan untuk memilih tekstur keramik yang kasar. Hal ini karena teras merupakan bagian depan rumah yang sering terkena sinar matahari bahkan sampai seharian penuh. Keramik bertekstur dapat mengurangi pemantulan cahaya dan efek silau yang dipancarkan oleh keramik polos atau mengilap.Tidak hanya mengganggu penglihatan orang, keramik yang mengilap juga akan menyebabkan warna dan kecantikan eksterior rumah justru menjadi redup. Warna-warna yang ada di sekitar keramik akan terlihat pucat karena kilapan cahaya tersebut. 

3. Pilih ukuran keramik yang sesuai

Tips memilih keramik dinding teras yang berikutnya adalah Sedulur harus menentukan ukuran keramik yang sesuai. Ukuran keramik penting disimak untuk menyeimbangkan ruang dan jumlah material yang akan dibutuhkan. Sesuaikan ukuran keramik dengan ukuran bidang dinding teras. Kemudian jangan lupa juga untuk menentukan apakah Sedulur menginginkan keramik kecil atau besar. Bagi Sedulur yang mempunyai rumah sempit, pilih ukuran keramik kecil agar pola keramik tidak lebar. Dan sebaliknya, teras rumah yang luas dapat  menggunakan keramik besar untuk mengisi ruang dinding yang kosong.

4. Pilih bahan yang berkualitas

Selain memilih ukuran yang pas, pastikan Sedulur juga memilih keramik yang berkualiatas ya! Perlu diingat, saat membeli keramik, jangan mudah tergiur dengan harganya yang murah. Harga keramik murah mungkin mudah ditemukan di pasaran, akan tetapi kualitasnya juga abal-abal.  Memilih keramik tidak berkualitas hanya akan membuat materialnya tidak tahan lama dan cepat keropos sehingga harus diganti berkali-kali. Kualitas keramik dapat  dilihat dari ketebalan dan kepadatan bahan. Semakin tebal dan semakin padat maka materialnya semakin bagus dan tahan lama. Meskipun harganya cukup akan tetapi sebanding dengan kualitasnya. 

5. Sesuaikan dengan desain dan konsep rumah

Sedulur juga harus menyesuaikan desain dan konsep rumah ketika akan membeli keramik teras. Jika memiliki rumah bergaya minimalis, tentu saja Sedulur harus memilih keramik dinding teras yang tidak terlalu ramai dan cenderung polos Jadi kenali dulu desain rumah Sedulur, setelah itu sesuaikan dengan model keramik yang akan dipilih. 

6. Hadirkan nuansa alami

Sedulur juga dapat memilih keramik dinding teras yang adem untuk menghadirkan nuansa alami. Sedulur dapat bermain dengan model-model aman. Pilihlah keramik yang bernuansa alami seperti motif batu alam atau ulir-ulir tipis. Jenis keramik ini cocok untuk segala jenis rumah.

7. Pilih warna yang sama dengan gaya rumah

Harga keramik dinding teras seringkali juga dipengaruhi oleh warnanya. Akan tetapi Sedulur jangan mudah tergiur dengan harga murah tapi warna keramik kurang cocok dengan rumah Sedulur . Pemilihan warna keramik ini sama seperti motif yaitu menyesuaikan dengan gaya rumah. Tips memilih keramik dinding teras bagi Sedulur yang memiliki hunian minimalis sebaiknya pilih satu warna. Misalnya saja putih, abu-abu atau justru hitam. Namun jika memiliki hunian dengan gaya pop art, warna terang seperti merah, kuning bahkan hijau lebih cocok.

8. Pastikan untuk melakukan survey

Jika Sedulur sudah mengetahui ukuran dinding teras, maka perlu juga untuk survey jenis keramik yang diinginkan. Masing-masing tempat pasti memasang harga keramik berbeda. Maka dari itu Sedulur harus memilih mana toko bangunan yang menjual sesuai budget dan ketersediaan barangnya. Memilih keramik untuk dinding teras tidak boleh dilakukan sembarangan lho Sedulur agar nantinya tidak menyesal setelah pemasangan. Jadi Sedulur dapar melakukan survey ke beberapa toko untuk menyesuaikan keramik yang akan di;ih. 

9. Pilih toko yang tepat

Setelah melakukan ke beberapa toko, tips selanjutnya adalah mempertimbangkan terlebih dahulu dimana Sedulur akan membelinya. Bisa di toko bangunan atau toko khusus keramik. Biasanya di toko khusus keramik, pilihan warna dan motifnya akan lebih beragam dibanding toko bangunan.  Sedulur juga dapat pelajari mutu dan harga sebelum memilih keramik. Biasanya ada harga, ada kualitas. Di toko khusus keramik, terdapat banyak pilihan kualitas dan harga. Sedulur juga dapat mempertimbangkan terlebih dulu harga keramik teras di beberapa toko yang sebelumnya sudah disurvey.

Pilih juga toko keramik yang sudah banyak direkomendasikan. Cara termudah yaitu Sedulur dapat mencari toko terdekat dengan tempat tinggal melalui Google. Carilah toko yang memiliki banyak ulasan positif dari pelanggannya. Sedulur juga bisa pilih datang langsung ke toko keramik atau hanya memesannya via online.

Demikian rangkuman informasi tentang rekomendasi keramik dinding teras dan juga tips memilihnya. Semoga daftar rekomendasi keramik dinding teras yang telah dijelaskan bisa memberi inspirasi bagi Sedulur yang ingin renovasi bagian depan teras rumah. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan budget untuk merenovasi bagian teras depan rumah.