Kebutuhan bulan ramadan

Apakah Sedulur sudah memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan? Jika belum, tentu Sedulur harus segera memenuhi setiap kebutuhannya. Agar Sedulur bisa menyiapkan makanan sahur dan buka puasa dengan tenang tanpa harus kekurangan bahan sama sekali.

Tapi apakah Sedulur tahu apa saja kebutuhan bulan Ramadhan yang harus Sedulur siapkan? Jika belum kita akan bahas terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang perlu Sedulur sediakan selama bulan Ramadan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Lupa Sahur? Ini 10 Tips Agar Tetap Semangat Puasa Ramadan

Pentingnya mempersiapkan kebutuhan bulan Ramadan

kebutuhan bulan ramadhan
iStock

Saat berpuasa di bulan Ramadan, tubuh akan menahan haus dan lapar dari subuh hingga maghrib. Untuk menjaga tubuh agar tetap kuat dan sehat, tentu dibutuhkan asupan gizi dan cairan yang seimbang. Selain agar kuat berpuasa juga agar tubuh tidak sakit.

-->

Hal tersebut pertama-tama dapat diwujudkan dengan memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu. Maka dari itu, manfaat dan pentingnya mempersiapkan kebutuhan bulan Ramadan yaitu untuk memastikan asupan gizi serta cairan tubuh kita.

Puasa akan membuat tubuh beristirahat dari makanan ataupun minuman pada jangka waktu tertentu. Tubuh tentunya membutuhkan kalori yang cukup agar tidak lapar dan lemas sepanjang haru. Selain itu, kebutuhan protein dalam tubuh juga harus tetap terpenuhi.

Dengan mengonsumsi banyak protein puasa akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Maka wajir jika kebutuhan pokok harus dipenuhi selama bulan Ramadan. Lantas, apa saja kebutuhan bulan Ramadan yang perlu dipersiapkan? Yuk, langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Doa Menyambut Bulan Ramadhan Menurut Ajaran Rasulullah

1. Beras

iStock

Beras merupakan sembako paling penting di Indonesia, tentu beras merupakan daftar kebutuhan bulan Ramadhan yang paling penting. Beras yang diolah akan menjadi nasi, makan tanpa nasi tentu tidak akan nikmat dan mengenyangkan. Wajar jika beras merupakan kebutuhan utama selama Ramadan.

Dari nasi, banyak makanan yang bisa diolah, mulai dari nasi kuning, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Pastikan Sedulur untuk stok beras selama bulan Ramadan. Bagi Sedulur yang ingin beras nikmat dengan kualitas terbaik, Sedulur bisa beli beras Buncit dan beras Karya Alam Hijau.

Untuk mendapatkan beras Buncit dan beras Karya Alam Hijau, Sedulur bisa beli di Aplikasi Super. Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa download terlebih dahulu di PlayStore.

2. Telur

iStock

Kebutuhan bulan Ramadhan yang kedua adalah telur. Di setiap rumah, telur merupakan stok wajib. Karena telur merupakan pemasok kebutuhan protein hewani dalam tubuh dan sangat bermanfaat selama berpuasa.

Maka dari itu, telur masuk dalam daftar kebutuhan bulan Ramadan. Karena berperan sebagai kebutuhan protein hewani, maka dari itu telur memiliki peran sebagai sumber protein alternatif pengganti daging.

Biasanya telur bisa digunakan untuk dimasak secara langsung atau menjadi bahan membuat makanan lainnya seperti kue atau campuran adonan lain. Saat ini telur yang tersedia di pasaran adalah jenis ayam ras. Jenis telur pun ada berbagai jenisnya, kamu bisa membeli telur biasa atau yang mengandung omega tiga.

3. Daging ayam atau sapi

kebutuhan bulan ramadhan
iStock

Kebutuhan bulan Ramadan selanjutnya yaitu daging ayam atau daging sapi sebagai asupan protein harian yang wajib dipenuhi. Kedua jenis daging tersebut selalu menjadi pilihan pertama masyarakat Indonesia. Karena banyak olahan makanan yang bisa dibuat dari kedua jenis daging ini.

Daging sapi sendiri kaya akan zat besi yang akan memberikan energi pada tubuh, sehingga puasa pun tidak akan terasa lemas. Selain itu, protein dalam daging ayam mampu menahan rasa lapar lebih lama selama berpuasa.

4. Minyak goreng

menuangkan minyak makanan dalam wajan panas untuk menggoreng dalam. - minyak goreng potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Minyak goreng merupakan salah satu sembako yang wajib Sedulur penuhi selama bulan Ramadan. Dengan minyak goreng, banyak masakan yang bisa diolah, ditambah kebiasaan memasak masyarakat Indonesia adalah dengan digoreng dan ditumis yang menggunakan minyak.

Ada banyak jenis minyak goreng yang bisa Sedulur stok, ada minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa, dan minyak kelapa sawit. Umumnya yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah minyak kelapa sawit. Jenis sembako ini dijual dalam kemasan 1-5L di pasaran.

5. Frozen food dan makanan olahan

iStock

Agar selama bulan Ramadan Sedulur lebih praktis, Sedulur wajib menyiapkan frozen food dan makanan olahan lainnya. Biasanya frozen food dan makanan olahan mengandung serat yang kaya. Makanan kaya serat sangat baik untuk kesehatan dan dapat membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama.

Frozen food dan makanan olahan yang bisa Sedulur siapkan sebagai stok kebutuhan bulan Ramadan seperti nugget, sosis, bakso atau kentang goreng. Dibandingkan dengan membeli lauk atau makanan di luar, lebih baik Sedulur stok frozen food atau makanan olahan agar lebih hemat.

6. Sayur dan buah

kebutuhan bulan ramadhan
iStock

Menjaga kesehatan merupakan hal penting selama bulan puasa, hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Berbagai jenis sayur yang mudah dimasak dan memiliki rasa yang enak diantaranya adalah sawi, wortel, kangkung, buncis, dan masih banyak lagi. Sedangkan buah diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin selama berpuasa.

Sedulur bisa memasak menu sayuran untuk berbuka puasa dan sahur, sementara untuk takjil Sedulur bisa memanfaatkan buah-buahan agar tetap seimbang.

7. Gula dan susu

iStock

Kebutuhan bulan Ramadan selanjutnya yang perlu Sedulur penuhi yaitu gula. Gula pasir tentunya termasuk ke dalam sembako yang harus ada di rumah. Sebab jenis sembako satu ini dapat dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk membuat makanan dan minuman segar selama berpuasa. Selain itu, gula juga memiliki peran penting dalam pembuatan kue-kue kering untuk lebaran. Beberapa menu masakan juga membutuhkan gula untuk menyeimbangkan rasa.

Susu merupakan kebutuhan bulan Ramadan selanjutnya yang perlu Sedulur penuhi. Dengan susu semua sembako dan makanan menjadi sempurna. Selalu ingat empat sehat lima sempurna. Susu menyempurnakan semua asupan yang dikonsumsi.

Produk susu sendiri dipenuhi dengan berbagai nutrisi baik yang penting untuk kesehatan kita semua. Selain itu, susu juga cocok untuk dijadikan sebagai bahan pendamping dalam berbagai jenis olahan masakan agar terasa lebih nikmat.

8. Tepung terigu

iStock

Tepung terigu merupakan bahan masakan yang memiliki banyak fungsi, mulai dari makanan berat sampai kue. Tepung terigu mengandung karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan protein. Tidak heran jika banyak yang membutuhkannya sebagai bahan pokok selama bulan Ramadan.

Tepung terigu wajib sekali untuk disediakan selama bulan Ramadan, karena banyak olahan yang bisa dibuat untuk takjil dengan menggunakan tepung terigu.

9. Tepung tapioka

iStock

Selain tepung terigu, tepung tapioka juga masuk dalam daftar kebutuhan bulan Ramadan. Tepung tapioka merupakan tepung yang terbuat dari umbi singkong. Dikenal juga dengan nama tepung kanji atau di daerah Jawa Barat dikenal dengan nama tepung aci.

Makanan seperti cireng, cimol, cilok dan jajanan tradisional lainnya terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Tentu makanan-makanan tersebut akan Sedulur buat untuk salah satu menu takjil selama bulan Ramadan ‘kan? Maka dari itu, jangan lupa stok tepung tapioka.

10. Tepung beras

iStock

Terakhir adalah tepung beras. Tepung beras memiliki peran yang sama pentingnya dengan tepung tapioka atau tepung terigu. Biasanya tepung beras digunakan sebagai bahan dasar membuat kue-kue basah. Tepung beras juga masuk daftar salah satu barang yang paling laris menjelang waktu lebaran, pasalnya tepung beras merupakan salah satu bahan penting membuat kue.

BACA JUGA: 8 Cara Ngabuburit Ramadhan di Surabaya Paling Seru dan Asyik!

Penuhi kebutuhan pokok Ramadan dengan Aplikasi Super

Daftar kebutuhan sembako selama bulan Ramadan yang telah dijelaskan di atas perlu Sedulur persiapkan dengan baik. Apalagi kebutuhan seperti beras, bumbu dapur, hingga cemilan bisa jadi pemenuh kebutuhan baik untuk berbuka puasa dan sahur. Aplikasi Super bisa menjadi solusi kulakan dan belanja mudah kebutuhan Ramadan ini.

Ada banyak sekali produk yang bisa dibeli baik secara grosiran maupun eceran dengan harga yang terjangkau. Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah, karena Aplikasi Super memiliki layanan gratis ongkir dengan pengiriman yang akurat. Tak hanya itu saja, promo seperti cashback, bundling, hingga flash sale juga tersedia setiap hari.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super dan bermaksud memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan, Sedulur bisa download terlebih dahulu di PlayStore agar bisa kulakan dan belanja kebutuhan dengan mudah!