tips kuat puasa meski lupa sahur

Apakah Sedulur pernah lupa sahur saat menjalani ibadah di bulan Ramadan? Masalah lupa sahur, entah itu bangun kesiangan atau terlamat sahur, memang cukup banyak dialami oleh sebagian dari kita. Namun ibadah puasa harus tetap berjalan, meskipun berat. Supaya  Sedulur bisa kuat dan tidak mengalami gangguan dalam beribadah, ada beberapa tips kuat puasa tanpa sahur yang mungkin bisa dicoba.

Memang sahur jadi hal tetap harus jadi prioritas kita ketika menjalani puasa Ramadan. Tapi, jika nanti Sedulur tidak sempat sahur, tips kuat puasa tanpa sahur bisa Sedulur membantu dan diterapkan. Yuk, mari langsung kita simak tipsnya di bawah ini!

BACA JUGA: Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya!

1. Ingat kemampuan manusia tanpa makan dan minum

tips kuat puasa tanpa sahur
iStock

Hal pertama yang perlu Sedulur ingat adalah kemampuan manusia tanpa makan dan minum. Sebenarnya, manusia masih mampu untuk beraktivitas kendati tidak makan dan minum selama seharian. Maka tidak sahur selama bulan puasa merupakan hal ringan bagi tubuh.

Bahan menurut para ahli, tubuh manusia bisa bertahan tanpa perlu makanan hingga 3 minggu. Sedangkan, manusia bisa bertahan hingga sekitar 1 minggu jika tanpa minum. Meskipun telah dibuktikan secara ilmiah, namun bukan berarti Sedulur harus mencobanya.

Hal tersebut menunjukan bahwa pada dasarnya kemampuan tubuh manusia tanpa makan dan minum seharian masih jauh dari batas maksimal. Jadi Sedulur tidak perlu begitu khawatir dan cemas. Kendatipun hati-hati harus tetap Sedulur lakukan.

2. Mandi air dingin jadi tips kuat puasa tanpa sahur

iStock

Sedulur juga bisa mani air dingin sebagai tips kuat puasa tanpa sahur. Karena mandi air dingin pada dasarnya dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan tidak lemas. Bukan hanya itu, mandi dengan air dingin juga bisa meningkatkan metabolisme dan kebugaran tubuh.

Maka dari itu, tubuh bisa lebih bugar saat puasa kendatipun tidak sempat sahur sebelumnya. Meskipun selama puasa kita cenderung males beraktivitas terutama untuk mandi. Namun jika Sedulur tidak sempat sahur agar tubuh tetap bugar, Sedulur wajib mengusahakan mandi dengan air dingin.

3. Tidur secukupnya agar kuat puasa

tips kuat puasa tanpa sahur
iStock

Tips selanjutnya yaitu harus tidur secukupnya. Tips ini bertujuan agar Sedulur tetap kuat berpuasa kendati pun tidak sahur. Sedulur bisa tidur siang secukupnya jika hal tersebut memungkinkan. Tidur dan istirahat akan membantu Sedulur untuk menahan lapar saat puasa.

Tapi ingat, jangan lupakan kewajiban ibadah yang lainnya, karena saat bulan puasa ibadah bukan hanya puasa saja, namun ada ibadah lainnya seperti sembahyang misalnya. Jangan juga menjadikan alasan tidak sahur agar Sedulur bisa seenaknya tidur, bahan tidur dengan waktu yang cukup lama.

4. Hindari pekerjaan berat

iStock

Menghindari pekerjaan berat merupakan hal yang penting untuk Sedulur lakukan. Ketika melakukan pekerjaan berat, tentunya Sedulur akan menghabiskan tenaga apalagi saat lupa sahur. Sedulur tidak memasukkan makanan dan minuman apapun ke dalam tubuh.

Maka dari itu, perlu diperhatikan jika pekerjaannya sangat mendesak dan tidak bisa ditunda, maka Sedulur harus tetap melakukan sesuai dengan kemampuan yang Sedulur bisa dan tidak perlu memaksakan diri, karena jika dipaksakan tubuh Sedulur akan kesakitan.

Dalam kondisi buruk, imunitas tubuh Sedulur akan melemah dan berpotensi menimbulkan penyakit yang membahayakan bagi tubuh.

5. Mencari kesibukan

tips puasa tanpa sahur
iStock

Tips lainnya yang dapat membuat puasa Sedulur lancar meskipun tidak bangun sahur adalah mencari kesibukan. Jika hari terasa lama dan membosankan, Sedulur akan cepat merasa lapar dan lemah. Nah, untuk mengindari hal tersebut, Sedulur bisa mencari kesibukan yang dapat mengalihkan rasa bosan dan lapar itu.

Sedulur bisa lakukan hal seperti membaca buku, menulis, atau bahkan memperbanyak ibadah. Namun, cara paling jitu sejatinya adalah melakukan hobi dan hal-hal yang kamu minati. Dengan itu, hari akan terasa lebih cepat dan menyenangkan.

6. Perbanyak ibadah sehingga kuat puasa

iStock

Niat merupakan hal penting karena merupakan awal dari segala perbuatan manusia. Jika kamu mempunyai niat puasa kuat, maka puasa yang dijalankan juga akan lancar meskipun lupa sahur. Selalu ingat bahwa puasa hukumnya wajib bagi setiap umat Islam.

Jangan pernah menjadikan lupa sahur sebagai alasan untuk tidak puasa. Selain itu, kamu tentunya tahu beribadah di bulan puasa tentu berlipat pahalanya. Perbanyaklah ibadahmu seperti mengaji, bersedekah, serta iktikaf di masjid ataupun menunaikan shalat-shalat sunnah.

Dengan demikian, Sedulur tidak akan ingat bahwa lupa sahur serta mendapatkan pahala berlipat. Fokuskan dalam menjalankan ibadah untuk memperkuat motivasi diri saat berpuasa.

7. Ingat manfaat puasa

iStock

Untuk memotivasi dan membuat tubuh tetap kuat berpuasa walaupun tidak sahur, Sedulur harus mengingat manfaat puasa sebagai sugesti dan motivasi. Bulan Ramadan merupakan bulan yang diberkahi oleh Allah SWT.

Meskipun Sedulur merasakan lapar dan harus lebih besar daripada orang lain, selalu ingat manfaat puasa yang bisa didapat. Terutama untuk tubuh yang banyak manfaatnya, salah satunya yaitu detoksifikasi yang membersihkan setiap racun yang terdapat dalam tubuh.

8. Hindari tempat panas jadi tips kuat puasa selanjutnya

iStock

Tips selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan agar kuat puasa ketika tidak sempat sahur adalah hindari tempat panas. Asupan air selama berpuasa akan sangat kurang karena Sedulur tidak sempat sahur. Sehingga akan lebih cepat dehidrasi. Menghindari tempat panas merupakan langkah yang tepat.

Sebagai solusi, Sedulur bisa menghindari tempat-tempat yang panas. Karena tempat-tempat tersebut dapat membuat Sedulur dengan cepat kehilangan cairan dan akhirnya dehidrasi. Usahakan tempat indoor dengan suhu yang cukup sejuk.

Maka dari itu, Sedulur tidak akan pernah merasa haus dan badan akan tetap bugar. Terlebih agar Sedulur terhindar dari dehidrasi.

9. Mengelola stres

iStock

Menjalankan pekarjaan rutin dan aktivitas seperti biasanya tentu menyita tenaga dan pikiran, jika terlalu berlebihan tentu akan merasa tertekan dan bisa menyebabkan stress. Ditambah dengan tubuh yang kekurangan cairan selama puasa akibat tidak sahur, membuat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.

Kondisi tubuh yang kurang fit, ditambah tekanan pikiran dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit. Maka dari itu, mengelola stres merupakan hal yang perlu dilakukan. Banyak hal yang bisa Sedulur lakukan, seperti melakukan kegiatan menyenangkan. Seperti menonton film, membaca buku, atau sekedar dengan berbincang santai dengan teman-teman atau orang yang ada di rumah.

BACA JUGA: 12 Tips Sahur Agar Tidak Haus Saat Puasa, Dijamin Berhasil!

10. Kuatkan niat

iStock

Hal terakhir yaitu menguatkan niat, memang terdengar klise namun menguatkan niat merupakan sebentuk sugesti yang dapat mendorong tubuh tetap kuat berpuasa kendati tidak sahur sekalipun.

Dengan menguatkan hati dan pikiran, Sedulur bisa mencapai tujuan yaitu bertahan puasa hingga azan magrib berkumandang. Menguatkan niat semajam motivasi diri yang memberikan dorongan kuat untuk membuktikan bahwa diri kita sanggup berpuasa kendati tidak sahur sebelumnya.

Nah itulah tips kuat puasa tanpa sahur yang bisa Sedulur terapkan jika Sedulur tidak sempat santap sahur. Namun jika bisa, Sedulur harus senantiasa mengusahakan diri agar tetap sahur. Agar tidak kesiangan dan telat, Sedulur bisa tidur lebih cepat sebelumnya.

Dengan begitu, Sedulur tidak akan terlewat santap sahur, bahkan Sedulur bisa menyiapkan makanan untuk sahur dengan lebih baik lagi.