rekomendasi kado wisuda paling bermanfaat

Sedulur sedang kebingungan mencari kado wisuda yang bermanfaat untuk diberikan kepada sahabat atau kerabat Sedulur yang berwisuda? Tentu saja untuk membantu Sedulur, dibutuhkan beberapa referensi kado wisuda yang bermanfaat.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja rekomendasi kado wisuda bermanfaat yang bisa jadi pilihan Sedulur. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Rekomendasi Kado Anak Laki-Laki Terbaik dan Paling Berkesan

1. Buket bunga

rekomendasi kado wisuda paling bermanfaat
Lalamove

Rekomendasi kado wisuda yang bermanfaat pertama tentu saja buket bunga. Tak hanya bunga dalam bentuk buket, kini sudah banyak berbagai variasi barang yang dapat digunakan dalam buket. Tren buket yang sedang naik daun akhir-akhir ini adalah snack buket dan photocard buket.

Sedulur bisa membuat buket sesuai dengan budget dan kesukaan temanmu. Buket lainnya yang bisa diberikan adalah buket uang, buket foto, buket boneka.

2. Mug atau tumbler

Memberikan mug atau tumbler juga bisa menjadi salah satu alternatif kado wisuda. Mug dan tumbler bisa digunakan saat bekerja atau dirumah nanti. Harganya pun tidak terlalu mahal dan merupakan salah satu barang yang awet dan fungsional.

Sedulur juga bisa membuat kostum mug dengan gambar teman Sedulur yang berwisuda, Hal ini membuat kado yang Sedulur berikan jauh lebih bermakna. Salah satu kado wisuda yang bermanfaat yang bisa Sedulur pertimbangkan untuk diberikan kepada teman yang berwisuda.

3. Baju kerja

Setelah mahasiswa lulus kuliah, jenjang selanjutnya adalah mencari kerja. Sedulur bisa memberikan baju set kerja yang berisi kemeja dan jas. Kado ini tentu sangat berguna karena sewaktu-waktu akan dibutuhkan dalam dunia kerja.

Bungkuslah kado dengan hiasan pita rapih agar terkesan mewah. Kado ini tentu saja sangat besar manfaatnya sebagai bekal pakaian untuk mengawali pekerjaan. Bukan hanya itu, memberikan kado ini juga bisa memberikan motivasi bagi wisudawan agar lebih giat mencari kerja.

4. Voucher belanja atau makanan

Walaupun terkesan sederhana tapi siapa sangka, voucher belanja atau makanan dapat menjadi salah satu self reward setelah skripsi dan akhirnya diwisuda. Selain voucher makanan, Sedulur bisa memberikan voucher SPA atau liburan di hotel berbintang.

Intinya voucher belanja, makanan atau voucher liburan yang dapat memberikan penghargaan kepada kawan Sedulur yang berwisuda karena telah terbukti berhasil melalui tahapan yang berat dan berhasil bertanggung jawab.

5. Tote bag

Tote bag merupakan barang yang dapat digunakan sehari-hari dalam jangka waktu lama. Harga dan model yang ditawarkan pun beragam. Sedulur bisa membuat totebag kostum dengan harga yang terjangkau. SEdulur bisa memberikan tote bag sebagai salah satu kado wisuda yang bermanfaat.

6. Earphone

rekomendasi kado wisuda paling bermanfaat
Pinterest

Salah satu ide kado wisuda lainnya yang dapat berguna untuk jangka panjang adalah earphone. Barang ini kerap digunakan saat seseorang berolahraga atau melakukan meeting di luar ruangan. Berbagai jenis earphone ditawarkan di platform e-commerce.

Bahkan kini sudah ada beberapa earphone yang menggunakan fitur noise cancelling yaitu pengguna dapat memblokir suara di sekitar agar tidak terdengar saat menggunakan earphone.

7. Buku bacaan

Ide kado wisuda terakhir adalah buku. Meskipun barang ini jarang diberikan saat wisuda, namun buku sangat berguna untuk mengisi waktu luang sembagi menunggu pekerjaan. Buku fiksi dan non fiksi bisa jadi pilihan untuk kado wisuda. Kalau Sedulur bingung mencari buku apa yang cocok untuk temanmu, Sedulur bisa melihat review buku best seller di berbagai sosial media.

8. Emas custom

Hadiah wisuda anti mainstream adalah emas custom. Sekarang, cetak emas custom itu bisa mulai dari ukuran gramasi kecil 0,01 gram seharga Rp20 ribuan. Ada juga banyak pilihan desain lucu yang cocok untuk hadiah wisuda, ulang tahun, pernikahan, dan sebagainya.

Ada banyak aplikasi dan fitur yang bisa Sedulur manfaat untuk mendapatkan emas custom. Dengan berbagai metode pembayawan yang memudahkan Sedulur.  Saat pembelian emas, bentuk fisik emas custom ini sudah lengkap dengan sertifikat keasliannya. Cetak emas bergambar foto wisuda atau desain unikmu juga bisa, nih.

9. Tea and coffee set

Bingung cari kado untuk wisuda anak laki-laki? Berikanlah tea and coffee set sebagai hadiah wisuda. Mulai dari alat seduh teh dan kopi hingga berbagai jenis teh dan kopi. Para penikmat teh dan kopi pasti akan senang menerima hadiahnya.

10. Buku jurnal

Untuk mengawali kehidupan pasca kampus, buku jurnal akan berguna bagi teman, pacar atau orang terdekat Sedulur yang berwisuda. Pilihlah buku jurnal dengan desain menarik atau custom dengan menggunakan desain sesuka Sedulur dan sesuai dengan kesukaan wisudawan.

BACA JUGA: 12 Ide Kado Lebaran Untuk Calon Mertua dan Orang Tua

11. Buket uang

rekomendasi kado wisuda paling bermanfaat
Passionate Penny

Selain buket bunga dan buket snack, ada buket uang sebagai pilihan lainnya. Nominal uangnya juga beragam. Mulai dari nominal Rp2 ribu hingga Rp100 ribu. Banyaknya uang kertas yang ada di buket uang dapat menyesuaikan dengan budget-mu.

12. Botol minum tumblr

Sekarang, banyak orang yang lebih memilih pakai botol minum tumblr untuk mengurangi sampah plastik. Untuk itu, botol minum tumblr akan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Apalagi pilihan desainnya juga beragam. Bahkan, ada juga beberapa merek tumblr yang menerima request desain.

13. Gelas mug custom

Gelas mug custom menjadi alternatif kado untuk wisuda teman, sahabat, atau orang terdekatmu. Desain gelas pun bisa berisi ucapan selamat atas kelulusan, karikatur wisudawan, atau foto temanmu. Gelas mug ini pun harganya relatif terjangkau bagi kalangan mahasiswa.

14. Buket snack

Alternatif lain dari buket bunga adalah buket snack. Serupa buket bunga, hadiah ini berisi beberapa snack yang dibungkus dalam bentuk buket. Selepas perayaan wisuda selesai, snack ini tentu dapat dinikmati. Nah, pilihlah isi snack enak dengan kemasan menarik sehingga visual buket snack lebih cantik.

15. Scrapbook

Mau buat hadiah wisuda handmade unik? Buatlah scrapbook berisi kumpulan foto dengan pesan manis di dalamnya. Jika mau memberikan kado unik yang cukup personal, maka scrapbook bisa menjadi pilihan terbaik.

16. Merch K-Pop

Punya sahabat pecinta K-Pop? Merch K-Pop bisa menjadi Kado wisuda untuk sahabat, nih. Merchandise K-Pop ini dapat berupa album, lightstick, poster, photo card, kalender, gantungan kunci, dan jenis merchandise lainnya.

17. Album musik favorit

Kado berisi album musik dari penyanyi idola tentu dapat membuat penerimanya senang. Sebagai bentuk apresiasi atas kelulusan, album musik favorit sahabat atau pacarmu bisa menjadi pilihan terbaik, nih.

18. Kamera polaroid

Jika suka mendokumentasikan setiap momen, kamera polaroid bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi bisa cetak hasil foto secara langsung. Tentunya, momen bahagia selama perayaan wisuda harus terdokumentasi dengan baik, bukan?

19. Puzzle custom

Tidak ada salahnya, Sedulur memberikan puzzle custom sebagai kado untuk wisuda. Nah, gambar atau corak puzzle ini bisa sesuai dengan karakter atau foto favorit penerima hadiah.  Saat memiliki waktu luang, puzzle custom ini bisa menjadi sumber hiburan di tengah penatnya rutinitas sehari-hari. Selain itu, hasil susunan puzzle juga bisa menjadi pajangan di rumah.

20. Voucher Spa & Salon

Apa hadiah graduation untuk perempuan yang anti mainstream? Berikanlah voucher spa dan salon. Proses penyusunan tugas akhir sampai perayaan kelulusan cukup menguras banyak energi.  Oleh sebab itu, perawatan spa dan salon tentu akan memberikan relaksasi bagi tubuh. Apalagi, para perempuan senang sekali memanjakan diri di salon, bukan?

BACA JUGA: Tips Makeup Wisuda Natural ala Korea, Tampil Fresh & Elegan!

21. Bantal kecil

Pinterest

Berikanlah bantal kecil bergambar karakter favorit teman, sahabat, atau pacarmu. Jika ingin bantal kecil anti mainstream, maka Sedulur bisa custom pakai desain foto wisuda atau karikatur lucu dengan ucapan selamat wisuda.

22. Album foto wisuda

Album foto wisuda menjadi bukti momen kebahagiaan perayaan wisuda. Kumpulan foto selama wisuda akan sangat berkesan dan bermanfaat dalam jangka panjang. Penerima hadiah pasti senang, deh.

23. Piagam dan medali

Kado untuk wisuda berperan penting sebagai wujud apresiasi kelulusan. Tidak ada salahnya, Sedulur memberikan apresiasi tersebut berupa piagam dan medali. Tentunya, piagam dan medali ini bisa dipajang dan diingat selalu hingga dewasa. Piagam dan medali cocok sekali sebagai pajangan di rumah, bukan?

24. Bento cake

Cari hadiah wisuda makanan? Siapkanlah bento cake untuk orang tersayang. Sekarang, ada banyak toko online menyediakan kue berukuran kecil dengan hiasan lucu. Sedulur juga bisa request gambar, tulisan, hingga warna ke tersebut sesuai keinginan.

Sesuaikanlah desain dan tulisan dalam kue sesuai dengan karakter penerima hadiah. Pilihan rasa kuenya juga beragam dengan harga terjangkau. Cocok banget nih buat kado pacar, teman, atau orang terdekat Sedulur.

25. Tanaman hias

Jika penerima hadiah suka bercocok tanam, maka berikanlah tanaman hias yang lucu. Pilihlah tanaman hias cantik yang minim perawatan ekstra agar temanmu tidak kewalahan merawatnya.

26. Alat Ibadah

Kado untuk wisuda yang bermanfaat selanjutnya adalah alat ibadah. Bagi orang muslim, Sedulur dapat menghadiahkan seperangkat alat ibadah seperti mukena, sarung, atau sajadah. Selain itu, kitab suci agama temanmu juga bisa menjadi alternatif hadiah bermanfaat.

27. Jam dinding custom

Tidak hanya gelas atau tumblr, jam dinding juga bisa menggunakan desain custom. Jam dinding pasti akan sangat bermanfaat baik sebagai alat penunjuk waktu maupun ornamen dekorasi rumah. Pilihlah desain dengan foto wisuda atau desain karakter sesuai dengan kesukaan penerima hadiahmu.

28. Video game

Pacar, teman, atau kakakmu suka main video game? Hadiahkanlah video game sebagai bentuk apresiasi kelulusannya. Video game ini dapat bermanfaat sebagai hiburan di sela rutinitas. Apalagi kalau video game ini menjadi salah satu barang impiannya, Sedulur bisa wujudkan salah satu wishlist-nya, nih.

28. Parfum

Bagi pecinta parfum, hadiah berupa parfum bisa sangat berkesan. Siapa tau penerima hadiahmu akan terus mengingatmu saat mencium aroma parfum darimu kan? Pastikan pilih parfum yang sesuai dengan karakternya, ya!

29. Skincare Set

Apa kado untuk wisuda kakak perempuan ya? Skincare set bisa menjadi alternatif kado bermanfaat. Mulai dari facial foam, moisturizer, toner, serum, hingga masker wajah. Selain itu, alat penunjang perawatan wajah seperti bando hingga alat pijat wajah juga akan sangat bermanfaat.

Namun, kenali kebutuhan skincare kakakmu, ya. Jangan sampai beli skincare yang bisa memberikan reaksi tidak ramah bagi kulit kakakmu.

30. Lukisan

Agar kado untuk wisuda lebih berkesan, Sedulur dapat mengirimkan lukisan bertemakan graduation atau objek lukisan yang sesuai dengan karakter wisudawan. Apalagi kalau Sedulur punya talenta dalam menciptakan gambar yang cantik. Nah, lukisan bisa menjadi pilihan kado terbaik.

BACA JUGA: 20 Inspirasi Model Kebaya Wisuda 2023 yang Simpel Elegan

31. Tiket konser

outfit nonton konser
Marie Claire

Salah satu kado untuk wisuda yang unik adalah tiket konser. Wujudkan impian teman, pasangan, atau saudaramu yang baru selesai studi dengan menyaksikan konser musisi idaman. Sedulur bisa merayakan kelulusan dengan menyaksikan konser bersama teman atau pasanganmu.

32. Voucher liburan

Kegiatan penyusunan skripsi dan tugas akhir cukup menguras energi secara fisik dan mental. Nah, voucher liburan bisa menjadi hadiah unik. Ajak teman atau pasanganmu berlibur ke destinasi wisata impian. Contohnya, ikut open trip ke pantai, snorkeling, staycation di resort cantik, atau pergi ke destinasi lainnya.

33. Papan karangan bunga

Hadiah bucket bunga mungkin sudah biasa. Tapi, Sedulur bisa memberikan papan karangan bunga dengan tulisan selamat wisuda. Hadiah ini dapat menjadi objek pendukung foto yang ciamik juga.

34. Bunga lego

Anak kecil hingga orang dewasa pasti suka dengan mainan lego. Sedulur bisa susush lego berbentuk bunga dan merangkainya seperti bucket bunga pada umumnya. Hadiah ini pasti bakal buat si wisudawan senang

BACA JUGA: 30 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir Paling Bermanfaat

Rekomendasi Kado Lainnya

Citizens

Selain kado wisuda yang bermanfaat di atas, bagi Sedulur yang akan memberikan kado untuk kebutuhan lain, berikut ini beberapa rekomendasi kado yang bisa Sedulur berikan. Yuk, mari langsung kita cek daftarnya di bawah ini!

1. Sprei dan bed cover

Pertama adalah ide kado yang bisa diberikan untuk pernikahan. Kado yang paling umum diberikan sebagai kado pernikahan, yaitu sprei dan bed cover. Sama dengan lampu kamar tidur, sprei dan bed cover identik dengan pengalaman pertama tidur dari pasangan suami-istri. Memberikan sprei dan bed cover akan menambah kenyamanan pengantin baru.

Memberikan hadiah sebagain bentuk apresiasi atas pernikahan yang berlangsung merupakan sebuah penghargaan, terutama kepada teman dekat atau kerabat yang menikah. Sedulur bisa menjadikan sprei dan bed cover sebagai kado pernikahan, agar pernikahan dari teman dekat atau kerabat Sedulur semakin berkesan.

2. Humidifier dan essential oil

Masih dengan kado pernikahan. Dua perangkat yang saat ini sedang tren, bisa Sedulur jadikan sebagai ide untuk hadiah pernikahan. Karena humidifier dan essential oil bisa membuat udara di sekitar menjadi lebih lembab dan memberikan kesegaran. Selain itu, juga bisa memberikan kualitas udara di ruangan menjadi bersih.

Dengan menambahkan essential oil, udara lembab dan segar akan semakin wangi dan harum. Hal tersebut akan semakin membuat pasangan pengantin baru menjadi semakin romantis dan mesra menghadapi kehidupan bersama. Oleh karena itu, ide hadiah pernikahan satu ini bisa menjadi referensi.

3. Perlengkapan mandi

Salah satu hal yang sepele namun ternyata sangat penting, yaitu alat perlengkapan mandi. Biasanya calon pengantin pasti sibuk memikirkan dan mempersiapkan hal-hal besar. Hal tersebut seringkali menyebabkan mereka melewatkan hal-hal kecil yang sangat penting, salah satunya adalah perlengkapan mandi.

Sedulur bisa meringankan beban tersebut dengan memberikan perlengkapan mandi sebagai hadiah untuk pengantin baru. Seperti memberi sepakat sabun, shampoo hingga alat-alat mandi lainnya. Pengantin baru dijamin akan senang dan menyukai hadiah satu ini, karena mandi sudah pasti merupakan kebutuhan utama setiap orang. Apalagi pengantin baru.

4. Peralatan makan

Salah satu ide kado pernikahan yang unik dan tidak kalah penting, yaitu memberikan peralatan makan. Sedulur bisa memberikan peralatan makan sebagai hadiah untuk pengantin baru. Tidak jarang banyak pengantin baru yang menempati rumah atau tempat tinggal dengan keadaan kosong.

Untuk meringankan hal tersebut, peralatan makan seperti garpu, sendok, piring, mangkok dan lainnya bisa Sedulur jadikan sebagai ide hadiah pernikahan. Untuk menghadapi pernikahan dan rumah tangga, hal yang paling penting dipikirkan adalah peralatan makan. Karena, akan sangat sulit mengkonsumsi makanan jika sama sekali tidak memiliki peralatan makan.

5. Satu set perlengkapan masak

Sama seperti peralatan makan, perlengkapan masak juga menjadi hal yang sangat penting. Bukan hanya oleh pengantin baru, setiap pasangan suami-istri yang telah lama menjalin hubungan rumah tangga pun selalu mengganti perlengkapan masaknya secara rutin. Apalagi ini, pengantin baru yang belum banyak pengalaman.

Satu set perlengkapan masak bisa Sedulur berikan sebagai hadiah pernikahan, banyak pasangan pengantin baru yang tidak memikirkan hal-hal seperti demikian. Memberikan perlengkapan memasak sebagai hadiah akan sangat meringankan setiap pasangan baru untuk menghadapi bahtera rumah tangga mereka.

6. Sneakers

Berikutnya adalah kado spesial yang diberikan kepada cowok, bisa kepada pacar atau suami Sedulur. Sneakers menjadi kado ulang tahun untuk cowok yang menarik dan mudah didapatkan. Selain itu, hadiah ini juga sangat bermanfaat karena dapat dipakai sehari-hari ketika menjalani aktivitas. Ada banyak sekali merek sneakers berkualitas yang bisa Sedulur pilih.

Silahkan pilih sesuai dengan preferensi dan pastinya kemampuan kantong Sedulur. Jika harga sneakers import dirasa terlalu mahal, maka Sedulur bisa memilih produk lokal. Saat ini, kualitas dari sneakers-sneakers produk lokal tidak kalah bagus dari produk import kok. Harganya juga lebih terjangkau.

7. Tripod

Jika pasangan Sedulur memiliki hobi fotografi atau videografi, maka bisa memberikan hadiah berupa tripod. Tentu saja hadiah tersebut akan membuatnya terkesan, karena tripod menjadi salah satu aksesori penting dalam dunia fotografi.

Pada saat membeli tripod, Sedulur bisa memilih jenis tripod yang kokoh dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Tripod yang terbuat dari bahan dasar carbon fiber, dinilai mampu lebih kokoh dan juga lebih awet jika dibandingkan dengan yang berbahan dasar aluminium.

8. Peralatan hiking

Selama masa pandemi ini, banyak orang yang mencoba menghilangkan stres dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan erat dengan alam, salah satunya hiking. Nah, jika pasangan Sedulur hobi atau sedang suka naik gunung, maka kado yang paling cocok adalah peralatan hiking.

Peralatan tersebut dijamin mampu menunjang kegemarannya. Terdapat banyak pilihan hadiah peralatan hiking yang bisa Sedulur berikan, mulai dari yang murah sampai yang paling mahal sekalipun. Namun alangkah baiknya jika Sedulur memberikan peralatan yang sekiranya benar-benar dibutuhkan pasangan.

9. Tanaman hias

Kado ini merupakan rekomendasi kado untuk ibu atau orangtua. Jika orangtua Sedulur merupakan tipe orang yang menghabiskan waktu luangnya berkebun, tanaman hias bisa jadi hadiah yang cocok untuk Hari Ibu tahun ini.

Belikan mereka bibit tanaman beserta paket pot dan pupuk atau langsung datang ke rumahnya dan persembahkan satu pot tanaman hias cantik yang sedang mereka buru. Pasti bakal berkesan banget, momennya pas pula.

10. Teko penyiram tanaman

Ibu Sedulur tipe orang yang sudah punya segala macam tanaman hias? Tenang, Sedulur bisa memilih teko penyiram tanaman sebagai kado untuk ibu dibawah 100 ribu. Pilih yang bahannya lebih awet dan kokoh, serta desainnya lebih elegan. Bisa nih jadi pengganti teko sang ibu yang berbahan plastik. Dengan begitu, beliau pun termotivasi untuk makin rajin berkebun.

Nah itulah beberapa rekomendasi kado wisuda yang bermanfaat yang bisa jadi referensi Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang hendak memberikan kado kepada teman, sahabat atau saudara Sedulur yang akan berwisuda di waktu dekat ini. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!