Semenjak masa pandemi, tren menanam tanaman jenis keladi hias mulai digandrungi. Bukan tanpa sebab mengapa banyak orang mulai menekuni hobi ini. Ya, selama pandemi kegiatan masyarakat dibatasi guna mencegah penularan virus Covid-19. Alhasil, guna mencari kesibukan di masa pandemi, banyak orang mulai mencari hobi baru salah satunya menanam tanaman hias.

Jenis tanaman hias yang sangat digemari di masa pandemi Covid-19 adalah jenis keladi hias. Tanaman jenis caladium ini cukup digemari, karena mempunyai corak dan warna yang mengesankan. Maka tak heran, jika tanaman hias keladi harganya semakin mahal di tingkat penjual tanaman hias.

Penasaran jenis-jenis keladi hias apa saja yang menarik untuk dirawat beserta harganya? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Jenis Bunga Keladi Beracun, Jauhkan dari Si Kecil. Hati-Hati!

1. Bunga Keladi Gingerland

jenis keladi hias
kabarlumajang

Jenis tanaman keladi hias yang pertama ialah bunga keladi gingerland. Tekstur daun bunga keladi ini memiliki bentuk seperti hati yang berukuran kecil sampai sedang. Dan di daunnya mempunyai tiga corak warna yang berbeda. Tiga warna tersebut antara lain, putih, hijau dan ada sedikit warna pink.

Jenis keladi hias ini sangat cocok dijadikan pajangan di taman rumah kamu. Atau hanya dijadikan hiasan di dekat ruang tamu. Tidak hanya itu, jenis gingerland termasuk jenis keladi hias yang cukup menawan dan mempesona. Maka tak heran, jenis gingerland dibanderol dengan harga Rp40.000–Rp125.500.

2. Bunga Keladi White Queen

jenis keladi hias
cnnindonesia

Tak beda jauh dengan ginggerland, jenis keladi hias ini mempuyai tekstur daun yang cukup menarik. Pada daunnya memiliki kesamaan warna dengan ginggerland, di mana ada tiga warna cantik yang menghiasi daunnya. Tiga warna tersebut antara lain, hijau, putih dan merah. Namun yang membedakan dengan jenis gingerland adalah warna putih sangat dominan pada daun keladi white queen. Keunikan lainnya adalah munculnya semacam urat di permukaan daunnya, membuat jenis keladi hias ini menjadi lebih menarik.

Keunikan dan kecantikan yang ditonjolkan oleh keladi hias white queen, membuat tanaman ini dibanderol dengan harga Rp150.000 sampai dengan Rp500.000. Bagaimana, tertarik untuk merawatnya?

3. Bunga Keladi Freckles

jenis keladi hias
inspired2write

Jenis tanaman keladi hias selanjutnya adalah freckles. Tanaman keladi hias freckles memiliki daun yang berbentuk hati dan mirip jenis ginggerland. Tidak hanya itu, warna paling dominan pada daunnya didominasi warna hijau dengan sedikit totol merah dan putih di permukaan daunnya.  

Sementara itu, di batang daun freckles mempunyai corak warna merah jambu dan corak warna putih. Kombinasi warna putih dan merah jambu yang indah ini, membuat keladi freckles termasuk jenis keladi mahal. Tak tanggung-tanggung, untuk mempunyai keladi jenis ini, maka siapkan budget sebesar Rp250.000.

4. Bunga Keladi Hias Thai Beauty

jenis keladi hias
popmama

Berbeda dari keladi hias sebelumnya yang mana daunnya didominasi warna hijau, untuk thai beauty warna paling menonjol adalah pink.  Tanaman ini cukup disukai orang karena daunnya yang menyerupai bentuk hati. Maka tak heran jika thai beauty dihargai sebesar Rp50.000–Rp150.000.

5. Bunga Keladi Candidum

jenis keladi hias
tanamanhiasjakarta

Selanjutnya ada jenis tanaman keladi hias bernama candidum. Warna daun pada tanaman ini cukup berbeda dengan klasifikasi tanaman keladi seperti umumnya. Ya, warna daun candidum paling banyak didominasi oleh dua warna saja. Warna putih di bagian tengah permukaan daun dan hijau di permukaan samping daun. Karena keunikan dan pesonanya, membuat harga candidum di pasaran mencapai Rp150.000.  

6. Bunga Keladi Spring Fling

jenis keladi hias
morondeso

Tanaman hias selanjutnya dan masuk dalam klasifikasi tanaman keladi adalah spring fling. Spring fling sepintas mempunyai kesamaan dengan thai beauty. Kesamaan yang dapat dilhat adalah warna daunnya. Ya, dominasi warna daun jenis spring fling adalah pink dan merah pada bagian tengah permukaan daun. Buat kamu yang tertarik merawat spring fling, maka siapkan budget sebesar Rp1.200.000. Cukup mahal memang. Sebab, spring fling dinobatkan sebagai jenis keladi mahal, karena kombinasi warna yang indah di permukaan daunnya, sehingga membuat siapa pun terpesona.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Keladi Tengkorak Populer & Cara Merawatnya

7. Bunga Carolyn Whorton

jenis keladi hias
fokustanaman

Bergeser dari jenis spring fling, ada lagi tanaman hias yang cukup memikat hati bernama carolyn whorton. Daun tanaman ini menyerupai bentuk seperti hati dengan warna dominan pink. Keindahannya semakin cantik, karena warna pink pada daun dipadukan dengan tulang daun berwarna merah cerah. Maka tak heran, carolyn whorton dijual dengan harga Rp100.000.

8. Jenis Moonlight

jenis keladi hias
rumah123

Moonlight sepertinya layak dijadikan tanaman hias berikutnya. Sebab, tanaman keladi hias ini mempunyai corak warna daun putih bersih seperti rembulan. Tidah hanya itu, warna putih di daun moonlight semakin menarik, karena adanya aksen urat-urat halus dan tepi daun yang berwarna hijau muda. Sehingga semakin indah dan mempesona. Buat kamu yang tertarik merawat moonlight, siapkan budget sebesar  Rp200.000 – Rp350.000.

9. Jenis White Christmas

jenis keladi hias
sapgarden

Seperti namanya white maka bisa ditebak,  jenis tanaman keladi hias ini mempunyai daun berwarna putih bersih. Di tambah lagi pada tulang dan daunnya mempunyai warna hijau pekat. Namun, keindahahan yang paling mencolok pada tanaman ini adanya aksen warna hijau pekat. Saking indahnya warna hijau pekat di daun christmas, membuat keladi jenis ini dihargai sebesar Rp95.000.

10. Jenis Miss Muffet

jenis keladi hias
morondeso

Tanaman yang masuk dalam klasifikasi tanaman keladi ini mempunyai daun berwarna hijau muda. Lalu adanya bintik merah pada permukaan daun, semakin membuat miss muffet cukup digemari banyak orang. Miss muffet sangat cocok dijadikan penghias pekarangan rumah kamu. Dibandingkan kamu menempatkannya pada ruang tamu. Jika tertarik ingin merawatnya, maka siapkan budget sebesar Rp175.000- Rp300.000.

11. Jenis Tengkorak

biayainfo

Ada lagi jenis keladi hias yang hampir menyerupai tengkorak bernama caladium tengkorak.  Mengapa dikatakan mirip tengkorak, karena bentuk dari tulang daun caladium ini menyerupai tulang rusuk manusia. Sehingga menjadi keunikan tersendiri untuk jenis tengkorak.

Tak hanya itu, bentuk permukaan samping daun berbeda dengan caladium pada umumnya yang terkesan teksturnya lunak. Tekstur daun bagian samping caladium tengkorak cukup tebal dan bergelombang. Maka tak heran, banyak orang mencari jenis tengkorak untuk dijadikan hiasan di pekarangan rumah. Bila tertarik ingin merawatnya, siapkan uang sebesar Rp80.000 maka kamu sudah bisa membawanya pulang ke rumah.

12. Jenis Amazon

gdmagri

Dilihat sepintas saja, jenis keladi hias ini menyerupai caladium tengkorak. Ya, memang secara visual tulang daun amazon dan tengkorak mempunyai warna putih. Namun yang membedakan amazon dengan tengkorak adalah jenis amazon tak seperti tengkorak yang daunnya menyambung dengan akarnya.

Jenis amazon mempunyai daun yang tipis serta warna tulang daun yang cerah. Meski begitu, masih banyak orang menganggap, amazon adalah caladium tengkorak. Hanya saja amazon lebih murah dibandingkan tengkorak. Jika kamu tertarik ingin merawatnya, siapkan uang sebesar Rp55.000.

13. Jenis Blackjack

rumah123

Blackjack termasuk jenis keladi hias yang unik. Sebab, mayoritas permukaan daunnya benar-benar berwarna hitam gelap. Sehingga layak dinamakan caladium blackjack. Untuk tulang daunnya tidak memiliki warna atau menyatu dengan warna daun. Tapi, ada pula blackjack yang mempunyai corak warna tulang daun merah. Jenis blackjack diketahui mampu tumbuh sampai 2 meter panjangnya. Sehingga sangat layak dikoleksi dan ditempatkan di pekarangan rumah kamu.

Jenis blackjack termasuk dalam jenis keladi mahal. Karena untuk mendapatkan caladium ini, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp200.000–Rp500.000.

BACA JUGA: Ini 8 Jenis Bunga Keladi Mahal di Indonesia & Cara Merawatnya

14. Jenis Caladium Hitam

popmama

Keladi hitam atau dalam bahasa latinnya dinamakan alocasia plumbea termasuk dalam golongan tanaman senthe. Sepintas banyak orang menganggap, caladium hitam menyerupai blackjack. Namun jika dilihat lagi dengan seksama, caladium hitam berbeda dengan blackjack. Caladium hitam benar-benar memiliki permukaan daun yang berwarna hitam gelap ketimbang blackjack. Warna hitam tak hanya mendominasi pada permukaan daun, di bagian batang juga. Sehingga buat kamu yang berminat merawatnya, siapkan budget sebesar Rp50.000–Rp80.000.

15. Jenis Army Look

morondeso

Jenis army look termasuk dalam klasifikasi tanaman keladi. Tanaman jenis ini memiliki keunikan pada bagian daunnya. Ya, pada permukaan daun didominasi oleh warna merah dan hijau. Dan keunikannya terletak pada pembagian warna putih hijau di daunnya. Karena keunikannya ini, membuat army look disamakan dengan jenis green ice.  Meski demikian, baik army look dan green ice sama-sama mempunyai perbedaan.

Jenis army look tidak mempunyai bintik hitam dan mempunyai permukaan daun yang bergelombang. Namun, soal harga tanaman ini masih bisa terjangkau. Sebab, untuk satu potnya dihargai sebesar Rp30.000-Rp75.000

16. Jenis Polka Green

rumah

Hampir menyerupai jenis sebelumnya yaitu army look, polka green memiliki daun dengan corak warna paling dominan merah dan putih. Namun, warna paling dominan pada jenis tanaman keladi hias ini adalah warna hijau dan dilengkapi oleh sentuhan bercak merah putih. Karena keunikan ini, membuat polka green dibanderol dengan harga Rp80.000.

17. Jenis Bicolor

kompas

Jenis keladi hias ini dinilai mempunyai bentuk menyerupai organ hati. Ditambah lagi, adanya warna cerah pada daun. Sehingga menciptakan kesan yang unik dan menarik. Sesuai namanya, bicolor, maka dominasi warna pada permukaan daun hanya dua. Warna merah dan hijau. Jika kamu tertarik memilikinya, siapkan uang sebesar Rp30.000-Rp70.000

BACA JUGA: 16 Nama Nama Bunga Viral yang Mudah Dirawat di Rumah

18. Jenis Watermelon

morondeso

Selanjutnya ada jenis keladi hias bernama watermelon atau semangka. Dinamakan watermelon, karena warna di permukaan daunnya menyerupai kulit semangka dan bentuk daunnya seperti hati dengan ukuran mini. Sangat indah dan unik bukan? Kamu bisa memiliki jenis ini dengan menyiapkan uang sebesar Rp50.000.

19. Jenis Radiance

morondeso

Jenis keladi berikutnya ada radiance. Sepintas, memiliki kesamaan daun dengan white queen. Letak miripnya radiance dengan white queen terletak pada warna tulang daun yang merah pekat. Namun pada jenis radiance ini, mempunyai warna daun putih dilengkapi bercak merah muda pada pinggir daun. Kamu bisa memiliki jenis radiance ini dengan merogok kocek sebesar Rp60.000.

20. Jenis Freida Hempel

beritaku

Jenis tanaman hias keladi selanjutnya ada freida hempel. Jenis ini sangat mudah kamu temui di pekarang rumah. Warna daunnya yang dominan merah di bagian tengah, lalu hijau muda di bagian samping daun, membuat orang tak asing dengan jenis keladi yang satu ini. Jika kamu ingin memilikinya, siapkan biaya sebesar Rp30.000 – Rp50.000.

21. Jenis Corong

katadata

Jenis keladi hias selanjutnya adalah corong. Tanaman ini sebenarnya merupakan jenis tanaman liar yang tumbuh di pekarangan rumah kita. Bahkan, sering dijumpai pada daerah lembab seperti semak belukar. Ciri tanaman corong, daunnya berwarna hijau dengan corak bintik putih. Jenis corong juga sanggup tumbuh tinggi mencapai 1,5 meter dengan tangkai daunnya yang berwarna coklat hitam. Tertarik memilikinya, siapkan uang sebesar Rp55.000.

BACA JUGA: 10 Jenis Aglonema Merah Paling Populer dan Banyak Dicari

22. Keladi Minyak

brilio

Dinamakan demikian, karena mempunyai warna daun mengkilap seperti berminyak. Keladi minyak semakin unik, karena daunnya memiliki warna merah atau pink tua dengan paduan warna hijau tua. Sehingga, tanaman ini sangat layak dijadikan pengindah taman mini kamu. Bila tertarik untuk memilikinya, maka siapkan dana sebesar Rp100.000–Rp750.000.

23. Jenis Red Kujang

zonapriangan

Ada lagi jenis tanaman keladi hias unik dan mirip senjata tradisional Jawa Barat. Tanaman itu bernama red kujang. Memilki warna yang indah dengan corak warna merah cerah dan batangnya merah tua atau maroon, membuat red kujang dinobatkan juga sebagai jenis keladi mahal. Tak tanggung-tanggung untuk mendapatkan tanaman ini, maka siapkan budget sebesar Rp3 juta.

24. Jenis Hibrida

kabarkota

Hibrida termasuk dalam klasifikasi tanaman keladi yang biasa dicari banyak orang. Tekstur daun jenis hibrida sangat unik dan menarik. Sebab, daun jenis hibrida mempunyai bentuk yang memanjang dan mempunyai warna daun hijau muda. Tidak hanya itu, ukuran daunnya cukup kecil sehingga layak ditempatkan pada pot yang tak terlalu besar.

Namun, buat kamu yang tertarik memilikinya, maka siapkan budget sebesar Rp4,3 juta. Harga yang mahal disebabkan karena tanaman hibrida termasuk jenis yang langka.

25. Syngonium

sapgarden

Tanaman hias selanjutnya adalah syngonium. Syngonium termasuk dalam klasifikasi tanaman keladi. Bentuk daun jenis ini menyerupai hati dengan corak daun berwarna putih bersih. Dan banyak ditemukan pada area semak belukar. Namun, jika kamu tertarik ingin membelinya, maka siapkan uang sebesar Rp10.000–Rp50.000.

Setelah mengetahui jenis-jenis keladi dan harganya, maka selanjutnya kita harus memahami bagaimana cara merawat tanaman jenis caladium ini. Penasaran seperti apa caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Merawat Keladi

Mempunyai aneka jenis keladi hias membuat kamu harus ekstra dalam melakukan perawatan. Nah, berikut adalah tips sederhana bagaimana cara merawat caladium agar tetap cantik dan sehat. Lantas langkah apa saja yang perlu dilakukan? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah.

  • Siram menggunakn air pagi dan sore.
  • Gunakan media tanam yang steril dari bakteri dan bebas dari patogen.
  • Perhatikan kebutuhan cahaya.
  • Memberikan pupuk sesuai dosis kebutuhan.
  • Rawat tanaman agar terhindar dari hama.

Itulah tadi jenis-jenis keladi hias lengkap dengan harganya. Ada yang murah, ada pula yang mahal. Tergantung dengan corak serta warna daunnya. Semoga membantu Sedulur yang mempunyai hobi menanam tanaman hias di rumah ya.