Tahukah Sedulur bahwa ternyata ada banyak jenis jenis SMS penipuan? Ya, walaupun SMS sekarang sudah jarang dipakai untuk bertukar pesan semenjak adanya WhatsApp dan aplikasi serupa, akan tetapi SMS masih menjadi salah satu media favorit para komplotan penipu untuk melancarkan aksinya.

SMS penipuan ini sebenarnya bukan suatu fenomena yang baru. Ia merupakan modus penipuan lama yang telah ada sejak kurang lebih tahun 2000-an. Pun rasanya pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai macam kebijakan guna menekan angka terjadinya modus kejahatan ini, namun belum ada hasil yang signifikan. 

SMS-SMS aneh dan mencurigakan tetap masuk ke perangkat smartphone kita. Bagi Sedulur yang masih awam, tentunya hal ini sangat membahayakan. Bisa saja konten atau isi dari SMS tersebut begitu meyakinkan hingga Sedulur terlena dan masuk dalam perangkap tersebut. Kalau sudah begitu, kemungkinan identitas pribadi kita akan disalahgunakan atau bahkan rekening kita dikuras habis oleh komplotan penipu.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kewaspadaan kita bersama, pada artikel ini akan dibahas Sedikit mengenai apa itu penipuan melalui SMS dan juga jenis jenis SMS penipuan yang marak terjadi. Yuk, langsung simak ulasan berikut ini, Sedulur!

BACA JUGA: Dampak Kemiskinan yang Ditimbulkan Beserta Penyebabnya

Penipuan melalui SMS, apa maksudnya?

jenis jenis sms penipuan
Grid ID

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, modus penipuan melalui telepon sudah banyak beredar di antara kita. Selain dengan menggunakan panggilan langsung, ada juga jenis jenis SMS penipuan yang sangat mengganggu dan mengkhawatirkan.

Modus tindak kejahatan ini sejatinya telah ada sejak tahun 2000-an. Dari waktu ke waktu, intensitas penipuan melalui SMS terus meningkat. Bahkan, sebuah data menyatakan bahwa di wilayah Asia (termasuk Indonesia), 30% arus pertukaran SMS berupa spam yang berujung ke modus penipuan tersebut.

Sedulur dapat menemukan curhatan banyak netizen Indonesia yang mengeluhkan fenomena SMS penipuan ini di internet. Ada pula yang mengaku bahwa ia tertipu karena isi SMS tersebut begitu meyakinkan. Lantas, apakah Sedulur termasuk salah satu yang menerima SMS penipuan ini?

BACA JUGA: Pengertian Produksi Massal: Keuntungan, Tahapan & Contohnya

Jenis jenis sms penipuan yang sering beredar

Dari berbagai laporan masyarakat tersebut, dapat kita simpulkan bahwa modus penipuan melalui SMS ini biasanya memiliki berbagai format. Ada SMS yang mengabarkan bahwa kita mendapat hadiah dari perusahaan tertentu, ada pula SMS yang mengaku kerabat dekat kita dan meminta pulsa atau uang.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis jenis SMS penipuan tersebut. Simak baik-baik karakteristik SMS di bawah agar terhindar dari aktivitas kejahatan tersebut, ya!

1. Jenis jenis SMS penipuan mendapatkan hadiah

jenis jenis sms penipuan
Cianjur Today

Salah satu jenis jenis SMS penipuan yang paling sering diterima adalah SMS hadiah. Sedulur akan menerima SMS tersebut walaupun tidak mengikuti acara atau undian apapun.

2. SMS mengabarkan anggota keluarga tertimpa musibah tiba-tiba

Pinterest

Di atas merupakan contoh dari SMS penipuan yang mengabarkan anggota keluarga tertimpa musibah secara tiba-tiba.

3. Jenis jenis SMS penipuan meminta pulsa

Radar Bandung

SMS ini sempat marak pada pertengahan tahun 2010-an dengan sebutan SMS ‘mama minta pulsa’.

4. SMS mengaku kerabat atau teman

Denpono Blog

Di atas merupakan contoh dari SMS penipuan yang mengaku kerabat atau teman.

5. Jenis jenis SMS penipuan mengaku dari pihak bank yang meminta kode OTP

Tribun

Salah satu SMS penipuan yang paling sering memakan korban adalah SMS meminta kode OTP (one-time password). Jangan sekali-kali memberikan nomor kode OTP yang dikirimkan ke smartphone Sedulur kepada orang lain. Risikonya adalah data diri dan juga data penting lain akan disalahgunakan oleh penipu.

BACA JUGA: 24 Pantai Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Datangi!

Langkah-langkah pencegahan

jenis jenis sms penipuan
Depositphotos

Khawatir menerima SMS mengganggu seperti di atas? Atau Sedulur ingin menghentikan SMS penipuan yang terus-terusan muncul di kotak pesan masuk? Coba ikuti langkah-langkah pencegahan ini, yuk!

1. Jangan sembarangan memberikan nomor telepon

Langkah pencegahan yang pertama adalah jangan memberikan nomor telepon sembarangan. Nomor telepon termasuk salah satu privasi Sedulur. Data pribadi tersebut sangat rentan untuk disalahgunakan. 

Pikir dua kali apabila Sedulur hendak mencantumkan nomor telepon pada suatu formulir dari pihak mencurigakan atau aplikasi pinjaman online yang kurang terjamin. Jadi, jangan sembarangan memberikan atau menuliskan nomor telepon di sembarangan tempat, ya!

2. Memblokir nomor pengirim

Apabila Sedulur sudah terlanjur sering mendapatkan pesan penipuan ini, langkah kedua yang perlu dilakukan adalah memblokir nomor pengirim. Ya, Sedulur dapat dengan mudah memblokir nomor-nomor tertentu agar ia tidak bisa melakukan panggilan atau mengirim pesan ke smartphone Sedulur. 

Saat ini, hampir setiap smartphone sudah memiliki fitur bawaan blokir tersebut. Apabila Sedulur merasa kesulitan menggunakan fitur itu, Sedulur juga bisa memanfaatkan aplikasi blokir nomor telepon pihak ketiga seperti Truecaller atau Getcontact.

BACA JUGA: 9 Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

3. Melaporkan modus penipuan ini ke Otoritas Jasa Keuangan

Apabila SMS yang masuk semakin meresahkan, Sedulur dapat melaporkan nomor pengirim kepada Otoritas Jasa Keuangan. Ya, ini merupakan salah satu wujud penanganan dari pemerintah Indonesia terkait maraknya modus kejahatan melalui SMS. 

Sedulur dapat menghubungi layanan FCC OJK di nomor 1-500-655 atau mengirimkan screen capture SMS ke alamat email konsumen(at)ojk(dot)go(dot)id.

Nah Sedulur, di atas merupakan ulasan singkat dari apa yang dimaksud dengan modus penipuan melalui SMS dan juga jenis jenis SMS penipuan. 

Berdasarkan laporan masyarakat yang sudah dikumpulkan, setidaknya ada lima jenis modus kejahatan melalui SMS, mulai dari SMS hadiah, SMS kabar berita musibah, SMS minta pulsa, SMS mengaku kerabat atau teman, serta SMS meminta kode OTP.

Sudah sewajibnya bagi Sedulur untuk berhati-hati jika menerima SMS-SMS tersebut. Dengan meningkatkan kewaspadaan diri, maka Sedulur dapat terhindar dari risiko modus kejahatan melalui SMS tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.