Belakangan ini muncul berbagai macam istilah baru di media sosial, jamet adalah salah satunya. Istilah tersebut muncul sebagai ungkapan yang diberikan kepada orang-orang tertentu, yang mengunggah konten di media sosial mereka, baik itu Instagram maupun TikTok

Pertanyaan seputar jamet sendiri memang kerap membuat publik penasaran. Apakah itu adalah nama dari sebuah kelompok? Atau hanya sebutan dari masyarakat saja pada untuk orang-orang dengan kriteria khusus?

Setelah ditelusuri, sebenarnya istilah jamet sudah muncul sejak lama. Akan tetapi, istilah ini mendadak booming setelah ‘mereka’ banyak muncul di aplikasi TikTok. Lalu, apa itu jamet? Mari kita bahas selengkapnya!

BACA JUGA: Arti Kata Bestie yang Saat Ini Lagi Viral Beserta Penggunaannya

Apa itu jamet?

Kompasiana

Sebenarnya kata “jamet” adalah singkatan dari Jawa metal atau jajal metal. Tanpa bermaksud mendiskreditkan kelompok atau pihak manapun, ini adalah makna sebenarnya dari singkatan jamet yang sering kita lihat atau bahkan ucapkan.

Nah, panggilan jamet banyak diberikan kepada orang-orang yang dianggap memiliki penampilan layaknya personil band metal, dengan pakaian, aksesoris, dan juga riasan khas.

Namun hal itu justru tak memberikan kesan keren. Sebaliknya, kesan yang diberikan malah jauh dari kata keren, sehingga mendapat sebutan tersendiri.

Mungkin Sedulur pernah mendengar “kuproy jamet”. Ya, kuproy jamet adalah singkat dari “kuli proyek Jawa metal”. Jadi, kuproy itu diambil dari profesi “mereka” yang kebanyakan adalah seorang kuli proyek.

Asal kata Jamet

USS Feed

Asal jamet TikTok adalah berkat naiknya trend goyang “Dingding Padingding” di aplikasi TikTok. Secara kebetulan, kebanyakan orang yang melakukan trend ini mempunyai penampilan yang mirip atau bahkan bisa dibilang “satu jalur”.

Ya, tentu saja setiap orang bebas untuk berekspresi dan menampilkan apapun di dalam konten yang mereka buat. Akan tetapi, tanggapan masyarakat ternyata justru demikian. Walaupun begitu, masyarakat tetap menjadikannya sebagai tontonan yang sangat menghibur.

BACA JUGA: Arti Spill dalam Bahasa Gaul yang Digunakan di Sosial Media

Ciri-ciri jamet

jamet adalah
Boombastis

Apakah Sedulur sudah tahu contoh jamet? Jika belum simak ciri-ciri yang ada di bawah ini.

1. Baju kebesaran

Ciri pertama dari orang yang dipanggil jamet, yakni menggunakan baju yang kebesaran. Biasanya mereka yang memakainya, berpostur tubuh kurus alias “cungkring.”

2. Celana pensil kedodoran

Ciri lainnya adalah memakai celana pensil/skinny yang kedodoran. Ada juga yang celananya sobek-sobek agar dikira gaul. Selain itu, kadang juga banyak dari mereka memakai celana di bawah pinggang.

3. Rambut segitiga

Rambut jamet dimodel lancip ke arah atas, sehingga membentuk semacam segitiga. Bahkan ada juga yang membentuknya sangat tinggi karena menganggapnya semakin keren.

4. Lihai berjoget

Ciri jamet terakhir adalah lihai berjoget. Pada saat berjoget, mereka akan terlihat benar-benar asyik dan luwes dengan musik yang dilantunkan.

Kata gaul selain jamet

jamet adalah
Cyber Jatim

Jangan kita jamet adalah bahasa gaul satu-satunya. Selain itu, ada beberapa bahasa yang sering digunakan, seperti berikut.

Bucin

Bucin adalah singkatan dari “budak cinta” yang berarti sangat menyayangi kekasihnya sampai rela melakukan dan meninggalkan apapun.

Ghosting

Ghosting adalah orang yang pada awalnya dekat, namun pada akhirnya menghilang begitu saja tanpa ada alasan yang jelas.

Komuk

Komuk adalah singkatan dari “kondisi muka”.

Nolep

Nolep adalah plesetan dari kata “no life” yang artinya lebih suka sendirian.

Damage 

Berbeda dari arti yang sebenarnya dalam bahasa Inggris, damage diartikan untuk pesona seseorang pada saat melakukan sesuatu.

BACA JUGA: Arti Kiyowo dalam Bahasa Gaul Korea yang Sering Kita Temui

Itulah pembahasan mengenai jamet dan serta arti dari beberapa bahasa gaul yang lain. Tulisan ini tidak bermaksud mendiskreditkan kelompok atau pihak manapun.

Kebebasan berekspresi dan membuat konten adalah hak bagi seluruh masyarakat, asalkan tidak melanggar hukum di Indonesia. Jamet adalah fenomena keren yang harus selalu diabadikan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!