ikan air payau

Bagi Sedulur yang belum tahu, air payau adalah percampuran antara air laut dengan air tawar. Contoh wilayah dengan perairan payau seperti teluk pantai dan muara sungai. Walaupun bukan murni air laut atau air tawar, namun ada beberapa jenis ikan air payau yang bisa hidup di dalamnya.

Budidaya ikan air payau bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Selain harga jual ikannya yang cukup tinggi, proses pertumbuhannya juga cepat. Bahkan banyak orang yang mengatakan daging dari ikan di perairan ini lebih enak dari perairan lainnya.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik dengan bisnis tersebut, ketahui dulu beberapa jenis ikan air payau dan gambarnya yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Budidaya Cacing Darah di Kolam Tanah untuk Pemula

1. Ikan bandeng

ikan air payau
klikdokter

Tentunya Sedulur sudah tahu jika bandeng adalah jenis ikan dengan peminat yang sangat tinggi. Selain harganya yang terbilang cukup murah, ikan ini juga memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan ikan-ikan mahal.

Jika diamati dari ciri-cirinya, rasanya ikan bandeng lebih pas jika hidup di air laut. Namun, ternyata ikan bandeng bisa hidup dan dibudidayakan di air payau. Bahkan ikan yang satu ini juga menjadi salah satu ikan air payau unggulan.

Ya, walaupun hasil budidaya di air payau itu tidak sebagus hasil di pertambakan, namun dengan hasil tersebut paling tidak sudah bisa memberikan keuntungan bagi para pelakunya.

Dilihat dari permintaan yang kian meningkat, sepertinya perkembangan budidaya ikan bandeng akan terus mengalami peningkatan. Hal ini berarti akan banyak orang yang terus mengembangkan budidaya ikan bandeng di perairan payau.

2. Ikan mujair

ikan air payau
petpintar

Apa Sedulur merasa heran kenapa ikan mujair masuk ke dalam daftar ikan yang dibudidayakan di air payau? Ya, sesuai fakta, untuk saat ini ikan mujair telah mengalami banyak perkembangan. Dan salah satunya banyak pengusaha yang mulai membudidayakan ikan mujair di perairan payau.

Tentu saja, hal ini berhasil dilakukan. Hasil budidaya yang diperoleh dari air payau dan juga air tawar itu tidak jauh berbeda. Bahkan bisa dikatakan bahwa ada beberapa aspek yang membuat hasil di air payau itu lebih bagus.

Dengan begitu, maka bisa menjadi suatu kelebihan tersendiri bagi ikan mujair. Ikan tersebut bisa dibudidayakan secara fleksibel, entah itu di air payau maupun di air tawar. Jadi, hasil budidaya ikan mujair bisa mengalami peningkatan.

3. Ikan patin

ikan air payau
jovee

Contoh ikan air payau yang berikutnya adalah ikan patin. Tentu saja Sedulur sudah tahu kualitas dari ikan yang satu ini kan? Ya, rasanya yang sangat nikmat, harga dari ikan patin relatif tinggi. Hal ini juga membuat para pengusaha berlomba-lomba untuk membudidayakan jenis ikan ini.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan yang lain, bisa dibilang pertumbuhan pada ikan patin itu tergolong lebih cepat. Selain itu, ukuran yang lumayan besar dengan daging yang benar-benar bagus, menjadikan ikan tersebut sebagai buruan para pecinta kuliner.

4. Ikan kerapu

rakyatterkini.com

Sepertinya hampir semua orang akan sepakat jika ikan kerapu merupakan salah satu ikan dengan kualitas tinggi. Namun, sangat disayangkan sebab jenis ikan ini telah mengalami penurunan populasi sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini karena terjadi banyak penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

Nah, kelangkaan dari ikan kerapu itulah yang membuat harganya kian melambung tinggi. Kini mengonsumsi kerapu tidak semudah dulu. Padahal sebenarnya ikan ini banyak digemari masyarakat, sebab rasa dan tekstur dagingnya yang sangat nikmat.

Ikan kerapu menjadi salah satu jenis ikan yang unik, sebab bisa hidup di dua jenis perairan yang berbeda, baik itu di air tawar maupun air laut. Dan pastinya, ikan kerapu juga bisa hidup di air payau.

5. Ikan kakap putih

ikan air payau
pikiran-rakyat

Ikan kakap putih adalah ikan yang bisa hidup di daerah tropis ataupun subtropis. Jenis ikan yang satu ini juga disukai oleh banyak orang. Sejauh ini, ikan kakap putih terbesar yang berhasil ditangkap adalah dengan berat 60 kg dan panjang 1,8 meter.

Habitat asli dari ikan ini sebenarnya ada di pantai mangrove, sungai-sungai jernih, dan pantai yang berkarang. Namun ternyata banyak yang mencoba membudidayakannya di air payau, dan mereka berhasil. Ikan ini tergolong dalam jenis karnivora, yang berarti mereka memakan ikan-ikan lain yang lebih kecil, terutama udang-udangan.

6. Ikan nila

ikanesia

Sama halnya seperti ikan mujair, ternyata ikan nila juga bisa hidup dan dibudidayakan di perairan payau. Bisa dikatakan jika hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu jenis ikan satu ini. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, ikan ini juga memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi.

Bahkan saat ini ikan nila menjadi salah satu jenis ikan yang sangat populer di kalangan pembudidaya ikan, selain ikan mas. Karena proses pembudidayaannya yang cukup mudah, ikan ini banyak dijual dan ditemui di pasaran.

BACA JUGA: Mengenal Ayam Kalkun: Jenis, Harga dan Cara Budidayanya

7. Ikan bawal

mongabay

Pada dasarnya, ikan bawal sendiri termasuk ke dalam jenis ikan air tawar. Akan tetapi, tidak sedikit yang mencoba membudidayakan ikan bawal di air payau, dan mereka berhasil. Dilihat dari waktu pertumbuhan, ikan bawal yang dibudidayakan di air payau ini lebih cepat besar.

Selain itu, bawal dari air payau juga memiliki rasa yang lebih gurih, jika dibandingkan dengan bawal yang dibudidayakan di air tawar. Tentu saja, hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan garam pada air payau yang berasal dari air laut.

Meskipun begitu, sebenarnya rasa daging ikan bawal ini memang gurih dan enak. Bahkan ikan yang satu ini masuk ke dalam kelas di atas rata-rata, lho. Jenis ikan yang masih satu famili dengan ikan piranha ini merupakan jenis karnivora, yang seringkali memangsa ikan-ikan kecil lain di sekitarnya.

8. Ikan belanak

kasimpasai

Mungkin belum terlalu banyak orang yang tahu dan kenal dengan ikan yang bernama belanak ini. Padahal, ikan tersebut memiliki kualitas yang sangat baik, lho. Namun, saat ini ikan belanak sudah mulai banyak dibudidayakan di perairan payau.

Sedulur bisa dengan mudah menemukan budidaya ikan belanak di daerah Pulau Kalimantan dan juga Jawa. Belanak sendiri termasuk jenis ikan laut tropis dan subtropis. Bentuknya hampir mirip seperti ikan bandeng, sehingga masyarakat dunia mengenal balanak sebagai blue spot mullet.

Ikan belanak ini banyak ditemukan di wilayah perairan tropis dan subtropis. Namun dalam beberapa kesempatan, Sedulur juga bisa menjumpai ikan ini di perairan tawar seperti sungai, dan juga perairan payau seperti di muara-muara.

Seperti yang tadi sudah dibilang, bentuk dari ikan belanak ini menyerupai ikan bandeng. Bahkan dilihat dari sisi anatomi pun, kedua ikan tersebut sangat mirip. Yang membedakan hanya bentuk badan belanak yang lebih terlihat ramping dan pipih dari bandeng.

9. Ikan buntal

pikiran-rakyat

Ikan butal atau ikan fugu, merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air payau, lebih tepatnya di muara sungai dekat dengan pesisir. Meskipun begitu, ada beberapa spesies buntal yang hidup di perairan laut. Berbeda dari beberapa ikan sebelumnya, ikan ini lebih sering dijadikan sebagai ikan hias.

Seperti yang telah kita tahu, daging dari ikan buntal itu sangat beracun. Jadi tidak disarankan untuk dikonsumsi, walaupun sebenarnya ada teknik khusus untuk memasak ikan buntal. Nah, jika dibandingkan dengan kebanyakan ikan hias yang lain, ukuran dari ikan ini cukup besar.

Namun tidak perlu khawatir, tampilannya tetap cocok kok dalam aquarium. Ciri khas dari ikan buntal ini benar-benar berbeda dari jenis ikan yang lain. Pada saat merasa terancam, tubuh mereka akan mengembang jadi bulat dan dipenuhi dengan duri-duri.

10. Ikan terapon jarbua

fishbase

Ikan terapon jarbua memiliki beberapa julukan lain, seperti ikan kerong-kerong atau ikan target. Hal ini karena corak ikan tersebut yang tampak seperti papan target. Corak itu akan terlihat lebih jelas lagi jika dilihat dari sisi atas. Ya, corak inilah yang menjadikan ikan target sebagai salah satu ikan hias yang menarik.

Di dalam habitat aslinya yakni perairan air payau, ikan terapon jarbua ini bisa tumbuh dengan ukuran sampai 36 cm, ya memang cukup besar untuk ditaruh di dalam sebuah aquarium. Namun saat ini, kebanyakan jenis ikan target yang banyak dipelihara itu sudah direkayasa. Jadi ukurannya dibuat menjadi setengah dari yang hidup di alam liar.

11. Ikan goby

wikipedia

Ikan goby adalah jenis ikan yang akan terlihat sangat cantik dan menggemaskan jika dimasukkan ke akuarium rumah. Bentuk tubuhnya yang unik seperti torpedo dan warnanya yang indah, benar-benar membuatnya terlihat sedap dipandang mata.

Keunggulan lain dari ikan goby ini terletak pada karakteristiknya yang sedikit pendiam dan tidak senang mengganggu ikan-ikan lain. Jadi sangat cocok untuk disandingkan dengan berbagai ikan hias lainnya dalam satu aquarium.

Biasanya, jenis ikan goby ini memang tinggal di perairan payau. Akan tetapi, tidak sedikit pula dari mereka yang berada di dalam lautan.

12. Ikan penyumpit

worldzznews

Jenis ikan air payau yang terakhir adalah ikan penyumpit. Selain penyumpit, ikan ini juga memiliki julukan lain yakni ikan pemanah. Ya, ikan penyumpit ini termasuk salah satu ikan yang mempunyai keunikan tersendiri, yaitu suka menyemburkan air dari dalam mulutnya.

Keunikan tersebut menjadi cara untuk menangkal gangguan dari para predator dan musuh. Selain itu, ikan ini juga sering hidup di dekat pohon bakau, karena ada banyak mangsa yang bisa dimangsa di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Cara Budidaya Ikan Lele Super Mudah & Modal Kecil

Tahapan budidaya ikan air payau

harapanrakyat

Itulah jenis ikan air payau dan ciri-cirinya yang perlu Sedulur tahu. Bagi Sedulur yang sudah memutuskan jenis ikan yang akan dibudidayakan, kini saatnya untuk tahu mengenai proses budidaya tersebut. Langsung saja, berikut ini beberapa tahapan yang bisa Sedulur lakukan.

Memilih lokasi tambak

Pilihlah lokasi yang paling dekat dengan sumber air asin atau air payau untuk memudahkan penggantian air kolam tambak.

Membuat kolam tambak

Buatlah kolam semen, kolam tanah, kolam plastik, atau kolam terpal dengan kedalaman kolam 1,5 meter.

Penyuburan kolam tambak

Berikan pupuk organik agar plankton-plankton dan bakteri baik muncul sebagai makanan bibit ikan.

Tabur bibit ikan air payau

Belilah bibit ikan unggul yang memang sudah terjamin kualitasnya.

Memberi pakan ikan

Berilah pakan pada ikan sesuai dosis (usia dan juga berat badan ikan).

Pengkinciran air secara teratur

Pengkincirian diperlukan agar sirkulasi air berjalan dan oksigen mengalir secara merata ke dalam air.

Menjaga kondisi air

Gantilah air setiap 3 sampai 4 minggu sekali supaya kondisi air tetap stabil.

Panen ikan

Lakukan pengurasan kolam atau menggunakan jaring kantong keruk dalam proses pemanenan ikan.

Perawatan pasca-panen

Cuci dulu kolam dan lakukan pengeringan kolam selama 7 sampai 10 hari agar bakteri patogen mati.

BACA JUGA: Langkah Mudah Budidaya Ikan Nila Untuk Memulai Bisnis Jutawan

Bisa dikatakan jika proses pembudidayaan ikan air payau tersebut masih dari garis besar. Perawatan khusus juga perlu dilakukan, sesuai dengan jenis ikan yang Sedulur budidayakan.

Perlu diingat, ada beberapa jenis ikan yang membutuhkan perawatan khusus. Jika Sedulur membudidayakan ikan tersebut, tentu saja harus tahu akan segala hal yang dibutuhkan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.