hasbunallah wanikmal wakil

Berdoa diyakini sebagai salah satu cara untuk memohon, meminta pertolongan, hingga bersyukur atas keberhasilan yang dicapai kepada Tuhan yang Maha Esa. Pastinya, semua agama mengajarkan umatnya untuk berdoa kepada Tuhan agar senantiasa diberkati. Bagi seorang muslim, salah satu lafaz doa yang tidak asing untuk dilafalkan adalah bacaan Hasbunallah Wanikmal Wakil. 

Tulisan Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah salah satu dzikir yang banyak sekali diucapkan oleh umat muslim sesudah menunaikan sholat wajib maupun sunnah.Lantas, apa sebenarnya arti dan makna dari bacaan ini? serta apa saja manfaat yang dapat diperoleh dengan melantunkan bacaan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Bacaan Doa Nabi Yunus: Keutamaan & Cara Mengamalkannya

Arti dan makna bacaan Hasbunallah Wanikmal Wakil

hasbunallah wanikmal wakil
Freepik

Arti dan makna dari Hasbunallah Wanikmal Wakil Arab bisa diterjemahkan dalam berbagai bahasa meskipun pada intinya maknanya sama. Contohnya adalah dalam bahasa Indonesia:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Latin: “Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikmal nasir”

Artinya: ”Cukup hanya Allah yang menjadi penolongku. Sebab Dia adalah sebaik-baik pelindung, dan sebaik-baik penolong. Tiada daya dan tidak ada kekuatan melainkan pertolongan-Nya yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Sementara itu, dalam bahasa lain dari bahasa inggris mempunyai arti:

Sufficient for us is Allah, and [He is] the best Disposer of affairs.

Maka dari itu, sesuai arti yang dikemukakan di atas bahwa makna dari Hasbunallah Wanikmal Wakil artinya adalah bahwa umat manusia hendaknya meminta pertolongan dan juga perlindungan kepada Allah Swt. Saat susah maupun senang, harus selalu berserah diri kepada karena sebaik-baiknya pertolongan adalah dari Allah Maha Pemberi Pertolongan.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sebelum Bekerja Agar Berkah dan Lancar

Manfaat membaca Hasbunallah Wanikmal Wakil

hasbunallah wanikmal wakil
iStock

Selain mempunyai makna yang bagus, bacaan Hasbunallah Wanikmal Wakil juga mempunyai manfaat yang tak kalah apik. Berikut beberapa manfaat malantunkan bacaan zikir tersebut yang perlu Sedulur ketahui.

1. Solusi dari segala permasalahan

Setiap manusia pasti menpunyai masalah dalam kehidupannya. Maka dari itu, salah satu cara agar mendapatkan solusi dari permasalahan adalah dengan mengucap doa kepada Allah. Salah satu doa zikir yang cukup ampuh adalah Hasbunallah Wanikmal Wakil.

Perlu diyakini bahwa tidak hanya doa yang bisa menyelesaikan masalah, namun juga harus diimbangi dengan aksi. Jika aksi saja belum berhasil, mungkin kalian perlu mengingat-ingat lagi akan pentingnya berdoa.

2. Menjadi salah satu bentuk tawakal 

Manfaat lainnya adalah menjadi salah satu bentuk tawakal. Tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah Swt. Setelah berusaha dan diimbangi dengan berdoa, sebaiknya kita berserah diri dan yakin bahwa semua usaha yang dilakukan hasilnya tetap ada di tangan Allah Swt. Kita hanya perlu  sabar dan menunggu dengan yakin.

3. Meningkatkan keimanan

iStock

Seperti yang diketahui, iman adalah sebuah keyakinan dan kepercayaan sebagai umat muslim terhadap Allah, kitab, nabi, dan sebagainya. Ada berbagai cara untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, salah satunya adalah dengan memperbanyak zikir dan konsisten. Dengan konsisten membaca zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil, diharapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Yang Di Atas juga ikut meningkat.

4. Menenangkan Pikiran

Jika pikiran sedang kacau, salah satu cara untuk menenangkan adalah dengan membaca zikir. Niscaya kondisi hati yang sedang kacau karena diterpa masalah dan yang lainnya akan berangsur membaik. Konsep ini hampir sama dengan konsep dari Yoga yang mengutamakan fokus dan ketenangan jiwa. Jika menerapkan hal yang sama dengan bacaan zikir yang sedang dirapalkan, maka pikiran kita akan jauh lebih baik dan juga tenang. 

5. Dzikir yang Wajib Dilafalkan pada 10 Muharram

Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah dan merupakan satu dari empat bulan suci dalam kalender Islam. Sebagai bulan yang dimuliakan Allah Swt., mengerjakan amal dalam bulan Muharram menjadi salah satu cara untuk menambah pahala karena mempunyai banyak keistimewaan. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Asyura atau puasa di 10 Muharram. 

Imam Muhadditsin Ibnu Hajar Al-Asqolany dalam syarah Al-Bukhori mengatakan,

“(ada) beberapa kalimat zikir yang barangsiapa yang membacanya pada Asyura, maka hatinya tidak akan mati.”

Maka jika kita membaca zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil saat 10 Muharram sebanyak 70 kali, Allah akan mencegah dari keburukan yang dilakukan pada tahun sebelumnya. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Setelah Wudhu Beserta Keutamaan & Artinya

Kisah keajaiban zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

iStock

Ada banyak kisah tentang keutamaan zikir, salah satunya dari Nabi Muhammad saw. Dikisahkan ketika rasul di tengah Perang Badar, beliau menyebut zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil dan mempercayakan seluruh jiwa dan raganya kepada Allah Swt. Tak lama kemudian, Allah Swt. memberikan kemudahan sebagai Maha Penolong juga Maha Pelindung serta memberikan kemenangan kepada Nabi Muhammad saw.

Kisah selanjutnya datang dari Nabi Ibrahim as. Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah kalimat mujarab yang diucapkan Nabi Ibrahim as. ketika beliau diletakkan di atas tungku api yang panas, kemudian Nabi berpasrah diri dan meminta pertolongan kepada Allah Swt.

Beliau tak henti-hentinya mengucapkan kalimat ketika dilempar ke api yang panas dan mempercayakan semuanya kepada Allah sebagai penolong untuknya. Maka dari itu, Allah kemudian berfirman, “Api, jadilah dingin, dan kemudian jadikan keselamatan bagi Ibrahim”. Lalu api pun menjadi benar-benar dingin dan Nabi Ibrahim pun selamat dari kobaran api panas itu.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ruku Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Waktu yang dianjurkan untuk membaca zikir

iStock

Zikir dapat dibaca di mana dan kapan saja. Namun ada beberapa waktu yang tepat agar bacaan membaca zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil dapat segera didengar dan diijabah oleh Allah Swt. Salah satunya adalah saat salat sunnah hajat. Salat ini bertujuan agar hajat yang akan diharapkan diberi kemudahan dan kelancaran dari awal sampai akhir. Dengan membaca kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil 70 kali atau lebih saat selesai sembhayang pun, maka khasiat yang disebutkan di atas pun bisa tercapai dengan baik.

Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil tidak selalu identik dengan bacaan yang panjang. Kegiatan ini pun dapat dilakukan kapan dan di mana pun asalkan diamalkan dengan niat dan ikhlas. Bahkan, semua kegiatanmu dalam mengurus rumah tangga juga bisa menjadi semakin lancar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.