gocap berapa

Disadari atau tidak, ternyata Bahasa Hokkien sudah melekat dan banyak dipakai dalam keseharian di tanah air. Istilah umum yang cukup umum dipakai adalah penyebutan nominal uang. Misalnya saja gocap, goceng, cepek, hingga seceng. Tapi, kosa kata ini juga tidak familiar bagi kelompok lainnya. Banyak yang kadang tak tahu gocap berapa dan arti dari bilangan lainnya.

Bahasa Mandarin yang merupakan asalnya dari Provinsi Fujian di Cina Mainland ini secara tidak langsung disebarkan sejak zaman dulu kala ketika banyak warga Tiongkok yang tinggal menyebar di Indonesia. Penyebutan angka tersebut memang terbilang unik dan lebih singkat. 

Bagi Sedulur yang ingin mempelajari dan menghafalkannya dalam waktu singkat, simak penjelasannya di bawah ini. Dijamin kamu bakal bisa mengingat gocap adalah dan mengucapkannya dengan fasih tanpa takut keliru lagi.

BACA JUGA: Belajar Angka Bahasa Arab 1 – 100 dan Cara Membacanya

1. Gocap

gocap berapa rupiah
Pexels

Masih bingung gocap itu berapa, ya? Dalam bilangan dari Bahasa Mandarian Hokkien, ini adalah sebutan untuk angka 50. Dalam percakapan sehari-hari, banyak yang bilang gocap untuk menyebut uang dengan pecahan Rp50 ribu. Hal ini memang terbilang lebih singkat dan cepat. Supaya lebih mudah memcerna, simak contoh bercakapan di bawah ini.

Brian: Bro, ada gocap?

Jevan: Buat apaan?

Brian: Pinjem dong buat beli makan. Gak ada cash, nih.

BACA JUGA: Nama Hari dalam Bahasa Inggris, Cara Membaca & Kalimatnya

2. Cepek

cepek artinya berapa
Pexels

Lupa-lupa ingat cepek artinya berapa? Ini adalah penyebutan untuk angka 100. Seperti kebiasaan orang Indonesia pada umumnya yang malas menuebut kata ribu, sebagian dari kita memang lebih nyaman menyebut nominal 100 dibanding 100 ribu. 

Sungjin: Uang tinggal cepek selembar nih.

Kevin: Ambil di ATM, dong.

Sungjin: Belum gajian, gak ada yang bisa diambil.

3. Gopek

Gopek
Pexels

Setelah mengetahui arti cepek gocap berapa sih, kini saatnya beralih ke gopek. Bilangan ini bisa dibilang adalah angka yang sempat ramai disebut setelah kemunculan iklan produk belasan tahun yang lalu. Sejak saat itu, penyebutan gopek untuk nominal Rp500.

Surya: Punya gopek gak?

Alif: Ada nih, ambil aja.

Surya: Makasih ya, bro. Buat bayar parkir nih soalnya.

BACA JUGA: 12 Panggilan Sayang dalam Bahasa Korea Untuk Pasangan Kamu

4. Seceng

Seceng
Pexels

Setelah hafal gocap berapa ribu, saatnya naik ke seceng. Penyebutan angka 1.000 ini memang masih mudah untuk dihafalkan. Berawalan dengan kata se-, angka ini memang diawali dengan 1 di bagian depannya. akhiran -ceng merupakan bilangan ribuan.

Reza: Widiw, HP baru nih.

Ilham: Iya nih, bro. Diskonan nih murah aja.

Reza: Berapaan emang?

Ilham: 3 juta kurang seceng,

Reza: Pas tuh buat bayar parkir.

5. Noceng

Noceng
Pexels

Setelah tahu gocap berapa Rupiah dan seceng, saatnya mengetahui angka yang lebih tinggi nominalnya. Ada noceng yang memiliki arti 2.000. Berhubung nominal angka kertas ini sudah sangat umum, tidak ada salahnya untuk menyebutkan istilah ini dalam obrolan sehari-hari.

Umar: Pingin beli tahu bulat tapi dikit aja boleh gak, sih?

Agnes: Boleh lah. Beli noceng tetep dilayanin, kok.

Umar: Asik, beli aaah!

BACA JUGA: 100+ Kosa Kata Bahasa Korea Percakapan Sehari-hari, Lengkap!

6. Goceng

goceng artinya berapa
Pexels

Sudah masuk bilangan ribuan, tentu kamu familiar dengan goceng artinya berapa. Ini adalah istilah untuk menyebutkan uang Rp5.000. Tanpa perlu dijelaskan lebih lanjut, tentu kamu sudah paham dengan artinya, ‘kan?

Fariz: Pingin yang seger-seger, nih. Jajan apa ya enaknya?

Megan: Ada es buah tuh di depan. Goceng doang.

Fariz: Murah banget, borong ah!

7. Ceban

ceban itu berapa
Pexels

Ceban itu berapa? Ternyata istilah ini adalah untuk menyebut angka 10.000. Istilah untuk menyebut nominal pecahan Rupiah ini juga terbilang mudah diingat. Yang perlu diingat, akhiran -ban dipakai untuk angka puluhan ribu.

Titis: Mas, kamu tau gak harga boba di toko sebelah?

Jeje: Kayaknya Rp25 ribu, tapi kalo promo cuma ceban.

Titis: Bungkus, gan!

8. Goban

Goban
Pexels

Apabila ingin menebak, kamu perlu mengingat istilah dua suku katanya. Ada go dan ban. Karena go adalah 5 dan ban adalah puluhan ribu, dapat ditarik kesimpulan jika goban adalah angka 50.000.

Koko: Belum gajian, goban bisa buat berapa hari, ya?

Sanpras: Bisa buat seminggu tuh.

Koko: Kok bisa?

Sanpras: Beli mi instan dapet 21 biji. Sehari 3 kali makan.

Koko: Pinter juga!

BACA JUGA: Cara Belajar Bahasa Korea Sendiri dengan Cepat untuk Pemula

9. Cetiao

Cetiao
Pexels

Di pecahan jutaan, ada cetiao untuk menyebut angka 1 juta. Karena angkanya cukup besar, penggunaan istilah ini tidak terlalu sering dipakai. Tapi tak apa sesekali digunakan agar obrolan jadi semakin seru sambil belajar bahasa baru.

Mino: Investasi reksa dana lo gimana, nih?

Hoony: Cuan banget. Barusan cek return udah cetiao.

Mino: Mantap!

Bilangan dalam Bahasa Mandarin Hokkien

Selain mengetahui istilah angka mulai dari gocap berapa, Sedulur mungkin juga penasaran dengan beberapa angka dari pecahan puluhan, ratusan, ribuan, pulihan ribu, hingga jutaan, ‘kan? Di bawah ini ada tabel yang bisa disimak dan dipelajari.

Satuan

1 it
2 ji/no
3 sa
4 si
5 go
6 lak
7 cit
8 pe
9 kau

Puluhan

10 cap
11 cap it
12 cap ji
13 cap sa
14 cap si
15 cap go
16 cap lak
17 cap sit
18 cap pek
19 cap kau
20 ji cap
21 ji cap it
22 ji cap ji
23 ji cap sa
24 ji cap go
25 ji cap go
50 gocap 
60 lak cap
70 cit cap
80 pek cap
90 kau cap

Ratusan

100 ce pek
150 pek go
200 no pek
250 no pek go
300 sa pek
400 si pek
500 gopek
600 lak pek
700 cit pek
800 pek pa tun
900 kau pek

Ribuan

1.000 se ceng
5.000 go ceng

Puluhan ribuan

10.000 ce ban
15.000 ban go
20.000 no ban
25.000 no ban go
30.000 sa ban
40.000 si ban
50.000 go ban
60.000 lak ban
70.000 cit ban
80.000 pek ban
90.000 kau ban

Ratusan ribu

100.000 cepek ceng
150.000 pek go
500.000 gopek ceng

Jutaan

1.000.000 cetiao
1.500.000 tiao puah
2.000.000 no tiao
2.500.000 no tiao puah
3.000.000 sa tiao
4.000.000 si tiao
5.000.000 go tiao
6.000.000 lak tiao
7.000.000 cit tiao
8.000.000 pek tiao
9.000.000 kau tiao
10.000.000 cip tiao
50.000.000 go cap tiao
100.000.000 ce pek tiao
500.000.000 go pek tiao

Mempelajari bahasa ini untuk penyebutan angka dan nominal uang terbilang mudah, bukan? Hampir selalu dipakai oleh keluarga Tionghoa, kamu juga bisa memakai istilah ini untuk memperluas wawasan Sedulur. Sekarang, kamu nggak hanya tahu gocap berapa, ‘kan?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.