Untuk saat ini, game NFT (Non-fungible Token) tengah naik daun. Hal ini karena kini makin banyak orang yang tertarik memainkan permainan tersebut. Tidak hanya seru, game dengan konsep play to earn ini juga memungkinkan para player untuk menghasilkan uang dalam bentuk kripto, lho.

Game NFT adalah game berbasis blockchain yang memungkinkan para player untuk mengumpulkan koin atau token. Nah, token tersebut dapat ditukarkan menjadi uang asli. Sejak cryptocurrency semakin populer, mulai banyak bermunculan game-game dengan sistem NFT.

Berbeda dari kebanyakan game penghasil uang yang telah beredar sebelumnya, jenis game ini hanya menawarkan hadiah berbentuk koin kripto. Sedulur juga bisa melakukan withdraw ke bank lokal maupun dompet digital. Bagi Sedulur yang penasaran apa saja game yang dimaksud, berikut ini daftarnya.

BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android

-->

1. Splinterlands

game nft
JalanTikus

Di urutan yang pertama ada Splinterlands, sebuah game NFT Android penghasil uang dibangun dengan menggunakan teknologi rantai blok atau Blockchain. Bisa dibilang jika game yang satu ini bertemakan permainan kartu digital.

Ya, mirip-mirip seperti game Magic The Gathering atau Hearthstone, di mana para pemainnya dapat membeli dan juga menjual aset yang dimiliki secara bebas. Pada saat bermain game Splinterlands untuk pertama kalinya, nantinya Sedulur akan diberi 1 buah deck kartu secara gratis.

Akan tetapi, untuk kartu yang lainnya hanya dapat dimiliki atau dibeli melalui menu Market dengan membayarkan sejumlah uang. Nah, Splinterlands sendiri menggunakan koin bernama SPS, dan harganya yakni Rp4.781 per koinnya.

2. Binamars

game nft
BINAMARS

Kemudian untuk game yang beritanya berjudul Binamars. Binamars merupakan salah satu game NFT penghasil uang bertemakan RPG play to earn. Game yang satu ini dibuat dalam jaringan Binance yang termasuk dalam platform cryptocurrency yang paling populer di seluruh dunia.

Di dalam game bernama Binamars ini, Sedulur dapat melakukan berbagai kegiatan. Misalnya seperti farming, bertarung melawan para monster, dan juga menjual item untuk bisa menghasilkan koin yang bernama BMARS.

Nah, koin BMARS tersebut nantinya dapat ditukar dengan saldo. Namun dalam proses penukaran menjadi saldo, akan dikenakan potongan 5% tiap transaksi. Akan tetapi, sayangnya saat ini game Binamars belum tersedia untuk platform Android dan iOS.

Jadi Sedulur tertarik untuk memainkan game tersebut, maka bisa langsung mengunjungi situs resminya yakni https://www.binamars.com/.

3. Binemon

game nft
JalanTikus

Dengan membawa konsep permainan play to earn, Binemon menjadi salah satu game NFT terbaik yang tak kalah menarik dari beberapa game yang sudah disebutkan sebelumnya, lho. Berada di dalam jaringan Draken, game ini mengusung tema Virtual Pet yang dikombinasikan dengan sentuhan Idle RPG.

Di dalam game tersebut, Sedulur juga bisa melakukan beragam kegiatan. Beberapa di antaranya seperti membeli telur, mengumpulkan item, merawat hewan peliharaan, sampai dengan melakukan pertarungkan dengan para pemain yang lainnya.

Jika ingin bermain game penghasil uang di Android ini, Sedulur harus punya pet atau karakter. Nah, karakter tersebut hanya bisa dimiliki dengan membelinya seharga 169 DRK (Draken) atau sekitar Rp80 ribuan, dengan perhitungan 1 koin DRK sama dengan Rp519.

4. Lost Relics

game nft
Play to Earn

Untuk yang berikutnya, ada game yang berjudul Lost Relics. Game yang satu ini juga wajib untuk dicoba kalau Sedulur sedang mencari game NFT modal kecil namun mampu menghasilkan banyak uang. Tentu saja Sedulur merasa sangat tertarik, bukan?

Ya, bahkan sudah ada banyak sekali YouTuber yang telah membuat review mengenai game ini. Dan mereka mengklaim jika game Lost Relics ini mampu memberikan mereka pendapatan penghasilan hingga $100 per harinya.

Lost Relics memiliki konsep yang cukup mirip seperti game Diablo, di mana Sedulur dapat menyelesaikan misi, melawan para monster, menyerang markas dari pemain yang lain, dan juga mengumpulkan berbagai macam item penting yang bisa dijual dan dicairkan menjadi uang nyata.

5. Axie Infinity

game nft
Phonesable

Rekomendasi game NFT Android gratis yang berikutnya adalah Axie Infinity. Dapat dikatakan jika Axie Infinity merupakan salah satu game penghasil uang yang terbaik dan sangat populer untuk saat ini, bahkan di seluruh belahan dunia.

Bayangkan saja, dalam satu hari Sedulur dapat mengumpulkan lebih dari $100. Ya, hal tersebut bisa dilakukan dengan menjual koin kripto berjenis SLP atau Smooth Love Potion. Koin tersebut, bisa Sedulur dapatkan dengan mengumpulkannya di sepanjang permainan.

Akan tetapi, karena harga koin kripto sendiri yang sangat fluktuatif, maka jumlah uang yang dihasilkan tiap hari atau bulan bisa saja berubah-ubah. Tidak hanya dari koin SLP saja, namun Sedulur juga dapat memperoleh penghasilan dengan menjual karakter-karakter yang ada di dalam game.

6. Sorare

game nft
Sorare

Bicara mengenai daftar game NFT tanpa modal terbaik, maka Sorare wajib berada di dalamnya. Jika Sedulur ingin mendapatkan reward koin kripto, bisa langsung mencoba game yang satu ini. Berbeda dari beberapa game sebelumnya, game ini lebih ke arah sport.

Ya, game ini bertemakan sepak bola atau lebih tepat Fantasy Football dalam bentuk kartu pemain. Dalam game ini Sedulur akan menemukan pemain-pemian sepak bola terkenal seperti Ronaldo, Neymar, dan juga Messi.

Cara memainkan game Sorare ini memang mudah. Sedulur hanya perlu menyusun dan mengelola formasi dari tim yang akan digunakan untuk bertanding melawan pemain lainnya. Akan tetapi, kartu digital di dalam game ini terbagi menjadi beberapa level, yaitu Rare, Unique, dan Super Rare.

Untuk mendapatkan uang dalam game ini (Ethereum), Sedulur dapat menjual kartu digital tersebut kepada para pemain yang lain. Nah, harga kartu tersebut tergantung tingkatan level yang dimiliki olehnya.

7. Blankos Block Party

game nft
CGMagazine

Selain beberapa game dari daftar di atas, ini ada Blankos Block Party yang juga termasuk game NFT crypto gratis penghasil terbaik yang wajib untuk Sedulur coba. Tahukah Sedulur, jika game ini dibuat oleh developer yang juga mengembangkan game-game ternama seperti Guitar Hero, World of Warcraft, dan juga Call of Duty.

Blankos Block Party sendiri adalah sebuah game yang menghadirkan konsep open world yang unik dan tentunya berbeda dari game-game yang lain. Di mana para pemainnya akan menggunakan karakter 3D yang disebut sebagai “Blankos”.

Blankos tersebut nantinya akan bertualang dan bertarung dengan para pemain lain, untuk menghasilkan NFT yang bisa dijual di marketplace. Lebih menariknya, game ini tidak butuh modal sedikitpun. Sedulur dapat memainkannya secara gratis dengan mendaftar akun dalam situs https://www.blankos.com/ dulu.

8. Evolution Land

game nft
Suara

Dengan mengusung tema simulasi virtual, Evolution Land menjadi salah satu game NFT crypto yang dapat membantu Sedulur untuk menghasilkan uang dengan cara yang sangat mudah. Di dalam game ini, Sedulur dapat melakukan berbagai aktivitas seperti kontruksi, menambang, dan juga melawan pemain lain.

Nah, untuk koin yang nantinya dihasilkan, Evolution Land menggunakan jenis KTON atau Darwinia Commitment Token dengan harga yang terbaru, yakni sekitar Rp1.044.000 tiap 1 koinnya. Jika Sedulur tertarik dengan game yang satu ini? Silahkan langsung kunjungi situs resminya yakni https://www.evolution.land/.

9. Alien Worlds

game nft
Mobidictum

Alien Worlds juga menjadi bagian dari daftar game NFT penghasil uang yang membuat simulasi persaingan ekonomi serta kolaborasi antar pemain untuk bisa menjelajah ke berbagai planet lain. Apabila Sedulur sedang mengakses game, maka Sedulur harus punya koin kripto Trilium (TLM) terlebih dahulu.

Intinya, game Alien Worlds ini menggunakan konsep aksi, strategi, dan juga petualangan. Nantinya, para pemain akan dibebaskan untuk membeli dan juga meningkatkan kemampuan karakter sesuai keinginan dengan menggunakan Trilium.

Nah, apakah Sedulur tertarik untuk segera memainkan game ini? Langsung saja, kunjungi situs resminya yaitu https://id.alienworlds.io/.

10. ChainZ Arena

game nft
State of the DApps

ChainZ Arena merupakan sebuah game bertemakan RPG yang memungkinkan para pemainnya untuk menambang berbagai jenis koin kripto, seperti EOS, Tron, SEOUL, dan juga Ethereum. Untuk memainkan game ini, Sedulur dapat mengaksesnya di situs https://www.chainzarena.com/ melalui iOS, Android, maupun Windows.

Di dalam permainan, Sedulur harus bisa mengumpulkan karakter berupa sosok hero untuk melawan para musuh yang ada di wilayah Legendary Arena. Tidak hanya itu, ChainZ Arena juga memberi kebebasan kepada para pemain untuk menjual hero apabila ingin mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Untuk harga tiap hero-nya, Sedulur bisa menentukan sendiri harganya. Jadi, Sedulur juga bisa bernegosiasi dengan pemain lain yang akan membelinya. Jika Sedulur berhasil menjual hero dengan harga tinggi, tentu saja uang yang terkumpul akan semakin banyak.

BACA JUGA: 20+ Game PPSSPP Terbaik Bisa dimainkan di Android / PC 2022

11. JobTribes

game nft
JobTribes

Game NFT crypto yang berikutnya selanjutnya adalah JobTribes. Game yang satu ini juga tidak kalah populer dari game-game yang sebelumnya, lho. Game ini mengusung konsep permainan kartu yang bisa dijual dan dibeli dari pemain lain.

Setiap kartu merupakan digital art yang sudah terdaftar sebagai NFT di dalam blockchain Ethereum. Nah, kartu tersebut diperdagangkan dengan menggunakan token DEAPcoin (DEP) yang mempunyai nilai tukar 1 DEP sebesar Rp499.

Di dalam game JobTribes ini, Sedulur juga dapat menemukan beragam mode permainan. Misalnya seperti Player vs Player (PvP), Story, Practice, dan Quest. Apa Sedulur penasaran secara lebih lanjut tentang JobTribes? Langsung saja download dan mainkan game tersebut.

12. SolaJump

Solajump

SolaJumper atau yang juga bisa disebut SolaJump, merupakan game yang mampu menawarkan konsep baru, yaitu short game classic. Ya, sebelumnya konsep ini memang sudah familier seperti halnya dalam game Pac-Man.

Sesuai dengan namanya, walaupun game ini memiliki durasi yang cukup pendek, SolaJump tetap mampu memberikan suatu kesan khusus bagi para pemainnya. Tidak hanya itu, Sedulur juga dapat menghasilkan cukup banyak NFT dari SolaJumper, lho.

Cara untuk memainkannya pun juga sangat mudah. Sedulur hanya perlu tap-tap layar sembari mengarahkan si karakter ke arah kotak yang berwarna biru. Untuk saat ini, developer telah menyediakan kurang lebih 2.000 token SOL yang dapat dimenangkan melalui event Genesis Competition.

Untuk harga SOL saat ini, berada pada kisaran angka sekitar 98,87 USD atau setara dengan Rp1.421.646. Sangat lumyan, bukan?

13. The Sandbox

VOI

The Sandbox termasuk salah satu game terbaru yang saat ini sedang viral dan banyak dimainkan karena token yang ditawarkan, yaitu SAND. Seperti yang telah kita tahu, jika token tersebut kini mempunyai harga yang terus melonjat naik dan meroket secara signifikan.

Game yang satu ini diluncurkan oleh developer Pixowl dan beroperasi di dalam blockchain Ethereum (ETH). Untuk saat ini, token dari game The Sandbox SAND sendiri setara dengan angka Rp61.325. Angka tersebut pun juga diprediksi masih akan terus mengalami kenaikan secara signifikan, lho.

Game yang sudah terdesentralisasi ini, adalah sebuah dunia virtual metaverse yang memungkinkan para pemainnya untuk membangun, membeli, membuat, dan juga menjual kripto dalam bentuk aset game yang telah terdaftar sebagai NFT.

14. Plant vs Undead

JalanTikus

Tentu saja Sedulur sudah tahu dengan game yang berjudul Plant vs Zombie, kan? Nah, Plant vs Undead (PVU) ini bisa dibilang menjadi spin-off dari game tanaman melawan para zombie tersebut, hanya saja dalam PVU ini Sedulur dapat mempunyai aset kripto yang sangat menggiurkan.

Di dalam game free-to-play ini, Sedulur harus bisa mempertahankan lahan yang dimiliki dari serangan mayat hidup. Hal ini bisa dilakukan dengan mengandalkan para tanaman yang menjadi aset NFT. Setiap tanaman juga mempunyai nilai yang bervariasi, sesuai kekuatan dan level-nya.

Plant vs Undead mempunyai token yang bernama PVU yang memiliki nilai tukar untuk 1 PVU setara dengan Rp1,067. PVU dapat digunakan untuk bertransaksi di dalam game, seperti membeli lahan, bibit, tanaman, dan lain sebagainya.

15. Bombcrypto

BOMB CRYPTO

Tidak sama seperti game-game yang ada di atas, Bombcrypto merupakan game NFT bermodal kecil yang berbasis pada jaringan Binance Smart Chain (BSC), dengan menggunakan jenis token khusus yang bernama BCOIN.

Dengan menggunakan konsep Play To Earn, maka Sedulur sudah bisa memainkan berbagai karakter yang juga merupakan aset NFT. Setiap karakter ini telah dilengkapi dengan atribut-atribut khusus seperti Power, Stamina, Speed, dan lainnya.

Nah, untuk harga jualnya pun juga sangat bervariasi, tergantung dengan rarity dari masing-masing karakter. Sementara harga untuk token Bomb Crypto alias BCOIN, pada saat ini berada di angka Rp.7.939. Ya, Sedulur bisa memainkannya melalui situs resmi Bombcrypto.

16. Art of War

Twitter

Untuk yang berikutnya ada Art of War, sebuah game NFT yang bisa Sedulur mainkan di platform Android. Mungkin saja Art of War belum sepopuler game-game lain di dalam daftar ini. Walaupun begitu, game yang satu ini juga dapat dijadikan aset investasi yang cukup menjanjikan, lho.

Berbasis pada blockchain Binance Smart Chain (BSC) dengan token bernama $AOW, Art of War adalah sebuah game perang kerajaan yang akan menugaskan para pemainnya untuk menjalankan berbagai misi dengan hadiah token atau NFT.

Di dalam game play-to-earn ini, Sedulur mempunyai NFT berupa hero dengan kemampuan yang berbeda-beda dan dapat dikembangkan. Setelah hero yang Sedulur miliki semakin kuat, maka bisa langsung menjualnya dengan harga yang tinggi.

17. Zodiacs Racing

Twitter

Zodiacs Racing menjadi salah satu game bergenre racing terbaik berbasis pada blockchain yang ada saat ini. Zodiac sendiri game diperuntukkan bagi Sedulur yang suka dengan game-game balapan. Para pemain dapat mengoleksi mobil NFT yang didesain dengan mengusung tema zodiak.

Mata uang yang digunakan di dalam game ini bernama ZDC, yang merupakan singkatan dari nama Zodiacs itu sendiri. Nilai token untuk ZDC berada di angka kisaran 0,0187 dollar AS atau sekitar Rp200. Sebelum bermain balap mobil, Sedulur perlu menanam modal dengan memasukkan deposit token ZDC.

Cara untuk mendapatkan uang di dalam game Zodiacs ini cukup mudah. Sedulur dapat mempertaruhkan (staking) mobil yang telah dibeli selama beberapa waktu. Syaratnya, tentu saja Sedulur harus mempunyai koin ZDC dulu di dalam dompet.

Apabila token ZDC sudah terkumpul, Sedulur juga dapat menariknya ke dalam dompet digital. Alhasil, uang kripto yang sudah Sedulur kumpulkan bisa benar-benar menjadi uang asli.

18. Beasties Online

JalanTikus

Beasties Online atau yang juga sering disebut sebagai “Magic Beasties” (BSTS Coin) merupakan game multiplayer blockchain yang menjadi salah satu pesaing terkuat Ethereum di dalam game Axie Infinity pada tahun 2021 lalu.

Di dalam game BSTS Coin ini, terdapat game unik yang mengumpulkan berbagai semacam karakter monster digital. Sedulur dan teman bisa memainkannya secara bersama untuk mengalami petualangan, berdagang, dan juga menghasilkan uang bersama-sama.

Game NFT Beasties Online ini juga mampu menyuguhkan mode pertempuran PvP, yang memungkinkan Sedulur untuk berduel dengan pemain lain di dalam sebuah pertarungan berbasis teks. Harga untuk Magic beasties Token (BSTS) saat ini berada dalam kisaran 0,00001332 dollar AS atau sekitar Rp0,19.

19. League of Kingdoms

League of Kingdoms

League of Kingdoms merupakan sebuah game NFT yang membawa konsep massively multiplayer online (MMO) strategy game. Bahkan, bisa dikatakan jika game ini menjadi salah satu game strategi MMO blockchain pertama yang ada di dunia, lho.

Di dalam game strategi ini, semua komoditi tanah merupakan token non-fungible (NFT). Jadi, Sedulur harus bisa mengembangkan hampir seluruh isi kerajaan. Mulai dari fasilitas, bangunan, benteng pertahanan, dan juga tentara.

Sedulur dapat menghasilkan koin kripto di dalam game jaringan ethereum ini dengan melawan para monster, menyelesaikan misi, dan juga konversi sumber daya agar tanah atau lahan yang dimiliki bisa lebih luas lagi.

Sementara itu, game yang satu ini menggunakan token yang bernama League of Kingdoms Arena (LOKA). Dan untuk harga 1 LOKA, yakni setara dengan angka Rp28,000.

20. Illuvium

JalanTikus

Rekomendasi yang terakhir ada Illuvium. Bagi Sedulur yang sedang mencari game NFT tanpa perlu mengeluarkan modal, maka dapat langsung memainkan game Illuvium yang beberapa waktu ke depan akan segera dirilis.

Illuvium sendiri merupakan sebuah game open-world RPG yang berjalan di dalam blockchain Ethereum. Game ini mempunyai koleksi monster yang disebut sebagai Illuvial, yang juga menjadi jenis NFT yang ditawarkan di dalamnya.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Top Up Game Modal Kecil, Kerja dari Rumah!

Untuk transaksi NFT dalam game ini menggunakan jenis token Illuvium (ILV). Kemudian harga 1 Illuvium jika dikonversikan dalam rupiah saat ini, yakni ada pada angka Rp11.437.641.

Nah, mungkin hanya itu beberapa game NFT yang direkomendasikan dan bisa Sedulur coba untuk menambah penghasilan. Silakan coba game-game yang sudah dijelaskan di atas.

Ya, di era modern ini mencari uang memang cukup mudah dan ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Jadi, cobalah untuk manfaatkan perkembangan teknologi sebaik mungkin.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang