game multiplayer

Memainkan game multiplayer memang terbukti seru, pasalnya kita bisa bermain bersama-sama atau mabar (main bareng) dengan kawan, sabahat dan kerabat lainnya. Hal ini membuat ngumpul atau nongkrong bukan sekadar kegiatan yang membosankan.

Namun efeknya, memainkan game multiplayer ini dapat membuat kita kecanduan bahkan dapat membuat kita lupa dengan lingkungan sekitar kita alias antisosial. Tentu untuk mengatasi ini, perlu membuat batasan waktu memainkan game agar tidak merugikan banyak hal dan banyak pihak.

Terlepas dari itu, berikut ini daftar rekomendasi game multiplayer yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk dimainkan bersama kawan-kawan, atau bahkan beberapa game di bawah ini ada yang Sedulur mainkan. Seperti apa saja daftar game multiplayer yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Game PSP Terbaik ini Wajib Kamu Mainkan, Bisa di Android

-->

1. Ragnarok Frontier

game multiplayer
Liputan6

Rekomendasi pertama adalah Ragnarok Frontier, merupakan game multiplayer PC yang legendaris dan ramai dimainkan di era 2005-2009. Seakan ingin mengembalikan masa kejayaan itu, game Ragnarok kembali hadir dengan Ragnarof Frontier. Keunikan dari game ini bisa dimainkan online atau offline. Jika ingin bermain sendiri, Sedulur bisa bermain offline.

Namun jika Sedulur ingin bermain dengan kawan-kawan dan bertarung bersama dalam sebuah Guild dan melaukan War dengan Guild lain, Sedulur harus bermain offline dan berjejaring dengan pemain lainnya. Memainkan game ini akan membuat kita nostalgia, terutama yang dulu memainkan game ini di era tahun 2005-2009.

2. Among US

Tempo

Game multiplayer online di HP yang bisa Sedulur mainkan dengan teman-teman adalah Among US. Dua tahun lalu, permainan ini sangat ramai dan sangat seru. Game satu ini bisa dimainkan bukan hanya dengan teman-teman saja, namun juga bisa dimainkan bersama keluarga ada agenda kumpul keluarga.

Di game ini, Sedulur akan bermain untuk menyelesaikan misi dan menangkap penjahat yang disebut Impostor. Namun, Sedulur juga bisa menjadi sosok Impostor yang diburu pemain lainnya. Keseruan akan terjadi saat Sedulur dan pemain lainnya saling tuduh siapa yang sebenarnya sosok impostor yang membunuh para pemain tidak bersalah. Hal yang menjadikan permainan ini sangat seru adalah unsur misteri dan kita harus memecahkan teka-teki menebak Impostor.

3. Cyber Hunter

LDPlayer

Cyber Hunter juga merupakan game multiplayer selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi untuk dimainkan bersama teman-teman. Game ini menawarkan tema futuristik dan sekaligus game yang dibesut oleh NetEase. Hadir sebagai game dengan visual menarik dan kostum dan senjata yang futuristik.

Dalam game ini, Sedulur diharuskan untuk menjadi satu-satunya pemain yang bertahan hidup. Untuk itu, Sedulur harus menghabisi pemain-pemain lain. Keunikan lain yang ditawarkan game multi player baru ini adalah, semua objek bangunan yang ada di game Cyber Hunter memungkinkan untuk dipanjat.

4. Pokemon Unite

Line Today

Memang terdapat beberapa game multiplayer Android offline, namun memainkan secara online tidak begitu memuaskan. Karena biasanya kita akan bermain dengan karakter robot atau bot, tidak bermain secara langsung dengan orang lain sebagaimana konsep game multiplayer.

Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain untuk bermain game multiplayer memang harus dimainkan secara online. Pilihan game selanjutnya yang bisa Sedulur mainkan adalah Pokemon Unite. Game Android ini dikembangkan oleh The Pokemon Company dan TiMi Studios.

Dalam game ini Sedulur akan berperan sebagai trainers atau pelatih Pokemon, dan melakukan pertarungan tim 5 lawan 5 di Pulau Aeos. Tugas selanjutnya adalah mengalahkan Pokemon lawan dan mengumpulkan pokeball atau bola poin. Tim yang menang adalah yang berhasil mencetak poin terbanyak dalam waktu yang ditentukan.

5. ShellFire

game multiplayer
ShellFire

Game multiplyaer online yang bisa mabar seru selanjutnya adalah Shellfire. Ini menjadi salah satu rekomendasi MOBA yang tampil beda. Jika game kebanyakan menggunakan sudut pandang third person, Shellfire justru menyajikannya dalam bentuk first-person shooter atau FPS.

Game yang dirilis oleh Telkomsel di Indonesia ini menggabungkan game MOBA dengan tembak-tembakan ala game FPS. Shellfire bisa menjadi solusi buat kamu yang bosan dengan MOBA yang itu-itu saja.

Selain menawarkan pertarungan 5v5, Shellfire juga punya mode pertempuran lainnya, seperti Capture Point dan Death Match. Bahkan jika bosan dengan MOBA, Sedulur tidak perlu berganti game karena Shellfire juga menyediakan mode battle royale.

6. Fornite

Liputan6

Game multiplayer selanjutnya adalah Fortnite, salah satu game battle royale Android terbaik, merupakan game yang bisa memberi Sedulur penghasilan. Banyak gamers yang telah membuktikannya, cara mendapatkan uang dari game online ini dengan memberikan sebuah komisi.

Selain itu, hal menarik lainnya, Sedulur bisa memainkan game ini secara gratis dan juga bisa memberikan Sedulur uang yang sangat melimpah. Selain Sedulur bisa mengisi waktu luang, Sedulur juga bisa menghasilkan uang dengan menggunakan game satu ini. Game ini juga sangat cocok digunakan untuk membunuh waktu, terutama untuk menunggu waktu buka puasa seperti yang akan kita jalani sebentar lagi.

7. Identity V

game multiplayer
Gamebrott

Game multiplayer online selanjutnya ada Identity V. Ini adalah game asimetris horror yang dikembangkan oleh NetEase. Dalam game ini Sedulur akan bermain dalam gameplay 1vs4, 1 hunter dan 4 survivor, di mana Sedulur bisa memilih bermain sebagai dua karakter tersebut.

Sebagai hunter, Sedulur diharuskan untuk menangkap para survivor dan mencegah mereka kabur dari manor (tempat permainan). Sebaliknya, sebagai survivor Sedulur harus menghindari kejaran hunter dan pergi meninggalkan manor untuk menjadi pemenang. Namun untuk kabur, survivor harus menyelesaikan proses decoding yang berguna membuka pintu keluar.

8. League of Legends: Wild Rift

Detik

League of Legends adalah game multiplayer rekomendasi lainnya. Bagi Sedulur yang menginginkan game online petualangan, Sedulur bisa memainkan game League of Legends: Wild Rift. Game ini merupakan game besutan developer game bernama Riot Games yang juga mengeluarkan Valorant. Game ini merupakan pesaing utama dari Mobile Legends dan DOTA 2.

Hero yang terkenal dari game ini adalah Champion dengan peralatan seperti role fighter, tank, mage, assassin, support dan marksman. Game ini bisa dimainkan bersama secara tim atau dimainkan secara individu. Persis sebagaimana game MOBA lainnya, game ini memiliki lane khusus dan juga minions.

9. Sausage Man

game multiplayer
Daily Spin

Game multiplayer offline yang tidak kalah seru untuk dimainkan adalah Sausage Man. Namun akan lebih seru untuk dimainkan secara online dan mabar bersama kawan-kawan. Sausage Man merupakan game yang dirilis oleh XD Entertainment dan sempat ramai di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, dalam game ini Sedulur dapat bermain sebagai karakter sosis yang beradu dalam mode battle royale. Di sini akan ada 100 pemain berbentuk sosis yang akan bertarung dan menjadi yang terakhir bertahan hidup. Menjadi yang terakhir bertahan adalah tujuan utama dari game ini. Dijamin seru dan kocak untuk dimainkan bersama dengan kawan-kawan saat nongkrong.

BACA JUGA: 20+ Game PPSSPP Terbaik Bisa dimainkan di Android / PC 2022

10. PUBG Mobile

Pikiran-Rakyat

Game multiplayer sudah jelas sangat disukai oleh banyak orang. Dari 10 orang yang memiliki smartphone, 8 diantaranya pasti memiliki aplikasi game satu ini. PUBG atau Playerunknown’s Battlegrounds ini merupakan game battle royale yang bisa memberi Sedulur pemasukan uang, di samping itu keseruan dari game ini bisa menantang adrenaline. Hal tersebut yang membuat banyak orang sangat menyukai permainan satu ini.

PUBG juga memiliki gaya visual dan gameplay yang lebih realistis, namun kelemahannya adalah aplikasi yang berat dan membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tertentu. Sedulur bisa mendapatkan uang dengan streaming PUBG dan membuka layanan joki naik level. Hal tersebut menunjukkan bahwa game satu ini sangat populer, sehingga untuk naik level saja tersedia layanan joki.

11. Call of Duty Mobile

game multiplayer
Tek.id

Call of Duty (COD) Mobile hadir dengan menawarkan keseruan yang tak kalah menantang dengan PUBG Mobile. Serupa dengan mode battle royale lainnya, 100 pemain akan diadu untuk menentukan siapa yang mampu bertahan hidup hingga akhir. Pemain akan dibekali dengan senjata-senjata dan peralatan canggih lain khas game Call of Duty. Banyaknya mode lain yang bisa dimainkan menjadi kelebihan dari COD Mobile.

Mulai dari Deathmatch, Search and Destroy, Free for All, dan yang terbaru adalah mode Zombie. Berbagai mode ini dapat dimainkan di map populer dalam franchise Call of Duty, seperti Nuketown, Crash, Hijacked dan lainnya. COD merupakan game multiplayer yang paling awal menyapa para gamers dan langsung digemari, sebelum game-game dengan konsep multiplayer hadir. Game satu ini bisa membuat kecanduan, lho.

12. Mobile Legends

Suara

Jika dari 10 orang yang memiliki smartphone, pasti 8 di antaranya memiliki game PUBG. Untuk Mobile Legends, dari 10 orang yang memiliki smartphone tersebut, semuanya pasti memiliki game multiplayer android satu ini. Hal tersebut dikarenakan kepopuleran game ini yang tiada tanding di Indonesia.

Mobile Legends atau ML juga merupakan salah satu game populer yang disukai banyak orang. Menariknya, banyak turnamen dan kompetisi yang mengadakan pertandingan berhadiah. Sedulur bisa mendapatkan uang dengan memenangkan turnamen. Hal tersebut yang membuat game ini menarik, yaitu benar-benar mengandalkan skill dan kemampuan kita untuk memainkannya.

13. Lokapala

game multiplayer
Medcom

Ini merupakan game multiplayer mobile pertama asli dari Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia, tentu kita bangga karena ada anak bangsa yang berhasil membuat game yang banyak disukai oleh masyarakat. Game ini telah tersedia di Playstore dan AppleStore, dan bisa Sedulur download dan mainkan langsung.

Game ini terinspisari dari mitologi, sejarah dan budaya asli Indonesia. Dalam game ini, pemain dapat berperang 5 lawan 5 yang seru bersama teman atau pemain lain. Secara garis besar, gameplay dari permainan ini tidak jauh berbeda dengan game online MOBA lainnya yang lebih dulu populer, seperti Mobile Legends atau Arena of Valor.

14. Scavengers

Programer

Scavenger merupakan game multiplyaer yang bisa Sedulur mainkan di PC. Game ini merupakan game besutan developer bernama Midwinter Entertainment, sekaligus game baru yang dirilis pada 1 Mei 2021 yang lalu. Game ini merupakan game dengan genre survival dengan jalan cerita menarik dan berbagai pertempuran seru yang bisa dijalankan.

Visual dan desain game ini sangat bagus, dan bisa memanjakan Sedulur yang memainkan game satu ini. Game dengan latar tempat bersalju, hero dari game ini dibekali dengan senjata canggih yang khusus digunakan untuk menaklukan gurun salju dengan kondisi yang sangat ekstrem.

15. Onmyoji Arena

game multiplayer
Kincir

Onmyoji Arena merupakan rekomendasi multiplayer games online selanjutnya. Game satu ini memadukan gameplay khas MOBA dengan karakter anime Jepang. Berbeda dengan game MOBA lainnya, Onmyoji Arena hadir dengan karakter khas anime-anime buatan Jepang.

Begitu juga dengan berbagai detail lainnya yang membuat nuansa Negeri Sakura terasa sangat kental di game besutan developer NetEase ini. Banyak yang memuji kualitas grafis dari Onmyoji Arena. Onmyoji Arena menawarkan alternatif game MOBA yang berbeda. Pastinya sangat sayang jika game tersebut dilewatkan begitu saja.

16. Free Fire

Gamebrott

Jika ada yang bertanya game untuk main bersama online dan digemari anak-anak? Jawabannya adalah Free Fire. Rata-rata, anak-anak SD sangat senang bermain game satu ini. Selain lebih mudah, game ini juga sangat menyenangkan. Dalam game ini, Sedulur akan ditempatkan di pulau kecil bersama dengan 49 pemain lain dan diperintahkan untuk bertahan hidup.

Free Fire menawarkan gameplay khas battle royale dengan durasi yang cepat. Setiap game membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja sampai pemenang ditemukan. Sangat cocok bagi Sedulur yang ingin mabar game battle royale dengan durasi singkat. Jika tidak percaya, Sedulur bisa mencobanya langsung memainkan game ini.

Sedulur bisa bertanya ke adik atau saudara Sedulur di rumah, terutama yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Pasti mereka memainkan game satu ini. Karena game satu ini memiliki gameplay yang tidak terlalu rumit namun tetap bisa memberikan keseruan.

17. Arena of Valor

game multiplayer
Pocket Tactics

Rekomendasi game multiplayer selanjutnya adalah Arena of Valor. Sebelum game ML populer di Indonesia, dan game lainnya, AoV atau Arena of Valor adalah primadona game. Walaupun mulai meredup karena beberapa game lainnya, namun game online gratis satu ini juga masih sangat potensial. Masih banyak turnamen yang sering mengadakan event yang memberikan hadiah dengan jumlah yang besar.

Hal tersebut bisa Sedulur ikuti, selain untuk mengasah kemampuan, Sedulur juga bisa mendapatkan untung. Terutama jika memenangkan turnamen atau kompetisi yang diadakan. Selain bisa sebagai game untuk mengisi waktu luang, dari game ini terdapat potensi uang yang bisa dihasilkan. Ditambah sebentar lagi masuk bulan Ramadhan, bagi Sedulur yang malas ngabuburit keluar rumah, Sedulur bisa menghabiskan waktu ngabuburit dengan memainkan game ini.

18. Super Mecha Champions

Pocket Tactics

Super Mecha Champions hadir bagi Sedulur yang bosan bermain game multiplayer seperti PUBG, COD Mobile, Free Fire dan game multiplayer lainnya. Game ini memungkinkan kamu bertarung menggunakan robot-robot canggih mirip karakter Gundam.

Robot Gundam bisa dipanggil ketika kamu membutuhkannya, asalkan baterainya sudah terisi penuh. Keseruan bakal muncul ketika bertempur dengan karakter robot dari pemain lainnya. Sedulur bisa memilih berbagai robot dengan spesialisasi skill yang berbeda-beda. Sehingga keahlian kamu mengendalikan robot juga bisa menjadi faktor yang menentukan.

19. Chess Rush

game multiplayer
Jurnal Apps

Chess Rush hadir melengkapi daftar game multiplayer lainnya. Sesuai namanya, Chess Rush adalah permainan catur yang diberikan sentuhan berbeda oleh developer Tencent. Dalam game Chess Rush, Sedulur sebagai pemain diharuskan untuk meletakkan hero–hero andalan yang dibuat menyerupai bidak catur.

Hero tersebut nantinya akan bertarung dengan lawan dalam papan permainan. Kita diharuskan untuk melawan 7 pemain lainnya secara real-time. Strategi berupa pemilihan, penempatan, dan komposisi hero menjadi kunci untuk menjadi yang terbaik di game multiplayer online mobile ini.

20. Clash Royale

Supercell

Clahs Royale merupakan game multiplayer online gratis besutan Developer Game Supercell, yang sukses dengan Clash of Clans. Berpotensi sukses mengikuti game sebelumnya, dan memang terbukti sukses. Indikatornya adalah banyak yang memainkan game ini dan diakui sebagai salah satu e-sport yang dikonteskan di ajang olahraga dunia, game ini juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Salah satu titik balik popularitas game ini yang menjadi salah satu game yang dilombakan di Asian Games 2018, yang masuk dalam cabang olahraga e-sport. Sedulur bisa bermain game dengan sekaligus mendapatkan penghasilan.

21. Stumble Guys

game multiplayer
Steam

Alternatif game multiplayer yang bisa Sedulur mainkan lainnya adalah Stumble Guys. Game ini memiliki gameplay yang mirip dengan game populer lainnya yaitu Fall Guys. Dalam game ini Sedulur akan bermain dengan banyak pemain lainnya dan bersaing untuk masuk ke garis finish.

Tetapi jelas tidak mudah, karena akan ada rintangan atau obstacle yang harus dilewati di tengah jalan. Gameplay yang ditawarkan memang cukup simpel, tapi dijamin bisa membuat Sedulur ketagihan. Ditambah dengan karakternya yang hadir dengan kostum-kostum lucu dan menggemaskan.

22. Valorant

Medcom

Game multiplayer PC yang saat ini tengah gencar dipromosikan dan banyak streamer panutan yang memainkannya, game tersebut adalah Valorant. Valorant merupakan game online Indonesia yang memiliki jenis first-person shooter atau FPS 5v5. Salah satu pesaing dari game ini yaitu CS:GO. Permainan game ini terdiri dari 25 putaran dan, bagi tim yang memenangkan 13 putaran merupakan pemenangnya.

Setiap tim dalam game ini terdiri dari penyerang dan tim bertahan. Tim penyerang harus menyebar dan menanam bom yang bernaman Spike dan menanamnya di beberapa titik. Setiap pemain dari tim lawan harus menjinakkan bom atau akan mati dan tereliminasi.

23. Life After

game multiplayer
Grid Games

Life After merupakan rekomendasi game multiplayer selanjutnya. Life After merupakan game dengan genre MMORPG. Game yang bisa buat mabar online ini hadir dengan tema zombie, dan punya gameplay cukup seru dan bikin adrenalin naik. Dalam game besutan NetEase itu, kita akan diajak untuk bertahan hidup di tengah wabah zombie.

Selain bertahan hidup dari serbuan zombie, di sini Sedulur akan bisa membangun rumah sebagai tempat tinggal. Serunya lagi, kita bisa bergabung dengan pemain lainnya untuk membangun sebuah pemukiman dan bersama-sama bertahan hidup, membuat senjata, bertukar bahan makanan, dan lain sebagainya.

24. Marvel Super War

Kincir

Tidak hanya ingin sukses dengan film-filmnya, Marvel juga ikut terjun ke dunia game multiplayer untuk memperluas multiverse yang dibangunnya. Game MOBA besutan Marvel ini menyajikan pertarungan 5v5 dengan menggunakan karakter superhero ataupun villain ikonik dari Marvel Universe.

Selain keseruan yang memang disajikan dari gameplay khas MOBA, kamu pun bisa memainkan para superhero Marvel. Tentu saja Sedulur bisa menemukan Iron Man, Hulk, Thor, Ant-Man, hingga Roket Racoon yang bisa dijadikan andalan sekaligus jagoan untuk menghancurkan base lawan.

BACA JUGA: 7 Hal yang Terungkap Lewat Squid Game Tentang Korea Selatan

25. Ragnarok: Eternal Love

game multiplayer
Gamebrott

Jika pembahasan pertama dibuka dengan game multiplayer Ragnarok Frontier, maka daftar terakhir akan ditutup oleh Ragnarok: Eternal Love. Salah satu variasi yang bisa kita nikmati untuk bermain Ragnarok di HP bersama dengan teman-teman sambil mabar.

Karakter yang bisa dipilih di game ini masih sama dengan Ragnarok sebelumnya. Secara visual tampilan game multiplayer ini menjadi lebih baik dan berkualitas, dan tentu saja dapat dimainkan di HP tidak perlu repot membuka PC untuk memainkan game satu ini.

Itulah tadi sejumlah daftar game multiplayer yang bisa Sedulur mainkan bersama dengan teman-teman Sedulur. Namun sekali lagi, perlu diingat jangan sampai kebablasan bermain game. Ingat waktu, ingat tanggung jawab dan kewajiban yang harus dilakukan. Jika semua itu telah terpenuhi dan dituntaskan, baru Sedulur dapat bermain game dengan tenang.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.