gaji pilot

Salah satu profesi yang banyak diincar oleh sebagian besar orang adalah pilot. Bukan tanpa alasan, faktor utama yang membuatnya tak pernah sepi peminat adalah gaji. Sudah bukan rahasia lagi jika gaji pilot per bulan memang cukup fantastis jumlahnya. Namun angka tersebut sebanding dengan jam terbang dan risiko pekerjaan.

Untuk menentukan salary, tergantung pada pangkatnya. Gaji pilot pemula dan senior cukup banyak selisihnya. Selain itu, bayaran yang diterima oleh pilot di Indonesia dan beberapa negara lain juga cukup berbeda. Supaya lebih tahu detailnya, jangan lupa untuk menyimak informasi di bawah ini.

BACA JUGA: Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

Pangkat pilot

Pangkat pilot
Unsplash

Untuk memperkirakan gaji pilot wanita dan pria, ada jenjang kariernya sendiri-sendiri. Sebelum bisa menjadi yang senior, ada tahap lainnya yang harus dilalui. Berikut tingkatannya:

-->

1. Second Officer

Second Officer adalah pangkat pertama yang didapatkan oleh lulusan pilot di sekolah penerbangan. Ia diizinkan untuk menerbangkan pesawat kecil dan didampingi oleh kapten. Gaji yang didapat ada di kisaran angka mulai dari Rp15 juta.

2. First Officer

Pangkat ini juga cukup familiar disebut dengan co-pilot. Di setiap penerbangan, dia duduk di sam[ping kapten dan gaji yang didapatkan adalah sekitar Rp30 jutaan.

3. Captain

Kapten memiliki tugas untuk mengawasi co-pilot ketika penerbangan dan bertanggung jawab selama perjalanan di udara. Gaji yang didapat juga rata-rata mulai dari Rp45 jutaan.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok, Anti Ribet untuk Pemula

1. Indonesia

Indonesia
Unsplash

Dari pangkat di atas, bisa didapatkan tentang berapa gaji pilot di Indonesia mulai dari Rp15 jutaan untuk pangkat paling rendah. Selain itu, salary yang didapat juga tergantung dari jenis maskapai yang beroperasi di tanah air.

Sebagai salah satu conton, berapa gaji pilot Citilink untuk kaptennya ada di kisaran Rp47 jutaan. Angka ini juga tidak berbeda jauh dengan Lion Air, Sriwijaya Air, AirAsia, dan beberapa maskapai lainnya.

Penasaran dengan gaji pilot Garuda Indonesia? angkanya tidak berbeda jauh dengan range di atas, kok. Angka itu bisa lebih tinggi ban bisa mendapai angka Rp70 juta tergantung 

BACA JUGA: Contoh Surat Pengalaman Kerja Terlengkap Berbagai Profesi

2. Tiongkok

pilot tiongkok
Unsplash

Berapa gaji pilot perbulan di Tiongkok juga tak kalah fantastis jumlahnya. Dalam satu bulan, paling tidak ada $25.000 per bulan atau sekitar $300 ribu per tahun yang masuk ke kantong. Bila dirupiahkan, kurang lebih Rp350 jutaan per bulan dan Rp4 M per tahun. Itu masih belum termasuk bonus tahunan, ya.

3. Perancis

pilot perancis
Unsplash

Ada bocoran yang menguak gaji pilot maskapai Air France sebagai salah satu referensinya. Seorang pilot senior bisa mendapat gaji sebesar kurang lebih Rp3,3 miliar per tahunnya untuk jam terbang 2 jam sehari. Cukup menggiurkan, bukan?

BACA JUGA: Pria Tajir Berbisnis Digital di Rumah Saja, Kerap Dicurigai Tetangga!

4. Belanda

belanda
Unsplash

Sebagai salah satu maskapai terbesar di Belanda, gaji pilot kapten berpengalaman adalah sekitar Rp4 miliar per tahunnya. Sebuah angka yang cukup besar, bukan?

5. Irlandia

irlandia
Unsplash

Salahs atu maskapai yang cukup besar dan ebrbasis di Dublin juga memberikan bayaran yang cukup tinggi. Per tahunnya, rata-rata gaji yang didapat adalah rata-rata mulai dari Rp200 juta hingga miliaran per tahun.

BACA JUGA: Begini Ciri-ciri Burnout, Penyebab & Cara Mengatasinya

6. Kanada

kanada
Unsplash

Negara ini juga dapat disebut sebagai yang memberi gaji pilot tertinggi di dunia. Sebut saja akan digelontorkan sekitar Rp3,3 miliar per tahun untuk kapten berpengalaman. 

Sekarang, kamu sudah mengetahui berapa gaji pilot yang ada di dunia, ‘kan. Siapa tahu tertarik untuk menyeriusi pekerjaan ini, lakukan segala persiapan fisik dan mental dengan matang. Ikuti pendidikannya dan semoga bisa mendapatkan pekerjaan yang diidamkan dan diimpikan.