Vitamin A merupakan kandungan gizi yang berguna dalam menyehatkan kesehatan mata, meningkatkan imun, reproduksi dan komunikasi antar sel. Namun, banyak orang beranggapan jika fungsi vitamin A hanya menyehatkan mata dan menjauhkan organ mata agar terhindar dari rabun jauh atau dekat.

Manfaat atau fungsi vitamin A lainnya adalah menunjang pertumbuhan dan pembelahan sel, lalu menjaga paru-paru, serta ginjal. Sumber terbaik asupan vitamin A bisa didapat dari makanan sehari-hari salah satunya adalah wortel. Penasaran dengan fungsi vitamin A bagi tubuh dan apa saja fungsi vitamin A pada mata, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini Sedulur.

Apa itu vitamin A?

Vitamin A adalah vitamin yang berfungsi untuk perkembangan dan kinerja berbagai organ pada tubuh. Seperti mata, kulit, organ reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh. Namun banyak orang lebih beranggapan jika fungsi vitamin A adalah menyehatkan mata dan menghindarkan mata dari ancaman penyakit serius seperti rabun jauh atau dekat. Asupan vitamin A sebenarnya bisa kamu jumpai pada makanan-makanan seperti hati sapi, susu, keju, yoghurt, telur, buah mangga, sayur bayam serta minyak ikan. Makanan-makanan ini berguna dalam menguatkan imunitas di dalam tubuh. 

BACA JUGA: 12 Jenis Vitamin Anak yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

1. Memperlambat dan mencegah rabun

fungsi vitamin a
Halodoc

Fungsi vitamin A pada mata adalah memperlambat dan mencegah rabun. Rabun bisa dialami oleh siapa saja, namun biasanya penyakit rabun bisa dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Namun sekarang ini, ada solusi tepat dalam mencegah dan memperlambat rabun yaitu dengan mengonsumsi kandungan vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan oleh mata untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata, menjadi sinyal saraf dan dikirim ke otak.

Tak hanya itu, kandungan beta karoten pada vitamin A, dapat memperlambat terjadinya degenerasi mata dan mencegah terjadinya rabun senja. Maka sebelum terlambat, konsumsilah banyak makanan vitamin A supaya mata terbebas dari masalah rabun dan sebagainya.

2. Membantu merawat kulit

fungsi vitamin a
Pikiran Rakyat

Selain mencegah masalah rabun, fungsi vitamin A untuk kulit adalah menjaga kelembapan pada kulit serta rambut dengan membantu produksi sebum atau minyak. Dalam dunia dermatologi atau ilmu yang mempelajari masalah kulit, retinoid dikenal sebagai kandungan yang biasa digunakan dalam permasalahan kulit. Adapun masalah yang kerap terjadi pada area kulit yaitu, jerawat, atau bisul. Penggunaan retinoid bisa dilakukan dengan mengoleskan saja di area kulit yang bermasalah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

fungsi vitamin a
Detik

Selain mengatasi persoalan kulit, fungsi vitamin A dalam tubuh ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Secara alamiah, tubuh mempunyai sistem imunitas guna melawan serangan penyakit yag bisa datang kapan saja. Fungsi vitamin A adalah merangsang respon pada sistem imun dan terlibat dalam pembentukan sel imun termasuk sel B dan T. Tak hanya itu, vitamin A juga berperan dalam memproduksi sel darah putih. Jika tubuh merasa kurang vitamin A maka membuat tubuh seseorang akan mudah terserang penyakit dan proses penyembuhannya pun bisa berlangsung lama.

4. Menunjang tumbuh kembang sel

Berikutnya fungsi vitamin A bagi tubuh adalah membantu dalam memelihara organ-organ penting seperti halnya jantung, paru-paru  dan otak. Bahkan mampu mengoptimalkan proses pertumbuhan dan pembelahan sel-nya. Sehingga fungsi vitamin A adalah menjaga bentuk sel sebagaimana mestinya.

5. Menjaga tumbuh kembang janin

fungsi vitamin a
Alodokter

Tak hanya menjaga kesehatan organ tubuh, fungsi vitamin A adalah bisa menjaga tubuh kembang janin pada ibu hamil. Supaya janin berkembang dengan baik dan sempurna, maka ibu hamil diharuskan mengonsumsi vitamin A secara rutin setiap hari. Mengapa harus demikian? Sebab vitamin A mampu memperkuat berbagai jaringan tubuh pada janin. Seperti otot, jantung, otak dan lainnya.

BACA JUGA: 11 Jenis Vitamin Ibu Hamil Terbaik yang Aman Dikonsumsi

6. Menurunkan risiko kanker

fungsi vitamin a
Kompas

Kanker termasuk penyakit paling ditakuti di seluruh dunia. Sebab, kanker sering menjadi penyebab kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala di awal perkembangannya. Sehingga baru bisa terdeteksi dan diobati saat sudah mencapai stadium lanjut. Maka dari itu supaya terhindar dari penyakit ini, Sedulur perlu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi vitamin A rutin dari sayur-sayuran dapat menurunkan resiko kanker. Sebab, kandungan zat antioksidan yang terkandung di dalam makanan vitamin A, seperti buah dan sayur-sayuran sangat tinggi karotenoid. Nah, karotenoid ini mampu melindungi tubuh dari resiko penyakit kanker.

7. Mencegah diabetes

fungsi vitamin a
MHomecare

Selain mencegah kanker, fungsi vitamin A antara lain adalah mencegah munculnya penyakit berbahaya seperti diabetes. Diabetes termasuk penyakit paling berbahaya selanjutnya selain penyakit kanker. Maka dari itu, sebelum diabetes menyerang tubuh kita alangkah baiknya, melakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan vitamin A. Konsumsi makanan tinggi beta karoten, dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

BACA JUGA: 12 Vitamin Rambut Rontok yang Bagus & Terbukti Ampuh

8. Mengobati campak

fungsi vitamin a
Halodoc

Tak hanya mencegah penyakit Diabetes, ternyata fungsi vitamin A bagi tubuh adalah dapat mengobati penyakit campak. Diketahui kekurangan asupan vitamin A bisa memicu munculnya penyakit salah satunya campak. Campak sendiri adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang sangat menular.

Penyakit campak bisa dilihat dengan munculnya ruam di area kulit di seluruh tubuh dan gejalanya seperti flu. Maka dari itu, mengatasi masalah ruam di sekujur tubuh, bisa rutin mengonsumsi vitamin A. Sebab, peran vitamin A bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Supaya imunitas tubuh meningkat dan terbebas dari campak, maka Sedulur wajib rutin mengonsumsi asupan dengan kandungan vitamin A tinggi.  

9. Mendukung kesehatan tulang

fungsi vitamin a
Dokter Sehat

Selain mencegah penyakit berbahaya di dalam tubuh, fungsi vitamin A bagi tubuh adalah dapat mendukung kesehatan tulang. Walaupun selama ini kita tahu kesehatan tulang selalu identik dengan vitamin D, namun ternyata vitamin A juga sangat dibutuhkan. Vitamin  A sangat dibutuhkan agar proses pertumbuhan dan perkembangan tulang bisa berlangsung dengan cepat.

10. Mengatasi masalah peradangan

fungsi vitamin a
Klikdokter

Terakhir fungsi vitamin A adalah mampu mengatasi masalah peradangan. Sebab, dalam vitamin A terdapat sifat antioksidan yang sangat bagus. Sehingga dapat mengatasi masalah peradangan di dalam tubuh Sedulur. Dengan keberadaan sifat antioksidan, maka vitamin A dapat berfungsi menetralisir radikal bebas dalam tubuh yang menjadi pemicu kerusakan di jaringan dan sel.

Vitamin A sangat diperlukan oleh tubuh yang tak hanya sekadar menjaga kesehatan mata, namun juga meningkatkan imunitas tubuh supaya terhindar dari penyakit berbahaya. Semoga ulasan di atas bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan Sedulur akan pentingnya fungsi vitamin A dalam tubuh.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.