Peran media sosial akan terasa semakin penting, terutama ketika ada kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial berskala nasional karena dampak dari virus corona. Interaksi sosial melalui online semakin marak terjadi sebagai ganti dari komunikasi langsung, karena adanya kebijakan tersebut. Salah satu media sosial yang bisa dijadikan opsi adalah Facebook. Jika Sedulur merasa aplikasi tersebut berat, bisa beralih dengan menggunakan facebook lite. 

Media sosial yang satu ini masih menjadi salah satu andalan orang yang ingin selalu terhubung dengan keluarga maupun teman-temannya. Penggunaan versi lite juga bisa menjadi salah satu opsi yang bisa dicoba jika Sedulur mempunyai memori ponsel yang terbatas. Seperti apa sih aplikasi facebook lite itu? Apa saja kekurangan serta kelebihannya? Simak selengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: 8 Cara Download Aplikasi di Laptop, Aman & Mudah (GRATIS!)

1. Apa itu facebook lite?

facebook lite
pexels

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store secara gratis ini merupakan versi ringan dari aplikasi Facebook yang standar. Pertama meluncur pada tahun 2015, aplikasi yang satu ini memiliki target pasaran untuk pengguna ponsel low-end serta beberapa lokasi dengan koneksi internet yang kurang bagus dan kurang memadai.

Aplikasi facebook yang satu ini mempunyai fungsi yang terbilang minimalis serta ringan. Saat sedulur selesai mengunduhnya, maka hanya akan ditemukan fungsi dasar dari bawaan Facebook saja dalam aplikasi ini. Selain itu, tampilan antarmuka nya akan jauh lebih sederhana. Meskipun facebook lite tampilannya cukup sederhana, namun informasi yang disuguhkan dalam aplikasi ini tidak berbeda dengan yang biasanya. Tombol-tombol dasar seperti Notifications, News Feed, Friend Requests, Messages, Videos, dan Options masih bisa ditemui dalam halaman utamanya. Konsep awal dari aplikasi ini tidak mengambil arsitektur awal dari aplikasi originalnya. Lalu, apa saja yang membuat aplikasi yang satu ini menjadi pembeda dengan aplikasi originalnya? Berikut adalah ulasannya.

2. Facebook lite hanya menggunakan sedikit memori

facebook lite
pexels

Aplikasi ini menggunakan ruang penyimpanan yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi standar dari facebook. Misalnya, dalam ponsel android merk xiaomi, ukuran memorinya adalah sebesar 54 MB untuk original, dan 1,6 MB untuk versi litenya. Facebook lite login bisa dijalankan sesuai dengan standarnya, tidak ada yang menjadi pembeda dalam hal ini. 

Setiap perangkat, ukuran yang ada memang cenderung bervariasi. Tapi, umumnya adalah sekitar 96-97 persen lebih kecil daripada versinya yang standar. 

Untuk pengguna yang memiliki memori dengan RAM kecil, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Ukuran tersebut terbilang cukup efisien, sehingga ruang penyimpanan yang tersisa masih bisa digunakan untuk kepentingan lain yang beragam. Ketika mengunduhnya, waktu yang diperlukan pun tidaklah lama. 

BACA JUGA: 9 Aplikasi & Cara Sadap WA Pasanganmu Tanpa Diketahui, Viral!

3. Bisa menghemat data internet

facebook lite
pexels

Selain menggunakan sedikit memori, aplikasi ini juga mampu menghemat data internet. Kelebihan yang satu ini tentunya sangat diinginkan oleh semua orang yang ingin menghemat uang. Dengan kelebihan ini, tentunya tidak membuat login facebook lite login menjadi susah. Pengguna smartphone masih tetap bisa mengaksesnya dengan mudah serta tidak lemot meskipun masih memakai jaringan 2G. Hal tersebut dikarenakan adanya desain minimalis yang membuatnya tidak memakan banyak konsumsi data internet. Tentunya, juga bisa menjadi suatu hal yang menguntungkan bagi pengguna 2G karena ringan dipakai. Pada facebook yang original, tentunya akan terasa berat jika diakses dengan 2G.

4. Proses loading yang cepat

facebook lite
pexels

Nilai plus dari aplikasi yang bisa disebut juga dengan free facebook ini adalah kemampuan mengunggah video, foto, serta statusnya yang lebih cepat. Sehingga, akan memberikan user experience yang semakin menarik dan baik. Foto akan dikonversi secara otomatis dan diubah menjadi ukuran yang lebih kecil ketika mengunggahnya. Foto tersebut akan menjadi jauh lebih kecil, misalnya adalah foto yang berukuran 1 MB, akan dikonversi menjadi 150 Kb saja. 

Hal tersebut membuat pengguna dapat menghemat waktu ketika sedang memakai aplikasi ini. Juga, waktu tersebut dapat digunakan untuk melakukan aktivitas lain yang masih ada di dalam satu aplikasi. 

Adanya pengurangan fitur serta elemen desain dari versi original adalah penyebab dari proses loading dari lite cenderung lebih cepat. Banyaknya fitur serta elemen lainnya dianggap memberatkan sistem. Sehingga, aplikasi ini bisa dijalankan pada jaringan 2G dengan sedikit data yang termakan.

Tidak seperti versi originalnya, aplikasi ini tidak bisa melakukan secara otomatis pengunduhan gambar yang memiliki resolusi yang tinggi. Justru, resolusi yang didapatkan akan cenderung rendah dan gambar dan foto tidak akan terjadi secara otomatis. Video juga hanya akan berjalan secara otomatis jika terhubung dengan jaringan WiFi saja.

BACA JUGA: 11 Aplikasi Cari Jodoh yang Lagi Hits di Kalangan Para Jomblo

5. Fiturnya tidak selengkap Facebook biasa

pexels

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa aplikasi ini menghilangkan beberapa fitur yang dianggap berat, sehingga ukurannya akan menjadi kecil. Meskipun ukurannya tidak selengkap facebook biasa, untuk masuk facebook lite ini caranya adalah sama dengan versi original. Jadi, dengan hilangnya beberapa fitur tersebut, pengguna tetap bisa menjalankannya dengan baik. Sebelum facebook lite didownload oleh Sedulur, sebaiknya mengetahui beberapa fitur yang tidak bisa ditemui dari versi kecil dari facebook adalah sebagai berikut:

  • Menulis catatan (notes)
  • Kualitas foto lebih buruk
  • Upload video maksimal hanya 2 MB
  • Kualitas video lebih buruk serta tidak otomatis
  • Banyak efek animasi yang dihilangkan

6. Memiliki tampilan sederhana dan kualitas gambar lebih kecil

pexels

Seperti yang sudah diketahui bahwa aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan kualitas gambarnya cenderung lebih kecil. Maka dari itu, fitur yang ditawarkan pun juga masih belum maksimal. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi ini tidak mendukung beberapa hal, misalnya adalah dalam hal memutar video. Meskipun keunggulannya adalah bisa diakses dengan cepat serta bisa diakses di semua jaringan, namun hasilnya adalah kualitasnya menjadi buruk dan cenderung blur. Bahkan, video tidak bisa diputar ketika menjalankan aplikasi ini. Namun, untuk melakukan login facebook lama membuat akun baru masih tetap bisa dilakukan.

Hal tersebut tentunya berpengaruh dengan kecepatan dan kestabilan jaringan pada aplikasi. Meskipun kualitas yang diberikan kecil dan terbatas, namun kecepatannya cukup stabil dan cenderung cepat. Dengan kualitas yang diberikan tersebut, tentunya juga berpengaruh dengan sedikitnya bandwith atau data internet yang dibutuhkan. Otomatis, gambar atau hasil foto yang dikirimkan ataupun dilihat oleh Sedulur akan terkompres alias berkurang resolusinya secara otomatis. Jadi, itu semua tergantung pada kebutuhan Sedulur. Jika Sedulur menginginkan kecepatan yang tinggi, maka aplikasi lite bisa menjadi pilihan. Namun, jika menginginkan beragam fitur, maka bisa mengunduh versi originalnya.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ala Selebgram di Android & iOS

7. Pengguna tidak bisa mengunggah video

pexels

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pada aplikasi facebook lite tidak bisa digunakan untuk mengunggah maupun mengunduh video. Alasan penghilangan fitur tersebut adalah karena dinilai boros dalam penggunaan paket data. Hal ini dikarenakan 

Tidak seperti aplikasi Facebook yang asli, FB Lite tidak bisa digunakan untuk mengunggah video. Alasan penghilangan fitur unggah video itu sendiri karena dinilai akan boros paket data. Hal ini tentu berlawanan dengan tujuan FB Lite yang ingin menyajikan media sosial dengan hemat data.

8. Download Facebook Lite terbaru

pexels

Setelah mengetahui kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh Facebook Lite, maka selanjutnya adalah mengunduh aplikasi ini dengan versi terbarunya. Jika Sedulur memiliki smartphone dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi serta jaringan dan data internet yang cukup terbatas, maka disarankan untuk mengunduh versi litenya. Berikut adalah tautan yang bisa Sedulur gunakan untuk mengunduhnya melalui google play:

Download FB Lite

Selain itu, ada juga versi lite dari messenger yang bisa Sedulur unduh melalui tautan di bawah ini:

Download Messenger Lite

Facebook lite apkpure

Demikian adalah beberapa kekurangan serta kelebihan dari facebook lite yang bisa Sedulur ketahui sebelum mengunduhnya. Secara garis besar, kegunaan yang dimiliki dari keduanya adalah sama. Namun, pilihan tersebut tergantung oleh Sedulur yang cenderung menggunakan aplikasi ini untuk apa. Jika hanya melihat status saja, maka lite bisa dijadikan sebagai pilihan. Jika ingin melihat bermacam-macam video, maka bisa memilih aplikasi originalnya. Semoga bermanfaat!