doa sehari-hari

Mengenalkan dan mengajarkan anak berbagai hal merupakan kewajiban sebagai orangtua. Salah satu hal penting yang harus dikenalkan dan juga dipahami oleh anak-anak adalah doa sehari-hari. Semua agama tentunya mengajarkan umatnya untuk berdoa agar semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan menjadi pribadi yang bertaqwa kepada Tuhan. Mengenalkan doa sehari-hari kepada anak-anak bisa dilakukan orangtua sejak dini, lebih baik jika usia anak sekitar 2 tahun. Hal ini karena pada usia tersebut, anak-anak sedang mengalami masa transisi dan mulai aktif tertarik pada berbagai hal, salah satunya adalah komunikasi.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua yang baik, kita perlu mendidik dan mengajarkan anak-anak untuk berdoa sejak dini, terutama belajar doa sehari-hari sebagai bekal untuk masa depannya. Namun, perlu diketahui jika sebaiknya, doa yang diajarkan jangan terlalu panjang dulu. Contohnya adalah doa dari bangun tidur sampai tidur lagi, atau doa saat akan mulai belajar. Yuk, simak 25 doa sehari-hari beserta artinya yang pendek dan mudah dihafal untuk si kecil di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Hydrating Toner yang Bagus Untuk Melembabkan Kulit Wajah

1. Doa Sebelum Belajar

doa sehari-hari
My Salah Mat

Yaa robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa

-->

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman”

2. Doa Sesudah Belajar

Allaahumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.”

3. Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat

Allahumma innii as-aluka ‘ilmaan naafi’aan wa rizqoon thoyyibaan wa ‘amalaan mutaqobbalaan

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezki yang baik dan amal yang baik Diterima. (H.R. Ibnu Majah)”

4. Doa Untuk Kedua Orangtua

doa sehari-hari
Shutterstock

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

5. Doa Sebelum Makan

MuslimSG
Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannaar
 
Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”
 

6. Doa Sesudah Makan

Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin
 
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”
 

7. Doa Sebelum Tidur

doa sehari-hari
Reshot

Bismikallaahumma ahyaa wa ammuut

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku hidup dan aku mati”

BACA JUGA: Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar dan Subur

8. Doa Setelah Bangun Tidur

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”

9. Doa Akan Masuk Kamar Mandi

Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khoaaitsi

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan”

10. Doa Keluar Kamar Mandi

Ghufraanakal hamdu lillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa ‘aafaanii

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

11. Doa Keluar Rumah

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

12. Doa Masuk Rumah

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

13. Doa Sebelum Wudhu

Ibupedia

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

14. Doa Setelah Wudhu

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh”

BACA JUGA: 10 Manfaat Saffron Untuk Wajah Merona dan Bebas Jerawat

15. Doa Ketika Bercermin

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”

16. Doa Sebelum Membaca Al-Quran

Pinterest

Allahummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya: “Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

BACA JUGA : 12 Multivitamin yang Bagus Untuk Kekebalan & Daya Tahan Tubuh

17. Doa Setelah Membaca Al-Quran

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

18. Doa Memakai Pakaian

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu

Artinya: “Dengan nama-Mu yaa Allah akku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya”

19. Doa Memakai Pakaian Baru

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

20. Doa Melepas Pakaian

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”

21. Doa Sebelum Naik Kendaraan

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun
 
Artinya :”Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. “
 

22.Doa Ketika Sedang Sakit

A’udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru.

Artinya: ” Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

23. Doa Menyambut Pagi Hari

Alloohumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuuru

Artinya: “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

24. Doa Menyambut Sore Hari

Reshot

Allahumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir

Artinya: “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

25. Doa Setiap Jumat Pagi

Astaghfirullaahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyal qayyuuma wa atuubu ilaihi.

Artinya: ” Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia Yang hidup kekal serta terus menerus mengurus (makhluk), dan aku bertobat kepada-Nya.”

 Itu dia 25 bacaan doa sehari-hari islam yang bisa diterapkan dan diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Jika kita bisa mengajarkan berdoa kepada anak, maka akan menjadi kebiasaan bagi anak untuk berdoa sampai mereka besar nanti. Perlu diketahui jika kita mengajarkan anak untuk berdoa, tentunya kita juga harus bisa mempraktekkan secara langsung agar bisa menjadi contoh yang baik bagi anak, ya!