desain rumah jawa modern

Desain rumah Jawa modern cocok untuk Sedulur yang ingin memiliki hunian dengan perpaduan tampilan kekinian dan seperti rumah tradisional. Konsep ini memang seperti desain rumah klasik yang umumnya banyak menggunakan material kayu jati.

Karakteristik utama rumah Jawa bisa terlihat dari beberapa bagian. Pertama, ada atap tajug berbentuk semacam piramida mengerucut. Tajug sendiri diibaratkan sebagai bentuk gunung yang zaman dulu diyakini sebagai tempat tinggi sakral dan didiami oleh para dewa.

Selanjutnya, ada empat tiang penyangga yang disebut sebagai soko guru. Tiang tersebut berfungsi untuk menopang atap dan gambaran kekuatan empat penjuru mata angin. Bagi Sedulur yang membutuhkan referensi, berikut ini desain rumah Jawa modern yang menarik untuk kamu.

BACA JUGA: 11 Desain Plafon Rumah Kayu Beserta Langkah Perawatannya

-->

1. Rumah joglo Jawa modern 

desain rumah jawa modern
Unsplash/Marvin Meyer

Tidak semua rumah Jawa memiliki desain yang rumit. Jika Sedulur menginginkan desain modern dengan konstruksi yang sederhana, Sedulur bisa memilih bagian sisi atapnya yang berbahan kayu dengan dipadukan bangunan yang modern dan tampak kekinian.

2. Rumah Jawa modern atap putih

Jika kita melihat tampilan rumah tradisional maka banyak didominasi dengan penggunaan bahan kayu yang berwarna cokelat sehingga terlihat unik dan klasik. Agar terlihat lebih modern, kita juga bisa memodifikasi melalui permainan warna pada beberapa aksen, termasuk dengan menggunakan warna putih sebagai warna dasar rumah.

3. Rumah Jawa dengan atap terbuka

Biasanya rumah Jawa identik dengan penggunaan atap yang sama dengan lainnya. Namun kita juga bisa melakukan modifikasi pada bagian atapnya dengan bentuk terbuka.

Dengan menggunakan atap terbuka tersebut bukan hanya untuk memperlancar sirkulasi udara saja, namun juga lebih meningkatkan nilai estetika. Sehingga selain bisa membantu sirkulasi udara, kita juga bisa melakukan teknik aeroponik pada bagian atap rumah.

4. Rumah Jawa oriental

Walaupun secara umum rumah Joglo mayoritas mengedepankan adat Jawa, namun kita juga bisa memadukan gaya Jawa dengan arsitektur khas oriental berkarakter. Hal tersebut dilakukan agar tidak terlalu monoton.

Perpaduan kedua budaya tersebut dilihat dari penggunaan susunan kayu dan konstruksinya. Untuk bagian depannya dilengkapi dengan batu-batu alam serta tanaman hias yang cantik.

5. Penggunaan atap kayu segitiga

Untuk membuat tampilan rumah agar kental dengan konsep Jawanya, maka bisa menggunakan plafon atap rumah dengan bentuk segitiga. Hal tersebut akan membuat kesan Jawa lebih kuat, selain itu juga rumah terlihat lebih luas karena menggunakan efek atap yang meninggi.

Model rumah joglo semacam ini sangat cocok diterapkan bagi Sedulur yang memiliki luas hunian terbatas.

6. Ruang makan di belakang ruang keluarga

Bagi orang Jawa berkumpul bersama dengan keluarga merupakan suatu hal yang wajib. Jadi biasanya mereka membutuhkan tempat yang luas untuk acara kumpul keluarga. Kita juga bisa mengintegrasikan ruang makan dan ruang keluarga dengan penggunaan furniture kayu yang sesuai dan serasi.

7. Kesan rustic dari kayu ekspos

Desain khas Jawa juga bisa terlihat dari penggunaan ukiran kayu pada bagian rumahnya. Menggunakan unsur kayu yang sengaja tidak dicat bisa juga dijadikan hiasan modern yang menampilkan desain Jawa klasik.

Bukan hanya itu, penggunaan kayu eksotis tersebut juga bisa memberikan kesan rustic. Biasanya desain rustic dan etnik mengandalkan kayu yang dibiarkan polos seperti aslinya tanpa memberikan sedikitpun sentuhan atau polesan.

8. Warna tanah yang kental

Untuk penggunaan warna pada desain rumah Jawa biasanya menggunakan warna-warna tanah. Pada bagian interiornya, kita bisa menggunakan desain gradasi warna cokelat. Kita bisa mengaplikasikannya pada dinding, pelapis sofa, kelambu ataupun komponen dekorasi lainnya.

Karena bagian dalamnya menggunakan interior warna-warna yang kalem, maka membuat terasa lebih luas.

9. Penggunaan batu bata merah

Untuk penggunaan batu bata merah ini juga bisa digunakan untuk desain rumah Jawa modern. Batu bata merah tersebut bisa kita aplikasikan untuk dinding rumah. Jaman dahulu, batu bata merah juga banyak dipakai untuk rumah Jawa tradisional.

Namun saat ini agar tampilannya lebih menarik maka kita bisa memadukannya dengan gaya modern.

10. Unsur rotan modern

Biasanya selain unsur kayu pada hunian rumah Jawa, penggunaan material lain yang sering dipakai yaitu bambu dan rotan. Kedua bahan tersebut bisa juga diaplikasikan pada penggunaan furniture rumah seperti kursi, meja, dan hiasan dekorasi lain.

Agar bisa menampilkan kesan modern dan tradisional yang maksimal maka kita bisa menggunakan unsur rotan dengan warna yang monokrom seperti hitam.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Desain Atap Rumah Dengan 2 Teras yang Minimalis

11. Desain atap rumah berwarna terang

desain rumah jawa modern
Unsplash/Amar Syazwan

Pada umumnya memang rumah joglo yang berasal dari Jawa beratapkan genting yang berwarna kecokelatan. Namun, untuk membuatnya lebih menarik dan segar, Sedulur bisa menggantinya dengan warna atap yang cenderung lebih terang. Material batu bata tetap dapat dipertahankan dengan warna cokelat tua.

12. Model rumah Jawa modern dengan hiasan kolam ikan

Mempertahankan tiang-tiang yang menjadi salah satu ciri khas utama rumah Jawa memang layak dijadikan center of attention. Tiang yang biasa disebut soko tersebut memperindah teras depan rumah.

Untuk rumah yang tidak terlihat monoton, Sedulur dapat menambahkan dekorasi kolam ikan pada bagian sisi luar teras. Kolam ikan dengan air mancur di dalamnya mempercantik hunian bukan?

13. Rumah Jawa minimalis dan nyaman

Desain rumah Jawa modern yang terkesan minimalis pun bisa Sedulur perlihatkan dalam eksterior. Sedulur bisa menggunakan warna gelap yang menjadi ciri khas rumah minimalis yaitu hitam atau abu-abu gelap pada atap dan beberapa bagian luar rumah.

Bangunan tetap dibuat dengan bentuk simetris tanpa lekukan namun tetap mempertahankan model atap trapesium.

14. Desain rumah dengan aksen ornamen jawa

Kalau Sedulur kurang menyenangi desain atap berbentuk trapesium yang menjadi ciri utama rumah Jawa, Sedulur bisa bermain pada ornamen. Rumah Jawa modern sederhana tetap klasik dengan pemakaian ornamen Jawa pada dekorasi eksterior.

Contohnya seperti mempertahankan dinding batu bata tanpa finishing cat, lampu luar yang berbentuk kejawen atau ukiran pada pagar.

15. Rumah Jawa modern sederhana dengan taman luas

Kesederhanaan dari model rumah Jawa bisa diwujudkan dalam bentuk dekorasi taman pada bagian depan rumah yang cukup luas. Walau mungkin ini tidak dapat berlaku pada rumah dengan lahan terbatas, namun Sedulur bisa menyiasatinya dengan desain taman yang mengitari keseluruhan rumah.

16. Perpaduan desain rumah panggung dan Jawa

Rumah Jawa selanjutnya memiliki desain perpaduan rumah adat Indonesia, yaitu rumah adat Sumatera dan Jawa. Rumah yang Sedulur buat bisa berbentuk jenis rumah panggung dengan atap joglo yang menjadi ciri khas.

Tidak perlu semua material berbahan kayu, Sedulur bisa memadupadankan dengan beton maupun batu alam pada desain luar pondasi.

17. Rumah Jawa dengan atap gading

Model rumah Jawa modern dengan atap berbentuk gading juga bisa dijadikan salah satu ide menarik. Model atap yang menjuntai dengan ornamen khas pada bagian ujung atap menambah kesan klasik dari arsitektur bangunan itu sendiri.

Apalagi bila menggunakan model pintu gebyok yang menjadi salah satu ciri utama pada bagian hunian Jawa, pasti akan lebih menarik lagi.

18. Desain rumah Jawa dengan ruang terbuka

Ingin memiliki desain klasik Jawa kekinian? Sedulur bisa membuat desain rumah Jawa sederhana dengan mayoritas ruang tanpa sekat atau biasa disebut desain ruang terbuka. Selain baik untuk sirkulasi udara dalam rumah, hunian dengan lahan terbatas tetap akan terlihat luas.

19. Model rumah Jawa limasan

Rumah dengan bentuk atap limasan persegi panjang dapat diaplikasikan dalam hunian. Cocok untuk hunian satu lantai dengan bagian carport yang cukup besar. Selain pintu gebyok, Sedulur pun dapat menambah detail dekorasi berwarna kecokelatan pada tampilan muka rumah.

20. Rumah Jawa berpaviliun

Untuk Sedulur yang menyukai tema rumah model paviliun atau layaknya berada di sebuah bangunan lebar yang memiliki banyak tempat untuk bercengkrama, dapat memadupadankan dengan kolam ikan kecil di depannya.

Rumah yang yang dikelilingi kolam, akan terasa sejuk dan nyaman, apalagi dengan full desain kayu dalam material bahan rumah.

BACA JUGA: 8 Inspirasi Desain Rumah Atap Pelana Modern dan Elegan

21. Rumah Jawa atap khas joglo 

desain rumah jawa modern
Pexels/Thanh Luu

Bangunan minimalis kekinian dipadupadankan dengan atap khas rumah Joglo membuat bangunan terlihat lebih modern. Jarak antara bangunan yang terkesan terpisah, dapat disatukan lewat pilar-pilar penyangga.

22. Desain rumah Jawa modern pendopo

Mengambil aspek atap dan juga konsep pendopo di depan pintu masuk, Sedulur bisa mendapatkan rumah sederhana yang kental dengan budaya Jawa. Meskipun tidak ada pilar-pilar besar, kesan Jawa pada hunian ini diperkuat dengan adanya ornamen tradisional di atas atap dan juga di teras rumah. 

23. Desain rumah Jawa 2 lantai 

Selanjutnya ada rumah dengan desain 2 lantai yang memakai soko di bagian depan dan juga atapnya. Di bagian teras bisa dibangun atap yang terpisah dari atap utama yang menyerupai konsep pendopo. Nuansa etnik juga terasa lewat carport dan balkonnya.

24. Desain rumah Jawa modern 2 lantai dengan taman luas

Jika Sedulur mempunyai tanah yang cukup luas untuk dibangun rumah, tidak ada salahnya membuat rumah yang lengkap dengan taman, misalnya taman minimalis. Sebagaimana rumah-rumah tradisional, taman adalah salah satu ciri dari kemewahan dari sebuah rumah tradisional Jawa pada masanya. Konsep ini bisa dilengkapi dengan pilar sebagai struktur rumah dan juga atap khas dari rumah tradisional Jawa.  

25. Desain rumah klasik Jawa modern dengan kolam renang

Kamu juga bisa menerapkan desain interior rumah klasik Jawa modern dengan mayoritas ruang tanpa sekat. Tentunya, jika Sedulur menyukai desain rumah terbuka. Apalagi dengan adanya kolam renang.

26. Desain campuran rumah Jawa bentuk piramida

Di bagian depan rumah Jawa bisa Sedulur buat pendopo kecil dengan atap menyerupai bentuk piramida. Bagian pendopo tersebut bisa difungsikan untuk menerima tamu atau untuk bersantai.

27. Rumah Jawa desain warna krem

Krem adalah warna yang cocok dipadukan dengan rumah Jawa bermaterial kayu jati. Kedua kombinasi warna tersebut memberikan kesan teduh sekaligus mewah pada hunian. Warna krem digunakan untuk bagian tembok yang memiliki motif khas batu alam.

28. Rumah Jawa modern simpel

Desain minimalis rumah Jawa modern bisa diperlihatkan pada bagian pagar. Bentuk pagarnya simpel, yaitu persegi dengan tarikan garis tegas dan bersih. Warna cat dari pagar pun bisa memilih abu-abu dan putih.

29. Rumah Jawa nuansa ala resort

Bangunan resort memiliki desain yang selaras dengan alam untuk memberikan kesan menenangkan. Beberapa bagian yang biasanya ada pada resor adalah pepohonan, rumput, atau aspek lainnya yang bernuansa alami seperti penggunaan material kayu. Jadi konsep ini bisa Sedulur pilih untuk rumah Jawamu.

30. Rumah Jawa dengan halaman depan untuk mobil

Rumah Jawa modern memiliki halaman depan yang bisa difungsikan untuk lahan parkir mobil. Halaman depan tersebut dilindungi oleh pagar yang terbuat dari material tembok dan kayu. Selain itu, terdapat pula bagian teras yang bisa difungsikan untuk ruang tamu.

BACA JUGA: Mudah, Ini 10 Cara Membersihkan Lumut Bandel di Rumah!

31. Desain joglo Jawa sentuhan mewah

desain rumah jawa modern
Unsplash/Pepe Nero

Rumah Jawa bisa dibuat lebih megah dan mewah dengan memiliki dua bagian. Pertama, ada bagian pendopo yang terkesan lebih tradisional dengan material kayu dan atap menyerupai piramida. Kemudian, di belakangnya terdapat rumah dua lantai berwarna putih yang megah.

32. Rumah Jawa joglo modern dengan gazebo

Gazebo adalah ruang terbuka yang bisa difungsikan sebagai tempat bersantai. Biasanya, gazebo ditempatkan di halaman belakang atau depan rumah. Sedulur pun bisa membuatmu di rumah Jawamu.

33. Rumah Jawa modern warna monokrom

Warna monokrom seperti abu-abu dan putih identik dengan rumah-rumah modern minimalis. Jadi, jika ingin memberikan sentuhan modern dan minimalis untuk rumah Jawa, Sedulur bisa melapisinya dengan cat warna monokrom.

34. Rumah Jawa bernuansa elegan

Kesan elegan tersebut tercipta berkat perpaduan tembok berwarna krem dengan material batu alam abu-abu. Warna ini tetap cocok dipadukan dengan warna cokelat kemerahan pada bagian atap rumah Jawa. Kemudian, pilar yang digunakan sebagai penyangga atap pendoponya juga dibuat lebih lebar untuk menciptakan kesan mewah.

35. Rumah Jawa dikombinasikan material kekinian

Desain rumah Jawa modern bisa dipadupadankan dengan material lain, seperti keramik atau marmer pada lantai, material beton yang digunakan sebagai kolom bangunan. Selain itu penggunaan warna juga sangat penting. Carilah skema warna yang sesuai dengan warna natural agar tidak bertabrakan.

Itulah tadi beberapa desain rumah Jawa modern yang bisa menjadi referensi. Kalau Sedulur suka yang mana nih? Semoga informasi di atas bisa membantumu mendapatkan informasi terbaik tentang rumah klasik ala Jawa ya!