atap rumah dengan 2 teras

Keberadaan teras tentu bisa memberikan warna tersendiri pada hunian. Tak hanya membuat ruangan menjadi lebih lega, teras juga bisa menjadi spot untuk bersantai di rumah. Jadi tidak heran jika banyak orang ingin mencoba atap rumah dengan 2 teras agar bisa menciptakan hunian yang nyaman.

Bagi Sedulur yang memiliki rumah dengan 2 lantai, maka konsep teras semacam ini bisa dicoba.  Selain memaksimalkan ruangan yang ada, penggunaan teras juga bisa menambah estetika hunian ketika dikunjungi orang lain.

Nah, agar Sedulur tidak bingung memilih atap rumah dengan 2 teras. Mari simak beberapa inspirasi menariknya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Model Granit Teras Depan Rumah Mewah, Terlihat Elegan!

Tips Membuat Teras Rumah Cantik

Unsplash/Martha Dominguez

Sebelum kita memberikan rekomendasi inspirasi untuk atap rumah 2 teras. Berikut ini beberapa tip agar teras rumah dapat lebih terlihat bagus di hunian Sedulur.

  • Selaraskan teras rumah dengan ketersedian lahan rumah, Sedulur harus menyesuaikan dan mengatur kesimbangan pembagian ruangan kosong untuk dipergunakan sebagai teras rumah dan bagian rumah lainya.
  • Hindari menggunakan bahan lantai yang licin dan mudah kotor. Sebab selain dapat berbahaya, jika teras rumah ada di bagian depan rumah pemilihan lantai yang tidak tepat akan mempengaruhi perwajahan rumah Sedulur di bagian depan.
  • Tambahkan ornamen-ornamen kecil untuk mempercantik teras rumah. Seperti pot bunga kecil, maupun hiasan-hiasan dinding dan hiasan gantung.
  • Untuk warna dinding teras rumah, gunakanlah warna yang sesuai dengan bagian rumah lainya. Jika Sedulur memilih bentuk desain rumah minimalis modern, pemilihan warna putih, hitam dan abu-bau dapat dijadikan alternatif. Atau bisa juga menggunakan batu alam pada dinding rumah Sedulur.
  • Sebagai bagian bangunan yang terletak di luar rumah, teras akan berhadapan langsung dengan cuaca. Oleh karena itu, kita harus memikirkan tekstur keramik teras. Apabila tinggal di daerah yang curah hujannya tinggi, pilihlah tekstur keramik atau porselen. Tekstur keramik ini cukup kasar sehingga tidak licin ketika hujan. Sementara itu, warna keramik di teras juga harus disesuaikan dengan tiang, tembok, serta atap teras.

BACA JUGA: 14 Tips Menata Kamar Sempit agar Terasa Lebih Luas & Nyaman

Inspirasi Teras Rumah 2 Lantai

Nah, setelah mengetahui tips dan trik membangun teras di rumah 2 lantai. Berikut ini beberapa inspirasi yang bisa Sedulur coba.

1. Teras cor balkon

atap rumah dengan 2 teras
Unsplash/Emma Van Sant

Atap rumah dengan 2 teras yang menarik dicoba pertama adalah gaya cor balkon. Sedulur bisa menerapkan konsep ini jika ingin memiliki balkon di lantai atas. Atap terbuat dengan dicor sehingga bisa difungsionalkan menjadi area balkon untuk bersantai dengan menyenangkan. Gunakan atap cor beton untuk hasil yang lebih kuat. 

2. Teras atap datar minimalis

Atap datar ini juga sering diterapkan pada rumah minimalis yang terlihat sederhana dari depan. Atap teras ini cocok untuk teras yang tidak terlalu lebar yang penting bisa digunakan untuk tempat berteduh di depan rumah. 

3. Teras luas sederhana

Inspirasi teras lantai 2 rumah minimalis yang selanjutnya adalah teras dengan ukuran luas. Teras berukuran luas pada lantai 2 memungkinkan kamu untuk merancangnya sesuai konsep yang diinginkan.

Misalnya saja teras lantai 2 rumah yang satu ini dengan dirancang secara sederhana. Dekorasi teras hanya menempatkan kursi betawi, tanaman hias, hingga patung. Teras seperti ini cocok untuk tempat ngopi atau teh pada pagi dan sore hari.

4. Teras dengan balkon cantik

Inspirasi teras selanjutnya dikonsep secara menarik dan menawan. Teras rumah ini menyesuaikan dengan fungsi balkon rumah sebagai area bersantai.

Teras tersebut berukuran minimalis dengan hanya menempatkan karpet cantik. Di teras tersebut kamu bisa bersantai sambil lesehan, sedangkan balkon outdoor bisa berfungsi untuk menikmati pemandangan.

5. Atap 2 teras estetik

Siapa yang tak ingin punya teras lantai atas seperti yang satu ini? Teras lantai 2 hunian minimalis ini dikonsep secara tradisional, namun estetis. Teras tradisional tampak terlihat pada pemilihan kursi ala zaman dulu.

Sementara itu, kesan estetis terasa pada lantai tegel yang unik dan antik. Ubin tegel itu tak memenuhi area seluruh lantai. Terdapat tanaman hias, salah satunya lidah mertua untuk mempercantik tampilan teras.

6. Teras dengan area bermain

atap rumah dengan 2 teras
Pexels/Pixabay

Inspirasi teras lantai 2 selanjutnya dibuat secara nyaman. Selain untuk tempat bersantai, teras ini berfungsi sebagai area bermain anak.

Namun, teras yang letaknya dengan balkon ini harus mempertimbangkan luas. Desain teras seperti ini kurang pas jika dirancang pada ukuran terbatas. Cukup dekorasi teras dengan tanaman hias, kursi santai, hingga area bermain untuk anak-anak.

7. Model teras tingkat kayu

Desain teras tingkat yang memanfaatkan material kayu hampir di seluruh bagiannya. Kayu sendiri dikenal sebagai bahan material yang sering digunakan karena memiliki banyak keuntungan.

Contohnya seperti cocok dengan berbagai arsitektur rumah, harga relatif terjangkau dan relatif kuat. Untuk desain pertama ini, suasana teras terlihat sangat nyaman dan cantik. Sedulur bisa mengganti material kayu dengan bambu jika ingin terlihat lebih unik.

8. Desain teras atap rumah serba putih

Ada desain teras tingkat minimalis serba putih yang terkesan mewah dan elegan nih Sedulur. Warna putih sendiri merupakan salah satu warna yang disukai banyak orang karena melambangkan kesucian.

Selain itu, warna putih juga membuat  suasana teras menjadi sedikit lebih terang dan luas. Jadi pantas saja kalau teras juga dapat dimanfaatkan sebagai warna teras rumah kamu, nih!

9. Konsep atap 2 teras dan carport

Kalau rumah kamu kebetulan berada di pojok, kamu bisa meniru desain rumah seperti gambar diatas. Rumah dengan style desain modern yang dilengkapi dengan taman dibagian depan dan carport ukuran sedang.

Rumah type 36 dengan 2 lantai ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan eksterior yang minimalist. Kombinasi 2 warna yaitu coklat dan cream sangat cocok diterapkan untuk desain rumah seperti ini.

10. Atap teras rumah minimalis bambu

Atap teras berbahan utama bambu tentu saja akan memberi efek eksterior yang terkesan aesthetic, terutama pada tampilan teras rumah. Model atap rumah ini juga sangat cocok dengan nuansa tropis Indonesia, sehingga di sepanjang musim suhunya tetap sejuk.

Namun jangan lupa untuk menggunakan jenis bambu yang berkualitas dan dirawat dengan baik. Pasalnya bambu sendiri bisa membusuk jika terus terkena air tanpa pernah dirawat.

BACA JUGA: 10 Model Tiang Teras Kotak Terbaik untuk Percantik Hunianmu

11. Atap teras miring modern

Pexels/Fomstock

Atap rumah miring ke belakang modern adalah jenis atap rumah miring yang paling banyak digunakan pada rumah minimalis kekinian. Atap ini rumah ini memiliki atap tunggal miring yang menempel pada dinding yang lebih tinggi.

Atap ini memberikan kesan yang modern, mudah dirakit, dan memiliki desain dengan kemiringan yang curam sehingga memungkinkan air hujan mengalir dengan mudah. Meski demikian, perhatikan dalam pembangunan atap rumah ini karena kalau kemiringan atap terlalu tinggi maka plafon rumah bisa menjadi rendah.

12. Model atap teras rumah jerkinhead

Atap miring jerkinhead merupakan salah satu desain rumah atap miring ke belakang. Desain ini merupakan kombinasi desain dari rumah atap pelana dan perisai. Keunikan dari atap rumah miring Jerkinhead ini adalah atap rumahnya dibentuk seperti pelana dengan ujung melengkung pendek dan mengarah ke bawah. 

Sayangnya, atap rumah miring jerkinhead ini masih jarang digunakan di Indonesia. Namun, di Inggris desain atap rumah miring ini sudah terkenal dan banyak digunakan. Kelebihan dari atap rumah miring ini adalah atap rumahnya lebih stabil dan dapat membangun ruang yang lebih banyak di bawah atap.

13. Atap rumah 2 teras gaya panggung

Bagi Sedulur yang menyukai konsep alami klasik, desain rumah minimalis 2 lantai ini bisa menjadi inspirasi selanjutnya. Rumah ini hadir dengan penggunaan kayu yang menarik, kokoh, dan natural.

Agar tak tampak sempit, gunakan konsep open space untuk ruang tamu, keluarga, dan dapur. Hal yang tak kalah menariknya lagi, hunian ini layaknya rumah panggung dengan penggunaan kaca  di setiap sisi pada lantai dua sehingga cahaya alami bisa masuk dengan optimal.

14. Model rumah atap 2 teras cottage

Bayangkan bagaimana nyamannya sebuah hunian berkonsep cottage di pinggir pantai yang diterapkan untuk hunian Sedulur. Fasadnya menggunakan kaca besar dengan pintu lebar dan berkonsep open space pada bagian ruang keluarga.

Sementara ada tangga kecil dari kayu di samping untuk menuju lantai dua yang bisa dijadikan area private. Teras depan rumah bisa Sedulur jadikan tempat bersantai pada pagi atau sore hari.

15. Gaya industrial atap rumah 2 teras

Pexels/Expect Best

Rumah industrial masih menjadi salah satu konsep rumah favorit millennials saat ini. Desain rumah ini hadir dengan penggunaan material besi dan kayu ekspos yang membuatnya terasa lebih maskulin dan modern, tetapi tetap hangat saat dilihat.

Penggunaan dinding kaca pada area lantai dua membuat hunian ini semakin modern dan mewah. 

Demikian tadi deretan inspirasi gaya atap rumah 2 teras yang bisa Sedulur coba. Tak hanya membuat hunian makin estetik, keberadaan teras bisa membuat rumah menjadi lebih lega dan luas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Sedulur saat ingin membangun rumah impian ya!