desain rumah atap pelana modern

Atap merupakan bagian penutup atas pada suatu bangunan dari panasnya matahari dan juga dinginnya hujan. Bentuknya juga kini sangat beragam, mulai dari datar, miring, bahkan sampai bergelombang. Nah, salah satu bentuk yang sering digunakan saat ini, yakni desain rumah atap pelana modern.

Bagi yang belum tahu, atap pelana modern sendiri adalah sebuah atap yang memiliki bentuk seperti halnya pelana kuda. Disebut sebagai pelana kuda, karena atas tersebut mempunyai dua sisi miring dengan kemiringan sekitar 35 derajat. Ya, benar-benar mirip seperti bentuk pelana kuda.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menggunakan desain rumah atap pelana modern, simak beberapa rekomendasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 9 Inspirasi Atap Rumah American Klasik

1. Rumah minimalis dengan atap pelana simetris

rumah sederhana di kampung
Unsplash

Atap pelana simetris pada rumah minimalis memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya seringkali menjadi pilihan populer. Model atap pelana ini memberikan tampilan yang seimbang dan estetis pada rumah minimalis. Simetri menciptakan kesan teratur yang sering diidentifikasi dengan desain minimalis.

Atap pelana simetris cocok dengan prinsip desain minimalis yang menekankan kesederhanaan dan konsistensi. Simetri mendukung tampilan yang bersih dan tidak rumit. Atap pelana ini memungkinkan pemanfaatan ruang yang efisien di dalam rumah.

Tinggi langit-langit yang konsisten di berbagai bagian rumah menciptakan tampilan yang lebih luas dan terbuka. Desain atap pelana simetris dapat menyederhanakan struktur bangunan dan konstruksi, meminimalkan kompleksitas dan biaya pembangunan.

Desain rumah atap pelana modern ini juga memberikan fleksibilitas dalam desain interior. Ruang-ruang dapat diatur dengan lebih mudah tanpa keterbatasan akibat bentuk atap yang kompleks.

2. Rumah kontemporer dengan atap pelana miring

Kemudian ada atap pelana miring, yang memberikan tampilan yang modern dan kontemporer pada rumah. Sudut miring menciptakan kesan dinamis dan mengikuti tren arsitektur modern. Atap pelana miring menonjolkan bentuk dan siluet rumah, memberikan karakter visual yang unik dan menarik.

Bentuk atap miring memberikan kebebasan kreativitas dalam desain rumah kontemporer. Desainer dapat menggabungkan elemen-elemen kreatif seperti jendela besar, dinding kaca, atau teras atap. Atap miring juga cenderung memberikan ruangan yang lebih tinggi di bagian tengah rumah.

Hal ini meningkatkan keterbukaan dan memberi kesan luas. Desain atap ini memungkinkan pencahayaan alami yang maksimal ke dalam rumah, terutama melalui jendela atap atau dinding kaca yang besar. Sudut miring atap memberikan kesempatan untuk menciptakan ruang tambahan atau loft di dalam rumah.

3. Rumah kaca dengan atap pelana

desain rumah atap pelana modern

Atap pelana pada rumah kaca tentu saja membuat pencahayaan alami yang maksimal masuk ke dalam ruangan. Hal ini menciptakan atmosfer terang dan terbuka, mencocokkan karakteristik rumah kaca yang dirancang untuk memanfaatkan sinar matahari.

Atap pelana juga memberikan tampilan estetis yang elegan dan bersih pada rumah kaca. Garis atap yang sederhana dan simetris seringkali menyatu dengan desain minimalis yang umumnya terkait dengan rumah kaca. Desain atap pelana memungkinkan pemanfaatan ruang yang efisien di dalam rumah kaca.

Dengan atap yang tinggi di bagian tengah, Sedulur dapat menciptakan ruang dengan plafon yang tinggi, menciptakan kesan luas dan lapang. Atap pelana memungkinkan ventilasi yang baik, memungkinkan aliran udara yang lebih lancar di dalam rumah kaca, sehingga menjaga suhu yang nyaman.

4. Rumah dua lantai dengan atap pelana asimetris

Desain rumah atap pelana modern adalah rumah dua lantai dengan atap pelana asimetris. Atap pelana asimetris memberikan tampilan yang unik dan menarik pada rumah. Asimetri juga menciptakan desain yang berbeda dan dapat menonjolkan karakteristik arsitektur yang khas.

Desain atap pelana asimetris menambah keberagaman siluet rumah dua lantai. Ini dapat menciptakan tampilan yang lebih dinamis dan menarik secara visual. Keberagaman tinggi dan rendahnya atap pelana asimetris dapat memberikan tinggi langit-langit yang lebih besar di bagian tengah rumah dua lantai.

Hal ini menciptakan ruangan yang lebih lapang dan terang. Atap pelana asimetris memungkinkan pencahayaan alami yang maksimal di ruangan interior. Jendela besar atau bukaan atap dapat ditempatkan pada bagian tinggi atap untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari.

5. Rumah modern dengan atap pelana flating

Atap pelana flating memberikan tampilan modern dan minimalis yang konsisten dengan gaya desain arsitektur modern. Garis lurus dan bersih menciptakan estetika yang elegan. Desain atap pelana flating memberikan fleksibilitas dalam desain eksterior rumah modern.

Rumah modern dengan atap pelana flating juga bisa dengan mudah diintegrasikan dengan elemen-elemen arsitektural seperti jendela besar, dinding kaca, atau fitur eksterior lainnya. Atap pelana flating menciptakan potensi untuk memanfaatkan ruang di atas sebagai teras atap, taman atap, hingga tempat pendingin udara.

Tentu saja hal ini memberikan ruang ekstra untuk kegiatan outdoor atau bersantai. Bisa memudahkan penempatan panel surya atau teknologi energi terbarukan lainnya di atas atap, memaksimalkan potensi penggunaan energi terbarukan pada rumah modern.

BACA JUGA: Mudah! Begini Cara Memperbaiki Lantai Kayu Rusak & Tergores

6. Desain minimalis atap pelana kombinasi

atap rumah american klasik
Pexels/Pixabay

Kombinasi atap dapat memberikan tampilan estetika yang menarik dan unik pada rumah minimalis. Penggabungan dua jenis atap dapat menciptakan kontras visual yang menarik. Atap ini juga memungkinkan desain yang lebih kreatif dan inovatif.

Sedulur dapat menciptakan pola atau bentuk atap yang tidak mungkin dicapai dengan menggunakan satu jenis atap saja. Dengan menggunakan kombinasi atap, Sedulur bisa memanfaatkan ruang di dalam rumah dengan lebih efisien. Misalnya, atap miring dapat memberikan ruang yang lebih tinggi di bagian tengah.

Selain itu, kombinasi pada atap juga dapat menciptakan teras atap yang menarik dan fungsional. Hal ini dapat menjadi area bersantai atau tempat untuk menikmati pemandangan sekitar.

Kombinasi atap dapat disusun sedemikian rupa sehingga konsisten dengan gaya arsitektur minimalis yang menekankan kesederhanaan dan kebersihan garis.

7. Rumah modern dengan atap pelana dan teras

Menggabungkan atap pelana dengan teras pada rumah modern dapat memberikan sejumlah kelebihan yang meningkatkan fungsi dan estetika. Desain rumah atap pelana modern kombinasi antara atap pelana dan teras ini memberikan tampilan estetika yang modern dan kontemporer.

Garis-garis bersih dan simpel pada atap pelana dapat menyatu dengan desain teras yang stylish. Teras memberikan ruang terbuka yang dapat dinikmati sebagai area outdoor. Hal ini memberikan kesan lapang dan menyediakan tempat untuk bersantai, berkumpul, atau mengadakan aktivitas outdoor.

Atap pelana juga memungkinkan pemanfaatan ruang yang efisien. Dengan penambahan teras, Sedulur bisa mendapatkan ruang tambahan untuk kegiatan outdoor tanpa mengorbankan luas tanah yang signifikan.

8. Rumah modern tropis dengan atap pelana kayu

desain rumah atap pelana modern
Pexels/Pixabay

Penggunaan atap pelana kayu pada rumah modern tropis dapat memberikan sejumlah kelebihan yang mendukung estetika dan kenyamanan iklim tropis. Kayu memberikan tampilan yang alami dan hangat, menciptakan atmosfer yang bersahaja dan serasi dengan lingkungan tropis.

Kayu adalah bahan yang sangat fleksibel dalam desain. Sedulur dapat menciptakan atap pelana kayu dengan bentuk dan pola yang beragam sesuai dengan gaya modern tropis. Penggunaan kayu sebagai bahan atap lebih serasi dengan lingkungan alam tropis. Ini dapat menciptakan kesan harmonis dan alami.

Kayu memiliki sifat isolasi termal yang baik. Ini membantu meminimalkan penyerapan panas, yang penting untuk menjaga suhu interior rumah tetap nyaman di bawah sinar matahari tropis. Atap pelana ini juga memberikan fleksibilitas dalam desain interior, memungkinkan penataan ruang yang lebih kreatif.

Nah, itulah beberapa rekomendasi desain rumah atap pelana modern yang bisa Sedulur terapkan. Perlu untuk diketahui, setiap desain rumah dengan atap pelana modern memiliki karakteristik uniknya sendiri.

Jadi memang sangat penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan selera pribadi. Selain itu, Sedulur juga bisa berkolaborasi dengan arsitek untuk menciptakan rumah yang sesuai dengan visi dan keinginan.