plafon rumah kayu

Plafon menjadi salah satu bagian penting dalam rumah yang tidak boleh dikesampingkan. Selain plafon dengan bahan gypsum yang banyak jadi pilihan, beberapa tahun belakangan plafon rumah kayu juga jadi favorit.

Penggunaan plafon rumah kayu sendiri memang semakin diminati karena bisa memberikan kesan mewah dan estetik. Namun, plafon jenis ini membutuhkan perawatan ekstra agar tidak mudah termakan usia dan bebas dari serangan rayap.

Nah, bagi Sedulur yang ingin membangun rumah dan sedang mencari inspirasi plafon rumah kayu. Mari simak beberapa ide berikut ini!

BACA JUGA: Cara Mudah Membersihkan Sawang di Plafon Rumah

-->

Tips Memilih Plafon Kayu

Unsplash/Sidekix Media

Sebelum melihat inspirasi desain plafon rumah kayu yang menarik untuk rumah Sedulur. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih plafon kayu. Ini penting diperhatikan agar Sedulur bisa mendapatkan plafon yang aman dan kuat untuk hunian.

Berikut ini beberapa tips dan trik memilih plafon rumah kayu yang perlu Sedulur perhatikan.

  • Kayu yang ringan

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena kayu yang ringan memberikan dampak yang baik yaitu kerapatan saat menempel di rumah. Dengan kerapatan yang baik, tentu Sedulur tak perlu lagi khawatir dengan resiko terkelupasnya plafon dan resiko membahayakan para penghuni rumah.

  • Kayu yang kuat

Memilih kayu yang kuat tentu jadi alasan semua orang ketika ingin menciptakan plafon yang tahan lama untuk bertahun-tahun. Maka dari itu tak sembarang jenis kayu bisa dijadikan plafon. Ada beberapa kayu yang sudah terkenal kuat serta ringan yang bisa dijadikan plafon, yaitu kayu keruing, kayu ulin dan juga kayu kemua.

Setiap jenis kayu memiliki tiga tingkatan yang perlu diperhatikan, yaitu tingkat kuat, tingkat keras dan tingkat awet. Kayu-kayu tersebut memiliki tingkat kuat yang sangat baik, namun pasti berbeda dalam tingkat keras dan awet nya.

  • Cari fitur pengunci

Fitur pengunci pada plafon kayu ini sangat bermanfaat untuk membuat plafon kayu lebih stabil dan kuat. Untungnya, semua produk lambersering yang kami jual sudah menyediakan fitur pengunci T&G di bagian sampingnya. Sedulur nanti hanya tinggal memilih jenis kayu terbaik yang memiliki warna sesuai dengan konsep hunian yang Sedulur idamkan.

Teknik Perawatan

plafon rumah kayu
Unsplash/Mateo Fernandez

Plafon rumah kayu memang cukup menarik untuk menciptakan suasana rumah yang warm dan bernuansa alami. Namun, material satu ini membutuhkan perawatan ekstra karena rawan lapuk dan diserang rayap.

Untuk itu, Sedulur perlu mempersiapkan perawatan rutin dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

  • Bersihkan permukaan kayu dari debu dan kotoran yang melekat dengan menggunakan kuas, kemoceng atau lap microfiber kering.
  • Lakukan rutin pembersihan tersebut, bisa setiap sebulan atau dua bulan sekali.
  • Kembalikan ke kilatannya atau pun warna nya memakai teok oil dan bila perlu diplitur atau dicat ulang.
  • Agar terhindar dari serangan rayap, Sedulur bisa menyemprotkan cairan anti rayap pada plafon setiap dua bulan sekali.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Plafon Kamar Tidur, Minimalis hingga Mewah!

Inspirasi Plafon Rumah Kayu

Unsplash/Steven Ungermann

Setelah mengetahui tips dan cara merawat plafon kayu, maka Sedulur akan siap untuk mencari desain yang cocok untuk di rumah. Berikut ini SuperApp sudah membuat beberapa daftar inspirasi yang dijamin bikin rumah makin tampak estetik dan natural.

1. Plafon kayu modern

Ingin menggunakan model plafon kayu yang modern? Model plafon di atas bisa jadi pilihan. Meskipun plafon kayu identik dengan gaya tradisional, desain plafon satu ini membuat ruangan terlihat modern elegan. 

Di tengahnya Sedulur bisa menambahkan lampu gantung minimalis dengan beberapa lampu hias ruang tamu kecil.

2. Plafon kayu gaya Jepang

Konsep hunian ala Jepang yang minimalis juga bisa terwujud lewat desain plafon rumah kayu yang tepat. Seperti contoh di atas, di mana model plafon bernuansa minimalis, terdiri dari susunan kayu yang tampak rapi. 

Sedulur juga dapat menonjolkan beberapa interior yang terbuat dari kayu sebagai pemanis ruangan. 

3. Plafon kayu bernuansa putih

Sedulur juga bisa mencoba desain plafon kayu rumah minimalis yang diperuntukkan bagi penyuka gaya minimalist rustic.Konsepnya cukup sederhana, kamu hanya perlu menggunakan material kayu untuk plafon dan mengecatnya dengan warna putih. 

Untuk mendukung konsep rustic ini, kamu bisa mengisi interior dengan furniture ruang tamu berwarna putih atau senada.

4. Plafon kayu gaya Skandinavia

Unsplash/Sidekix Media

Plafon kayu kamar tidur dengan gaya Skandinavia bisa dipilih, jika kamu menyukai kesederhanaan ala Bangsa Nordik. Model ini sangat mendukung rumah plafon tinggi, yang mampu memberikan kesan luas bahkan di ruangan sempit.

Untuk memperkuat kesan rumah Scandinavian, kamu dapat menambahkan vinyl kayu pada lantainya. Jangan lupa tambahkan juga karpet bulu besar sebagai ornamen.

5. Model plafon kayu jati

Ada plafon kayu ruang tamu dengan bahan kayu jati. Penggunaan material ini dapat kamu gabungkan dengan cat tembok berwarna putih. Dengan plafon kayu jati yang berwarna cokelat dan dinding rumah berwarna putih, ruangan jadi memiliki kesan mewah dan minimalis.

Ide ini cocok diterapkan pada ruangan dengan pencahayaan alami yang maksimal, seperti contoh di atas.

6. Model plafon gaya vintage

plafon rumah kayu
Unsplash/Collov Home Design

Desain plafon kayu klasik satu ini merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang menyukai rumah bertema retro atau vintage. Desainnya memang tidak terlalu populer, tetapi memiliki nilai keunikan dan keindahan tersendiri.

7. Bentuk plafon kayu lengkung

Ada model plafon kayu sederhana yang cukup unik, dengan bentuk melengkung layaknya busur. Desain plafon kayu unik ini dapat menjadi focal point untuk menonjolkan ruangan tertentu.

Dalam kasus di atas, ruangan tersebut adalah kamar tidur utama. Plafon ini sangat cocok untuk ruangan tanpa sekat. Dengan begitu, ruangan akan terlihat lebih besar dan luas

8. Plafon jati satu sisi

Bagi kamu yang ingin memadukan antara plafon kayu jati dengan gipsum, bisa mengaplikasikan contoh berikut. Plafon kayu hanya digunakan pada sisi kanan dan kiri saja, sedangkan bagian tengah menggunakan gipsum.

9. Plafon kayu model kontemporer

Sedulur dapat memilih plafon kayu bergaya kontemporer seperti ini untuk menciptakan ruangan yang estetis, namun tetap modern. Model-model plafon kayu tersebut bisa menjadi referensi kamu dalam membuat hunian yang lebih nyaman dan indah.

10. Plafon kayu ruang tamu

Meskipun ada jenis plafon kayu PVC, tetapi model plafon kayu ruang tamu dengan jati Belanda masih menjadi yang terbaik. Pilihan mendesain plafon dengan bentuk yang unik seperti pada gambar, akan membuat ruang tamu lebih mewah dan unik.

11. Model plafon minimalis

plafon rumah kayu
Unsplash/Sven Brandsma

Tentu akan lebih menyenangkan jika mendesain ruang keluarga dengan hal-hal yang cantik dan indah, seperti model plafon kayu minimalis ini. Saat berkumpul bersama keluarga akan menjadi lebih hangat dan menyenangkan, area ini juga bisa menjadi spot foto yang keren.

Demikian tadi tips dan trik memilih plafon rumah kayu. Semoga dengan informasi serta inspirasi di atas, Sedulur bisa mendapatkan desain terbaik untuk rumah impianmu ya.