dekorasi kelas 17 agustus

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia memang meriah. Tak hanya orang dewasa saja yang merayakan, tapi anak-anak sekolah juga ikut memeriahkan. Salah satunya dengan melakukan dekorasi kelas 17 Agustus yang unik.

Umumnya kegiatan dekorasi kelas dengan tema 17 Agustus ini merupakan rangkaian acara sekolah agar perayaan kemerdekaan lebih berkesan. Kegiatan ini juga membuat siswa menjadi lebih peduli pada sejarah dan memiliki jiwa nasionalisme yang kuat.

Nah, jika Sedulur sedang mencari ide dekorasi kelas 17 Agustus yang unik dan menarik untuk diterapkan dalam acara sekolah. Mari simak beberapa ide dan inspirasinya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Contoh Desain Poster 17 Agustusan yang Terbaru dan Keren!

-->

1. Hiasan burung garuda dari barang bekas

Pinterest

Ide dekorasi kelas 17 Agustus yang unik pertama adalah membuat hiasan burung garuda dari barang bekas. Hiasan satu ini tak boleh dilupakan karena burung garuda menjadi lambang dari Pancasila sebagai dasar negara Indonesia setelah mengumumkan kemerdekaannya.

Perumusan Pancasila sebagai dasar negara juga sangat penting ketika mengingat momen Kemerdekaan. Maka dari itu, kamu bisa membuat alternatif dekor Burung Garuda sebagai lambang Pancasila dari barang bekas.

Kreasikan burung garuda pancasila secara bebas menggunakan berbagai macam bahan seperti kardus, kertas karton, atau juga plastik bekas. Dengan kerja sama yang baik, kreasi ini cukup mudah untuk dibuat

2. Gunakan lampu hias merah putih yang kekinian

Hiasan dekorasi kelas 17 Agustusan yang unik akan semakin meriah dengan keberadaan lampu warna-warni. Belakangan ini, lampu led tali begitu populer dan banyak digunakan dalam menghias berbagai macam acara. Nah, Sedulur bisa menggunakannya juga nih.

Aoalagi kelas adalah ruangan tertutup yang tentu akan terasa gelap ketika matahari tidak bersinar. Demi merayakan Hari Kemerdekaan, kamu dapat memasang lampu LED merah putih untuk hiasan di dalam kelas. Walaupun di siang hari, cahaya akan terang dengan baik jika kamu menutup pintu dan jendela.

3. Kreasi kembang goyang merah putih bikin meriah

Selanjutnya, masih di kreasi origami merah putih, tapi dengan desain yang berbeda, yakni kembang goyang merah putih. Kembang ini memiliki berbagai jenis desain, baik polkadot, polos, ataupun strip. Ini bisa menjadi aksen yang bagus untuk kamu jadikan dekor kelas. Sedulur bisa menempelkan kembang goyang merah putih di papan tulis, ataupun dekat meja guru.

4. Buat kipas kertas merah putih

Kipas kertas origami bisa jadi pilihan untuk dekorasi kelas 17 Agustus yang unik juga lho. Cukup beli dan sediakan origami berwarna merah putih, Sedulur bisa langsung buat lipatan kertas bolak balik hingga menjadi kipas.

Setelah itu, tinggal kamu gabungkan kipas warna merah dan putih dengan lem kertas dan pasang di dinding. Jika Sedulur bingung dengan cara membuat kipas kertas merah putih, berikut ini langkah-langkahnya.

Pertama, siapkan origami putih dan merah masing-masing dua kertas (16 x 14cm). Ambil salah satu kertas origami dan lipat terus seperti membuat kipas pada biasanya. Lanjutkan langkah pertama tadiuntuk kertas origami lain. Jika sudah, lem bagian tengah dari setiap origami agar menyatu, tidak ada belahan.

Sandingkan tiap origami yang telah dilipat sesuai warna lalu lem agar menyatu satu sama lain. Siapkan dua batang es krim lalu tempelkan di pinggir lipatan kipas merah dan putih. Kipas bendera merah putih pun telah jadi.

5. Beri hiasan slinger rumbai merah putih

Slinger rumbai dengan corak warna merah putih cocok untuk meriahkan perayaan Hari Kemerdekaan. Kamu dapat menempelkan slinger rumbai di seluruh bagian dinding kelas. Dengan tambahan bendera plastik tersebut, akan menambah nilai dekorasi Hari Kemerdekaan nanti.

BACA JUGA: 35 Ide Kostum Unik 17 Agustus yang Anti Mainstream dan Lucu

6. Meriahkan suasana dengan balon merah putih

Dekorasi kelas 17 agustus yang unik
Pinterest

Jika ada jendela di kelasmu, pasanglah tirai warna merah atau putih. Selain berguna menghalangi kelas dari panasnya sinar Matahari, tirai merah putih akan menggantikan tirai lama kelasmu agar memberikan nuansa baru. Meriahkan juga dengan melengkapinya dengan balon berwarna merah dan putih yang dibiarkan melayang menyentuh langit-langit.

7. Pasang hiasan poster pahlawan dan quotes

Hias kelasmu dengan poster-poster bernuansa kemerdekaan atau poster quotes untuk menyemangati hari-harimu di kelas. Kamu juga bisa mencari foto-foto perjuangan para pahlawan nasional kemudian dicetak dalam bentuk poster.

Semangat tersebut bisa kamu dapatkan dengan menempelkan dinding kelasmu wallpaper berisi kutipan-kutipan atau quotes yang bagus dan menginspirasi agar mengingatkanmu terus berjuang keluar dari zona nyaman untuk nilai yang maksimal.

8. Menghias kelas dengan origami

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas origami atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Kamu bisa membuat origami burung garuda sebagai simbol Indonesia atau bentuk lainnya sesuai kreativitasmu. Origami itu dapat kamu gantung atau ditaruh di meja-meja sebagai hiasan.

9. Dekorasi kelas 17 Agustus pakai kertas krep

Kamu bisa mendekorasi ruangan kelasmu dengan kertas krep. Kamu bisa membuat pita kertas krep bernuansa merah putih, atau berkreasilah dengan bentuk-bentuk lainnya yang unik dan lucu. Lakukan dekorasi dengan teman-temanmu untuk meja, kursi, atau dinding kelas dengan kertas krep ini.

10. Bunga mawar bikin suasana kemerdekaan membara

Kamu bisa menghias kelasmu dengan tanaman bergenus Rosa ini. Terdapat 100 lebih spesies mawar di dunia, namun yang kamu butuhkan cukup bunga mawar yang berwarna merah dan putih. Letakkan di vas bunga cantik dan hias meja guru atau dosen dengan bunga mawar yang cantik ini. Selain warnanya yang cantik, bau harumnya akan membuat kelasmu lebih wangi.

BACA JUGA: 25 Hadiah Lomba 17 Agustus yang Bermanfaat dan Murah 2023!

11. Pasang bendera merah putih di kelas

Dekorasi kelas 17 agustus yang unik
SKT BPK Penabur

Bendera Indonesia memiliki makna filosofis yang dalam. Warna merah melambangkan keberanian raga manusia dan warna putih melambangkan kesucian jiwa manusia Indonesia. Bendera merah putih ini dapat kamu gunakan untuk banyak dekorasi, mulai dari taplak meja, tirai, atau sekedar ditaruh di samping kelasmu.

12. Tempel bendera plastik untuk hiasan 17 Agustus

Kamu bisa gunakan dekorasi bendera plastik merah putih kemudian diikatkan dengan benang kasur. Gantungkan dekorasi tersebut di atas papan tulis atau dinding kelasmu. Agar terlihat lebih penuh dan dekorasinya tertata, Sedulur bisa mengaturnya dengan cara menyilangkan setiap talinya. Bahan-bahan membuat dekorasi kelas 17 Agustus yang unik ini juga tidak sulit kok. Kamu bisa membuat bendera plastik sendiri atau membelinya di toko.

13. Gunakan spanduk bernuansa kemerdekaan

Kamu bisa desain spandukmu dengan aplikasi grafis seperti Corel Draw, Photoshop, atau Adobe Illustrator. Setelah itu, kamu cetak dan gantung spanduknya untuk menghias kelasmu.

Kamu bisa isi spanduk tersebut dengan quotes-quotes pahlawan nasional Indonesia atau informasi informatif tentang mereka untuk mengingatkanmu betapa besarnya perjuangan mereka untuk bangsa Indonesia.

14. Gelas plastik bekas bisa jadi hiasan menarik

Kamu bisa mendekorasi kelasmu dengan gantungan gelas plastik. Kamu dapat mengecat sendiri bersama teman-temanmu gelas plastik putih dengan cat air merah. Atau, kamu bisa membeli gelas plastik putih dan merah kemudian digantung selang-seling.

Gantung gelas-gelas tersebut di atas papan tulis atau di dinding. Gantungan gelas plastik berwarna merah putih tersebut pasti akan membawa nuansa semangat belajar di kelasmu!

15. Buat gapura mini untuk depan kelas

Membuat hiasan gapura mini pada bagian depan pintu tentu jadi dekorasi kelas 17 Agustus yang unik. Tidak serumit dengan pembuatan gapura di kampung atau jalanan, Sedulur bisa menciptakan gapura sederhana dari kardus karton bekas.

Namun, apabila ingin dekorasi yang lebih unik dan menarik. Sedulur bisa menggunakan beberapa bahan lain seperti triplek dan bambu yang nanti dicat sedemikian rupa agar terlihat meriah. Bagaimana, ide ini menarik banget kan Sedulur!

16. Hiasan payung mini merah putih cocok meriahkan kelas

Dekorasi 17 Agustus yang bisa Sedulur gunakan adalah payung merah putih. Umumnya, kamu harus membeli payung ini di toko. Tapi agar bisa lebih murah, Sedulur bisa menggunakan payung yang berukuran mini.

Hiasan payung merah putih sangat cocok ditaruh di sudut kelas agar memberikan suasana yang unik dan tidak biasa. Keberadaan payung juga dijamin akan membuat kelas makin indah dan bagus untuk dipakai sebagai properti foto.

17. Kreasikan bunga dari sedotan plastik

Ada banyak ide dekorasi kelas 17 Agustus yang unik agar perayaan dirgahayu RI makin semarak. Salah satunya dengan bahan dekorasi yang murah meriah dan mudah ditemukan seperti sedotan.

Sedotan nantinya akan dibuat dengan berbagai macam bentuk, seperti dilipat-lipat menjadi bunga atau digunting dan dianyam. Agar lebih menarik, sedotan sebaiknya dipilih berwarna merah dan putih sehingga bisa menggambarkan arti kemerdekaan.

Demikian tadi ide dekorasi kelas 17 Agustus yang unik untuk Sedulur coba. Hiasan-hiasan di atas dijamin bisa membuat suasana perayaan kemerdekaan RI di sekolah jadi semakin semarak dan meriah. Apalagi bahan-bahan yang digunakan juga tidak sulit dicari dan harganya murah.

Jadi selamat mencoba membuat dekorasi spesial kemerdekaan ya Sedulur!