Undangan pernikahan konvensional lazimnya berbentuk surat atau kartu, dengan isi pesan utama adalah untuk meminta kehadiran sang penerima undangan dalam acara pernikahan. Agar sang penerima undangan dapat hadir di acara itu, tidak lupa juga biasanya terdapat beberapa informasi penting yang tercantum di dalam undangan pernikahan, seperti nama kedua pengantin, keluarga mempelai, waktu dan tanggal acara, dan lain-lain. Dalam beberapa undangan terkadang juga terdapat informasi mengenai dress code, ketentuan berpakaian yang dikhususkan untuk tamu-tamu acara.

Nah, apabila Sedulur adalah salah satu orang yang sedang mempersiapkan hari bahagia tersebut, tidak ada salahnya untuk mencari referensi contoh undangan pernikahan. Yuk, langsung simak apa saja rekomendasinya bagi Sedulur dalam informasi di bawah ini!

BACA JUGA: Menarik Diketahui! Sejarah Hari Valentine Beserta Asal-Usulnya

Tips membuat undangan pernikahan

The Knot

Sebelum membahas mengenai contoh undangan pernikahan yang dapat Sedulur tiru, ada baiknya kita mengulas sedikit mengenai tips membuat undangan pernikahan yang baik dan benar.

-->

Secara garis besar, bentuk undangan terbagi menjadi dua; undangan fisik dan undangan digital. Undangan fisik adalah salah satu jenis undangan yang paling sering kita temui. Ia berwujud kartu ataupun kertas yang dikirim atau disebarluaskan sang pemilik hajat kepada calon-calon tamunya. Undangan tersebut dapat dicetak dengan menggunakan format softcover maupun hardcover.

Nah, jenis undangan lainnya yang akhir-akhir ini juga sering kita jumpai adalah undangan digital. Undangan digital tersebut semakin marak disebarluaskan ketika pandemi COVID-19 merebak sekitar dua tahun yang lalu. Undangan digital biasanya akan dikirimkan melalui media sosial atau aplikasi bertukar pesan seperti WhatsApp. Ia umumnya berbentuk gambar dengan format JPG (JPEG) atau PDF. Untuk isi dan format dari undangan digital sendiri mayoritas akan tetap sama seperti undangan fisik.

Nah, setelah Sedulur mengetahui jenis-jenis undangan pernikahan berdasarkan bentuknya tersebut, saat ini kita akan mengulas bersama-sama mengenai tips membuat undangan pernikahan. Apa saja tips-tips tersebut?

BACA JUGA: Daftar Menu JCO Beserta Harga Terbaru & Menu Terfavoritnya

1. Sesuaikan undangan dengan konsep pernikahan

Tips membuat undangan yang pertama adalah sesuaikan undangan tersebut dengan konsep pernikahan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, undangan pernikahan memiliki satu tujuan utama yakni memberikan informasi dan mengajak calon tamu untuk hadir dalam perayaan kasih tersebut.

Nah, akan lebih baik apabila undangan tersebut memiliki desain dan konsep yang serupa dengan acara pernikahan secara keseluruhan. Hal tersebut akan membuat setiap elemen dalam acara pernikahan kohesif satu dengan yang lain.

BACA JUGA: 10 Fakta Unik Singapura yang Jarang Diketahui Orang!

2. Pilih vendor undangan pernikahan yang terpercaya

Tips membuat undangan yang kedua adalah memilih vendor undangan pernikahan yang terpercaya dan profesional. Sedulur tentunya tidak akan memiliki waktu dan sumber daya yang cukup untuk membuat undangan pernikahan sendiri. Maka dari itu, biasanya pembuatan undangan pernikahan akan dilimpahkan kepada vendor jasa yang khusus melayani hal tersebut.

Pilih vendor yang sudah berpengalaman dan profesional. Tujuannya adalah agar setiap permintaan dan keinginan konsep undangan dari Sedulur bisa diwujudkan dengan apik oleh vendor tersebut. Undangan pernikahan yang bagus pun nantinya pasti memberikan kesan baik terhadap para tamu yang diundang.

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Paling Instagramable!

3. Hindari memilih desain undangan yang terlalu rumit

Tips membuat undangan yang ketiga adalah menghindari pilihan desain undangan pernikahan yang terlalu rumit. Undangan pernikahan mengandung berbagai informasi penting di dalamnya. Maka dari itu, hindari memilih desain undangan yang terlalu rumit agar setiap informasi tersebut dapat tersampaikan kepada calon tamu dengan semestinya.

BACA JUGA: Daftar Harga Listrik per KWH Terbaru untuk Non-Subsidi

4. Pastikan setiap kata dalam undangan dapat terbaca jelas

Tips membuat undangan yang keempat adalah pastikan setiap kata dalam undangan pernikahan sudah benar dan jelas. Masih menyambung dari poin ketiga tadi, setiap kata dalam undangan pernikahan haruslah dirangkai dengan benar dan jelas. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman informasi dari para tamu mengenai acara pernikahan.

5. Cek kembali undangan pernikahan secara keseluruhan sebelum dicetak dan disebarluaskan

Tips membuat undangan yang terakhir adalah untuk memastikan kembali draft undangan pernikahan dari awal hingga selesai, sebelum nantinya dicetak dan disebarluaskan. 

Selalu cek setiap sudut desain dan informasi di dalam undangan. Kesalahan dalam penulisan memang dapat dihindari, namun kemungkinan error tersebut tetap akan terjadi. Ada baiknya bagi Sedulur untuk meneliti kembali draft undangan sebelum nantinya dicetak dan disebarluaskan ke para calon tamu.

Contoh undangan pernikahan yang elegan, simple, dan inspiratif

Di bawah ini merupakan delapan contoh undangan pernikahan yang berhasil dihimpun dari beberapa sumber. Kira-kira contoh nomor berapa nih, yang menjadi favorit Sedulur? 

1. Contoh undangan pernikahan sederhana

contoh undangan pernikahan
Pinterest

2. Contoh undangan pernikahan Islami

contoh undangan pernikahan
Kartu Nikah

3. Contoh undangan pernikahan unik

contoh undangan pernikahan
Pinterest

4. Contoh undangan pernikahan elegan

contoh undangan pernikahan
Weddingku

5. Contoh undangan pernikahan digital

Wedding Market

6. Contoh undangan pernikahan untuk teman

Pinterest

7. Contoh undangan pernikahan bahasa Inggris

Wedding Market

8. Contoh undangan pernikahan lewat WA

Wedew

Nah Sedulur, itu dia informasi singkat mengenai contoh undangan pernikahan yang dapat dijadikan referensi. Selain memuat delapan contohnya, ulasan di atas juga membahas mengenai tips-tips yang perlu diperhatikan selama proses penyusunan undangan. 

Tips-tips tersebut mulai dari menyesuaikan konsep undangan dengan konsep pernikahan, menghindari desain yang terlalu rumit, hingga mengecek ulang undangan pernikahan sebelum akhirnya dibuat dan disebarluaskan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.