ciri ciri negara maju

Ada tiga tingkatan predikat yang akan diperoleh oleh setiap negara di dunia. Tingkatan tersebut adalah negara maju, negara berkembang, dan negara miskin. Perbedaan ketiga tingkatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Indikator inilah yang juga bisa menunjukkan ciri ciri negara maju.

Indonesia sendiri termasuk ke dalam tingkatan negara berkembang. Lalu, manakah negara yang termasuk ke dalam tingkatan negara maju? Cari tahu lebih banyak dengan scroll ke bawah.

BACA JUGA: Pengertian Bela Negara Serta Konsep, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian

pengertian
iStock

Sebelum membahas lebih dalam, Sedulur perlu mengetahui pengertian negara maju terlebih dahulu. Negara maju merupakan negara yang sudah berhasil dalam mencapai target pembangunan negaranya.

Predikat ini dapat dirain karena beberapa faktor. Mulai dari tingkat perekonomian, keamanan, maupun kemajuan teknologi yang membuat suatu negara menjadi ideal untuk dijadikan tempat tinggal.

Indikator negara maju

Indikator negara maju
iStock

Beberapa indikator negara maju antara lain adalah  rata-rata lama sekolah masyarakatnya tinggi atau lebih dari 10 tahun, kemampuan belanja tinggi atau lebih dari US$30.000 setiap tahun, dan angka harapan hidupnya tinggi atau lebih dari 80 tahun.

Indikator yang lain adalah dominasi sektor mata pencaharian yaitu sektor industri dan jasa, dominasi produk ekspornya berupa barang jadi, dan dominasi produk nasionalnya berupa produk jasa dan industri. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 8 ciri-ciri negara maju yang harus Sedulur ketahui.

1. Pendapatan per kapita yang tinggi

pendapatan perkapita negara maju
iStock

Ciri ciri negara maju menurut World Bank adalah negara yang memiliki pendapatan per kapita yang tinggi setiap tahunnya. Pendapatan per kapita yang tinggi dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi suatu negara.

Pendapatan ini juga menjadi salah satu ciri-ciri negara maju dari segi ekonomi. Dengan pendapatan per kapita yang tinggi, jumlah kemiskinan di negara tersebut akan dapat teratasi. Contoh pendapatan perkapita negara maju yaitu Amerika Serikat yang memiliki pendapatan per kapita di atas US$12.375 per tahun. Angka ini merupakan angka yang fantastis dan tidak semua negara dapat mencontohnya.

2. Ekspor lebih tinggi dibanding impor

ekspor tinggi
iStock

Ciri ciri negara maju selanjutnya adalah tingkat ekspor yang lebih tinggi dibandingkan dengan impor. Ciri ini sejalan dan sangat berpengaruh terhadap pendapatan perkapita suatu negara.

Tingkat ekspor di negara maju sangat tinggi karena keunggulan sumber daya manusia dan teknologi  yang dimiliki. Tingginya tingkat ekspor juga dipengaruhi oleh pemanfaatan hasil sumber daya alam untuk kesejahteraan negaranya.

Sebagai contoh negara Tiongkok atau lebih dikenal sebagai Cina. Negara tersebut kini menjadi negara maju karena sejak dulu memilki fokus pada perdagangan dan akhirnya menjadi negara eksportir nomor satu di dunia. Contoh nyatanya adalah dengan mudahnya menemukan tag bertuliskan Made in China di banyak barang yang dipakai oleh mayoritas orang.

BACA JUGA: Pengertian Hak Veto serta Sejarah & Negara yang Memilikinya

3. Tingkat pertumbuhan penduduk  rendah

ciri-ciri negara maju
iStock

Ciri selanjutnya adalah tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah. Rendahnya pertumbuhan penduduk dapat dijadikan acuan atau ciri suatu negara yang sudah maju karena masyarakat di negara maju cenderung menunda untuk menikah. 

Tingkat pertumbuhan yang rendah juga terkait dengan rendahnya angka kelahiran karena perempuan yang memiliki usia produktif lebih memilih berkarir. Hal ini membuat laju pertumbuhan penduduk semakin lama akan semakin rendah. Bahkan, di beberapa negara di dunia, jumlah penduduk orang dewasa jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk anak mudanya.

4. Menguasai IPTEK

melek teknologi
iStock

Ciri ciri ini merupakan salah satu yang paling membedakan negara maju dengan negara berkembang maupun negara miskin. Masyarakat di negara maju sangat menguasai IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) karena memang memiliki jenjang pendidikan yang sangat baik.

Masyarakat di negara maju hampir semuanya menggunakan teknologi canggih dan alat modern untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Salah satu negara maju yang unggul karena menomorsatukan teknologi adalah negara kecil di benua Eropa yaitu Finlandia. Menurut laporan dari program pembangunan PBB (UNDP), Finlandia menempati urutan pertama negara dengan teknologi paling maju di dunia mengalahkan negara adidaya Amerika Serikat.

BACA JUGA: 15 Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Nomer Berapa?

5. Angka pengangguran kecil

kesejahteraan
iStock

Negara maju memiliki lapangan pekerjaan yang sangat banyak. Hal itu tentu berpengaruh besar terhadap angka pengangguran masyarakatnya. Di negara maju, angka pengangguran sangat kecil karena setiap penduduk hampir selalu memiliki pekerjaan.

Tingginya jumlah tenaga kerja dan rendahnya para pengangguran ini dapat dijadikan penanda bahwa negara tersebut berhasil dalam menyediakan lapangan pekerjaan. Tingginya angka masyarakat yang bekerja juga mempengaruhi pendapatan perkapita suatu negara.

6. Fasilitas kesehatan yang terjamin

ciri ciri negara maju menurut world bank
iStock

Ciri ciri negara maju selanjutnya adalah fasilitas kesehatan yang sudah terjamin. Bagusnya sistem kesehatan di negara maju ditandai dengan berbagai fasilitas kesehatan yang sudah mumpuni seperti melimpahnya rumah sakit dan banyaknya petugas medis yang handal dan terlatih.

Terjaminnya fasilitas kesehatan juga berpengaruh pada angka kematian yang rendah. Hal itu karena angka kematian di negara maju dapat ditekan sehingga angka harapan hidup masyarakatnya menjadi tinggi. Selain itu, terjaminnya fasilitas kesehatan juga berpengaruh pada perkembangan penduduk yang mendapatkan kontrol sangat baik.

7. Sarana komunikasi dan transportasi modern

ciri-ciri negara maju dari segi ekonomi
iStock

Ciri negara maju selanjutnya adalah memiliki sarana komunikasi dan transportasi modern. Ciri ini sangat khas dimiliki oleh negara maju karena masyarakatnya memang mampu dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Selain itu, masyarakat negara maju juga memiliki kesadaran diri yang tinggi untuk bergerak bersama memajukan negaranya.

Masyarakat negara maju paham benar jika menggunakan alat komunikasi dan transportasi yang modern akan memudahkan aktivitas keseharian mereka. Hal tersebut berhubungan dengan waktu yang mana waktu yang mereka miliki tidak akan terbuang sia-sia dan kegiatan yang mereka lakukan akan berjalan sangat efisien.

BACA JUGA: 50 Negara Militer Terkuat di Dunia Sesuai dengan Peringkatnya

8. Keamanan yang terjamin

keamanan
iStock

Ciri ciri negara maju yang terakhir adalah memiliki keamanan yang terjamin. Hal ini karena pihak berwajib benar-benar menjalankan fungsinya dengan baik. Jika sampai terjadi pencurian, maka pencuri akan segera ditindak lanjuti dan pasti akan tertangkap.

Keamanan ini didukung oleh canggihnya teknologi yang mereka gunakan. Maka dari itu, banyak masyarakat di negara maju yang tidak takut kehilangan barang-barang berharganya apabila sedang di tempat umum karena mereka percaya bahwa mereka aman dan terlindungi.

Keamanan di sini juga mencakup keamanan data pribadi dan keamanan negara dari sisi persenjataan. Semua sudah diurus oleh pihak terkait sehingga semua keamanan menjadi terjamin.

Karakteristik negara maju

Karakteristik negara maju
iStock

Negara maju memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan dua predikat negara lainnya. Dilihat dari kondisinya secara umum, negara maju memiliki teknologi yang sudah sangat canggih dan tingkat ekonomi yang sudah merata. Negara ini juga memiliki kekuatan militer yang tidak perlu diragukan lagi dan tingkat keamanan yang sudah terjamin pasti.

Negara maju juga secara umum memiliki ketertarikan yang cukup tinggi dengan adanya kerja sama antar negara. Hal ini terbukti dari banyaknya organisasi internasional yang banyak memiliki anggota negara-negara maju dibandingkan negara berkembang maupun negara miskin.

Hal ini karena mereka memiliki kesadaran yang tinggi bahwa banyak keuntungan yang akan didapatkan jika melakukan kerjasama, baik dalam hal menjaga perdamaian maupun peningkatan ekonomi. Setelah mengetahui ciri ciri dan karakteristik negara maju, inilah dua contoh negara maju yang ada di dunia. 

BACA JUGA: 20 Negara Terluas di Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?

1. Amerika Serikat

contoh negara maju amerika serikat
iStock

Contoh negara maju yang pertama adalah negara Amerika Serikat. Sudah tidak diragukan lagi jika negara ini memiliki predikat negara maju karena seluruh ciri-ciri negara maju di atas sudah mereka capai. 

Bukti kongkret adalah pendapatan perkapita Amerika Serikat sudah di atas US$12.375 per tahun menurut data dari kantor perwakilan perdagangan Amerika Serikat (USTR). Selain itu, Amerika Serikat juga sudah dikenal sebagai negara adidaya yang menjadi markas banyak organisasi internasional.

2. China

china
iStock

Contoh negara maju yang kedua yaitu China atau negara Tiongkok. Negara ini merupakan negara eksportir nomor satu di dunia. Terbukti dengan banyaknya produk dari negara ini yang beredar di hampir semua negara. Mulai dari alat elektronik, pakaian, hingga aksesoris kecil banyak sekali yang menggunakan tag Made in China.

Itulah ciri ciri negara maju beserta karakteristik dan contohnya. Doa baik semoga Indonesia segera menjadi negara maju sehingga seluruh masyarakatnya makmur sejahtera.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!